Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Situs Prasasti Rambatan

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Rambatan, Tanah Datar, Sumatera Barat

Time :

Situs Prasasti Rambatan – Padang Panjang

Situs Prasasti Rambatan – selain kaya akan wisata-wisata alam dan budaya, Sumatera Barat juga memiliki banyak peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa menjadi kunci menguak kisah masa lalu yang pernah terjadi di tempat ini. Di antaranya bisa berupa prasasti seperti yang ada di sebuah situs bersejarah di salah satu kota di Sumatera Barat. Situs tersebut bernama Situs Prasasti Rambatan.

Lokasi dan Transportasi

Untuk anda yang ingin lebih mengenal sejarah atau berminat dalam bidang sejarah, lokasi dari Situs Prasasti Rambatan ini bisa menjadi salah satu referensi wisata untuk anda. Untuk tiba di lokasi situs, anda harus menuju ke Nagari Empat Suku Kapalo Koto yang berada di Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Dari pusat Kota Padang Panjang, jarak tempuh menuju tempat ini sekitar 35 kilometer jaraknya, sehingga akan memakan waktu sekitar 45 menit sampai dengan 1 jam perjalanan, jika menggunakkan kendaraan pribadi, karena anda tidak perlu berganti-ganti kendaraan umum, yang memang mengharuskan anda naik turun kendaraan untuk mencapai lokasi ini.

Sekalipun anda tidak menggunakkan atau tidak membawa kendaraan pribadi selama di Padang Panjang, anda bisa menyewa kendaraan roda empat untuk membawa anda ataupun rombongan anda menuju lokasi Situs Prasasti Rambatan. Harganya jelas berbeda dengan angkutan umum, tetapi, jika anda berangkat dengan rombongan, maka akan lebih hemat dan praktis.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewaan, dari kota Padang Panjang ambillah jalan provinsi yang menghubungkan Kota Padang Panjang dan Kota Solok. Kemudian, setelah menemukan jalan percabangan yang menuju Batu Sangkar, ambillah jalan tersebut.

Selanjutnya, anda tinggal menuju Jalan Harapan dimana anda akan memasuki kawasan Kecamatan Rambatan. Sedangkan untuk rute menuju Situs Prasasti Rambatan, ada baiknya anda bertanya pada masyarakat sekitar, agar anda tidak salah dalam mengambil jalan.

Sedangkan bagi anda yang menggunakkan kendaraan umum, tidak terlalu banyak pilihan kendaraan yang bisa anda gunakkan. Pertama, jika dari Kota Padang Panjang, carilah bis dengan tujuan Batu Sangkar. Untuk mudahnya, anda bisa mencari bis tersebut dari terminal Padang Panjang.

Setelah anda tiba di Batu Sangkar, anda tinggal mencari angkutan lain yang akan menuju Kecamatan Rambatan. Pilihannya cukup beragam, anda bisa menggunakkan ojek, angkot (angkutan kota), becak motor, taksi ataupun bendi yakni, kendaraan tradisional yang serupa dengan delman.

Untuk bis, harganya sekitar Rp 20.000*) per orang, sedangkan angkot sekitar Rp 2.000 – Rp 2.500*) per orangnya. Untuk angkutan lainnya, tergantung dari jarak yang anda tempuh untuk mencapai lokasi tersebut. Jangan lupa untuk menawar harga agar wisata anda lebih hemat.

Wisata

Penemuan Prasasti Rambatan ini, terjadi pada tahun 1950 di tempat yang sama di mana lokasi dari situs prasasti yang anda lihat, yakni di temukan di Kecamatan Rambatan. Prasasti ini juga merupakan salah satu dari beberapa prasasti peninggalan Adityawarman. Tulisan yang ada di prasasti tergolong cukup sulit untuk di baca, karena sudah termakan usia dan beberapa bagian sudah hilang tulisannya.

Prasasti ini, berada di sebuah ruangan yang tidak begitu besar, tetapi ruangan ini, tidak memiliki dinding. Hanya di beri atap saja, sehingga lebih tepatnya di beri pagar di sekelilingnya.

Tetapi jangan khawatir, anda masih bisa masuk ke dalam wilayah prasasti baik untuk sekedar melihat, atau berfoto di dekatnya. Namun, yang lebih banyak dan lebih berminat berkunjung adalah, mereka yang ingin mengadakan penelitian terhadap prasasti ini.

Prasasti Rambatan yang memiliki tulisan sebanyak 6 baris, juga memiliki gambar ular berbelit di bagian atasnya. Serupa dengan beberapa prasasti peninggalan Adityawarman lainnya yang tersebar di beberapa lokasi. Arti dari ular tersebut juga masih memiliki banyak presepsi, namun kebanyakkan di kaitkan dengan sosok Adityawarman.

Huruf yang di gunakkan dalam penulisan isi prasasti adalah jawa kuno dan melayu kuno. Setelah diadakan beberapa penelitian oleh para arkeolog, di perkiran bahwa prasasti ini di buat pada tahun 1369 masehi atau sama dengan tahun 1291 saka. Inti dari makna yang tertulis di prasasti tersebut adalah tentang pembuatan tempat pemujaan bagi jejak kaki sang Budha oleh Adityawarman.

Tips
1. Jika memang berniat mencari pengetahuan tentang Prasasti Rambatan ini, ada baiknya anda ikut bergabung bersama tim sejarahwan / arkeolog, yang ingin meneliti prasasti ini. sehingga, tak hanya sekedar melihat dan berfoto, melainkan juga memahami maksud dari prasasti ini. Kecuali, jika anda memang sudah memiliki skill dalam bidang arkeologi.

2. Bawalah catatan untuk mencatat hal-hal penting seputar prasasti ini. Anda juga bisa bertanya pada penjaga prasasti jika anda tidak ikut bersama tim peneliti.

3. Bawalah kamera. Selain berguna untuk mengabadikan momen ketika berada di dekat Prasasti Rambatan, anda juga bisa menyimpan foto-foto penting yang bisa berisi informasi seputar prasasti ataupun hal lain di sekitarnya.

4. Jangan lupa bertanya pada penjaga ataupun penduduk sekitar tentang objek wisata ataupun prasasti lain yang ada di sekitar sini. Sehingga, dalam sekali perjalanan anda bisa mengunjungi banyak objek wisata lainnya.

Sejarah, merupakan misteri yang tersimpan di masa lalu. Terkadang, menimbulkan rasa untuk ingin mengetahuinya ataupun sekedar tahu ceritanya. Membuat liburan ataupun wisata anda menjadi sarana menambah wawasan, merupakan pilihan yang tepat.

Maka dari itu, jangan lewatkan kunjungan anda ke Situs Prasasti Rambatan dalam kunjungan anda ke Padang Panjang. Selamat menikmati liburan anda!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: padangpanjang and Situs Prasasti Rambatan.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image