Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Jembatan Ratapan Ibu

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. Jenderal Sudirman, Payakumbuh, Sumatera Barat

Time :

Jembatan Ratapan Ibu – Payakumbuh

Jembatan Ratapan Ibu – nama yang cukup unik bukan? Jembatan ini memiliki cerita sejarah yang membuat jembatan ini dinamai sedemikian rupa. Terdengar cukup memilukan, tetapi begitulah gambaran sejarah yang dimiliki Jembatan Ratapan Ibu ini, sehingga menarik para wisatawan untuk melihat langsung serta mengetahui kisah di balik jembatan ini.

Lokasi dan Transportasi

Lokasi jembatan ratapan ibu sangat mudah ditemukan, yaitu terletak tidak jauh dari dalam kota payakumbuh, Sumatera Barat. Tepatnya di jalan Jenderal Sudirman, melintasi Sungai Batang Agam yang terhubung antara pasar Payakumbuh dengan pasar Ibuh yang berada di nagari Aie Tabik.

Jika anda sudah berada di dalam kota Payakumbuh, maka anda dapat menuju kesini baik dari pasar Payakumbuh ataupun dari pasar Ibuh dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkot, ojek ataupun Bendi. Ongkos untuk naik angkot sekitar Rp 3.000*) untuk sekali jalan.

Anda cukup mencari angkot yang akan menuju ke pasar tersebut, maka pasti akan sampai di jembatan ini. Jika anda menggunakan ojek ataupun bendi, maka ongkosnya bisa anda tawar dahulu sebelum naik. Sampai harga cocok, maka anda akan langsung di antar ke lokasi.

Jika anda dari Kota Padang, cukup menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan menggunakan bus. Ongkosnya berkisar antara Rp 25.000 – Rp 35.000*), namun jika anda dari kota bukit tinggi, hanya perlu memakan waktu sekitar 40 menit perjalanan.

Sejarah Singkat

pada awalnya jembatan ini dibangun oleh serdadu Belanda pada tahun 1818, yang memiliki panjang jembatan 40 meter. Arsitektur bangunannya pun masih terlihat tampak kuno, dengan tidak menggunakan tulang besi dan susunan batu bata yang berbentuk setengah lingkaran. jembatan ini merupakan saksi bisu sejarah perjuangan pemuda nagari Payakumbuh dahulu.

Di atas jembatan inilah pemuda nagari Payakumbuh dahulu dibantai dan dibunuh oleh serdadu Belanda. Mereka disuruh berbaris di pinggir jembatan menghadap sungai, lalu serdadu Belanda mengeksekusinya dengan cara menembak, kemudian mayat mereka di lempar ke sungai agam yang berada di bawah jembatan itu yang kemudian hanyut dibawa arus sungai.

Kejadian itu disaksikan langsung oleh masyarakat sekitar. Kaum ibu yang melihatnya tak bisa berbuat banyak selain hanya bisa pasrah dan terus menangis melihat peristiwa kejam itu.

Untuk mengenang peristiwa itulah akhirnya jembatan yang menjadi tempat eksekusi serdadu Belanda itu diberi nama jembatan ratapan ibu. Di ujung jembatan dibangun pula sebuah tugu patung seorang wanita yang sedang menangis dengan tangannya yang menunjuk ke arah sungai agam, tempat mayat pemuda nagari Payakumbuh di lempar serdadu Belanda.

Wisata

Kawasan jembatan ratapan ibu sangat menarik untuk dikunjungi. Karena selain anda dapat melihat saksi bisu sejarah disini, tempat ini pun sudah diperbaharui dengan perluasan dan pembangunan taman di sisi sungainya. Setiap pagi sampai sore hari, tempat ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Mereka yang datang selalu menggunakan kesempatannya untuk berfoto di sekitar jembatan dan tugu ratapan ibu yang bersejarah. Pembangunan taman di sisi sungai ini dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini. Anda dapat masuk ke taman dengan melewati tugu ratapan ibu terlebih dahulu, setibanya di taman, anda dapat duduk bersantai sambil menikmati suara air yang mengalir dari sungai Agam serta melihat kendaraan yang sibuk melintas dari atas jembatan ratapan ibu ini.

Sesekali bias dari sinar matahari yang menyinari air sungai ini akan membentuk pelangi yang indah dipandang mata. Pemandangan tumbuh-tumbuhan hijau yang di tanam pun semakin membuat tempat ini terlihat asri dan cantik. Udara segar yang terasa disini dijamin akan menghilangkan kepenatan yang anda rasakan. Sangat cocok untuk tempat menghilangkan stress dari keramaian kota.

Selain digunakan sebagai tempat untuk bersantai, tempat ini pun sering digunakan oleh pengunjung yang akan berdiskusi kelompok. Baik oleh kalangan pelajar,mahasiswa maupun masyarakat umum. Mereka menjadikan tempat ini untuk lokasi berdiskusi karena memang tempatnya yang terbuka luas dan santai, sangat cocok untuk berkumpul.

Selain itu, setiap sore tempat ini juga menjadi taman bermain bagi anak-anak sekitar. Tak jarang sering pula ada ternak yang sengaja kesini untuk minum air di sungai Agam. Menjadikan suasana sore disini semakin terlihat ramai.

Di lokasi ini anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar. Banyak terdapat penjual yang menjual makanan dan minuman di sekitar lokasi. Anda tinggal memilih berbagai jenis makanan yang dijual disini, tentunya dengan harga yang sangat bersahabat dengan kantong. Atau jika ingin yang lebih lengkap, anda dapat menuju ke pasar yang berada beberapa ratus meter dari jembatan ini.

Tips
1. Datanglah kesini pada pagi atau sore hari, karena cuaca sangat nyaman dinikmati pada saat itu.
2. Berhati-hatilah saat bermain di pinggir sungai, karena arusnya cukup deras.
3. Bawalah kamera dan buku catatan anda, karena anda akan banyak tahu informasi dari tempat bersejarah ini.
4. Jangan membuang sampai ke dalam sungai, karena akan mengurangi keindahan tempat wisata yang bersejarah ini.

Jembatan ratapan ibu merupakan tempat bersejarah yang layak menjadi tujuan wisata bagi anda yang berkunjung ke Payakumbuh. Lokasinya yang sudah di perbaharui pun dijamin akan membuat anda nyaman saat berada disini. Ajaklah serta teman atau keluarga anda berkunjung kesini, agar wisata anda semakin menyenangkan. Selamat berwisata!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Jembatan Ratapan Ibu and payakumbuh.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image