Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pantai Ajibata

5 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Parapat, Sumatera Utara

Time :

PANTAI AJIBATA, EKSOTIKA DI GERBANG DANAU TOBA

Danau Toba, siapa yang tidak mengenal objek wisata yang satu ini ? Tentunya nama danau vulkanik ini sudah tidak asing di telinga kita, karena merupakan salah satu destinasi pariwisata kebanggaan Indonesia yang telah mendunia.

Jika kita berbicara tentang pesona Danau Vulkanik ini tentu tidak akan ada habisnya, sebab di danau ini banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi dengan dilatarbelakangi oleh keindahan perairan danau yang membentang dengan luas, seperti pantai air tawar, hutan lindung, pegunungan, museum dan objek wisata sejarah, perkampungan khas Toba, hingga wisata budaya seperti pertunjukkan Boneka Sigale-gale. Semua objek wisata tersebut selalu menarik untuk dikunjungi, terlebih lagi semua objek wisata ini masing-masing mempunyai ciri khas yang sangat menarik.

Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Danau Toba adalah Pantai Ajibata. Pernahkah Anda mendengar nama objek wisata yang satu ini ? Tentunya, sebahagian besar wisatawan hanya mengetahui bahwa Ajibata adalah sebuah dermaga yang terletak di gerbang masuk menuju Danau Toba dan mengakses perjalanan ke daerah-daerah lain di sekitar Danau Toba seperti desa Tomok maupun Pulau Samosir.

Namun, ternyata tidak hanya itu saja sebab di kawasan Ajibata bukan hanya terkenal dengan dermaga, namun terdapat juga sebuah pantai yang indah dan sangat eksotis. Bahkan merupakan salah satu destinasi pariwisata yang wajib dikunjungi apabila berada di Danau Toba.

Pantai Ajibata, mungkin nama ini cukup populer di kalangan wisatawan lokal, meskipun sesekali juga terlihat beberapa wisatawan yang memadati objek wisata yang satu ini. Terletak di Kabupaten Toba Samosir yang merupakan daerah dataran tinggi Sumatera Utara, tepatnya di tepi perairan Danau Toba yang merupakan danau air tawar.

Tentunya Pantai Ajibata ini tidaklah sama seperti halnya pantai-pantai lainnya yang terdapat di kawasan dataran rendah yang bercuaca panas karena pantai ini tentu saja juga berair tawar, apalagi letaknya tepat di dataran tinggi dengan nuansa pegunungan yang menjadikan cuaca ini di daerah ini begitu sejuk. Sehingga apabila Anda berada di pantai ini, maka nuansa yang berbeda akan Anda rasakan.

Pantai Ajibata merupakan pantai yang paling ramai dikunjungi di Danau Toba, selain aksesnya yang mudah dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, di pantai ini juga telah terdapat ragam fasilitas yang lengkap yang khusus disediakan bagi wisatawan yang berkunjung.

Tak hanya itu, eksotika pantai ini pun juga tak kalah indahnya. Perairan pantai yang luas berair jernih, dengan dikelilingi hamparan perbukitan yang tampak berwarna hijau. Pasir putihnya yang dipadukan dengan bebatuan serta pepohonan rindang khas dataran tinggi yang terdapat di sekitarnya, menjadikan kawasan pantai ini begitu menarik untuk dikunjungi.

Terlebih lagi, perairan di pantai ini cukup dangkal hingga beberapa meter dan arusnya pun tidak deras, sehingga bagi Anda yang ingin berenang ataupun sekedar berendam tidak perlu khawatir. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini lebih memilih mengapung dengan ban di tengah perairan untuk bersantai sembari menikmati panorama alam yang terbentang di sekitar pantai ini.

Anda pun juga dapat melakukan kegiatan lainnya yang disewakan oleh pihak pengelola di pantai ini, seperti kegiatan boatcross dengan menggunakan boat, kegiatan ini akan menguji adrenalin Anda di tengah perairan danau yang membentang, dengan menyeimbangkan tubuh diantara laju boat yang cukup kencang. Tentu saja bagi Anda yang belum berpengalaman, akan di dampingi oleh para pelatih yang ahli.

Kegiatan ini biasanya digemari oleh kalangan dewasa, terutama bagi mereka yang menyukai tantangan. Selain boatcross, Anda juga dapat melakukan kegiatan sepeda air dengan menggunakan sepeda air khusus yang dapat Anda sewa. Ya, kegiatan ini peminatnya cukup banyak mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa dan biasanya bagi anak-anak akan di dampingi oleh orang dewasa. Kegiatan ini dilakukan dengan cara mendayung sepeda air hingga batas yang telah ditentukan, namun jangan sampai melewati tanda batas karena tentu saja akan membahayakan. Tentu saja kegiatan ini begitu menarik untuk dilakukan.

Tak hanya itu, bagi wisatawan yang ingin bersantai di sekitar pantai ini, pihak pengelola juga menyediakan gazebo-gazebo yang dapat di sewakan dengan harga yang cukup terjangkau seharga Rp. 20.000,- per gazebo. Gazebo ini memang tidak telalu besar, namun cukup untuk 5-6 orang di dalamnya. Selain itu, bagi wisatawan yang tidak membawa bekal, jangan khawatir. Di sekitar kawasan pantai ini juga banyak terdapat restaurant dengan ragam kuliner khas yang dapat Anda coba, mulai dari kuliner khas Sumatera Utara hingga beberapa kuliner mancanegara.

Anda dapat berkunjung ke pantai ini dengan menempuh perjalanan dari Medan menuju Kota Parapat, dengan menggunakan transportasi umum atau mobil sewa yang terdapat di Kota Medan. Untuk harga mobil sewa, biasanya pemilik mematok harga Rp. 350.000,- hingga Rp. 400.000,- per hari tergantung jenis mobil yang Anda sewa.

Dan bagi Anda yang berasal dari luar kota yang ingin menginap di kawasan pantai ini, pihak pengelola juga telah menyediakan ragam penginapan yang dapat Anda pilih mulai dari penginapan berkelas hingga penginapan yang sederhana. Tentunya harga penginapan tersebut juga berbeda-beda.

Penginapan di kawasan Pantai Ajibata ini memiliki sudut pandang yang langsung menghadap ke kawasan pantai, sesekali dari kejauhan juga terlihat beberapa kapal yang melintas di sekitar perairan Danau Toba, sehingga panorama tersebut akan melengkapi suasana liburan Anda menjadi lebih menarik.

* Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: ajibata, pantai, Pantai Ajibata, and Parapat.

1 User Review on Pantai Ajibata
Facebook - Kiky Amal lives in

Menurut saya, Ajibata ini adalah pantai yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal..
Yang paling menarik dari pantai ini tentunya panorama danau toba yang indah, dan kita pun dapat melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal besar untuk berkeliling danau toba.. :)

Assessment on 04-08-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image