Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Qutub Minar

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Ladha Sarai, Mehrauli, New Delhi, DL, India

Time :

QUTUB MINAR, EKSOTIKA MENARA TERTINGGI DI INDIA

New Delhi – India, merupakan salah satu kota penting yang bergerak sebagai sarana kegiatan pemerintahan di India. Kota yang dikenal sebagai ibukota negara India ini merupakan satu diantara beberapa tujuan wisata di India, selain kota Mumbai dan kota Agra. Sama halnya seperti kota Mumbai, sektor pariwisata di kota New Delhi pun masih tetap di dominasi oleh wisata sejarah yang menjadi tujuan wisata utama.

Menurut catatan sejarah India, keberadaan berbagai objek wisata sejarah tersebut dipengaruhi oleh sejarah peradaban di masa lampau yang pernah memasuki kota ini. Mulai dari masa kerajaan atau kekaisaran (dimana kota ini menjadi salah satu kawasan pemerintahan terpenting yang bersifat monarki selain kota Mumbai) hingga sejarah yang menggariskan cerita tentang adanya kependudukan pihak kolonial yang pernah berkuasa di India.

Ya, meskipun kota ini bukanlah kota yang pertama dalam hal penyebaran cerita-cerita sejarah di India, tetapi kota ini mempunyai puluhan objek wisata sejarah yang masing-masing memiliki nilai historis nya tersendiri.

Berbicara tentang wisata sejarah yang terdapat di kota New Delhi, sebahagian besar objek wisata sejarah di kota ini adalah objek wisata yang berasal masa kerajaan atau pun masa kekaisaran. Baik itu masa-masa kerajaan Hindu dan Buddha maupun masa-masa kerajaan Islam, dimana masing-masing kekaisaran tersebut mempunyai periode penyebarannya tersendiri di India.

Bahkan, tak sulit sebenarnya membedakan situs-situs sejarah yang berasal dari kekaisaran tersebut. Hal itu tentunya disebabkan karena perbedaan arsitektur situsnya yang begitu signifikan, sehingga antara situs sejarah yang berasal dari kekaisaran yang satu berbeda dengan kekaisaran yang lainnya.

Apalagi masing-masing kerajaan atau kekaisaran tersebut memiliki ciri khas arsitektur bangunannya sesuai dengan kebudayaan. Sehingga, apabila di tinjau secara langsung maka dapat di simpulkan bahwa New Delhi adalah kota yang kaya akan kebudayaan.

Misalnya saja untuk kebudayaan Islam. Kota yang dikenal sebagai kota pemerintahan di India ini juga sangat kental akan budaya dan unsur-unsur Islami yang terlihat dari arsitektur situs-situs sejarahnya. Menurut informasi, penyebaran agama Islam di India sendiri berpusat di dua kota yaitu Gujarat dan New Delhi, sehingga tak heran lagi apabila kedua kota ini sangat identik dengan unsur-unsur Islami.

Salah satu situs sejarah yang bernuansa Islami di kota ini adalah Qutub Miqat. Qutub Miqat merupakan sebuah menara yang berdiri dengan kokoh menghiasi panorama kota New Delhi, bahkan kabarnya Qutub Miqat ini merupakan menara tertinggi yang terletak di negara India selain Silence of Tower yang berada di kota Mumbai.

Bangunan menara ini adalah satu dari beberapa icon pariwisata di kota India, dimana kepopulerannya tidak hanya terletak di arsitektur bangunannya yang menawan saja tetapi sekelumit kisah sejarah tentang adanya kegiatan umat Islam di masa lampau juga terlihat dari bangunan menara ini.

Ya, Qutub Miqat ini merupakan objek wisata sejarah yang sering dikunjungi oleh para wisatawan ketika berkunjung ke kota New Delhi. Banyak diantara mereka yang sangat antusias untuk melihat arsitekturnya yang megah serta menelusuri nilai-nilai historis yang terdapat di dalam bangunan menara yang satu ini.

Meskipun Qutub Miqat ini bukanlah menara tertinggi di dunia, tetapi menara eksotis yang terletak di kota New Delhi ini telah di nobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO (badan dunia PBB) sebagai situs sejarah penting yang menandakan akan adanya penyebaran agama Islam di abad ke-12 Masehi.

Bahkan, menurut informasi bangunan menara ini juga pernah beberapa kali mengalami pemugaran terhadap struktur-strukturnya yang sedikit mengalami kerusakan. Hal itu disebabkan karena usia bangunannya yang sudah mencapai 9 abad lamanya, sehingga pemugaran tersebut bertujuan untuk melestarikan situs sejarah tersebut agar terhindar dari kepunahan.

Qutub Miqat, bangunan bersejarah ini di dirikan di akhir abad ke-12 Masehi tepatnya di tahun 1192 atas prakarsa dari salah satu tokoh Islam dunia yang bernama Qutab Ud Din Aibak. Bangunan ini letaknya persis satu kompleks dengan masjid Quwwatul Islam, yang merupakan salah satu masjid tertua di New Delhi.

Dengan mengadopsi perpaduan arsitektur khas Indo dan Islam menjadikan bangunan menara ini begitu indah. Tak lupa pula di beberapa bagiannya maka akan dapat ditemukan ornamen-ornamen khas Mughal, dimana ornamen-ornamen tersebut berpadu dengan kedua arsitektur yang menghiasinya.

Qutub Miqat ini memiliki 5 lantai yang masing-masing memiliki fungsinya tersendiri. Uniknya, hampir semua lantai tersebut memiliki macam ornamen yang berbeda antara satu lantai dengan lantai lainnya, tetapi masih mengadopsi ornamen khas Mughal. Bahkan di setiap sisi bangunan menara Qutub Miqat ini, Anda juga dapat melihat kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an yang begitu indah menghiasi di tengah kemegahan bangunan menara yang satu ini.

Menurut informasi, bangunan menara Qutub Miqat ini merupakan bangunan menara yang juga pernah mengalami kerusakan ketika terjadinya peristiwa gempa bumi di India. Ya, beberapa sisi strukturnya yang mengalami kerusakan kemudian langsung mendapatkan perhatian dari dunia.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kegiatan pemugaran yang dilakukan oleh pemerintah India bekerja sama dengan dunia mancanegara. Bangunan yang memiliki 5 lantai ini dahulunya di buka untuk umum bagi siapa saja yang ingin menelusuri eksotika bangunan ini hingga ke puncaknya.

Hanya saja sejak tragedi 1981 yang menewaskan puluhan orang, sejak saat itu pula jalur tangga yang membawa wisatawan menuju puncak menara ini di tutup secara resmi guna menghindari terulangnya tragedi serupa.

Bagi Anda yang berkunjung ke kota New Delhi, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi bangunan menara yang satu ini. Anda tak hanya menyaksikan eksotika arsitekturnya yang megah, tetapi Anda pun juga dapat menelusuri jejak-jejak sejarah yang terdapat di dalamnya.

Place Tags: new delhi and Qutub Minar.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image