Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Air Terjun Lubuk Batu Bulan

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Nagari Simpang Kapuak, Mungka, Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Sumatera Barat

Time :

Air Terjun Lubuk Batu Bulan – Payakumbuh

Air Terjun Lubuk Batu Bulan – sebuah tempat wisata berupa air terjun bukanlah hal yang asing dengan wilayah yang memiliki topografi berbukit-bukit seperti Payakumbuh.

Salah satu diantaranya adalah air terjun lubuk batu bulan yang memiliki keunikan tersendiri yang tidak dapat ditemukan pada air terjun lainnya, sehingga banyak wisatawan yang ingin melihat langsung keunikkan air tejun tersebut.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi dari air terjun ini berada di Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota, Payakumbuh, Sumatera Barat. Tepatnya berada di kawasan Jorong Balai Koto Tinggi Kubang Balambak. Sayangnya, untuk menuju lokasi objek wisata ini cukup sulit, tetapi, keunikkan air terjun ini menjadi asset tersendiri yang mengundang wisatawan untuk mendatanginya.

Anda masih bisa menggunakkan kendaraan dengan roda empat, baik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Tetapi setelah anda tiba di Mungka, anda hanya bisa menggunakkan kendaraan roda dua. Dari kota Payakumbuh, anda bisa langsung menuju Mungka melalui Jalan Payakumbuh – Bonjol.

Namun, jika anda ingin menggunakkan kendaraan umum, anda bisa menemukannya di terminal Koto Nan Ampek. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam. Setelah tiba di Mungka, anda bisa menyewa ojek, atau jika anda ingin lebih leluasa, bisa menyewa motor saja dan langsung menuju Air Terjun Lubuk Batu Bulan yang jaraknya sekitar 17 kilometer lagi.

Sepanjang perjalanan, hamparan sawah hijau serta peternakkan ayam warga yang menjadi salah satu mata pencarian pokok warga Mungka akan menghibur mata anda. Jalur awal memang masih beraspal, tetapi setelah itu, anda mulai memasuki jalan yang masih berupa tanah dan berbukit-bukit sehingga memang harus berhati-hati dalam mengendarai motor anda.

Pada punggung bukit, anda akan menemukan tempat peristirahatan dengan panorama alam menakjubkan karena anda bisa melihat pemandangan yang hijau sejauh mata memandang sehingga benar-benar menyejukkan dan membuat anda ingin berlama-lama menikmati kesejukkan alamnya.

Setelah perjalanan yang cukup jauh namun menyegarkan ini, anda harus melepas kendaraan roda dua anda ketika tiba di Jorong Balai Koto Tinggi Kubang Balambak. Perjalanan selanjutnya adalah menembus hutan yang masih alami sehingga membangkitkan jiwa petualang anda.

Setelah melewati perjalanan di lokasi hutan dan ladang-ladang gambir, anda akan melewati turunan yang cukup curam untuk menuju kaki lembah. Nah, tak lama lagi anda akan segera menemukan Air Terjun Lubuk Batu Bulan ini karena tak jauh dari turunan ini, anda akan mendengar gemuruh air terjun yang anda tuju.

Wisata

Air Terjun Lubuk Batu Bulan seperti yang disebutkan sebelumnya memiliki keunikan yang tak dapat ditemukan di lokasi air terjun lainnya. Dari pengertian namanya, lubuk berarti kolam, tetapi yang unik dari air terjun ini, kolam yang di maksud tidak berisi oleh air, bahkan di sekitarnya pun tidak ditemui sungai yang mungkin menjadi aliran air terjun yang indah ini.

Tetapi anda jangan bingung, fenomena alam yang unik ini, bukanlah karena hal-hal yang berbau magis, melainkan di bagian lubuk kolam, ada goa, atau bisa dikatakan sungai bawah tanah yang mengalirkan air yang turun dari atas perbukitan ini sejauh 1 kilometer panjangnya. Hal inilah yang menyebabkan air yang jatuh, tetapi tampak hilang dan tak terlihat mengalir disekitar air terjun.

Jadi, buat anda yang ingin mencoba untuk mandi sembari menikmati kesegaran air terjun alami ini, baiknya simpan keinginan anda itu. Karena anda hanya akan mendapati air yang jatuh ke susunan batu-batu besar, kemudian menghilang bak di telan bumi. Benar-benar unik dan hanya disini anda bisa menemukannya.

Lantas, apa tujuan para wisatawan ketika datang kesini jika tidak bisa mencoba kesegaran air dari Air Terjun Lubuk Batu Bulan? Jangan khawatir, di sisi tebing batu, anda bisa mengambil kucuran air sehingga anda bisa mencuci muka, ataupun menikmati segarnya percikan air dari Air Terjun Lubuk Batu Bulan ini.

Tak hanya mencoba kesegaran air yang ada, anda bisa berpiknik, bahkan berkemah dengan nuansa malam yang akan memberikan keindahan. Bahkan, anda bisa mendirikan tenda di bagian dekat gua yang mengaliran air terjun ini. Kesejukkan tentunya akan sangat terasa, apalagi sambil memandangi bintang-bintang yang makin terlihat jelas di langit dengan suasana alam yang masih sangat alami.

Tips
1. Karena sulit untuk menempuh objek wisata ini, maka lebih di rekomendasikan kepada anda yang memang gemar berpetualang serta para wisawatan yang memiliki kondisi tubuh yang fit.

2. Siapkan makanan dan minuman untuk perjalanan, karena belum adanya pedagang yang menjualkan makanan maupun minuman di sekitar air terjun ini.

3. Bawalah barang bawaan yang menurut anda penting saja, jika terlalu banyak barang yang anda bawa, tentunya akan memberatkan anda selama di perjalanan.

4. Jika anda membawa kendaraan sendiri, sebaiknya membawa motor saja dari awal, misalnya saja anda berada di wilayah perkotaan Payakumbuh. Hal ini untuk menghindari gonta ganti kendaraan yang merepotkan dan kemungkinan kurangnya efisiensi wisata, karena lebih banyak pengeluaran untuk ongkos.

Dimana lagi anda bisa menemukan air terjun serupa yang airnya tampak menghilang begitu saja setelah menghantam batu-batu besar? Air terjun inilah yang bisa anda temui sehingga bisa menghapus rasa penasaran anda. Jadi, siapkan bawaan anda, kemudian jelajahi Payakumbuh untuk menuju Air Terjun Lubuk Batu Bulan. Selamat berwisata!

Place Tags: Air Terjun Lubuk Batu Bulan and payakumbuh.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image