Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Perguruan Diniyah Puteri

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. Abdul Hamid Hakim No.30, Pasar Usang, Padang Panjang, Sumatera Barat

Time :

Perguruan Diniyah Puteri – Padang Panjang

Perguruan Diniyah Putri – memang sampai saat ini, tempat ini merupakan sebuah lokasi untuk mengenyam pendidikan terutama dalam bidang Islami. Tetapi, sejarah panjang serta perjuangan sang pendiri perguruan ini menjadi salah satu keunikan tersendiri sehingga di anggap sebagai salah satu tempat bersejarah di Padang Panjang. Tak jarang ada wisatawan yang datang untuk melihat sendiri baik setelah atau sebelum mendengar sejarahnya.

Lokasi dan Transportasi

Letak dari Perguruan Diniyah Putri ini berada hanya beberapa kilometer dari pusat Kota Padang Panjang. Letaknya berada di Jalan Abdul Hamid Hakim No. 30, Kelurahan Pasar Usang, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Letak yang berada tak jauh dari pusat kota, menjadikan akses menuju lokasi tidak begitu sulit dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Dengan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda tinggal melaju ke lokasi Perguruan Diniyah Putri ini. Sedangkan untuk anda yang tidak membawa kendaraan umum, anda bisa menggunakkan angkutan umum yang tersedia di sepanjang jalan Kota Padang Panjang, atau dari terminal Bukit Surungan.

Kendaraan-kendaraan umum yang tersedia di kota ini antara lain, angkutan kota (angkot), becak motor (bemo), ojek, taksi dan bendi yaitu merupakan kendaraan tradisional yang ditarik oleh kuda.

Jika tidak ingin menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menggunakkan kendaraan sewaan roda empat. Anda tidak perlu repot mencari-cari kendaraan untuk menuju tempat tujuan anda serta lebih praktis dan nyaman.

Di kota ini, rata-rata penyewaan kendaraan roda empat dipasang harga mulai dari Rp 300.000*) per hari. Tergantung dari jenis kendaraan dan fasilitas lain yang di tawarkan seperti menggunakkan sopir atau tidak.

Sedangkan akses menuju kota Padang Panjang sendiri bukanlah hal yang sulit. Dari kota lain yang ada di sekitarnya, anda bisa menggunakkan bis atau travel yang siap mengantarkan anda ke kota Padang Panjang. Tarifnya juga beragam tergantung fasilitas dan jenis angkutannya.

Namun, normalnya untuk travel sekitar Rp 25.000*) karena anda akan menempuh perjalanan sekitar 56 kilometer jika dari kota Padang. Khusus dari kota Solok, Bukit Tinggi dan Padang, anda bisa menggunakkan kereta api dan akan tiba di Stasiun Padang Panjang.

Wisata dan Sejarah Singkat

Perguruan Diniyah Putri ini, mulanya di bangun pada masa penjajahan kolonial Belanda, dimana pada masa itu, wanita-wanita Indonesia masih buta akan pendidikan dan di anggap tidak layak untuk mengukir prestasi.

Namun, seorang wanita bernama Rahma El Yunusiyyah yang terinspirasi ketika mengenyam pendidikan di Diniyyah School yang didirikan oleh kakak kandungnya Zainuddin Labay El Yunusy pada tahun 1915, berniat untuk mendirikan sebuah sekolah yang kini dikenal dengan Perguruan Diniyah Putri ketiak usianya menginjak angka 23.

Perguruan ini berdiri pada tanggal 1 November 1923. Perjuangan atas pendirian tempat ini cukup sulit, diantaranya terkendala biaya sehingga harus mencari dana yang di bantu oleh kakak kandungnya bahkan sampai ke Negara tetangga, Malaysia.

Berkat ketulusan hatinya, akhirnya banyak yang terketuk hatinya sehingga bersedia untuk menyumbangkan dana. Masalah kedua adalah, Rahma sempat bermasalah dengan para penjajah karena dianggap mendirikan sekolah liar. Selain itu, masalah dari pemuka adat pun ikut menambah perjuangannya, karena mereka menganggap bahwa wanita tak layak untuk berprestasi.

Rahma El Yunusiyyah juga menjadi salah satu tokoh penting di Padang Panjang, selain menjadi pendiri perguruan ini, beliau juga menjadi aktivis politik, pejuang kemerdekaan Indonesia, bahkan menjadi orang pertama yang mengibarkan bendera merah putih di tanah Padang Panjang. Beliau juga pernah mendapatkan penghargaan dari Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir.

Setelah sekian banyak tantangan terlewati, akhirnya perguruan ini tetap berdiri hingga sekarang, menjadi sekolah untuk anak-anak perempuan yang tak terlepas untuk menghasilkan berbagai macam prestasi baik akademik dan non-akademik. Mulai dari olimpiade-olimpiade, perlombaan, bahkan kegiatan-kegiatan yang menjadikan perguruan ini tampak aktif baik di dalam wilayah perguruan ataupun di luar.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini, biasanya ingin melihat langsung sekolah yang memiliki cerita yang cukup menarik ini. Selain itu, bagi yang belum mendengar sejarahnya, biasanya ingin mendapatkan cerita langsung dari sumber yang ada.

Ada juga yang sambil berkunjung ke perpustakaan yang ada di sekolah ini. Nama perpustakaan ini di ambil dari nama kakak kandung Rahma El Yunusiyyah yakni, Zainuddin Labay. Seringnya kegiatan yang di adakan di Perguruan ini, juga menjadi salah satu daya tarik masyarakat maupun wisatawan yang ingin melihat langsung. Hampir setiap minggu diadakan acara yang menarik di perguruan ini.

Tips
1. Karena tempat ini merupakan kawasan perguruan / sekolah, ketika anda ingin masuk sebaiknya minta izin dan melapor terlebih dahulu pada staff keamanan sekolah.

2. Jika ingin lebih leluasa atau tidak ingin suasana begitu ramai, datanglah pada jam-jam selain pada jam sekolah.

3. Walaupun anda sudah tau sejarah dari sekolah ini, ada baiknya untuk tetap bertanya tentang sejarahnya. Karena, dengan bertanya langsung tentunya cerita yang akan anda dapat juga lebih terperinci.

4. Jagalah kesopanan dalam berpakaian, karena tempat ini merupakan lokasi pendidikan dan bernuansa Islami.

5. Sebaiknya, datanglah pada saat sedang diadakan acara, sehingga anda tidak canggung ketika berkeliling perguruan ini.

Wisata bernilai edukasi dan sejarah, sudah layaknya kita biasakan karena bisa memberikan dampak positif bagi kita. Selain mengenal sejarah, anda juga bisa mendapatkan beberapa pengetahuan baru yang bisa anda dapat di sekolah ini.

Apalagi jika anda menyempatkan kunjungan anda ke bagian perpustakaan. Jika berkesempatan ke Padang Panjang, jadikan Perguruan Diniyyah Putri sebagai salah satu tujuan wisata anda. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: padangpanjang and Perguruan Diniyah Puteri.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image