Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Minangkabau Village

5 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Jalan Sultan Syahrir, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat

Time :

Minangkabau Village – Kota Padang Panjang yang juga dikenal sebagai serambi Mekah ini juga merupakan sebuah kota yang memiliki nilai-nilai budaya yang tinggi dengan adanya objek-objek wisata yang mendukung pengetahuan tentang kebudayaan Minangkabau.

Salah satu diantaranya adalah Minangkabau Village yang juga dikenal dengan Perkampungan Minangkabau. Di objek wisata ini, anda akan merasakan suasana yang sangat kental dengan budaya Minang pada jaman dulu.

Lokasi dan Transportasi

Minangkabau Village terletak tidak jauh dari pusat kota Padang Panjang, apalagi kota ini merupakan salah satu kota kecil di Sumatera Barat.

Jarak tempuh dari pusat kota Padang Panjang menuju Minangkabau Village, hanya sekitar 2 sampai 3 kilometer saja, sedangkan jarak Kota Padang ke Kota Padang Panjang sekitar 65 kilometer.

Lokasi administratif Minangkabau Village adalah di Jalan Sultan Syahrir, Kelurahan Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Untuk anda yang berada di luar Kota Padang Panjang ada banyak akses transportasi yang bisa anda gunakkan selain menggunakkan kendaraan pribadi. Anda bisa menggunakkan bis ataupun travel yang menuju Kota Padang Panjang.

Nah, untuk anda yang berada di Kota Padang, Kota Bukit Tinggi dan Kota Solok, anda bisa menggunakkan alat transportasi berupa kereta api untuk tiba di Stasiun Padang Panjang.

Jika anda sudah berada di kota ini, untuk mencapai lokasi dari Minangkabau Village bukanlah hal yang sulit. Anda bisa menggunakkan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat karena letaknya yang berada di perkotaan.

Jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, anda bisa menyewa kendaraan roda empat untuk memudahkan perjalanan anda sehingga tidak perlu repot untuk mencari angkutan umum. Biasanya, harga sewa kendaraan roda empat dipatok mulai dari Rp 300.000*) per hari.

Untuk anda yang ingin berhemat atau tidak membawa rombongan ketika berkunjung, anda bisa menggunakkan angkutan umum yang tersedia di jalan-jalan Kota Padang Panjang atau langsung menuju terminal bukit surungan.

Ada banyak pilihan alat transportasi umum yang bisa anda gunakkan, diantaranya adalah angkutan kota (angkot), becak motor (bentor), ojek serta bendi yakni kendaraan tradisional yang ditarik oleh kuda.

Harganya pun bervariasi tergantung kendaraan yang anda gunakkan dan jarak jauh atau dekatnya. Usahakan untuk menawar harga agar wisata anda menjadi lebih hemat.

Wisata

Minangkabau Village atau Perkampungan Minangkabau ini merupakan salah satu objek wisata yang menghadirkan suasana Minangkabau yang amat kental. Pada dasarnya, Minangkabau Village ini terbagi dari dua klasifikasi wilayah, yang pertama adalah rest area.

Di wilayah ini anda akan menemukan lokasi untuk bersantai seperti rumah makan yang menyajikan kuliner-kuliner khas Minang. Ada pula taman yang indah, kolam pemancingan dan masjid yang bisa anda gunakkan untuk beribadah ketika berkunjung ke Minangkabau Village.

Sedangkan pada wilayah kedua, merupakan sentra perkampungan Minangkabau. Di wilayah inilah anda akan melihat berbagai macam rumah-rumah adat dari berbagai kabupaten yang tergolong dalam rumah adat khas Minang.

Diantaranya anda bisa melihat rumah adat khas Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Lima Puluh Koto dan lain sebagainya.

Nah, rumah-rumah adat ini tak hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Jika anda berminat, beberapa rumah adat di sini bisa di sewa untuk menjadi cottage atau penginapan selama anda berada di Kota Padang Panjang.

Menarik sekali bukan jika anda berkesempatan untuk tinggal sementara di rumah adat khas suku Minangkabau?

Tak hanya memiliki rumah-rumah adat, kawasan sentra perkampungan Minangkabau juga dilengkapi dengan fasilitas berupa lapangan golf, arena bermain anak-anak, arena permainan bola tampar, rumah kincir, surau yang memiliki ciri khas Minang, arena budaya, rangkiang (lumbung padi) dan lain sebagainya.

Semua bisa anda coba ketika berwisata ke objek wisata Minangkabau Village. Lokasi dari rest area dan sentra perkampungan ini dihubungkan oleh sebuah jembatan gantung yang memiliki panjang sekitar 50 meter, sehingga mempercantik suasana yang dihadirkan di Minangkabau Village.

Belum puas dengan keragaman budayanya, dari kawasan Minangkabau Village, anda bisa merasakan keindahan alam lainnya yakni melihat kegagahan tiga buah gunung berapi aktif yang mengelilingi Kota Padang Panjang.

Gunung-gunung tersebut adalah Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek. Cuaca Padang Panjang yang sejuk karena berada di kawasan perbukitan dan pegunungan, tentunya juga mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk wisata anda di kota yang juga memiliki julukan kota hujan di Sumatera Barat.

Tips

1. Jika anda ingin lebih bersantai ketika berkeliling, ada baiknya menggunakkan sepeda. Apalagi cuaca Padang Panjang yang sejuk, tentunya menambah keasyikkan wisata anda selama berada di Minangkabau Village.

2. Pilihan untuk menginap di salah satu cottage berbentuk rumah ada di sini merupakan pilihan yang tepat. Anda akan lebih merasakan suasana perkampungan suku Minang baik di waktu siang maupun malam.

3. Sempatkan untuk berkunjung ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) ataupun Minang Fantasi yang berada berdekatan dengan Minangkabau Village.

4. Jangan lewatkan kuliner khas yang ada di wilayah Minangkabau Village ini, karena selain wisata budayanya, kunjungan anda juga akan dilengkapi dengan sajian atau kuliner khas Minangkabau.

Minangkabau Village, bisa dikatakan mirip dengan TMII yang ada di ibu kota Indonesia karena memiliki beragam rumah adat. Bedanya, di Minangkabau Village ini, semuanya mencakup tentang kebudayaan Minang.

Apalagi, hanya di tempat inilah anda bisa menemukan lokasi seperti ini. Jadikan Padang Panjang sebagai destinasi wisata anda yang harus anda kunjungi dan selamat menikmati liburan dan kebudayaan Minangkabau!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: minangkabau, padangpanjang, and Village.

1 User Review on Minangkabau Village
JUNASIKPARK lives in

Keren nih desain rumah orisinil dari Indonesia, saya ingat tuh film Lord of The Ring juga terinspirasi dengan desain rumah Minangkabau.

Assessment on 12-21-2012

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image