Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pulau Kemaro

3 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Palembang

Time :

Pulau Kemaro – Palembang

Pulau Kemaro – adalah sebuah delta yang terbentuk di tengah sungai musi. Dalam legenda masyarakat setempat, pulau ini merupakan makam Putri dari kerajaan Sriwijaya, Siti Fatimah dan suaminya yang berasal dari Tiongkok. Di pulau ini biasanya sangat ramai pada saat perayaan besar masyarakat Cina, misalnya Imlek.

Sejarah Singkat

Menurut legenda, asal Pulau Kemaro ini bermula dari kisah pasangan Siti Fatimah dan pemuda dari Tiongkok yang tenggelam di sungai musi karena sang suami kecewa, 7 guci yang menjadi mas kawin mereka hanya berisi sayuran busuk. Karena merasa sangat malu, ia membuang guci-guci itu dari atas kapal. Tapi saat guci terakhir tak sengaja pecah di kapal, isi guci itu adalah emas dan perhiasan mewah. Sayur-sayuran tersebut hanya untuk menjaga agar tidak di curi bajak laut.

Setelah mengetahui hal tersebut, sang suami menyesal, lalu nekat terjun bersama seorang prajurit untuk mencari guci-guci itu, tetapi kedua orang ini tak juga muncul, karena khawatir, akhirnya di susul oleh istrinya dan ternyata bernasib sama. Beberapa tahun kemudian, muncul gundukan tanah di tempat mereka tenggelam, yang saat ini dikenal dengan Pulau Kemaro.

Akomodasi

Untuk menuju pulau ini, anda harus menempuh perjalanan dengan alat transportasi air. Anda bisa memilih naik speedboat atau naik gethek, biasa di sebut ketek oleh masyarakat setempat. Sebelum menaiki alat transportasi tersebut, anda harus menuju ke dermaga terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan dermaga yang bisa anda tuju, di antaranya dermaga di Benteng Kuto Besak (BKB), yang tidak jauh dari pusat kota. Anda bisa naik segala jenis angkot yang memiliki jurusan ke Ampera. Berhenti di bawah Jembatan Ampera, lalu berjalan menuju Benteng Kuto Besak. Tidak jauh setelah memasuki pagar BKB yang berwarna hijau, di sebelah kiri anda akan melihat sebuah dermaga. Di sanalah anda akan menemukan beberapa ketek atau speedboat yang akan mengantar anda ke Pulau Kemaro.

Jika anda memilih ketek, perjalanan sekitar 40-50 menit. Pemandangan di bantaran sungai musi akan memberikan kesan tersendiri bagi anda. Tapi jika anda menggunakan speedboat perjalanan akan lebih cepat, yakni sekitar 20 menit. Untuk ongkosnya, anda harus pintar bernego di sana. Biasanya penumpang di kenakan biaya Rp. 60000-Rp. 75000 (PP), anda bisa meminta nomor telpon pemilik ketek/speedoat untuk meminta di jemput kembali. Tapi hati-hati dengan calo, bisa-bisa anda dikenakan tarif hingga ratusan ribu, jadi bicarakanlah langsung pada pemilik ketek/speedboat tersebut.

Selain dari dermaga di BKB, anda bisa menuju dermaga di komperta, Plaju yang merupakan komplek perumahan pertamina. Untuk menuju kesana, bisa naik angkot Ampera-Plaju dengan ongkos Rp. 2500, tetapi untuk masuk perumahan tersebut anda harus melanjutkan dengan jalan kaki, atau mencari ojek dengan ongkos sebesar Rp. 5000. Dari dermaga ini, anda hanya akan menemukan ketek dengan tarif Rp. X (PP), dengan jarak tempuh yang lebih singkat, kurang lebih 10 menit.

Wisata

Di Pulau ini, ada beberapa makam yang berada di dalam sebuah rumah bergaya arsitektur Cina. Selain itu, ada sebuah pagoda tertinggi di Palembang dengan 9 lantai dan tingginya sekitar 40 meter. Biasanya banyak warga Cina di Palembang ataupun dari Luar Kota yang datang kesini, terutama pada hari-hari besar. Tapi tak hanya warga Cina, banyak juga masyarakat non-Cina yang biasa berekreasi disini. Biasanya untuk piknik bersama keluarga ataupun kerabat.

Tak jarang terlihat pasangan yang datang ke sini, karena ada sebuah pohon beringin yang sudah tua, mitosnya, siapa yang menuliskan namanya dan pasangannya di pohon itu, maka besar kemungkinan mereka berjodoh. Sayangnya, hal ini membuat pohon tersebut terlihat sangat kotor, sehingga pemerintah menuliskan larangan untuk mencoreti pohon, dan saat ini pohon tersebut sudah dipagar agar tidak ada yang masuk mendekati pohon.

Beberapa patung budha dan patung yang menempel di dinding, menggambarkan tokoh Tom Sam Chong dan anak-anak buahnya juga menghiasi suasana di pulau ini. Tak hanya itu, di bagian agak ke belakang dari pagoda, kita juga bisa menemukan patung 2 ekor panda.

Di pinggiran pulau, biasa di jumpai orang-orang yang memancing di sini. Sehingga membuat kegiatan para pengunjung di pulau Kemaro cukup beragam.

Tips

Walaupun Pulau Kemaro merupakan salah satu tempat wisata favorit masyarakat, sayangnya ada beberapa kendala yang cukup mengganggu aktivitas liburan anda jika tidak di hindari. Beberapa di antaranya adalah :

1. Jika anda datang dari pagi hingga siang dan bermaksud untuk makan di Pulau ini, carilah makanan yang cukup mengenyangkan sebelum menuju pulau. Karena para penjual makanan di sini hanya menjual beberapa makanan ringan dan minuman.

2. Usahakan jika anda perlu untuk buang air kecil/besar, selesaikanlah sebelum menuju ke pulau. Karena, WC umum yang ada di sana, seringkali tidak ada air.

3. Hindari calo dalam memilih alat transportasi air.

4. Jika anda tipe-tipe mabuk laut, menyebranglah dari komperta. Tapi jika anda tidak mudah mabuk, cobalah naik dari BKB, karena panorama suasana sungai musi sangat indah.

5. Jangan lupa minta kontak atau nomor telepon pemilik ketek/speedboat untuk mempermudah anda kembali ke darat, lagi juga biayanya biasanya lebih murah. Tapi jika anda lupa jangan khawatir, anda bisa titip pesan ke tukang ketek/speedboat yang mengangkut penumpang lain untuk mengirimkan angkutan untuk anda.

Kemanapun anda pergi, sebaiknya ada persiapan agar wisata anda terasa nyaman. Selain tips di atas, jika ingin melihat tradisi keagamaan masyarakat Cina, datanglah pada hari-hari besar. Karena di pulau ini pasti mengadakan acara.

Place Tags: palembang, pulau, and Pulau Kemaro.

1 User Review on Pulau Kemaro
Shata lives in

bagi pengunjung yang ingin pergi ke Pulau Kemaro dgn naik perahu dari Benteng Kuto Besak, harga perahu yang ditawarkan oleh abang2 perahu disana cukup besar. Harga tsb biasanya masih bisa ditawar, tawar aja semaksimal mungkin tapi jangan sadis-sadis :D Perjalanan dari dermaga di depan Benteng Kuto Besak sampai ke Pulau Kemaro cukup jauh. Jadi bagi anda yang gampang mabok laut sebaiknya bawa obat anti mabok.

Assessment on 02-17-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image