Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Tari-tarian Saudi Arabia

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Saudi Arabia

Time :

Tari-tarian Saudi Arabia

Jika anda yang pernah berkunjung ke negara timur tengah dengan tur, salah satu agenda perjalanan tur anda biasanya termasuk acara menonton pertunjukan tari perut. Ya, tari perut memang sangat terkenal di negara timur tengah sana, termasuk di Saudi Arabia.

Bagi Anda yang pergi ke Arab dengan tujuan Umrah biasanya memang tidak ada agenda menonton pertunjukan tari perut karena waktu kunjungan yang terbatas, banyaknya objek wisata yang akan dikunjungi, dan memang tujuan utama ke Arab memang lah untuk beribadah. Tetapi jika anda yang pergi untuk berhaji, anda akan memiliki beberapa waktu luang di sela-sela ritual Haji yang harus anda laksanakan.

Di waktu luang ini, anda bisa menyempatkan diri anda untuk menonton pertunjukan tari perut. Untuk tempat pertunjukannya, anda bisa mencari info kepada petugas tour desk di hotel (biasanya ada) atau ke tour guide anda. Jika ada Tour guide lokal lebih bagus, karena lebih informatif. Cari lah info sebanyak-banyaknya dan pilih lah dengan cermat agar pertunjukan yang anda tonton bagus, berkesan dan tidak erotis.

Tari perut atau biasa disebut Oriental Dance, bukan lah tari penggoda. Memang ada beberapa tempat yang menyalah gunakan tarian ini sebagai hiburan yang tidak pantas, tetapi sejarah tarian ini sama sekali tidak berkaitan dengan hal-hal yang berbau pornografi.

Tari perut sudah ada sejak 100 tahun sebelum masehi. Tarian ini diperkenalkan ke berbagai negara di timur tengah oleh orang-orang Mesir Kuno. Menurut sejarah, ada dua pendapat mengenai terbentuknya tari perut. Yang pertama mengatakan bahwa tari perut adalah tarian rakyat timur tengah yang bertujuan untuk menyebarkan rasa gembira dan semangat melalui gerakannya.

Karena itu, tarian ini biasa dibawakan pada saat acara yang penuh dengan kegembiraan seperti pesta pernikahan, acara syukuran, atau festival. Pendapat yang kedua mengatakan bahwa tari perut adalah tarian persembahan manusia untuk para dewa. Tarian ini dilakukan untuk mendekatkan diri kepada para dewa dan menghapus kesalahan yang telah diperbuat manusia.

Pada zaman dahulu, di sebuah pesta atau acara tertentu yang akan ada tari perutnya, para penari wanita (penari perut hampir semua wanita) hanya menari didepan wanita saja tanpa para lelaki. Lelaki melalukan pesta yang terpisah bersama lelaki yang lain. Begitulah adatnya pada zaman itu.

Entah adat ini masih ada atau tidak sampai saat ni tetapi ada yang mengatakan bahwa beberapa negara masih ada yang menganut adat ini. Ketika masuk ke abad 20, budaya barat mulai berdatangan dan mempengaruhi kehidupan sosial budaya negeri timur tengah. Pengaruh ini lama kelamaan membuat wanita dan laki-laki seperti tidak ada batasan dan garis pemisah yang jelas.

Berdasarkan namanya, tarian ini fokus kepada goyangan di bagian perut. Pinggul bergoyang ke kanan dan ke kiri dalam tempo yang cepat sambil diiringi musik ritmik ala timur tengah yang menghentak-hentak. Alat musik yang digunakan biasanya rebana dan tamborin.

Untuk menunjukan goyangan perutnya secara jelas, Pakaian yang digunakan oleh penari perut wanita sudah pasti berpotongan hanya sampai di bawah dada. Warna baju yang digunakan biasanya berwarna terang seperti oranye atau merah menyala. Pakaianpenari perut biasa dilengkapi dengan aksesoris yang berbunyi nyaring seperti kerincingan.

Kerincingan ini bertujuan untuk memeriahkan suasana saat penari perut menari. Kerincingan di jahit di bagian atas rok agar pas dengan goyangan pinggul. Pakaian penari perut yang dipanggil untuk tampil di acara-acara seperti pernikahan atau syukuran biasanya lebih tertutup dibandingkan dengan acara pertunjukan komersil.

Tari selanjutnya yang juga sering muncul di daerah Arab adalah Tari Zapin. Tari Zapin memang berkembang luas di Malaysia, tetapi tarian ini diperkenalkan ke Malaysia oleh para pedagang dari tanah Arab dan Yaman. Menurut sejarahnya, tarian ini dahulu sebagai hiburan di istana-istana kerajaan.

Lalu pada abad ke-16 tarian ini mulai dibawa oleh para pedagang ke daerah Johor seperti Singapura, Malaysia, Riau dan berkembang disana. Karena para pedagang biasanya adalah para laki-laki, tarian ini awalnya hanya dibawakan oleh laki-laki.

Seiring berkembangnya zaman, para wanita kemudian mempelajari Zapin dan saat ini tari zapin bisa dibawakan oleh wanita ataupun wanita dan laki-laki secara berbarengan.
Zapin adalah tarian yang memiliki banyak ragam geraknya. Apalagi, tarian ini berkembang di berbagai negara.

Tetapi pada dasarnya, gerakannya sama. Jika tari perut berfokus pada perut, tari zapin berfokus pada kaki. Sesuai dengan namanya, “Zapin” berasal dari bahasa Arab “Zafn” yang artinya pergerakan kaki cepat. Dibutuhkan tempat atau panggung yang cukup besar untuk menampilkan tarian ini, karena tarian ini menampilkan langkahan kaki yang cukup besar dan penarinya bergerak kesana kemari.

Posisi badan selalu bergerak seperti mengalun sesuai dengan irama musik. Tangan tidak banyak bergerak, hanya sedikit mengikuti gerakan kaki. Para penari Zapin diharuskan untuk berinteraksi satu sama lain dengan baik ketika menari. Sehingga, tari Zapin jarang ditarikan secara solo melainkan berpasangan atau kelipatan dua.

Alat musik yang digunakan untuk mengiri tarian Zapin di Arab adalah Gambus (alat musik petik ) dan tiga buah gendang kecil yang disebut Marwas. Zapin juga diiringi dengan nyanyian yang liriknya biasanya dalam bahasa Arab. Nyanyian ini bermakna untuk memberi nasihat atau dakwah dan memberi puji-pujian kepada Tuhan.

Pakaian untuk penari Zapin di Arab lebih simpel bila dibandingkan dengan daerah Melayu seperti Malaysia atau Indonesia. Di Arab, pakaian penari Zapin hanya memakai baju gamis (biasanya warna putih), celana bahan panjang dan sorban atau peci. Jika di Melayu, para laki-laki menggunakan baju kurung, kain sarung tenun dan peci. Wanita memakai baju kurung, kebaya panjang, kain sarung, dan sanggul.

Place Tags: saudi arabia, tari, and tradisi.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image