Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Kapalo Banda Taram

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Kenagarian Taram, Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat.

Time :

Kapalo Banda Taram – Payakumbuh

Kapalo Banda Taram – merupakan salah satu wisata alam dengan pemandangan yang hijau serta segarnya air yang ada di objek wisata ini. Kapalo banda taram sendiri, dulunya hanya merupakan saluran irigasi, tetapi kini setelah adanya sedikit pembangunan, akhirnya menjadi objek wisata yang mampu menyedot wisatawan dengan tampilan panorama alam yang menakjubkan.

Lokasi dan Transportasi

Kapalo Banda Taram terletak di Kenagarian Taram, Kecamatan Harau, Payakumbuh, Sumatera Barat. Jarak dari Kota Payakumbuh adalah sekitar 11,5 kilometer atau memakan waktu sekitar setengah jam dengan perjalanan darat menggunakkan kendaraan bermotor.

Untuk menuju lokasi inipun tidak begitu sulit karena anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat. Selain itu pula anda bisa menggunakkan kendaraan umum yang melintas di dekat objek wisata ini.

Jika anda datang dari Ibukota Padang, anda bisa langsung menuju kota Payakumbuh dengan menggunakkan bus ataupun travel. Anda akan menempuh jarak sekitar 129 kilometer. Dengan ongkos sekitar Rp 25.000 – Rp 40.000*) tergantung jenis kendaraan dan fasilitas dari kendaraan yang anda gunakkan tersebut.

Tetapi jika anda sudah berada di Kota Payakumbuh, anda bisa mencari beberapa kendaraan umum yang melintas di jalan. Anda bisa menggunakkan angkutan kota (angkot) dengan jurusan Harau dan jangan lupa sebutkan tujuan anda agar anda tidak merasa kebingungan untuk berhenti dimana.

Tarif untuk angkot, sekitar Rp 2.500 – Rp 3.000*) per orangnya. Selain angkot, anda bisa menggunakkan salah satu kendaraan tradisional berupa delman atau yang lebih akrab disebut bendi oleh masyarakat setempat. Tarif bendi, berdasarkan hasil tawar menawar anda serta seberapa jauh jarak yang anda tempuh selama menggunakkan jasa tersebut.

Selain itu, anda bisa menikmati kesegaran kota Payakumbuh sembari bersantai di atas bendi. Angkutan lainnya, anda bisa menggunakkan ojek dengan penentuan tarif sama seperti bendi.

Untuk anda yang menggunakkan kendaraan pribadi, ataupun kendaraan sewaan, anda bisa langsung menempuh perjalanan menuju Harau. Jika anda bingung mengambil jalan mana, jangan segan untuk bertanya kepada penduduk, karena rata-rata penduduk cukup ramah pada para wisatawan.

Wisata

Objek wisata Kapalo Banda Taram, pada jaman dulu sebenarnya hanya merupakan saluran irigasi tradisional yang dibangun oleh masyarakat sekitar secara bersama-sama atau gotong royong. Saluran irigasi dibuat dengan tujuan untuk mengairi sawah-sawah mereka yang bisa anda lihat sendiri ketika berwisata ke sini.

Pemandangan yang sangat hijau dengan bentangan sawah yang luas serta lokasinya yang tak jauh dari hutan, menjadikan suasana di sekitar Kapalo Banda Taram terasa sangat menyegarkan serta membuat anda betah untuk bersantai berlama-lama disini. Apalagi dengan adanya perbukitan hijau yang turut berkontribusi melengkapi keindahan alam di sekitar objek wisata ini.

Kapalo Banda Taram sebenarnya baru menyedot perhatian wisatawan ketika pemerintah kota setempat mulai membangun sebuah bendungan teknis walaupun fasilitas penunjang lainnya memang belum bisa di temukan di lokasi objek wisata ini. Hal ini tak lain karena belum adanya pengelola resmi untuk mengurus fasilitas dan infrastrukturnya. Walaupun begitu, Kapalo Banda Taram tetap ramai dikunjungi wisatawan yang gemar melihat keindahan alam, memancing maupun berburu hewan seperti babi.

Ketika berwisata ke sini para wisatawan bisa menggunakkan rakit yang sudah disediakan oleh masyarakat, sehingga ada bisa bersantai dengan rakit bambu di atas perairan yang ada di Kapalo Banda Taram. Benar-benar mempesona dan menyegarkan.

Tak hanya itu, di tempat ini sering diadakannya acara perburuan babi karena masih dekat dengan rimbunnya hutan. Sehingga, Kapalo Banda Taram ini juga layak dikunjungi bagi para wisatawan yang gemar berburu.

Hal menarik yang bisa anda temukan disini adalah, adanya jenis ikan yang muncul setiap satu tahun sekali. Ikan-ikan yang muncul di sini sangat mirip dengan ikan yang berada di kolam samping Surau Tuo Taram. Walaupun sama-sama di wilayah Taram, tetapi jarak antara Surau Tuo dan Kapalo Banda berjarak cukup jauh yakni sekitar 1 kilometer. Yang masih menjadi pertanyaan, bagaimana ikan ini bisa muncul secara tiba-tiba? Apalagi kemunculannya yang hanya tiap satu tahun sekali.

Tips
1. Cuaca sangat penting untuk diperhatikan, karena jika akan turun hujan, maka akan sangat mengganggu wisata anda. Hal ini karena wisata ke Kapalo Banda Taram merupakan wisata outdoor yang sangat terpengaruh oleh cuaca.

2. Untuk anda yang ingin mencoba berburu babi, anda bisa berkunjung pada hari rabu. Karena biasanya diadakan perburuan rutin pada hari tersebut.

3. Bawalah barang bawaan anda secukupnya agar tidak memberatkan perjalanan anda ketika menyusuri keindahan alam Kapalo Banda Taram ini.

4. Anda bisa berpiknik disini sembari menikmati keindahan alam. Jadi, bawalah makanan sendiri serta alas untuk duduk.

5. Jika anda ingin memancing, bawalah alat pancing anda sendiri dan anda bisa mencoba memancing di atas rakit yang sudah disediakan.

Bermula dari saluran irigasi, tetapi didukung oleh indahnya panorama alam yang ada secara alami di tempat ini, menjadikan Kapalo Banda Taram adalah objek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi ketika berwisata ke Payakumbuh. Jadi, mengapa tidak mencoba langsung untuk menikmati indahnya alam Payakumbuh di Kapalo Banda Taram?

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Kapalo Banda Taram and payakumbuh.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image