Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Bak Kut Teh

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Sabah, Malaysia

Time :

Menyantap Makanan Lokal Khas Sabah: Bak Kut Teh!

Ketika mengunjungi ke suatu daerah maka sudah tentu tak bisa dilepaskan dari beragam tempat wisata yang ada didalamnya. Namun, apakah cukup hanya dengan menyambangi tempat-tempat wisata saja? Banyak wisatawan yang mengamalkan peribahasa “sambil menyelam minum air”.

Alias sambil berkunjung karena suatu hal alangkah baiknya kalau dimanfaatkan untuk merasakan berbagai kuliner yang ada didalamnya. Karena memang sejatinya tiap-tiap daerah memiliki ciri khas kulinernya masing-masing. Apakah Anda termasuk orang yang suka mencari keunikan kuliner suatu tempat?

Sabah yang merupakan salah satu negara bagian di Malaysia tentu memiliki makanan khasnya. Ada banyak makanan yang bukan hanya disukai oleh warga lokal namun juga banyak digandrungi oleh turis asing.

Kalangan wisatawan tersebut ketika berkunjung ke Sabah tak hanya bertujuan untuk menikmati keindahan dan panorama yang ada disini saja namun juga sekalian untuk “menggeledah” sejumlah kuliner khasnya. Dan Bak Kut Teh merupakan salah satu kuliner yang banyak digandrungi.

Bak Kut Teh ini merupakan sup populer yang berasal dari China yang biasa ditemukan selain di Sabah Malaysia sendiri, juga bisa Anda santap ketika berkunjung ke Singapura, China Daratan dan juga Taiwan.

Makanan Bak Kut Teh ini terbuat dari daging babi yang dimasak dengan menggunakan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, bawang putih, biji adas dan lainnya. Prosesi memasaknya sendiri selama berjam-jam.

Meskipun mungkin tak ada kaitannya dengan penamaan teh, namun hal tersebut mengacu pada teh China yang biasanya disajikan dengan sup yang konon dapat melemahkan atau melarutkan jumlah lemak yang berlebihan dalam hidangan tersebut.

Bahan-bahan tambahan yang biasanya juga dimasak dalam Bak Kut Teh ini seperti jeroan, potongan tahu kering dan juga jamur sehingga rasanya semakin komplit. Kemudian ada juga ramuan China seperti yu zhu dan ju zi yang akan memberikan rasa manis yang sedikit lebih kuat.

Setelah sup dimasak biasanya akan ditambahkan kecap manis dengan jumlah yang disesuaikan untuk menambah citarasanya semakin mantak. Juga hidangannya dapat dihiasi dengan ketumbar dan taburan bawang goreng sehingga Bak Kut The tak hanya maknyus ketika disantap namun juga eye-cathcing.

Dalam kebiasaan masyarakat Tionghoa Bak Kut The disantap bersamaan dengan nasi atau mie dan sering disajikan denagn youtiao untuk dicelupkan ke dalam sup. Penggunaan kecap lebih maknyus yang akan menambah citarasa bersantap Anda semakin menjanjikan.

Menyantap Bak Kut Teh ini akan lebih mantap lagi ketika dilakakukan di pagi hari, disaat perut belum diisi apapun. Bagi Anda yang sangat gemar dengan aneka santapan Tionghoa menjadikan makanan ini sebagai menu andalan pagi hari di Sabah bukanlah pilihan buruk.

Pada mulanya mungkin Anda belum terbiasa namun lama-kelamaan lidah Anda akan menyesuaikan dengan asupan makanan yang satu ini.

Dalam catatan sejarahnya, Bak Kut Teh ini pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Malaya pada abad ke-19 oleh pekerja asal Hokkien, China. Konsumsi pertama kalinya sebenarnya tidak secara langsung disampaikan kepada publik Malaya melainkan dimakan oleh mereka sendiri untuk mengenyangkan perut.

Konon, Bak Kut The juga ketika itu dikonsumsi untuk melengkapi diet kurus para pekerja supaya tidak terlalu kelebihan berat badan (overwight). Selain itu, Bak Kut Teh juga digunakan sebagai tonik untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka sehingga dapat lebih produktif dalam bekerja.

Diantara sesama kuli dari China sendiri memiliki perbedaan selera ketika menyantap Bak Kut Teh ini. China Teochews yang datang ke Malaya setelah Hokkian berbeda versi dengan Hokkian yang telah lebih dulu datang ke Malaya. Hokkien lebih menyukai hidangnan Bak Kut Teh dengan menggunakan kecap yang berwarna gelap sehingga menjadi dasar sup yang juga berwarna gelap.

Kata “Bak” dalam bahasa China memiliki makna sebagai “daging” (lebih khususnya daging babi) yang merupakan pengucapan vernakuler di Hokkien dan Teochews.

Dalam perkembangannya, ada banyak variasi pengolahan dan penyajian masakan yang satu ini. Hal tersebut sangat berkaitan erat dengan kondisi geografis dan aspek sosiologis masyarakat tertentu di China. Di Singapura misalnya, memiliki tiga jenis Bak Kut Teh yang mana varian yang paling sering ditemukan ialah gaya Teochews.

Gaya ini memiliki cirri lebih ringan dalam warna namun menggunakan lada yang lebih dan bawang putih dalam supnya. Kemudian ada juga gaya Hokkien yang lebih menekankan pada rasa asin dan menggunakan kecap sehingga menghasilkan sup yang berwarna gelap. Sedangkan gaya Kanton yang ketika menyantapnya ditambahkan jamu sehingga rasa dan khasiatnya semakin kuat.

Dan yang paling populer di Malaysia ialah Bak Kut Teh dalam bentuk kering yang bisa dengan mudah ditemukan terutama di Klang. Memang bentuknya menjadi lebih kering namun sebenarnya kaldunya sedikit dikurangi yang diganti oleh saus tebal dan penggunaan bahan-bahan lainnya seperti kurma kering, cabai kering, cumi kering dan wolfberries.

Berbeda dengan sup iga asli, versi Bak kut Teh kering ini memiliki rasa yang tajam dan lebih mirip dengan sup herbal dengan kaldu klasik. Bak Kut Teh kering ini banyak direkomendasikan oleh warga lokal untuk dikonsumsi sebagai obat.

Lantas Anda penasaran ingin bersantap Bak Kut Teh dimana ketika berkunjung ke Malaysia, khususnya Sabah? Ada dua resto yang cukup terkenal yakni:
1. Kim Min Coffe Shop yang beralamar di 92, Jalan Gaya 88000 Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia.
2. Yu Kee Bak Kut The yang berlokasi di 74 Jalan Gaya, Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Selamat Bersantap!

Place Tags: Bak Kut Teh, food, khas, kuliner, and Sabah.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image