Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Tamu Tamparuli

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Tuaran, Sabah, Malaysia

Time :

Berkunjung Ke Tamu Tamparuli Tuaran Sabah

Proses komunikasi dalam masyarakat merupakan hal yang tak dapat dielakkan lagi. Meski ranah maya sudah berkembang sedemikian rupa-nya, namun tetap saja kegiatan face-to-face tak akan dengan mudahnya tereduksi.

Mungkin untuk masyarakat kelas tertentu kegiatan bertatap muka untuk urusan yang sangat penting sekalipun sudah mulai pudar karena ada jembatan berupa teknologi yang sangat canggih dan masih. SMS, email, jejaring sosial seperti faccebook dan twitter, bahkan sampai ke BBM ialah produk teknologi yang mampu memendekan jarak sekaligus juga mereduksi tali silaturahmi konvensional.

Namun bagi sebagian masyarakat lainnya, kegiatan tatap-muka konvensional masih dilakukan dan tidak bisa tergantikan begitun saja dengan hanya sekadar ber-SMS-an, BBM-an, email dan lainnya.

Komunikasi dan interaksi ada banyak ragam dan jenisnya, salah satunya dalam konteks ekonomi dan bisnis. Pasar merupakan gambaran umum dari adanya sebuah transaksi ekonomi atau bisnis. Pasar ialah tempat bertemunya kedua belah pihak antara penjual dan pembeli untuk menciptakan kesepakatan harga.

Di sana dijual berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat lokalnya. Meski begitu tak menutup kemungkinan juga proses transaksi di pasar akan terjadi antara pedagang lokal dengan warga asing, dimana hal itu biasa terjadi di daerah-daerah yang menjadi sentralnya wisata.

Di Sabah, atau khususnya di Kinabalu, keberadaan pasar yang menunjang kegiatan ekonomi sudah lazim adanya. Ada banyak pasar yang bisa Anda temukan di Kinabalu. Dalam bahasa lokal, pasar yang diadakan dengan waktu seminggu sekali disebut dengan tamu.

Ada cukup banyak tamu di Sabah, salah satunya ialah Tamu Tamparuli yang cukup memiliki nama. Terletak sekitar 42 kilometer dari pusat kota menjadikan Tampu Tamparuli sebagai pusat belanja tradisional yang masih diandalkan oleh kalangan pheri-pheri Kinabalu. Buka seminggu sekali setiap hari Rabu membuat pasar ini selalu tampak ramai oleh para pembeli dari berbagai macam kelompok masyarakat.

Sebagaimana tamu pada umumnya, Tamu Tamparuli merupakan tempat yang mempertontonkan proses interaksi alias berbaurnya antara penjual dan pembeli dalam satu tempat untuk menciptakan kesepakatan harga. Berbagai produk segar kerap dijual disini, begitu juga dengan berbagai hidangan kuliner khas lokal yang biasanya banyak menarik minat kalangan pengunjung asing.

Hidangan kuliner unik yang tersaji disini seperti bambangan yang merupakan mangga yang diawetkan dalam toples dan sering dijadikan sebagai pelengkap makanan utama, anggur beras atau yang dikenal dengan tapai atau lihing.

Pasar lokal mingguan ini merupakan tempat ideal dan direkomendasikan untuk Anda kunjungi karena selain bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan sehari-hari selama berada di Kinabalu, Anda juga bisa banyak belajar dan mengetahui mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan tradisi, budaya dan gaya hidup masyarakat lokal di pasar ini.

Dengan kata lain, selain traksaksi yang dilakukan, juga Anda berkemungkinan menyaksikan proses interaksi komunikatif interaktif yang dengan gaya dan dialek masyarakat setempat. Dengan berkunjung ke Tamu Tamparuli ini memungkinkan Anda untuk tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk mengetahui berbagai gaya dan tradisi yang terjadi dikalangan masyarakat lokal Kinabalu.

Bertransaksi di pasar yang berada di Tuaran ini bukan hanya dapat menjadi instrumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan namun juga sekalian menggali pengetahuan terkait dengan adat istiadat dan budaya masyarakat Tuaran.

Disini Anda bisa melihat berbagai gaya dan tradisi ketika penjual dan pembeli saling berinteraksi dan berkomunikasi dimana mereka datang dari berbagai daerah di Tuaran bahkan dari luar Tuaran. Cara interaksi tersebut mungkin hal yang baru bagi Anda dan jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari sehingga sudah seharusnya jika Anda berkunjung ke Tamu Tamparuli ini.

Dengan adanya interaksi dengan pedagang di Tamu Tamparuli, atau bahkan melihat secara langsung proses berbelanja sejumlah pembeli di Tamparuli akan memperkaya khazanah pengetahuan Anda terkait dengan budaya masyarakat setempat yang mungkin tidak dapat terlihat dalam laku keseharian.

Selain itu, kemungkinan besarnya Anda juga bisa memperoleh berbagai barang/ produk yang dijual di pasar ini yang merupakan hasil kreasi atau ketekunan yang ditunjukkan oleh masyarakat lokalnya. Sehingga dengan mendpatkan produk tersebut bukan saja Anda mendapatkan produknya secara fisik namun juga bisa ikut merasakan gairah penjual lokal ketika memproduksi barang-barang yang mereka jual.

Tamu Tamparuli ini merupakan salah satu tamu yang melengkapi keempat tamu lainnya di Tuaran yang bukanya saling berkesinambungan yakni pada hari Minggu, Senin, Selasa dan Rabu.

Tamu yang buka dihari Minggu biasanya dikunjungi para wisatawan khususnya mereka yang ingin membeli berbagai produk tradisional atau berbagai makanan produk lokal yang dibuat oleh orang Bajau dan Dusun.

Tamu Tuaran ini sangat dikenal dikalangan masyarakat lokal Dusun Lotud Kinabalu dan orang-orang yang tinggal disekitar Tuaran. Penduduk setempat menjual berbagai barang produk mereka dengan maksud untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Begitu juga dengan hari Senin dimana Anda bisa mengunungi Tamu Tukak yang berada di Pukak. Pukak merupakan sebuah kota kecil yang berrada sekitar 28 kilometer dari Tamparuli dan 8 km saja dari Kiulu. Orang-orang yang ada disekitar Pukak akan menjual aneka produk mereka ke pasar ini seperti makanan, pakaian dan lainnya.

Begitu juga dengan hari Selasa yang merupakan waktu bukanya Tamu Kiulu dan hari Rabu Tamu Tamparuli ini. Pasar ini dibuka berdekatan dengan sebuah sungai dan Jembatan Tamparuli yang cukup berpengaruh bagi kalangan masyarakat lokal disana. Jam buka: dari jam 06.00 – 14.00

Bagaimana cara kesana? Jarak dari Kinabalu hanya sekitar 40 kilometer. Untuk mencapainya bisa dengan menggunakan bus dari stasun bus depan Plaza Wawasan dengan biaya sekitar RM3 perorang per perjalanan.

Selamat Berkunjung!

Place Tags: Sabah, Tamu Tamparuli, and Tuaran.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image