Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Oleh-oleh khas Mekah dan Madinah

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Makkah, Medina, Saudi Arabia

Time :

Memang ada yang kurang lengkap rasanya bila pulang dari suatu negara tanpa membawa buah tangan buat teman atau keluarga. Apalagi ketika anda berkunjung ke Mekah dan Madinah.

Waktu kunjungan yang cukup lama dan jarak yang cukup jauh, pastilah membuat anda sering dititipi oleh-oleh oleh orang terdekat. Toko oleh-oleh yang terdapat di sekeliling perjalanan anda menuju Masjid Nabawi dan Masjidil Haram juga sering membuat anda tergoda untuk masuk dan membeli oleh-oleh. Berikut adalah oleh-oleh sekaligus camilan yang terdapat di Mekah dan Madinah yang bisa anda nikmati dan bawa pulang.

Camilan dan oleh-oleh yang satu ini merupakan favorit orang Arab maupun pendatang, termasuk para jamaah dari Indonesia. Camilan ini adalah kacang. Kacang yang berbentuk bulat-bulat kecil tanpa kulit, berwarna putih kekuningan biasa disebut kacang arab.

Kacang lain yang juga berasal dari Arab adalah kacang Pistachio. Kacang Pistachio bentuknya seperti kerang yang terbuka sedikit. Kulit luarnya berwarna putih dan untuk kacangnya sendiri ada yang berwarna hijau dan ada yang coklat. Pistachio banyak di gunakan oleh orang-orang dari negara lain sebagai campuran kue, dodol, atau makanan lain.

Kedua kacang ini rasanya gurih dan mengandung banyak protein. Dahulu kacang ini dijual secara musiman, tetapi sekarang anda bisa membelinya hampir setiap saat jika anda pergi ke Mekah atau Madinah. Jika anda berkunjung ke pasar kurma, anda akan menemukan kacang ini dijual secara kiloan atau dalam plastik-plastik kecil yang sudah dikemas.

Per kilonya dijual seharga kisaran 30 riyal. Anda juga bisa membelinya di kios-kios sekitar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram yang menjual berbagai macam oleh-oleh tetapi harganya disini bisa jadi lebih mahal.

Camilan dan oleh-oleh lain yang tidak kalah sehat adalah kismis Arab. Bentuk kismis Arab lebih panjang-panjang dan kisut dibanding dengan kismis biasa. Warnanya pun tidak hitam tetapi lebih ke kuning atau oranye.

Manfaatnya tidak beda dengan kismis biasa oleh karenanya kismis arab adalah makanan yang cocok untuk anda jadikan camilan atau oleh-oleh yang sehat bagi kerabat anda. Kismis arab juga terdapat di pasar kurma dan dijual juga secara kiloan atau kemasan kecil. Harganya kisaran 40 sampai 60 riyal per kilo.

Oleh-oleh ketiga yang bisa anda berikan adalah Selai Buah Tin.Dalam bahasa arab, buah tin disebut juga Ara. Buah ini memiliki banyak varietas. Ada yang bentuknya seperti kurma bernama buah tin yordan dan ada yang seperti bawang bombay bernama buah tin ungu karena memang warnanya ungu adapula yang berwarna hijau.

Bentuk pohonnya seperti pohon beringin tetapi bisa juga dikembang biakan di dalam pot. Jika dibelah, isi buah tin tampak seperti jeruk bali, warnanya merah. Buah tin dapat dijadikan selai, dikeringkan atau dimakan begitu saja beserta kulitnya. Rasa buah ini manis dan lembut di mulut.

Buah tin yang dimakan langsung tanpa diolah biasanya tidak tahan lama, maka itu anda harus segera memakannya sehabis dipetik. Untuk oleh-oleh sebaiknya pilih yang buah tin dalam bentuk selai atau yang dikeringkan karena lebih tahan lama. Buah ini sehat sekali karena mengandung serat dan vitamin lebih banyak dari apel dan jeruk.

Memakan buah ini secara teratur dapat membebaskan tubuh anda dari racun. Yang menjual selai atau buah tin di Mekah atau Madina mungkin tidak sebanyak yang menjual kurma. Mungkin hanya toko oleh-oleh tertentu yang menjualnya. Jika anda tetap ingin beli, bisa menanyakannya ke tour guide anda di Arab atau bisa beli di toko oleh-oleh di Indonesia.

Bila anda berkunjung ke Mekah dan Madinah dalam waktu yang lama atau untuk berhaji, waktu luang anda bisa diisi untuk mengunjungi peternakan unta. Peternakan ini terletak di Hudaibiyah, pinggiran kota Mekah. Di tempat ini Anda bisa melihat dan berfoto bersama unta atau mencicipi susu unta.

Ya, peternak disini biasanya menunjukkan para pengunjung bagaimana cara memeras susu unta. Susu unta yang sudah diperas diletakan ke dalam mangkuk alumunium cukup untuk 5 liter susu. Kemudian anda akan ditawarkan untuk meminumnya dengan harga lima riyal satu mangkoknya.

Anda yang gampang jijik, pasti tidak mau mencoba susu ini. Tenang saja, rasa susu unta ini sama seperti susu sapi. Aromanya memang sedikit lebih amis dari susu sapi, tapi masih oke dan layak dicoba. Anda tidak akan sia-sia meminumnya karena protein yang terkandung di dalamnya ada yang tidak terdapat di susu sapi. Susu ini pun mengandung lemak dan kolesterol yang sedikit.

Bagi anda yang tidak ingin meminum langsung di peternakan, dapat meminta untuk dibungkus dan di jadikan oleh-oleh. Tetapi agar lebih simpel dan tahan lama, anda bisa membeli susu unta dalam kemasan botol yang dijual di beberapa swalayan atau toko kelontong di Mekah dan Madinah.

Susu unta dalam botok yang berukuran 250ml harganya sekitar 5 riyal. Sesampainya di Indonesia, susu unta yang anda beli (fresh maupun dalam botol) bisa anda masak lagi agar tetap terjaga kesehatannya tetapi tidak usah sampai mendidih. Biar lebih enak, bisa juga ditambah dengan madu.

Masih banyak macam oleh-oleh lain yang dapat anda beli ketika berada di Madinah dan Mekah. Semuanya rata-rata menyehatkan dan yang pasti, halal, unik dan tidak ada duanya.

Place Tags: khas, Makanan, makkah, Medina, and Oleh-oleh.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image