Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Air Terjun Sigura-gura

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Toba Samosir, Parapat, Sumatera Utara

Time :

AIR TERJUN SIGURA-GURA, DARI MULAI OBJEK WISATA HINGGA KOMPETISI ARUNG JERAM

Anda penggemar objek wisata air terjun ? Bagi Anda yang menggemari objek wisata air terjun, tentunya Anda sudah mengetahui beberapa objek wisata air terjun yang paling indah di Indonesia dengan eksotikanya yang masing-masing mempunyai ciri khas yang sangat unik. Mungkin Anda pernah mendengar nama Air Terjun Sipiso-piso sebagai salah satu air terjun terpopuler di Sumatera Utara karena bentuknya yang sangat unik dan jatuh dari atas bukit dengan ketinggian perbukitan di daerah dataran tinggi.

Air Terjun Sipiso-piso ini merupakan yang paling tinggi di Indonesia dan telah menjadi destinasi pariwisata penting yang berada di Indonesia, bahkan karena letaknya berada di sekitar objek wisata Danau Toba maka tak hanya wisatawan lokal saja yang memadati lokasi air terjun ini karena pada waktu-waktu tertentu juga tak jarang banyak wisatawan mancanegara yang turut menyambangi air terjun ini.

Selain Air Terjun Sipiso-piso, ada banyak air terjun lainnya di Sumatera Utara yang juga cukup populer, bahkan beberapa diantaranya populer karena aliran arus sungainya yang sangat eksotis. Salah satu air terjun tersebut adalah Air Terjun Sigura-gura. Mendengar namanya tentu saja sudah tidak asing lagi, apalagi bagi Anda yang pernah berkeliling menelusuri kawasan Danau Toba, tentu sangat disayangkan apabila Anda tidak menyambangi objek wisata yang satu ini.

Terletak di Kabupaten Toba Samosir yang merupakan salah satu kawasan dataran tinggi di tepi Danau Toba, sehingga apabila Anda berada di sekitar Air Terjun Sigura-gura ini kesan pertama yang akan Anda dapatkan adalah udaranya yang dingin dan sejuk.

Nama Air Terjun Sigura-gura tentu sudah cukup populer dikalangan wisatawan, selain keberadaan sebuah bendungan buatan di depannya yang juga menjadi objek wisata, sungai yang dialiri oleh Air Terjun Sigura-gura ini juga sering menjadi pilihan pihak penyelenggara sebagai arena untuk kompetisi Arung Jeram tingkat Nasional dan Internasional.

Air Terjun Sigura-gura ini dari kejauhan terlihat seperti air terjun raksasa ditengah eksotika alam Toba Samosir yang sejuk, bahkan dari kejauhan saja suara dentuman airnya yang deras sudah terdengar dengan jelas. Air Terjun ini turun dengan debit yang sangat deras dan di hiasi oleh tebing-tebing bebatuan yang sangat terjal dan licin, tinggi tebing bebatuan tersebut diperkiran sekitar 250 meter dari aliran telaga dan sungai yang terdapat di bawahnya.

Tebing-tebing tersebut mengalir aliran Sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba. Nuansa hutan rimba yang alami pun akan menyambut Anda ketika memasuki kawasan ini, beberapa pepohonan khas dataran tinggi tampak tumbuh dan menghiasi panorama di sekitar objek wisata air terjun ini. Ya, tentu saja berendam di sekitar air terjun ini adalah agenda wajib yang harus dilakukan karena akan terasa sayang sekali apabila terlewatkan.

Anda dapat merasakan kesejukan airnya sembari melepas lelah setelah melalui perjalanan yang cukup panjang untuk menuju ke objek wisata ini. Atau bagi Anda yang ingin melihat beberapa objek wisata di sekitar Air Terjun Sigura-gura ini, Anda pun dapat berjalan untuk menelusurinya, dan tak jauh beberapa meter saja Anda akan disuguhkan oleh panorama Bendungan Sigura-gura yang sangat terkenal itu.

Air Terjun Sigura-gura ini telah lama menjadi destinasi pariwisata oleh wisatawan, karena letaknya pun juga di sekitar Danau Toba, maka tempat ini pun juga mudah dijangkau meskipun sebelumnya Anda harus melewatkan jalur perjalanan yang cukup menantang untuk menuju air terjun ini. Objek wisata ini pun juga selalu dipadati oleh wisatawan setiap hari libur, terlihat beberapa puluh kendaraan milik wisatawan berjejer di lokasi parkir.

Wisatawan tak hanya di dominasi oleh wisatawan lokal saja, sebab sering juga terdapat beberapa wisatawan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata ini dan biasanya mereka datang secara rombongan bersama seorang pemandu perjalanan. Bahkan, sesekali juga terlihat sekelompok Pecinta Alam yang sengaja datang ke lokasi ini sekedar untuk melakukan kegiatan Camping Ground ataupun melakukan olahraga Panjat Tebing di sekitar objek wisata ini.

Tentu saja kegiatan tersebut sangat menguji adrenalin di tengah ketinggian tebing bebatuan Air Terjun Sigura-gura, biasanya mereka memilih tebing yang berada sedikit ke timur karena tidak licin meskipun medannya juga sama-sama terjal.

Tak hanya itu saja, Anda pun juga dapat menyaksikan kompetisi Arung Jeram yang dilaksanakan setiap tahunnya ketika lokasi ini dijadikan sebagai arena untuk olahraga tersebut. Ya, aliran sungai di sekitar Air Terjun Sigura-gura ini memang sangat potensial sekali untuk melaksanakan kegiatan ataupun kompetisi Arung Jeram, apalagi alirannya yang sangat deras dapat memacu adrenalin peserta ditengah kekompakan satu tim Arung Jeram.

Untuk kompetisi Nasional, pihak panitia mengikutsertakan kelompok-kelompok arung jeram yang sudah begitu ahli dari berbagai daerah di Indonesia. Begitu juga dengan kompetisi Internasional, tak jarang nama-nama peserta yang cukup populer dari berbagai belahan dunia pun turut serta mengikuti kompetisi olahraga tersebut. Kompetisi tersebut diadakan oleh Dinas Pariwisata bekerja sama dengan pihak-pihak Internasional.

Bagaimana, Anda tertarik untuk berwisata ke Air Terjun Sigura-gura ? Apabila Anda tertarik, Anda dapat menempuh perjalanan dari Kota Medan menuju Toba Samosir dengan jarak sekitar 250 kilometer, dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun jasa sewa kendaraan. Untuk jasa sewa kendaraan biasanya pemilik mematok harga sewa Rp. 350.000,- hingga Rp. 400.000,- per harinya.

Selama diperjalanan Anda juga akan disuguhkan oleh panorama Danau Toba yang membentang dengan luas, bahkan apabila Anda ingin menginap, Anda tinggal memilih penginapan di sekitar Danau Toba dari mulai penginapan berkelas mewah hingga yang sederhana.

* Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: Air Terjun Sigura-gura and Parapat.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image