Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Bukit Gundaling

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Brastagi, Medan

Time :

Salah satu dari beberapa objek wisata yang melengkapi keindahan kota Berastagi adalah Bukit Gundaling. Bukit yang berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat kota Berastagi ini, berada diketinggian sekitar 1.575 meter dari permukaan laut. Bukit tersebut menjadi salah satu tujuan bagi wisatawan yang mengunjungi Berastagi.

Bukit tersebut banyak ditumbuhi oleh Pohon-pohon Pinus dan terlihat indah bila dilihat dari bawah kota Berastagi. Apalagi ketika berada dipuncaknya, sudah pasti pemandangan indah serta udara yang segar langsung menjadi suguhan pertama bagi wisatawan.

Sedikit sejarah mengenai asal muasal nama “Gundaling”. Menurut cerita masyarakat setempat, dahulu seorang tentara Negara asing kehilangan sebuah senjata kesayangannya disebuah bukit. Yang pada akhirnya tentara asing tersebut menuliskan sebuah kalimat “Gun Darling” dipuncak bukit tersebut sebagai bentuk ungkapan kesedihannya. Percaya atau tidak, namun begitulah sedikit cerita yang pada akhirnya bukit tersebut dinamakan “Gundaling”.

Untuk menuju bukit Gundaling dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, atau kendaraan umum yang ada di Berastagi. Namun yang menjadi kendala adalah minimnya jumlah armada angkutan umum yang menuju puncak bukit tersebut. Nah.. Untuk mensiasati kendala ini, wisatawan dapat mencarter atau menyewa angkutan dari Berastagi.

Sebelum menuju puncak bukit Gundaling, para wisatawan juga dikenakan biaya retribusi yang dipungut oleh pihak pemerintah daerah setempat dipintu loket masuk menuju bukit Gundaling.

Sebaiknya berhati-hati bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi ketika melintasi perbukitan menuju bukit Gundaling tersebut. Jalanan yang penuh dengan tanjakan dan cenderung sempit serta jurang yang terjal akan kita jumpai. Namun pesona keindahan pemandangan alam sudah langsung terlihat disepanjang perjalanan menuju puncak bukit Gundaling.

Sebelum menuju bukit Gundaling, tidak ada salahnya kalau kita singgah sejenak di pasar buah yang berada di Berastagi untuk mencicipi segelas air Tebu yang segar. Tebu yang berasal dari pertanian penduduk setempat ini memiliki warna merah kehitam-hitaman serta memiliki rasa yang sangat manis dan segar. Kita dapat membeli dan melihat langsung proses penggilingan dan penyaringan airnya pada saat kita memesannya.

Berjalan kaki sambil menyusuri puncak bukit Gundaling akan menjadi sensasi tersendiri dan menyenangkan bagi wisatawan. Pasalnya bukit yang banyak ditumbuhi pohon pinus ini menjanjikan udara yang menyegarkan. Tidak hanya pepohonan yang rindang, dipuncak bukit juga terdapat taman yang banyak ditumbuhi oleh bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas suku Batak Karo. Wah.. sepertinya ini akan menjadi pengalaman seru bagi kita?

Ditempat ini juga banyak wisatawan yang berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga, mereka biasa membawa bekal makanan yang sengaja disiapkan dari rumah untuk di santapbersama-sama dipuncak bukit Gundaling. Terdapat banyak sekali tempat yang luas untuk anak-anak bermain dan berlarian di hijaunnya rerumputan. Namun sebaiknya bagi keluarga yang membawa anak kecil, lebih memperhatikan dan menjaga anaknya, mengingat mereka tengah berada dipuncak bukit yang tinggi.

Dipuncak bukit Gundaling juga terdapat sebuah tempat yang disediakan dan berfungi sebagai titik guna memandangi keindahan kota Berastagi dan hamparan perbukitan yang berbaris dengan indah. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat keindahan gunung Sibayak dan gunung Sinabung dari puncak bukit Gundaling tersebut.

Disepanjang jalan dipinggiran bukit Gundaling juga banyak terdapat warung-warung yang mengarah langsung menghadap ke Berastagi. Warung tersebut juga menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan.

Mengingat dinginnya udara dipuncak bukit Gundaling, sepertinya dengan memesan segelas minuman hangat yang disediakan warung-warung tersebut dapat menjadi salah satu pilihan guna menghangatkan badan sembari menikmati pemandangan yang mempesona dari titik ketinggian dipuncak bukit Gundaling.

Begitu juga dengan yang satu ini, sebuah Momen indah yang sayang untuk dilewatkan. Pesona sunset yang mengagumkan dapat dilihat di puncak bukit Gundaling. Sejauh mata kita memandang terlihat hamparan alam yang luas ditambah udara yang sejuk pada senja hari akan menjadi kenikmatan yang mampu memanjakan mata kita.

Namun sayangnya, fenomena alam yang biasa terjadi ini menjadi sulit dilihat karena cuaca dipuncak bukit Gundaling sering kali berubah-ubah. Hujan lebat atau kabut tebal sering kali menghalangi pandangan kita guna melihat dan mengabadikan pesona tersebut.

Ada lagi yang tak kalah seru dan menyenangkan, yaitu menikmati sensasi menunggang Kuda mengelilingi bukit Gundaling. Tertarik menunggangi kuda tersebut? Nah.. kita dapat menyewanya pada penduduk setempat yang memang menyediakan jasa tersebut.

Tidak usah khawatir, karena sang pemilik kuda akan terus berada bersama kita menuntun mengelilingi bukit tersebut.Kita juga dapat mengelilingi bukit Gundaling dengan menyewa Delman atau dalam bahasa keseharian penduduk setempat disebut dengan Sado.

Disisi lain bukit Gundaling juga menawarkan pemandangan yang mempesona pada malam harinya. Kita dapat menikmati keindahan pemandangan kota Berastagi diterangi oleh lampu-lampu kota yang menjadi keindahan tersendiri.

Nah.. bagi wisatawan yang ingin bermalam, tidak sulit untuk menemukan tempat-tempat penginapan disekitar bukit Gundaling. Tidak hanya itu, disekitar penginapan tersebut juga banyak terdapat restoran-restoran yang menyediakan makanan dan minuman.

Berbicara tentang oleh-oleh, dipuncak bukit Gundaling juga terdapat beberapa tempat yang memang menjual pernak-pernik serta beragam oleh-oleh yang bisa dijadikan buah tangan. kita juga dapat membeli buah dan bermacam-macam jenis tanaman hias yang juga dijual pada tempat tersebut. Jadi kita tidak perlu takut jika pulang tanpa membawa oleh-oleh bukan?

Berkeinginan mengunjungi tempat dengan pemandangan yang hijau nan eksotis? Sebaiknya anda cobalah untuk mengunjungi bukit Gundaling yang berada di kota Berastagi Sumatera Utara ini.

Place Tags: Bali, Bukit, and Gundaling.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image