Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Pulau Sibaranun

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Nias

Time :

Berbicara tentang Pulau Nias, tentunya tidak akan terlepas dari pembahasan tentang eksotika wisata bahari dan pantai yang terdapat di sekelilingnya.

Bagaimana tidak ? Hampir di setiap pesisir Pulau Nias selalu ada saja objek wisata bahari yang menghiasinya bahkan beberapa diantaranya telah masuk ke dalam sederetan daftar destinasi pariwisata terpopuler di Pulau Nias.

Objek wisata pantai dan bahari di Pulau Nias, umumnya adalah objek wisata berupa pantai berpasir putih dengan panorama perairan di batas Samudera Hindia. Di dalam perairan tersebut terdapat berbagai jenis biota laut yang menghiasi, mulai dari biota laut yang sangat familiar hingga biota laut yang merupakan spesies langka.

Sehingga hal tersebut menjadikan perairan pantai yang terdapat di Pulau Nias sangat potensial menjadi lokasi snorkling. Tak hanya itu saja, di beberapa pantai pun juga terdapat panorama yang unik berupa ombaknya yang tinggi.

Biasanya ombak-ombak tinggi tersebut terjadi pada bulan-bulan tertentu dan dimanfaatkan oleh sebahagian besar wisatawan sebagai lokasi untuk melakukan kegiatan olahraga selancar. Bahkan tak jarang, pantai-pantai berombak tinggi tersebut juga dimanfaatkan untuk melaksanakan moment kejuaraan olahraga selancar bertaraf Nasional maupun Internasional.

Ya, jika kita berbicara tentang kegiatan olahraga selancar, ternyata tak hanya pantai-pantai yang terdapat di pesisir Pulau Nias saja yang mempunyai ombak tinggi yang dimanfaatkan lokasi olahraga selancar.

Tetapi beberapa pulau-pulau kecil yang termasuk ke dalam gugusan di Pulau Nias pun juga banyak yang memiliki ombak tinggi, bahkan beberapa diantaranya pun telah populer hingga ke mancanegara. Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Sibaranun.

Pernahkah Anda mendengar nama pulau ini ? Mungkin bagi Anda yang berasal dari luar Pulau Nias, mendengar nama pulau yang satu ini tentunya sangat asing. Namun ternyata tidak bagi para wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan yang hobbi melakukan kegiatan selancar.

Sebab Pulau Sibaranun yang merupakan salah satu pulau kecil di wilayah Nias ini merupakan lokasi kegiatan selancar terfavorit di Pulau Nias selain Pantai Sorake dan Pantai Lagundri. Tentu saja dikarenakan Pulau Sibaranun ini terkenal dengan ombaknya yang tinggi dan seolah-olah memberikan tantangan bagi para peselancar untuk menaklukkannya.

Terletak di Kecamatan Pulau-pulau Batu yang merupakan sebuah kecamatan di Nias Selatan yang populer dengan gugusan kepulauannya, Pulau Sibaranun ini merupakan destinasi pariwisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara.

Umumnya wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini adalah wisatawan yang ingin melakukan kegiatan selancar. Sehingga pulau ini pun terkenal sebagai lokasi selancarnya.

Apabila Anda berkunjung ke pulau ini, Anda akan banyak bertemu dengan wisatawan mancanegara yang sedang melakukan kegiatan selancar, wisatawan tersebut didominasi oleh wisatawan yang berasal dari Eropa dan Australia.

Perairan yang mengelilingi pulau ini pun tampak begitu jernih dengan pasir putihnya yang berkilau, sejauh mata memandang hanya terlihat lautan lepas dengan sudut pandang ke arah Samudera Hindia. Bahkan apabila kita melihatnya dari sisi pulau yang lainnya, maka samar-samar akan terlihat beberapa pulau kecil yang terletak di seberang.

Pepohonan rindang yang menghiasi pesisir-pesisir pulau pun tampak memberikan kesan sejuk bagi siapapun yang berkunjung ke pulau ini. Suasana alamnya yang tampak begitu tenang dan jauh dari hiruk pikuk keramaian, menjadikan Pulau Sibaranun ini sangat direkomendasikan sebagai tempat untuk melepas kepenatan sejenak sebelum dihadapkan pada kesibukan.

Anda pun dapat melakukan kegiatan di pantai ini, seperti berenang ataupun sekedar berjalan-jalan di pasir putihnya yang berkilau. Namun, akan lebih menarik lagi apabila Anda adalah seorang peselancar sebab hampir di sekeliling pulau ini selalu terdapat ombak tinggi yang dapat Anda taklukan di atas papan selancar Anda.

Biasanya perairan di sekitar Pulau Sibaranun ini mulai berombak tinggi di bulan Maret hingga bulan Oktober, maka pada bulan-bulan tersebut banyak sekali para peselancar yang berasal dari Eropa maupun Australia yang berkunjung ke pulau ini. Selain itu, di Pulau Sibaranun juga terdapat sebuah penginapan yang dikhususkan bagi para wisatawan yang ingin menginap.

Penginapan tersebut bernama Tello Island Lodge, yang merupakan penginapan satu-satunya di Pulau Sibaranun. Penginapan ini merupakan penginapan yang dikelola oleh seorang peselancar asing yang berasal dari Australia, bekerja sama dengan masyarakat sekitar.

Tello Island Lodge ini mempunyai beberapa ruangan kamar yang berbentuk bungalow, dan dibangun dengan mengadopsi nuansa bangunan tradisional khas Indonesia. Sehingga apabila Anda berada di penginapan ini, akan terasa sekali suasana perkampungan tradisionalnya.

Namun, tentunya penginapan ini pun juga memiliki banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan seperti siaran televisi, tabloid, jasa laundry hingga cafe berukuran kecil yang terletak di tengah bangunan penginapan ini.

Bagaimana, Anda berminat untuk berkunjung ke Pulau Sibaranun ?
Bagi Anda yang berminat, terlebih dahulu Anda harus menempuh perjalanan dengan menggunakan transportasi umum dari kota Gunung Sitoli menuju dermaga di kecamatan Teluk Dalam. Di dermaga kecamatan Teluk Dalam ada banyak kapal yang menuju ke kecamatan Pulau-pulau Batu.

Pertama-tama, kapal tersebut akan membawa Anda menuju Pulau Tello, yang merupakan salah satu pulau di kecamatan Pulau-pulau Batu. Kemudian dari dermaga Pulau Tello, Anda dapat menggunakan perahu boat milik nelayan dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Untuk harga perahu boat dari Pulau Tello menuju Pulau Sibaranun, biasanya nelayan yang memiliki perahu tersebut mematok harga Rp. 100.000,- untuk sekali jalan. Namun, akan lebih baik apabila Anda berkunjung ke Pulau Sibaranun bersama rekan-rekan Anda dalam jumlah yang banyak, karena semakin hemat !

Place Tags: Nias, pulau, and Sibaranun.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image