Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Nagari Tuo Pariangan

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat

Time :

Nagari Tuo Pariangan – Padang Panjang

Nagari Tuo Pariangan – objek wisata yang satu ini, sebenarnya merupakan salah satu desa wisata yang bisa anda temukan di Provinsi Sumatera Barat. Desa yang satu ini, memiliki sausana yang benar-benar bernuansa khas Minangkabau dan kesan jaman dulunya juga tetap terasa. Desa atau yang kini lebih di kenal dengan Nagari ini merupakan salah satu Nagari yang memiliki sejarah yang besar bagi suku Minangkabau.

Lokasi dan Transportasi

Jika anda berencana untuk berkunjung ke Nagari Tuo Pariangan, anda akan menuju Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Jaraknya tidak begitu jauh dari Kota Padang Panjang, hanya berjarak sekitar 17 kilometer dan menghabiskan waktu kurang lebih 20 menit saja.

Anda pun bisa menggunakkan berbagai macam kendaraan untuk mencapai tempat ini baik kendaraan roda dua maupun roda empat, walaupun ketika anda sampai, akan lebih nyaman jika anda berjalan kaki atau menggunakkan kendaraan roda dua.

Untuk anda yang menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menggunakkan bis, ojek, bendi ataupun becak motor dengan tarif yang beragam tergantung jarak dan jenis angkutan yang anda gunakkan.

Sedangkan jika anda datang dari kota padang, anda bisa menggunakkan bis ataupun travel yang menuju Kota Batusangkar, dan anda akan menempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Namun, apabila anda tak ingin repot dengan kendaraan umum, anda bisa menyewa kendaraan sewaan baik berupa mobil ataupun motor tergantung kebutuhan anda. Anda bisa menyewa kendaraan tersebut dengan hitungan per hari atau pada beberapa tempat menggunakkan system perhitungan per jam.

Tetapi, jika anda membawa kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan tanpa menggunakkan sopir / tanpa membawa guide, anda tetap tidak perlu bingung masalah rute perjalanannya.

Dari kota Padang Panjang, anda bisa menempuh jalan utama yang menuju Kota Solok yakni Jalan Padang Panjang – Solok, nah tidak begitu jauh perjalanan yang akan anda tempuh, kemudian anda akan menemukan letak dari Nagari Tuo Pariangan dari pinggir jalan, lalu, anda tinggal masuk ke jalan yang ada di Nagari tersebut.

Wisata

Kunjungan anda ke Nagari Tuo Pariangan, merupakan pilihan yang tepat karena di tempat ini anda akan mendapatkan wisata budaya, sejarah, alam dan lain sebagainya. Semua tergabung dalam bungkusan wisata yang di miliki nagari yang di percaya sebagai asal muasal dari suku Minangkabau. Sistem pemerintahan ‘Nagari’, pada mulanya juga terbentuk dari Nagari Tuo Pariangan ini.

Letak dari nagari tuo ini termasuk dalam dataran tinggi dan memiliki ketinggian sekitar 500 hingga 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) serta luas yang di milikinya sekitar 17 km2. Di desa ini, tak hanya memiliki bangunan-bangunan tua berciri khas Minangkabau saja yang bisa anda lihat.

Anda akan menemukan bangunan bersejarah lainnya seperti Rumah Gadang tertua yang ada di Minang yakni Balairung Sari Tabek. Ada pula masjid yang sudah berumur dan dikenal dengan nama Masjid Tuo Pariangan ada pula Rumah Gadang Datuk Rangkayo Sati dan lain sebagainya.

Tak hanya benda-benda berupa bangunan saja yang bernilai sejarah di Nagari ini. Anda juga bisa menemukan artefak-artefak lainnya seperti menhir, prasasti, batu-batu bersejarah dan masih banyak peninggalan lainnya baik yang memiliki kondisi bagus ataupun sudah banyak yang termakan usia dan kurangnya perawatan.

Beberapa makam-makam bersejarah juga di miliki oleh nagari ini, diantaranya kuburan panjang, milik Datuk Tantejo Gurhano dimana setiap pengukuran yang dilakukan di tempat ini selalu menghasilkan hasil yang berbeda-beda.

Setelah puas dengan wisata sejarah, anda bisa menikmati wisata budaya. Mulai dari melihat kebiasaan penduduk, ataupun acara-acara yang sering di adakan di nagari ini baik yang di lakukan dalam lingkup masyarakat nagari tersebut saja atau acara yang di adakan oleh pemerintah daerah setempat.

Anda juga bisa merasakan wisata alam yang juga tak kalah indahnya didukung oleh, udara yang sejuk serta pemandangan gunung marapi yang tampak gagah. Untuk menemukan beberapa spot yang cocok untuk melihat pemandangan alam di nagari ini, anda bisa mengunjungi bukit sirangkiang serta pintu angin.

Di sini, anda bisa melihat keindahan sawah-sawah yang menghijau di kaki gunung marapi. Ada pula lokasi lain yang bisa anda kunjungi, yakni pemandian air hangat yang ada di nagari ini. Apalagi, air yang ada di pemandian ini, dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit kulit. Selain itu, tentunya dapat menyegarkan pikiran anda karena kehangatan airnya.

Tips
1. Jika anda membawa kendaraan roda empat, ada baiknya anda juga membawa sepeda agar anda bisa leluasa berkeliling di nagari ini. Karena jalan desa yang tidak begitu lebar, tentunya kurang nyaman untuk berkeliling dengan kendaraan seperti mobil.

2. Sebaiknya bawalah kendaraan pribadi, karena anda akan kesulitan untuk mengitari seluruh nagari ini jika anda tidak membawa kendaraan apapun. Atau, jika anda beruntung, anda bisa meminjam kendaraan milik penduduk setempat asal jangan di bawa kabur saja.

3. Datangilah beberapa tempat bersejarah, kemudian anda bisa bertanya pada penjaga tempat tersebut tentang sejarah yang ada di Nagari Tuo Pariangan.

Wisata di nagari yang satu ini, sangat cocok untuk menambah pengetahuan anda. Tak hanya sejarah, namun juga budaya dan keindahan alam turut serta menyertai perjalanan wisata yang anda lakukan. Maka dari itu, jangan sampai anda melewatkan tempat yang unik ini. Selamat menikmati liburan dan jadikan wisata ini sebagai sarana penambahan wawasan anda!

Place Tags: Nagari Tuo Pariangan and padangpanjang.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image