Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Kebudayaan Melayu

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Pekanbaru, Riau

Time :

Menggali lebih dalam lagi berbagai keunikan dari masyarakat suku Melayu, akan menjadi salah satu kegiatan wisata kebudayaan yang menawarkan pesona dan kenikmatan tersendiri. Bila dilihat dari beberapa kisah sejarah, suku Melayu pada awalnya berasal dari Kerajaan Melayu pertama, yang pernah berdiri di Pulau Sumatra, tepatnya disekitar kawasan sungai Batang Hari, Provinsi Jambi.

Menurut berbagai kisah-kisah sejarah, juga diterangkan jika penyebaran suku Melayu, terjadi melalui kegiatan perdagangan yang dilakukan pada masa itu. Dimana banyak sekali pedagang suku melayu, pada akhirnya memilih untuk menetap didaerah-daerah tertentu dengan membawa berbagai kebudayaan Melayu bersamanya.

Siapa sangka jika suku Melayu tersebut, saat ini telah tersebar pada berbagai lokasi di Asia Tenggara? Nah, Kira-kira kota apa yang dapat dikunjungi guna menikmati berbagai sajian kebudayaan Suku Melayu tersebut?

Salah satu lokasi yang wajib anda kunjungi untuk menikmati berbagai sajian warisan peninggalan kebudayaan suku Melayu tersebut, yakni kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Dapat dipastikan terdapat berbagai bentuk dari kesenian serta kebudayaan Melayu, akan anda temukan pada kota yang saat ini telah direkomendasikan oleh pemerintah, sebagai salah satu pusat referensi guna mempelajari berbagai Kebudayaan Melayu di Indonesia.

Tidak dapat dipungkiri, jika kota yang begitu kental dan sangat identik dengan kebudayaan Melayu ini, menyimpan banyak sekali hal-hal berkaitan dengan berbagai jenis warisan kebudayaan dari suku yang juga tersebar dibeberapa provinsi di Indonesia.

Suasana pertama yang dapat anda nikmati, yakni bahasa sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat dikota Pekanbaru terdengar masih begitu kental dengan warna dan dialek bahasa kedaerahan Suku Melayu. Anda akan merasakan suasana tersendiri ketika berada ditengah-tengah keseharian masyarakat tersebut.
Pesona dari kebudayaan Melayu juga langsung dapat anda rasakan ketika berkeliling dikota Pekanbaru.

Terlihat banyak sekali bangunan-bangunan dikota ini, memang mengadopsi bentuk unik rumah adat suku Melayu. Jika digali lebih dalam lagi, rumah adat masyarakat suku Melayu sejatinya terbagi kedalam beberapa bentuk bangunan adat, diantaranya yakni Balai Selasar Jatuh Tunggal, Rumah Melayu Atap Limas, Rumah Melayu Atap Kajang, serta Rumah Melayu Atap Lontik.

Beragam bentuk dari bangunan rumah adat tersebut, sungguh terlihat begitu indah dan mempesona, ditambah lagi dengan adanya balutan dari gaya arsitektur unik, serta penuh dengan ukiran-ukiran indah pada tiap sisinya.

Keseniaan serta kebudayaan lainnya yang dapat kita nikmati dikota Pekanbaru, yakni beragam jenis dari Tari-tarian khas suku Melayu, dan diiringi dengan alunan berbagai alat musik tradisional yang terdengar begitu merdu. Banyak sekali kegiatan yang mementaskan kesenian gerak tubuh indah tersebut dikota ini, salah satu yang paling populer yakni, Tari Zapin.

Dalam berbagai kutipan sejarah Melayu, tarian khas tersebut diperkirakan telah ada, serta mulai berkembang pada pertengahan abad ke-16. Dimana pada awalnya, tarian tersebut merupakan tarian yang diperkenalkan oleh para pedagang yang berasal dari Yaman, dan merupakan jenis tarian yang digunakan untuk menghibur para raja dinegara mereka.

Jika diperhatikan, kesenian tari-tarian khas suku Melayu tersebut memang memiliki ciri serta keindahan yang begitu mengagumkan, diantaranya yakni dapat terlihat dari bentuk busana adat yang dikenakan oleh para penarinya terlihat begitu indah dan anggun.

Disisi lain, jika berbicara tentang busana atau pakaian adat, terdapat berbagai jenis busana adat yang dapat kita temukan guna menggali lebih dalam lagi berbagai keindahan serta keunikan dari kebudayaan suku Melayu.

Pengetahuan yang satu ini, pastinya semakin melengkapi kegiatan wisata kebudayaan anda dikota Pekanbaru. Nah, salah satu busana pelengkap keindahan busana atau pakaian adat suku Melayu yang paling popular, yakni Kain Songket.

Kata Songket yang dalam bahasa suku Melayu disebut dengan Sungkit, sejatinya memiliki makna atau arti, yakni mengait. Kain tenun tradisional khas tersebut, memang sangat dikenal dengan keindahan serta keunikan yang begitu memukau.

Untuk menenun kain Songket sendiri, Juga harus menggunakan sebuah alat tenun tradisional, dan menjadi salah satu bagian dari berbagai peninggalan sejarah kebudayaan diprovinsi Riau. Nah, proses pembuatan kain tenun tersebut akan menjadi salah satu kegiatan wisata kebudayaan yang sangat menarik untuk disaksikan.

Anda akan melihat dimana ribuan helai benang dirangkai, untuk menjadi sebuah kain indah, dan hanya dengan menggunakan alat serta tehnologi tradisional. Menurut penuturan para pengrajin kain tenun dikota Pekanbaru, dibutuhkan sekitar 5 hrai untuk dapat menghasilkan 1 kain tenun. Wah, lama juga ya?

Motif dan corak dari kain tenun tradisional tersebut memang terlihat begitu indah, dimana terdapat banyak sekali garis-garis benang berwarna emas dan perak, serta menjadi bagian yang terlihat sangat mendominasi pada motif-motif kain tenun.

Terdapat banyak sekali nama, serta motif tradisional yang berbeda-beda pada tiap jenis kain tersebut, diantaranya masih diproduksi hingga saat ini yakni Motif Pucuk Rebung Penuh, Pucuk Rebung Bertabur, Siku Keleuang Banji, BungaTanjung, Cengkeh, Tampuk Manggis, serta Bunga Pecah Delapan.

Pada dasarnya, masih banyak sekali sajian wisata kebudayaan, yang dapat kita temukan dan nikmati ketika berkunjung kekota Pekanbaru. Anda dapat menggali lebih dalam lagi berbagai kebudayaan suku Melayu, dengan menyaksikan kebiasaan-kebiasaan serta berbagai upacara-upacara kedaerahan lainnya dikota tersebut.

Nah, untuk menyempurnakan kegiatan wisata kebudayaan kita dikota Pekanbaru, sebaiknya kita juga memilih kain traditional tersebut untuk menjadi buah tangan, serta sebagai tanda bahwa anda juga ikut melestarikan berbagai kebudayaan yang semakin tergerus oleh jaman.

Place Tags: Kebudayaan Melayu and Pekanbaru.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image