Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Hutan Taman Eden 100

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Lumban Julu, Toba Samosir, Parapat, Sumatera Utara

Time :

HUTAN TAMAN EDEN 100, NUANSA ALAM HIJAU TOBA SAMOSIR

Memang selalu menarik apabila kita berbicara tentang pesona alam yang terdapat di Danau Toba dan sekitarnya. Bagaimana tidak ? Bentang alam yang terdapat di kawasan danau vulkanik tersebut menyimpan sejuta keunikan yang sangat layak untuk dikunjungi, apalagi ragam objek wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya dan lainnya dengan mudah dapat kita jumpai di kawasan ini.

Dengan potensi alam yang seperti ini, maka tak heran lagi apabila Danau Toba telah menjadi destinasi pariwisata yang sangat populer di Indonesia bahkan di berbagai belahan dunia. Sehingga tak jarang, apabila kita berada di sekitar Danau Toba maka banyak sekali wisatawan dari berbagai mancanegara yang memadati objek wisata di sekitar danau vulkanik ini, terlebih lagi wisatawan mancanegara ini telah mempunyai destinasi wisata berupa perkampungan tersendiri yang biasanya memang dipadati oleh mereka disaat musim liburan.

Selain ragam objek wisata yang terdapat di sekitar Danau Toba, ada sebuah kawasan wisata yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Kawasan tersebut bernama Hutan Taman Eden 100. Tentunya bagi Anda yang pernah melintasi jalan raya di sekitar kawasan Danau Toba, Anda pasti pernah melihat papan tanda yang bertuliskan Hutan Taman Eden 100 di sisi jalan.

Ya, objek wisata ini tentu saja berupa hutan lindung, namun uniknya di dalam Hutan Taman Eden 100 ini mempunyai beragam jenis tumbuh-tumbuhan khas dataran tinggi yang berjumlah 100 jenis tumbuhan dan diantaranya merupakan tumbuhan yang sangat langka di Indonesia. Objek wisata yang satu ini memang layak untuk Anda kunjungi, terlebih lagi apabila Anda menyukai kegiatan outdoor adventure.

Objek wisata ini telah banyak menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi keindahan yang terdapat di dalamnya, bahkan pada bulan-bulan tertentu, terlihat juga beberapa wisatawan yang berasal dari mancanegara yang berhiking ria disekitar objek wisata ini.

Hutan Taman Eden 100, objek wisata ini terletak di Lumban Julu, tepatnya di Kabupaten Toba Samosir yang merupakan salah satu kawasan dataran tinggi di Sumatera Utara. Seperti namanya Hutan Taman Eden 100, di dalamnya tentu saja terdapat 100 jenis tumbuhan khas dataran tinggi. Namun yang menarik perhatian wisatawan adalah beberapa jenis tumbuhan Anggrek yang menghiasi kawasan hutan, seperti anggrek yang jenisnya cukup banyak di Indonesia bahkan beberapa diantara anggrek-anggrek tersebut ada anggrek yang jenisnya sangat langka di Indonesia.

Sehingga apabila Anda ingin melihatnya, Anda dapat mengunjungi kawasan hutan ini. Tanaman Anggrek tersebut di tempatkan di sebuah kawasan khusus di tengah Hutan Taman Eden 100, dan tentu saja keberadaan anggrek-anggrek tersebut dilindungi oleh pihak pengelola. Kawasan tanaman Anggrek ini yang biasanya selalu dikunjungi oleh para wisatawan dari mancanegara.

Selain melihat anggrek, Anda juga dapat menelusuri kawasan hutan yang di dalamnya terdapat banyak eksotika yang cukup indah. Salah satunya adalah Gua Kelelawar. Nah, bagi Anda yang mempunyai kegemaran menelusuri gua, Anda pun dapat menelusuri Gua Kelelawar ini, letaknya tepat di bagian dalam hutan. Tak hanya menelusuri gua saja, Anda pun juga dapat menikmati air terjun yang terdapat di salah satu sisi bagian luar dari Gua Kelelawar.

Air terjun ini biasanya selalu menjadi tujuan utama para wisatawan, terlebih lagi air terjun ini cukup unik, dengan debitnya yang sangat deras, bermuara ke sebuah sungai yang cukup besar, apalagi di sekitarnya ditumbuhi oleh pepohonan rindang. Tentunya akan menambah eksotika keindahan yang terdapat di Hutan Taman Eden 100 ini.

Bahkan kabarnya di sekitar kawasan hutan ini, ada sekitar 3 buah air terjun yang masing-masing eksotika yang berbeda, ada yang bertingkat 2 hingga air terjun yang bertingkat 7 dengan debitnya yang cukup deras. Bahkan setiap hari libur, ketiga air terjun tersebut selalu dipadati oleh wisatawan. Menarik bukan ?

Selain itu, di Hutan Taman Eden 100 ini juga terdapat sebuah tempat yang cukup unik. Tempat tersebut bernama Rumah Tarzan dan letaknya persis di atas pohon rindang. Sehingga apabila Anda berada di dalam Rumah Tarzan ini, Anda dapat melihat panorama yang terbentang di sekitar Hutan Taman Eden 100, bahkan Anda pun juga dapat menikmati panorama Danau Toba yang membentang sejauh mata memandang dengan perbukitan yang hijau yang menghiasinya.

Seiring dengan perkembangan area Hutan Taman Eden 100 dan beberapa fasilitas yang telah terdapat di dalamnya, kini objek wisata ini tidak hanya di minati oleh wisatawan. Sebab, pada hari Sabtu maupun Minggu, terdapat beberapa kelompok Pecinta Alam yang melaksanakan kegiatan outdoor di sekitar objek wisata ini.

Bahkan di kawasan hutan ini juga telah dibangun area Camping Ground, sehingga tampak beberapa tenda dari kelompok Pecinta Alam tersebut yang mendirikannya di sekitar objek wisata ini. Kelompok Pecinta Alam tersebut biasanya berasal dari Kota Medan, Kota Pematang Siantar maupun dari kota-kota lainnya di Sumatera Utara.

Bagaimana, Anda tertarik untuk berkunjung ke Hutan Taman Eden 100 ? Bagi Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini, Anda dapat menempuh perjalanan dari Kota Medan menuju Kabupaten Toba Samosir selama 3,5 jam hingga 4 jam perjalanan. Bahkan selama dalam perjalanan, panorama alam yang sangat asri akan memanjakan mata Anda sehingga Anda tidak akan bosan-bosannya menelusuri berbagai objek wisata yang terdapat di sekitar kawasan Danau Toba.

Place Tags: Hutan, Hutan Taman Eden 100, and Parapat.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image