Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Goa Lawa

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Siwarak, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah

Time :

Goa Lawa – Menikmati Keindahan Perut Bumi Dengan Nuansa Alaminya, Purbalingga – Jawa Tengah

Ada satu tempat pariwisata yang patut anda kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Purbalingga. Bisa dikatakan kalau tempat ini menjadi objek wisata unggulan. Lokasinya yang berada di sekitar gunung Slamet membuat tempat wisata ini menjadi ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Namanya Goa Lawa. Goa ini berada di Desa Siwarak Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Jaraknya sekitar 25 km ke arah utara dari kota Purbalingga. Anda pun tidak akan tersesat kalau ingin menikmati keindahan alam dari Goa Lawa karena pemerintah kabupaten setempat telah membangun sebuah tugu di pintu masuk menuju ke Goa Lawa, tepatnya di pertigaan Koramil Karangreja.

Panjang goa yang mencapai 1,5 km dan luas 5 km ini pun menjadi lebih terlihat unik karena proses pembentukannya terjadi sebagai akibat dari pembekuan dan pendinginan lava. Selanjutnya lava kering ini berubah menjadi keras, tidak mengandung kapur dan tanpa menghasilkan stalagmit dan stalagtit seperti halnya goa yang berada di batuan kapur atau di lereng bukit.

Tempatnya yang berada di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut membuat suasana di kawasan Goa Lawa terasa begitu sejuk. Udaranya masih bersih dan segar. Jadi, tempat ini menjadi tempat yang sangat tepat untuk refreshing atau berlibur bersama keluarga.

Jenis goanya yang masih sangat alami pun mengundang penghuni lain untuk tinggal disana. Kelelawar. Jumlahnya sangat banyak sehingga saat anda berkunjung ke Goa Lawa, anda akan berkesempatan untuk melihat kelelawar beterbangan dengan bebas.

Tiket masuk ke goa ini adalah Rp5.000* per orang. Dan untuk bisa ke kompleks goa juga perlu sedikit perjuangan karena anda diharuskan untuk menuruni lubang tanah sebelum akhirnya menyelusuri lorong-lorong yang terbentang hingga ke perut bumi. Tertarik untuk berwisata ke Goa Lawa? Nah, saat anda telah sampai di jalan Purbalingga – Pemalang, atau lebih tepatnya di pertigaan Karangreja, anda akan dapat melihat dengan jelas papan penunjuk jalan yang memberitahukan keberadaan objek wisata Goa Lawa.

Setelah pertigaan itu, anda dapat melanjutkan perjalanan lagi sekitar 3 km dengan tipe jalanan menanjak. Fasilitas yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke goa ini juga cukup memadai. Ada tempat parkir yang luas, mushola, panggung gembira, taman, dan tentu saja warung-warung yang banyak menjajakan cinderamata khas Goa Lawa.

Ketika anda masuk ke kawasan Goa Lawa, anda akan menjumpai wahana permainan untuk anak-anak serta binatang keong raksasa yang sedang kasmaran, pohon pinus yang rindang, serta berbagai macam tanaman bunga yang terlihat sangat menawan saat bermekaran. Semua itu dapat anda saksikan ketika memasuki kawasan objek wisata Goa Lawa.

Penyelusuran selanjutnya tentu saja menuruni goa yang menjadi tujuan utama anda. Anda jangan khawatir kalau keadaan di dalam goa gelap karena, pengelola sudah mempersiapkan lampu penerangan yang dapat membantu anda saat memasuki goa. Bentuk dan model lampu yang dipasang juga unik karena dibuat menyerupai hewan kelelawar.

Keadaan goa yang lembab pun makin terasa saat anda melangkahkan kaki kesana. Dan objek wisata pertama yang dapat anda lihat adalah sebuah tokoh punakawan bernama Semar. Batuan ini terbentuk secara alami tanpa melalui tahap pemahatan. Dan bentuknya yang mirip dengan Semar inilah yang membuat banyak orang menyebutnya dengan ‘Mbah Semar”.

Tidak jauh dari batu Semar terdapat dinding batuan yang bentuknya mirip sekali dengan pohon beringin berwarna putih. Batuan ini kemudian diberi nama Waringin Seto. Penamaan ini menggambarkan bentuk pohon yang seperti beringin, mulai dari daun hingga bentuk batangnya. Dan kalau anda berniat untuk berkunjung ke Goa Lawa, anda juga harus siap untuk berbasah-basar ria karena saat menyelusuri goa, tubuh anda akan basah akibat dari tetesan air mengalir yang berasal dari atap goa.

Pesona lain yang dapat anda nikmati saat berkunjung ke Goa Lawa adalah sebuah istana Lawa yang membentuk dada kelelawar raksasa. Tempat ini sangat lapang sehingga anda bisa dengan mudah menikmati keadaan sekitar. Selanjutnya, anda juga akan bisa menemukan objek lain di dalam gua berupa Bale Paseban, Pancuran Slamet, Sendang Drajat, Sendang Slamet, Lobang Panembahan, dan Gangsir Bupati.

Diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk bisa menyelusuri tiap jengkal Goa Lawa. Jalan yang harus ditempuh oleh para petualang ini juga cukup berkelok-kelok, yang merupakan tipikal khas dari sebuah goa. Tapi, anda jangan khawatir karena akses yang bisa anda tempuh untuk menjelajahi seisi goa telah terbantu oleh polesan di sana-sini yang dilakukan oleh pengelola. Nah, kalau anda termasuk orang yang hobi meneliti tentang lapisan bumi, Goa Lawa juga dapat memuaskan hasrat anda untuk meneliti lebih jauh tentang proses pembentukan dan jenis materi yang membentuk goa ini.

Karena lokasinya yang berada di area pegunungan dan sepi, tidaklah mengherankan kalau Goa Lawa dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi mereka yang ingin bersemedi, atau sekedar untuk mengendorkan pikiran yang sedang dilanda masalah. Konon, kalau orang yang sedang bersemedi ini sedang beruntung, ia akan bisa mendapat jimat atau pusaka yang dapat dilihat secara fisik.

Pengunjung yang datang ke objek wisata Goa Lawa ini akan semakin membludak saat musim liburan dan akhir pekan. Tetapi, jumlahnya akan semakin banyak saat lebaran karena banyak pemudik yang merantau ke kota ingin menikmati kembali keindahan dari Goa Lawa karena tempatnya yang masih sangat alami.

Nah, setelah puas menyaksikan keindahan alami dari Goa Lawa, saat keluar anda pun dapat mengunjungi kios-kios yang menjual cinderamata. Atau, buah-buahan khas dari Purbalingga seperti stroberi, alpukat dan nanas. Buah-buahan segar itu ditanam oleh petani lokal sehingga harganya pun masih tergolong murah. Dan untuk pengisi perut, anda bisa menikmati beberapa menu khas daerah Purbalingga seperti mendoan dan wedhang ronde.

Anda tertarik? Datang saja ke Goa Lawa yang berlokasi di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Selamat berlibur.

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: Goa, Goa Lawa, gua, and purbalingga.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image