Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Tari Gending Sriwijaya

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Palembang

Time :

Tari Gending Sriwijaya

Gending Sriwijaya – Sebuah tarian yang memiliki iringan lagu bernuansa kerajaan Sriwijaya dengan musik yang terkesan sangat indah.

Di kala ku merindukan keluhuran dulu kala
Kutembangkan nyanyian lagu Gending Sriwijaya
Dalam seni kunikmati lagi zaman bahagia
Kuciptakan kembali dari kandungan Sang Maha Kala
Sriwijaya dengan Asrama Agung Sang Maha Guru

Begitu merdu iringan lagu Gending Sriwijaya yang sering mengalun di tiap sudut kota Palembang, sumatera selatan. Lagu ini merupakan lagu ciri khas dan tarian tradisional asli masyarakat Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Sejarah Singkat dan Tentang Tarian

Lagu ini ditulis oleh Nungcik AR pada tahun 1940-an. alunan musik dari lagu Gending Sriwijaya selau digunakan untuk mengiringi Tarian Gending Sriwijaya. Baik lagu maupun tarian Gending Sriwijaya itu sendiri mewakili keluhuran budaya, serta melambangkan kejayaan, kekuasaan, dan keagungan dari kerajaan Sriwijaya yang dulu pernah berjaya mempersatukan wilayah Barat Nusantara atau Negara kesatuan republik Indonesia tercinta ini.

Pada acara penyambutan, Tarian Gending Sriwijaya ini biasanya dilakukan oleh 9 penari wanita yang masih muda dan tentu saja cantik – cantik, yang memakai pakaian Adat Aesan Gede, Selendang Mantri, paksangkong, Dodot dan ada seorang penari yang membawa Tanggai / Tepak, biasanya penari utama yang mendapat bagian ini. Mereka ber- sembilan adaah penari inti dari Tarian Gending Sriwijaya ini yang umumnya selalu dikawal oleh tiga penari pria lainnya yang mana dua orang bertugas membawa tombak dan satu orang membawa payung. Sedang di barisan belakang sekali terdapat seseorng yang bertugas sebagai penyanyi Gending Sriwijaya.

Akan tetapi, di jaman sekarang ini peran penyanyi dan pemain alat musik pengiring sudah lebih sering digantikan dengan tape recorder, bukan diiingi oleh gamelan dan gong. Mungkin dikarenakan tidak mudah, dan cukup melelahkan untuk menyanyikan Lagu dan memainkan alat musik penggiring lagu Gending Sriwijaya itu terus menerus, jadi banyak masyarakat jaman sekarang yang memilih praktisnya saja. Penari utama yang berada pada barisan paling depan akan membawa tepak sebagai Sekapur Sirih yang dipersembahkan pada tamu istimewa yang datang berkunjung, Sebenarnya bila menurut sejarah, Persembahan Sekapur Sirih yang di persembahkan kepada tamu ini biasanya akan dilakukan oleh Seorang putri, Sultan atau bangsawan.

Tarian Gending Sriwijaya ini dulunya selalu digelar pada acara penyambutan para tamu agung atau tamu – tamu istimewa yang datang bekunjung ke kota Palembang tersebut, contohnya seerti kepala negara Republik Indonesia yaitu presiden kita, para menteri – menteri kabinet, kepala negara yang datang dri negara tetangga, ataubisa juga duta-duta besar Negara atau yang yang kira – kira memiliki kedudukan penting yang setara dengan yang sudah saya contohkan itu. Untuk menyambut para tamu penting yang datang berkunjung tersebut pastilah pemerintah kota Palembang ini selalu menggelar acara penyambutan yang menampilkan suatu tarian tradisional kota Palembang yang salah satunya adalah Tarian Gending Sriwijaya itu sendiri.

Sampai hari ini masih banyak sebagian besar dari kita sebagai masyarakat Sumatera Selatan, khususnya yang berada tepat di kota palembang yang masih tetap salah dalam memaknai dan memahami arti sejarah sesungguhnya yang di ekpresikan lewat tari Gending Sriwijaya tersebut.

Seperti yang sebagian bsar orang – orang bilang bahwa tari Gending Sriwijaya itu adalah tari sakral pada masa kerajaan Sriwijaya, dan Tarian Gending Sriwijaya ini sudah ada dan digunakan dalam penyambutan pada masa kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di Kota Palembang sumatera selatan yang mencerminkan sikap dari tuan rumah yang ramah, gembira dan bahagia, tulus dan terbuka terhadap setiap tamu yang agung dan istimewa itu, atau bisa disebut kalau tari Gending Sriwijaya itu merupakan tarian yang sangat sakral bagi masyarakat Sumatra Selatan, tetapi mengingat kesakralannya, ada baiknya jika tarian Gending Sriwijaya itu sendiri tidak ditampilkan atau di gelar pada alam terbuka.

Penari dan Perlengkapan

Busana Adat dan Perlengkapan yang dipakai yaitu ;
1. Aesan Gede,
2. Selendang Mantri,
3. paksangkong,
4. Dodot
5. Tanggai / Tepak. *)
6. Peridon
7. payung kebesaran
8. tombak

*) Tepak adalah sebuah nampan atau atakan atau wadah yang berisi, kapur, sirih, pinang, dan ramuan lainnya untuk di persembahkan sebagai ungkapan rasa bahagia atas kunjungan para tamu.

Jumlah Penari pada Tarian Gending Sriwijaya ini umumnya secara keseluruhan berjumlah sebanyak 13 orang yang tidak lain terdiri dari :
• Satu orang sebagai penari utama pembawa tepak ( tepak, kapur, sirih ),
• Dua orang sebagai penari pembawa peridon ( perlengkapan tepak ),
• Enam orang penari pendamping ( tiga dikanan dan tiga kiri ),
• Satu orang sebagai pembawa payung kebesaran ( dibawa oleh pria ),
• Satu orang sebagai penyanyi Gending Sriwijaya,
• Dua orang sebagai pembawa tombak ( Pria ).

Beberapa Sanggar tari Tradisional di Palembang :

1. Sanggar Tari Rumah Elok Palembang.
Berdiri di Palembang sejak 1 Mei 2006. Kegiatannya adalah selalu mengikuti acara lomba-lomba di kota Palembang bahkan sampai ke China, juga mengisi acara – acara pesta perkawinan, hotel, acara TV dan lain-lain

Alamat :
Jln. Kapt. A. Rivai, Lrg. Muawanah 3 No.16 26 Ilir Palembang
(Kontak ke Adi. 08197803231)

2. Sanggar Seni Ganesha

Ganesha Art Group ini didirikan pada tahun 1986, dan termasuk salah satu sanggar senior di Palembang.

Alamat :
Jln. Kapt. A. Rivai, Lrg. Muawanah 3 No.16 26 Ilir Palembang
Jl. KHA. Dahlan No. 74, Palembang
Telp : 0711-352755

3. Sanggar Tari Putri Pinang Masak.

Alamat :
Jl. Angkatan 45 (Dwikora II) No. 1071 Rt.05 Rw.02
Palembang (Dekat PS Mall)
Telp. (0711) 372379, 0813 7343 1035 / 0812 7136 3738

Place Tags: palembang, tari, and Tari Gending Sriwijaya.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image