Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Museum Balanga

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. Tjilik Riwut Km 2.5, Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Time :

Museum Balanga

Museum Balangan merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh pemerintah kota Palangkaraya. Museum ini bisa melayani kebutuhan publik dengan koleksi yang bermanfaat untuk keperluan studi dan juga wisata. Karena itu museum ini bermanfaat sebagai bahan studi bagi kalangan akademis maupun untuk kebutuhan rekreasi masyarakat umum.

Menemukan Museum Balanga cukup mudah karena museum ini terletak di Jl. Tjilik Riwut yang jaraknya hanya berkisar 2,5 km dari bundaran besar Palangkaraya. Kemudahan itu bisa diperoleh baik itu berangkat dengan kendaraan pribadi maupun dengan mengendarai kendaraan umum. Karena memang selain dilewati oleh kendaraan pribadi, jalanan dari bundaran besar hingga Jl. Tjilik Riwut dilewati oleh banyak kendaraan umum. Jadi transportasi ke Museum Balanga tidak akan menjadi masalah.

Museum Balanga yang berada persis ditepi jalan ini bisa dikenali dari gapuranya yang menjadi akses utama menuju ke kompleks museum. Gapura ini mempunyai ciri atap yang bentuknya mirip dengan atap rumah betang, yaitu rumah tradisional suku Dayak. Dibawah atap tersebut terdapat plang yang mengindikasikan, bahwa pengunjung sedang memasuki kompleks Museum Balanga.

Begitu memasuki kompleks museum, maka akan ditemui tugu yang terletak persis di depan bangunan museum. Tugu ini berbentuk menara kecil dengan ornamen berbentuk guci pada bagian atasnya. Didepan tugu ini terdapat sebuah batu buatan yang pada bagian tengahnya dibenamkan batu marmer. Batu marmer ini berisi informasi mengenai peresmian Museum Balanga.

Diantara bangunan tugu dan Museum Balanga terdapat ruang terbuka. Ruang terbuka ini dimanfaatkan sebagai tempat parkir bagi para pengunjung yang datang ke museum. Di beberapa sisi tempat parkir dibatasi oleh tanaman hijau yang ditanam dan dipangkas memanjang. Sepertinya tanaman tersebut memang sengaja dibuat sebagai pembatas tempat parkir. Selain itu di kompleks Museum Balanga juga terdapat tanaman yang lebih besar yang tersebar disekeliling area terbuka yang digunakan sebagai tempat parkir yang ada didepan museum.

Museum Balanga menyimpan berbagai macam koleksi benda bersejarah yang berhubungan dengan Kota Palangkaraya, dimana pemkotnya sendiri merupakan pihak yang menjadi pengelola museum ini. Ada sekitar 5000 benda yang menjadi koleksi museum ini. Semua benda tersebut ditampung dalam bangunan yang berdiri diatas tanah seluas 5 hektar.

Salah satu koleksi Museum Balanga adalah koin-koin yang berhubungan dengan numismatik, yaitu studi mengenai mata uang seperti koin dan benda yang berhubungan. Meskipun numismatik tidak hanya terbatas pada mata uang berupa koin, namun seringkali cabang ilmu pengetahuan ini dikaitkan dengan kolektor koin. Karena memang dimasa lalu mata uang umat manusia terbuat dari logam mulia yang dibuat koin. Jadi yang membuat mata uang tersebut berharga adalah nilai dari logam mulianya.

Bukan seperti mata uang sekarang yang terbuat dari kertas, tapi diberi nominal yang nilainya ribuan kali lipat dari nilai kertas bahan bakunya. Di Museum Balanga, pengunjung bisa melihat secara langsung sekaligus belajar mengenai mata uang yang digunakan di masa lalu. Mata uang yang stabil karena nilainya dihitung dari logam mulia yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan koin.

Ruang pamer Museum Balanga tersusun rapi koleksi benda yang berhubungan dengan kebudayaan suku Dayak. Agar lebih menarik dan lebih mudah diceritakan, setiap benda tersebut dikelompokkan berdasarkan fase kehidupan masyarakat Dayak. Fase dimulai pada masa kelahiran dimana ditampilkan beberapa benda yang berhubungan dengan upacara yang diadakan oleh masyarakat Dayak pada saat kelahiran anak. Fase dilanjutkankan pada masa pernikahan yang kemudian diakhiri dengan fase kematian. Setiap fase menampilkan berbagai benda upacara yang berhubungan dengan masing-masing fase kehidupan masyarakat Dayak.

Berbagai macam senjata tradisional khas Dayak juga bisa ditemui sebagai koleksi Museum Balanga. Senjata yang ditampilkan adalah mandau, sumpit, dan juga duhung. Mandau pada dasarnya adalah sejenis parang yang mempunyai ukiran pada bilah besi yang menjadi bagian dari mandau. Pada bilah besi mandau kadang juga ditemui lubang yang sengaja dibuat. Lubang ini kemudian ditutup dengan logam yang warnanya berbeda dengan bilah mandau, seperti logam kuningan dan tembaga. Tujuannya adalah untuk menghias mandau itu sendiri.

Bilah mandau yang tajam biasanya dilengkapi dengan kumpang, yaitu sarung penutup mandau. Kumpang terbuat dari dua bilah kayu yang bagian luarnya dilapisi dengan tanduk rusa dan dihias dengan ukiran. Untuk menyatukan dua bilah kayu yang membentuk kumpang, digunakan rotan yang dianyam mengelilingi bilah kayu hingga terikat dengan rapat. Dibagian samping kumpang terdapat kantong kecil yang terbuat dari kulit kayu. Kantong ini berisi pisau serut dan kayu gading yang dipercaya oleh masyarakat Dayak dapat menghindari mereka dari serangan binatang buas. Mandau dibawa dengan cara mengikatkan tali rotan yang ada di kumpang pada bagian pinggang.

Selain koleksi beberapa benda yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada banyak lagi benda lain yang menjadi koleksi Museum Balanga. Koleksi ini berhubungan dengan berbagai cabang ilmu, seperti ethnografi, historika, arkeologi, dan keramologika. Tidak semua koleksi museum dipajang pada ruang pamer. Karena sebagian ada yang tersimpan dalam gudang.

Bila ingin datang ke Museum Balangan bersama rombongan. Sebaiknya terlebih dahulu menghubungi pihak pengelola museum. Agar mereka bisa mempersiapkan pemandu agar pengalaman selam berkujung ke museum lebih maksimal. Tentu saja pengunjung tetap bisa datang sendiri ke museum tanpa harus ikut rombongan besar. Hanya saja pengalaman pengujung akan lebih kearah melayani diri sendiri, dimana keterangan dari setiap benda di ruang pamer hanya diperoleh dari papan informasi. Tanpa ada pemandu yang menjelaskan lebih lanjut mengenai koleksi museum.

Place Tags: Museum, Museum Balanga, and palangkaraya.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image