Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Air Terjun Sampuran Efrata

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Toba Samosir, Parapat, Sumatera Utara

Time :

AIR TERJUN SAMPURAN EFRATA, PESONA AIR TERJUN TERSEMBUNYI DI BALIK PERBUKITAN

Anda penggemar wisata alam ? Bagi Anda yang menggemari wisata alam tentunya Anda sudah banyak mengetahui tentang Danau Toba. Ya, siapa yang tidak mengenal danau yang satu ini ? Danau vulkanik yang terbesar dan terindah di Indonesia yang menyuguhkan panorama alam seperti bukit barisan, pegunungan, pantai hingga ragam objek wisata sejarah dan budaya Batak yang masih terjaga kelestariannya.

Salah satu jenis objek wisata alam yang terdapat di sekitar Danau Toba adalah air terjun. Beberapa macam air terjun populer di Indonesia terdapat di lokasi ini, bahkan eksotikanya juga dikagumi oleh wisatawan dari mancanegara. Tak hanya itu, beberapa objek wisata air terjun di sekitar Danau Toba pun ternyata juga cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara, terbukti pada bulan-bulan tertentu berkunjung ke beberapa air terjun tersebut menjadi agenda wajib bagi mereka.

Salah satu air terjun yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara adalah Air Terjun Sampuran Efrata. Bagi penduduk lokal mungkin mendengar namanya cukup asing sebab sebelumnya air terjun ini bernama Air Terjun Sosor Dolok, sehingga apabila Anda ingin menanyakan lokasi air terjun ini, sebut saja Air Terjun Sosor Dolok. Ya, nama ‘efrata’ sendiri merupakan nama pemberian yang diberikan oleh salah satu wisatawan mancanegara yang berasal dari negara Eropa.

Air Terjun Sampuran Efrata ini tak seperti Air Terjun Sipiso-piso atau pun Air Terjun Sigura-gura yang juga terletak di sekitar Danau Toba yang mudah saja ditemukan. Sebab Air Terjun Sampuran Efrata ini merupakan permata tersembunyi di balik perbukitan yang membentang di sekitar Danau Toba.

Sehingga apabila Anda ingin melihat air terjun ini dengan jarak pandang yang sangat jelas, Anda bisa memandangnya dari Menara Pandang Tele yang terletak tak jauh dari Gunung Pusuk Buhit. Dari Menara Pandang Tele, Anda akan melihat aliran air terjun ini mengalir membelah perbukitan yang berada di antaranya muaranya. Unik sekali !

Terletak di Kabupaten Toba Samosir, tepatnya di desa Sosor Dolok yang merupakan salah satu desa wisata dengan bentang alam dataran tinggi yang hijau. Desa Sosor Dolok ini dapat Anda tempuh sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota di Kabupaten Toba Samosir. Air Terjun ini tampak mempesona, dengan debit airnya yang deras.

Debit air tersebut berasal dari aliran sungai yang terdapat di atasnya, dan kabarnya aliran air tersebut tidak pernah kering meskipun pada bulan-bulan tertentu terjadinya musim kemarau. Bahkan ketika musim penghujan, debit air terjunnya pun menjadi beberapa kali lipat derasnya.

Air terjun ini dikelilingi oleh rimbunan pepohonan yang berada dalam kawasan hutan, sehingga apabila Anda berada di sekitar objek wisata ini maka Anda akan melihat beberapa satwa seperti burung hingga beberapa jenis serangga yang terbang dan hinggap di pepohonan, dan pada malam harinya di sekitar kawasan ini pun serangga seperti kunang-kunang tampak menyala diantara gelapnya malam. Sangat eksotis bukan ?

Untuk menuju ke objek wisata Air Terjun Sampuran Efrata, sebelumnya Anda harus menjelajah kawasan hutan yang terdapat di perbukitan Danau Toba. Jalur perjalanan yang dilintasi sama sekali tidak terdapat medan yang berat dan jaraknya pun tidak terlalu jauh, bahkan dari jarak beberapa meter saja derasnya suara air terjun ini sudah terdengar. Ketika tiba di objek wisata air terjun ini maka panorama air terjun yang indah akan segera memanjakan mata Anda.

Air terjun tersebut turun melalui tebing-tebing yang terjal dan curam dengan debit air yang sangat deras, sehingga memenuhi sungai yang mengalir dibawahnya. Tebing-tebing tersebut pun bentuknya cukup unik, dengan tingginya yang mencapai 26 meter, tebing-tebing tersebut memiliki kontur yang bertingkat-tingkat dan di dominasi oleh bebatuan cadas berwarna hitam. Apabila Anda ingin menikmati air terjun sembari berdiri di sekitar bebatuan tersebut pun diharapkan berhati-hati karena tentu saja sangat licin.

Seperti halnya air terjun yang terdapat di sekitar Danau Toba, Air Terjun Sampuran Efrata ini pun cukup dingin. Ya, berendam sembari menikmati air terjun memang menjadi agenda wajib yang harus dilakukan, apalagi setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan ketika menuju air terjun ini, tentu saja sangat menyegarkan. Setelah puas berkunjung ke lokasi air terjun, Anda pun juga dapat melakukan kegiatan Treking di sekitar kawasan hutan sembari menikmati panorama alam khas dataran tinggi.

Pada bulan-bulan tertentu, Anda juga akan melihat banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata ini, terutama wisatawan yang berasal dari negara Eropa dan Amerika. Biasanya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke lokasi ini datang secara rombongan dengan dipandu oleh seorang pemandu perjalanan (guide) sembari melakukan Treking di sekitar kawasan hutan. Tak jarang beberapa dari mereka pun ada yang menghabiskan waktu hingga sore hari sekedar untuk menelusuri kawasan hutan atau beristirahat di sekitar air terjun.

Ya, berwisata ke air terjun ini dapat menjadi pilihan alternatif pariwisata bagi Anda sekedar untuk mengisi waktu luang setelah melakukan berbagai aktivitas. Di objek wisata Air Terjun Sampuran Efrata, Anda tak hanya dapat merasakan kesegaran airnya, Anda pun juga dapat menelusuri kawasan hutan sembari menikmati udara segar yang masih alami !

Bagi Anda yang hobbi berfotografi, Anda pun dapat menyalurkan hobbi Anda di sekitar objek wisata ini, sebab keindahan objek wisata ini memang layak Anda abadikan dalam kamera Anda. Karena eksotika yang terdapat di air terjun ini, tak jarang beberapa fotografer profesional yang berasal dari Indonesia pun juga pernah menyambangi objek wisata air terjun ini untuk memotret pesona yang terdapat di sekitarnya.

Bahkan kabarnya, beberapa foto air terjun ini pun pernah diikutsertakan dalam kontes fotografi. Menarik bukan ?

Place Tags: Air Terjun Sampuran Efrata and Parapat.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image