Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Kesenian Randai Kuantan

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Riau

Time :

Randai Kuantan, sejatinya merupakan salah satu kesenian khas rakyat yang berkembang diprovinsi Riau. Banyak sekali keindahan serta keunikan yang dapat kita saksikan pada salah satu sajian objek wisata kebudayaan andalan provinsi tersebut.

Selain itu, kesenian Randai Kuantan juga digunakan sebagai media promosi, guna mengenalkan visi baru yang akan dicapai oleh Provinsi Riau, yakni sebagai salah satu pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara.

Jika dilihat dari bentuk serta keunikan yang dimiliki oleh kesenian rakyat ini, tidak salah bila Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Riau, memutuskan untuk memilih menggunakan kesenian Randai Kuantan sebagai salah satu media promosi kebudayaan.

Dimana telah dilangsungkan berbagai pertunjukan kesenian Randai Kuantan diberberapa begara, guna menceritakan berbagai kisah sejarah, atau cerita tentang kemajuan pembangunan yang tengah berlangsung diprovinsi Riau.

Kesenian Randai Kuantan, merupakan sebuah kesenian warisan dari kebudayaan tradisional yang dahulu tumbuh dan berkembang dikabupaten Kuantan Singingi. Salah satu daerah wisata diprovinsi Riau, yang juga banyak sekali menyimpan berbagai pertunjukan kesenian dan kebudayaan andalan.

Jadi, pastikan diri anda untuk berkunjung ke Kabupaten Kuanta Singingi, guna dapat menikmati sajian wisata kebudayaan yang mulai diperkenalkan ke beberapa Negara tetangga tersebut.

Keunikan dari kesenian ini, dapat kita saksikan dalam berbagai kegiatan pertunjukan, yang juga banyak dilaksanakan diberbagai titik diprovinsi Riau. Disamping menjadi salah satu objek wisata andalan, umumnya pertunjukan kesenian yang dilangsungkan selama sekitar kurang lebih 4 jam tersebut, juga ramai dan banyak sekali dikunjungi oleh masyarakat disekitar kabupaten Singingi yang ingin mencari hiburan.

Randai Kuantan, sejatinya merupakan sebuah kesenian unik yang mempertontonkan berbagai cerita rakyat, dalam balutan sebuah pertunjukan teater seni tradisional. Kesenian ini, juga dimainkan atau diperankan oleh sekelompok orang yang berjumlah sekitar 15 hingga 30 orang dalam sekali pementasan.

Terdapat beberapa peran penting, seperti tokoh cerita serta peran pendukung lainnya, dalam pertunjukan kesenian yang juga dimainkan oleh mayoritas anak muda yang juga sering disebut dengan nama Randai Bujang Gadi tersebut.

Kesenian tersebut begitu dikenal dengan berbagai tingkah sert atraksi dari para pemain yang mampu mengundang gelak tawa dari para peonton yang menyaksikannya. Pasalnya terdapat berbagai lawakan-lawakan khas dan juga unik, yang pastinya akan menjadi sajian untuk kita nikmati dalam pertunjukan kesenian Randai Kuantan.

Nah, yang menjadi salah satu daya tarik serta mampu mengundang kelucuan dalam kesenian ini, salah satunya, adalah tokoh yang diperankan dalam kesenian teater tradisional tersebut. Kita akan menyaksikan dimana para pemeran dalam kesenain tersebut, sepertinya memang sengaja bertukar posisi.

Yakni dimana terlihat para pemain laki-laki sengaja berperan sebagai wanita, dan begitu juga sebaliknya para pemain wanita yang memerankan diri guna menjadi laki-laki. Nah, kesenian ini pastinya dapat menumbuhkan kelucuan bukan?

Pemandangan serta kelucuan tersebut, terasa semakin begitu lengkap dengan uniknya berbagai busana yang digunakan dalam pertunjukan kesenian Randai Kuantan. Salah satunya yakni, busana para pemain laki-laki yang berperan sebagai tokoh wanita dalam kesenian tersebut, terlihat semakin menarik dan sangat lucu dalam balutan busana wanita yang mereka kenakan. Diantaranya seperti kebaya, kain panjang, rok, gaun, selendang, dan lain sebagainya.

Terdapat banyak sekali kisah serta cerita rakyat yang dibawakan secara bergantian dalam tiap kali pementasan kesenian Randai Kuantan. Salah satu cerita rakyat yang sering dipentaskan dalam kesenian Randai Kuantan tersebut, yakni sebuah kisah legenda dengan judul “Sutan Nan Garang”.

Salah satu cerita rakyat yang berkembang di Kabupaten Singingi, dan menceritakan tentang kehidupan seorang pemuda yang gagah perkasa, serta memiliki wajah yang begitu rupawan.

Sementara disisi lain, dalam bahasa masyarakat setempat kata “Randai” juga memiliki sebuah arti, yakni Mengelilingi. Hal ini juga menjadi bagian dari banyaknya keunikan yang dimiliki oleh kesenian Randai Kuantan, yakni dimana terlihat para pemain berbaris begitu rapi dan indah membentuk sebuah lingkaran, sembari melakukan berbagai atraksi tarian khas Kabupaten Singingi.

Dimana untuk memperindah tarian tersebut, berbagai nyanyian lagu daerah juga dibawakan guna mengiringi kesenian tersebut. Nah, Pemandangn tersebut, pastinya kan terlihat begitu indah dan semakin mempesona bukan?

Beberapa orang dalam kelompok pementasan kesenian Randai Kuantan, juga bertugas sebagai pemain alat musik tradisional. Diantara alat musik yang mengiringi berbagai kegiatan pertunjukan tersebut, yakni Piaual, Gedang, Biola, Seruling, Harmonika, Rebana, Serta alat musik Lapri, guna mengiringi berbagai nyanyian lagu daerah yang dibawakan dalam pertunjukan kesenian Randai Kuantan.

Namun, tidak hanya sampai disitu saja sajian kebudayaan yang dapat kita jumpai serta nikmati pada kesenian tradisional Randai Kuantan tersebut.

Terdapat pula beberapa pertunjukan kesenian khas masyarakat suku Melayu lainnya, yang juga menjadi pelengkap dari pertunjukan diantaranya, yakni pembacaan beranekan jenis pantun dengan logat serta dialek khas suku Melayu, yang pastinya akan semakin melengkapi kegiatan wisata kebudayaan kita diprovinsi Riau. Wah, banyak sekali bukan hal menarik yang dapat kita nikmati dalam wisata kebudayaan terhadap kesenian Randai Kuantan?

Kesenian Randai Kuatan juga dapat kita saksikan pada berbagai kegiatan kedaerahan yang dilangsungkan di Kabupaten Kuantan Singingi. Mulai dari berbagai kegiatan berupa hajatan-hajatan kecil, hingga berbagai festival kesenian akbar yang dilangsungkan pada kabupaten tersebut.

Place Tags: Kesenian Randai Kuantan and Riau.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image