Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pantai Arta

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman

Time :

Pantai Arta – Keindahan pantai-pantai di kabupaten pariaman memang tak kalah menariknya dengan daerah lain, salah satunya pantai Arta.

Pantai ini merupakan tempat tujuan wisata utama bagi masyarakat Pariaman. Tak jarang banyak pula wisatawan luar daerah yang datang untuk berlibur kesini. Keindahan alamnya yang sangat memukau dijamin akan menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang datang ke pantai ini.

Lokasi Dan Transportasi

Lokasi pantai Arta ini terletak sekitar 16 Kilometer dari Kota Pariaman, tepatnya berada di Nagari Kuranji Hulu, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman. Untuk menuju kesini tidaklah susah, karena jalannya sudah beraspal cukup baik.

Lokasinya yang berada di jalan lintas Padang – Pasaman membuat banyak pilihan transportasi untuk menuju kesini, sehingga anda pun akan sangat mudah untuk mencapainya, baik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum.

Jika anda akan menggunakan kendaraan umum, maka dari Kota Padang anda dapat naik angkutan Bus yang menuju Sungai Limau. Ongkosnya sekitar Rp 15.000*) dengan perjalanan yang memakan waktu sekitar 2 jam maka anda pun akan tiba di lokasi pantai ini.

Karena pintu gerbang untuk masuk ke pantai ini ada dua yang sama-sama terletak di pinggir jalan, maka anda dapat turun di salah satu pintu gerbang tersebut.

Wisata

Pesona pemandangan alam yang ada di pantai ini akan menjadi kesan tersendiri bagi anda yang datang. Dengan lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota, maka tidaklah heran jika pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Apalagi jika pada hari-hari libur, dipastikan pengunjung yang datang ke pantai ini akan semakin meningkat.

Saat pertama kali tiba disini, anda akan dikenakan biaya masuk yang terdapat di dua pintu gerbang yang berada di pinggir jalan, yaitu gerbang lama dan gerbang baru yang saling berjarak sekitar 200 Meter.

Biasanya yang paling sering digunakan untuk masuk adalah pintu gerbang lama. Tiket masuk dikenakan biaya sebesar Rp 3.000*) per orang sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya masuk Rp 4.000*).

Jika pada hari-hari libur maka harga tiket akan naik, biasanya menjadi Rp 5.000*) per orangnya. Anda tidak perlu khawatir jika membawa kendaraan pribadi, karena sudah disediakan lahan parkir yang cukup luas di tempat ini.

Pantai Arta memiliki panjang bibir pantai sekitar 1000 Meter dengan pasirnya yang putih dan sangat bersih. Tidak terdapat sampah-sampah yang berserakan di bibir pantai, karena penduduk setempat sangat menjaga kebersihan pantai disini.

Sepanjang pantai ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, sehingga membuat pantai ini menjadi terasa lebih sejuk. Ombaknya yang bisa mencapai satu meter menambah kesan suasana di pantai ini menjadi terasa nyaman dan indah untuk di pandang.

Jika sore hari terkadang hembusan angin yang datang mampu membuat anda terbius untuk berlama-lama menikmatinya, apalagi saat menjelang sunset, maka pemandangan akan menjadi semakin indah.

Anda dapat menikmati saat-saat matahari tenggelam dari ufuk barat sambil duduk bersantai di bawah pohon pinus, sangat cocok bagi anda yang ingin melepas penat dari kesibukkan pekerjaan.

Fasilitas yang ada di pantai ini pun cukup lengkap, terdapat wahana permainan untuk anak-anak dan orang dewasa yang bisa anda coba.

Di pantai Arta terdapat sebuah panggung seni yang digunakan untuk acara kesenian yang biasanya diadakan saat hari libur lebaran. Jika anda ingin menikmati acara kesenian ini, sebaiknya anda datanglah kesini pada saat hari libur lebaran.

Pantai ini dilengkapi pula dengan beberapa gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai, selain itu terdapat pula warung-warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Terdapat makanan khas Padang Pariaman yang di jual disini, seperti sala lauk, sala udang, sala kepiting dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda tidak perlu khawatir dengan harganya, karena harga yang di patok cukup bersahabat dengan kantong anda.

Jika anda ingin menikmati makanan ini sambil duduk di atas pasir dengan pemandangan menghadap laut, maka disediakan penyewaan tikar yang bisa anda sewa dengan harga Rp 5.000*) per tikarnya.

Tips

1. Bawalah selalu barang anda secukupnya, jangan sampai memberatkan perjalanan, apalagi jika anda akan menggunakan transportasi kendaraan umum.

2. Datanglah kesini pada hari libur lebaran, karena biasanya pada hari itu sering diadakan pesta pantai.

3. Berhati-hatilah dengan ombak laut saat anda bermain di pinggir pantai.

4. Sebaiknya bawalah pakaian ganti jika anda akan berbasah-basahan di pantai ini.

5. Bawalah perlengkapan seperti topi atau payung jika anda tidak tahan dengan cuaca panas, serta bawalah pula sunblock untuk menjaga kulit anda dari sengatan terik matahari.

6. Jangan membuang sampah sembarangan, sebaiknya buanglah sampai pada tempat yang sudah disediakan atau masukkan ke dalam kantong anda

Pantai arta menghadirkan pemandangan laut luas yang sangat indah. Adanya pohon-pohon pinus sepanjang bibir pantai membuat tempat ini terasa lebih rindang dengan hawa yang sangat sejuk.

Jika anda berada di Kota Padang ataupun Kota Pariaman, jangan lewatkan tempat yang satu ini. Ajaklah serta teman atau keluarga anda agar liburan semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Arta, pantai, and pariaman.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image