Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Museum Uang Purbalingga

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah

Time :

Museum Uang Purbalingga – Museum Uang Terlengkap Di Indonesia Sejak Jaman Kerajaan Majapahit, Purbalingga – Jawa Tengah

“Mata akan langsung hijau kalau lihat uang”. Mungkin begitulah pepatah yang sering kita dengar ketika melihat seseorang yang begitu kegirangan saat menerima uang. Tidak mengherankan karena sebagai alat pembayaran, uang dapat digunakan untuk bertransaksi dan anda dapat melakukan banyak hal bila memilikinya.

Alat pembayaran ini juga telah berkembang dari jaman dahulu kala. Bentuknya bisa berupa kertas, logam, perak, dan bahkan dari emas. Nah, untuk mengumpulkan dan mengenalkan kembali berbagai jenis uang yang ada di Indonesia dan bahkan luar negeri, Museum Uang Purbalingga pun akhirnya diresmikan.

Museum Uang Purbalingga dibuka pada tanggal 18 Desember 2008 dengan tujuan untuk menyimpan, mengumpulkan, serta merawat benda dan dokumen bersejarah sehingga dapat mempunyai nilai yang penting bagi masyarakat yang datang berkunjung. Uang yang dipamerkan disana pun cukup terawat dengan baik.

Misalnya, uang logam yang dulu digunakan pada jaman VOC masih dalam keadaan baik walaupun bila dilihat dari segi umur pasti sudah hitam dan kotor. Tetapi di museum ini, hampir semua koleksi uang logam dalam keadaan baik dan mengkilap sehingga dapat dibaca dengan mudah. Selain itu, pelestarian benda kuno dalam bentuk uang juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mencerdaskan anak bangsa agar mereka tidak lupa pada sejarah, khususnya dalam hal ‘uang’ sebagai alat pembayaran.

Museum Uang ini terletak di Jalan Kutasari Kabupaten Purbalingga dan pengelolaan kawasan ini ada dibawah managemen Owabong dan Objek Wisata Air Bojongsari. Museum ini juga mempunyai koleksi mata uang yang berasal dari 184 negara di dunia. Bukan hanya itu, koleksi dari dalam negeri pun tidak kalah menakjubkan karena Museum Uang Purbalingga mempunyai uang yang beredar pada jaman Kerajaan Majapahit, pemerintahan Hindia Belanda, masa penjajahan Jepang, sampai uang masa kini.

Koleksi uang yang dimiliki merupakan sumbangan secara sukarela dari para pemilik uang kuno yang berasal dari Purbalingga, daerah lain, dan bahkan ada yang dari luar negeri. Dan untuk memudahkan para pengunjung saat berwisata ke Museum Uang Purbalingga, pengelolanya pun telah melakukan pengelompokan jenis uang yang disebut dengan Panel.

Ketika anda masuk ke Panel 1, anda akan berjumpa dengan “Uang Kerajaan” yang dulu beredar pada tahun 1215 – 1899. Uang dalam Panel 1 ini dapat dapat berupa Gobog Majapahit, uang Piti Sumatra, uang Gobog Cina,uang Perkebunan Sungai Sabrangan, uang dari masa Kerajaan Majapahit, dan masih ada 35 koleksi lain pada periode tahun tersebut.

Ketika anda masuk pada Panel 2, anda akan bertemu dengan De Javashe Bank atau kertas. Uang ini berlaku dan beredar pada tahun 1815 – 1940. Uang yang beredar pada tahun 1815 adalah seri JP Coen II, MuntBiljet, seri wayang, dan masih ada 19 koleksi uang lainnya. Pada Panel 2 juga terdapat Perdagangan Internasional B berupa uang logam bertuliskan VOC. Uang ini berjumlah 120 buah dan berlaku pada tahun 1748 – 1790.

Selanjutnya, mari kita berkeliling lagi ke Panel 3 yang memamerkan koleksi uang pada masa penjajahan Jepang. Panel ini dinamakan Pendudukan Jepang A dimana uangnya berlaku pada tahun 1942 – 1945. Uangnya terdiri dari seri Dai Nippon Teikoku Seihu dan De Japanese Regeenring yang berjumlah 22 buah. Di Panel 3 juga terdapat uang koleksi pada jaman VOC yang dinamakan dengan Masa VOC Logam B. Uang yang dikoleksi adalah Nedherland Indie dan Indie Batav dengan tulisan VOC. Uang ini beredar pada tahun 1818 – 1912 dengan jumlah koleksi 116 buah.

Untuk Panel 4 yang beredar pada masa penjajahan Hindia – Belanda (A), berlaku uang dengan seri NICA serta Federal I. Uang ini mempunyai gambar yang bermacam-macam, misalnya pohon kelapa, Ratu Wilhemina, bunga manggis, kapal layar, dan bunga teratai yang ada pada tahun 1943 – 1946 berjumlah 16 buah. Sedangkan pada Panel 4 pada masa VOC Logam (B), uang itu berlaku pada tahun 1818 – 1845 dengan seri Nedherland Indie dan Indie Batav dengan jumlah 120 buah bergambarkan padi – nominal dan mahkota raja bertuliskan VOC.

Dan ketika anda berkeliling di Panel terakhir, yaitu Panel 5 anda akan bertemu dengan koleksi uang pada masa Pemerintahan Belanda (A) yang berlaku pada tahun 1945 – 1949. Uang itu mempunyai seri Federal II dan Federal III berjumlah 27 buah. Gambarnya juga bermacam-macam, yaitu bunga melati, pohon kelapa, dan juga bunga anggrek bulan. Sedangkan pada Panel 5 Pemerintahan Belanda Logam (B) yang berlaku pada tahun 1900 – 1946, anda dapat menyaksikan koleksi museum berupa seri Nedherland Indie dan juga gambar yang indah seperti padi, singa, dan juga mahkota dengan jumlah 150 buah. Selain itu ada juga koleksi uang Ferdin VII dan Wilhelmina, uang RIS, uang ORI, serta koleksi uang RI mulai dari tahun 1950 hingga uang baru.

Semua panel yang dibuat dalam Museum Uang Purbalingga ini dimaksudkan untuk memudahkan dan mengelompokan jenis uang yang pernah beredar di Indonesia dan juga mengenalkan uang dari mancanegara yang menjadi koleksi museum. Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp7.000* per orang untuk hari biasa, dan Rp10.000* untuk momen lebaran, maka anda dapat menyaksikan semua koleksi uang yang ada di museum ini. Bisa dikatakan kalau koleksi yang ada di tempat ini merupakan terlengkap di Indonesia.

Anda pun dapat datang kalau ingin menyaksikan koleksi uang yang dipamerkan di Museum Uang Purbalingga. Tempatnya nyaman dan jumlah koleksinya pun banyak. Dan ketika anda mampir di Panel yang memamerkan uang dimasa Kerajaan Majapahit, anda pun seolah akan dibawa ke jaman itu. Selamat berkunjung.

Keterangan * : Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Place Tags: Museum and Museum Uang Purbalingga.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image