Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Batu Hobon

4 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Parapat, Sumatera Utara

Time :

BATU HOBON, SITUS SEJARAH HARTA KARUN ETNIS BATAK

Anda pernah mendengar sebuah gunung di Danau Toba yang bernama Pusuk Buhit ? Bagi Anda yang pernah berkunjung ke Danau Toba, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan keberadaan gunung yang satu ini. Gunung Pusuk Buhit merupakan puncak tertinggi yang terdapat di Pulau Samosir, yang letaknya tepat di tengah-tengah Danau Toba dan hingga kini di yakini masyarakat Batak sebagai tempat dimana etnis Batak berasal.

Ya, tentunya cerita tersebut tidak terlepas dari sejarah nenek moyang etnis Batak yang bernama Siraja Batak yang pernah membangun pemukiman di sekitar gunung ini. Bahkan kabarnya beberapa bukti dari keberadaan Siraja Batak pada masa dahulu dapat dibuktikan melalui peninggalan-peninggalan sejarah yang terdapat di sekitar Gunung Pusuk Buhit.

Salah satu peninggalan Siraja Batak adalah Batu Hobon. Mendengar nama situs sejarah yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi, sebab Batu Hobon merupakan objek wisata sejarah yang cukup populer. Batu Hobon merupakan sebuah batu yang terletak di kaki Gunung Pusuk Buhit, tepatnya di daerah perbukitan dataran tinggi yang berupa padang rumput.

Sekilas mungkin tak ada yang istimewa dari Batu Hobon ini, karena hanyalah sebuah batu dengan ukurannya yang sangat besar dan di atasnya di tutupi oleh bongkahan bebatuan yang juga memiliki ukuran sangat besar. Namun tahukah Anda bahwa Batu Hobon ini merupakan situs sejarah yang sangat di istimewakan oleh etnis Batak ?

Ya, Batu Hobon ini tentu saja sangat istimewa. Sebab menurut catatan sejarah Batak, di dalam Batu Hobon ini terdapat banyak harta karun tersembunyi etnis Batak yang sangat berharga. Dan pada masa dahulu Batu Hobon ini digunakan untuk menyimpan berbagai harta-harta Siraja Batak yang sangat tinggi nilainya. Tentu saja harta karun tersebut merupakan peninggalan dari Siraja Batak dan beberapa orang keturunannya.

Maka sudah dipastikan bahwa Batu Hobon ini merupakan sebuah batu usianya sudah sangat tua, karena telah ada sejak awal mulanya kelahiran Siraja Batak. Di dalam catatan sejarah Batak, tertulis bahwa di dalam Batu Hobon terdapat berbagai logam mulia dengan nilai yang tinggi seperti emas murni, kemudian terdapat pula berbagai perlengkapan adat Batak, hingga perlengkapan kesenian khas Batak.

Bahkan kabarnya, di dalam Batu Hobon ini terdapat pula kitab yang merupakan ajaran dari etnis Batak yang mengandung makna hidup. Sehingga sampai saat ini di sekitar Batu Hobon sering digelar acara penghormatan yang sudah menjadi tradisi etnis Batak. Acara penghormatan tersebut berfungsi untuk menghormati dan menghargai leluhur mereka terdahulu.

Menurut informasi, pada generasi pertama Siraja Batak beliau mempunyai beberapa orang anak lelaki. Ya, menurut sistem adat Batak, anak lelaki pada etnis Batak dianggap sebagai pewaris marga dari generasinya terdahulu, sementara anak perempuan (biru) bukanlah pewaris keturunan, sehingga anak lelaki sangat di istimewakan oleh keluarga Batak.

Anak lelaki yang merupakan keturunan dari Siraja Batak bernama Raja Isombaon dan Guru Tatea Bulan, kedua orang anak tersebut merupakan generasi kedua dari Siraja Batak. Lalu selanjutnya dari keturunan Guru Tatea Bulan, terdapat beberapa orang anak lelaki dan perempuan yang merupakan generasi ketiga dari Siraja Batak. Beberapa diantaranya bernama Sariburaja, Sagala Raja, Silau Raja, Raja Uti dan Limbong Mulana. Namun diantara semua anak dari Guru Tatea Bulan, hanya Raja Uti yang tidak mempunyai pewaris marga atau keturunan.

Berbicara tentang Raja Uti, etnis Batak meyakini bahwasanya Raja Uti ini belum mati dan hingga kini masih hidup. Sehingga Batu Hobon ini hanya dapat dibuka oleh Raja Uti yang menurut keyakinan etnis Batak terdapat pada pribadi keturunan dari Siraja Batak yang khusus di pilih, pribadi tersebut tentunya merupakan pribadi Raja Uti meskipun hingga kini tidak diketahui bahwa pribadi tersebut merupakan keturunan yang keberapa dari Siraja Batak.

Selain itu, tentunya benda-benda yang terdapat di dalam Batu Hobon ini diyakini akan membuat persaudaraan dari seluruh keturunan dari etnis Batak di Sumatera Utara, Indonesia bahkan di dunia akan semakin kuat karena mengandung nilai persaudaraan yang tinggi.

Di samping sejarah tersebut, tentu saja yang namanya harta karun pasti akan membuat banyak orang dihinggapi rasa penasaran untuk mengetahui hal-hal apa saja yang terdapat di dalamnya. Bahkan beberapa orang pun pasti memiliki ambisi untuk mendapatkanya. Begitu pula dengan Batu Hobon, tak jarang beberapa orang yang datang dari berbagai penjuru pun pernah mencoba membuka Batu Hobon ini, dari yang menggunakan peralatan seadanya hingga menggunakan peralatan yang canggih.

Namun usaha mereka untuk membuka batu ini tidak berhasil. Bahkan menurut informasi, pada masa pemerintahan Kolonial Belanda di Indonesia pun, mereka pernah mencoba membuka batu ini untuk melakukan pembongkaran dengan menggunakan peralatan yang sangat lengkap dan modern. Namun, tentu saja usaha mereka untuk membuka Batu Hobon ini tetap saja tidak mendapatkan hasil.

Bahkan menurut kepercayaan etnis Batak, siapa yang mencoba membuka Batu Hobon ini akan mendapatkan malapetaka dan hal itu memang terbukti dari kejadian-kejadian yang menimpa dari beberapa orang yang mencoba membukanya. Tak hanya itu, Batu Hobon ini keberadaannya juga tidak dapat dipindahkan karena sudah merupakan pesan dari leluhur etnis Batak bahwasanya hanya Raja Uti yang dapat membukanya suatu saat nanti.

Bagi Anda yang ingin melihat situs sejarah Batu Hobon dari Siraja Batak, terlebih dahulu Anda harus menuju ke Pulau Samosir dari Danau Toba dengan menggunakan kapal feri penyebrangan.
Setelah tiba di Pulau Samosir, Anda pun dapat melanjutkan perjalanan menuju Gunung Pusuk Buhit. Tentu saja tanpa perlu mendaki gunung tersebut, sebab Batu Hobon ini terletak tepat di kaki Gunung Pusuk Buhit.

Place Tags: Batu, Batu Hobon, and Parapat.

1 User Review on Batu Hobon
Facebook - Kiky Amal lives in

Batu yang kabarnya sangat “mistis” di Pulau Samosir. Ada baiknya berkunjung ke Batu Hobon ini dengan membawa guide, karena kita bisa mendengar setiap detail cerita yang sangat menarik akan sisi legendanya. :)

Assessment on 03-11-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image