Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Wisata Kapal Karam

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Labuan, Sabah, 88200, Malaysia

Time :

Wisata Kapal Karam di Perairan Labuan

Kalau berkunjung ke Labuan, jangan sampai melewatkan untuk mengeksplorasi berbagai keindahan wilayah perairannya. Karena sangat sayang kalau Anda melewatkan keindahan perairan dan keanekaragaman hayati yang berada di bawah perairannya.

Labuan memang terkenal karena keindahan pantai-pantainya dan juga kemenawanan alam bawah lautnya yang masih perawan dan belum dirusak oknum tak bertanggungjawab. Bukan hanya ikan, alam bawah air Labuan juga menyimpan harta yang tersimpan sejak ratusan tahun silam: kapal-kapal kolonialis yang tenggelam.

Labuan sendiri memiliki aspek historisnya yang sangat panjang dan membentang sejak masa penjajahan sampai kemerdekaannya. Labuan kini masuk dalam wilayah persekutuan Malaysia dengan luas totalnya yang mencapai 98 kilometer persegi saja.

Pulau Labuan merupakan pulau yang sangat indah dan berada di jartak 10 km dari pantai Sabah. Jadi tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk sampai di pulau ini jika Anda ingin mencapainya dari Sabah, atau bahkan dari Pulau Kalimantan.

Sedangkan jika dari Kuala Lumpur yang menjadi pusatnya Malaysia, perjalanan dengan pesawat dapat ditempuh dengan lama perjalanan sekitar 2,5 jam-an. Menuju kesini tentu akan dimanjakan dengan suasana dan keadaan alam yang sangat indah.

Pulau Labuan ini merupakan pusat keuangan lepas pantai yang memiliki pelabuhan besar dan banyak singgah kapal-kapal dagang. Nama “Labuan” sendiri berasal dari keberadaan pelabuhan besar tersebut yang kemudian disingkat menjadi Labuan biar mudah dalam pelafalannya.

Secara umum, pantai-pantai di Labuan kondisinya sangat bersih dan terawat dengan baik karena memang sengaja untuk mengundang banyak wisatawan berkunjung kesini. Pasir pantai-pantainya sangat indah dan airnya jernih sehingga seolah kedalamannya bisa diukur hanya dengan melihatnya.

Bukan hanya kondisi alam luarnya saja yang indah dan eksotis sehingga sangat laik untuk difilm-kan, namun juga Anda akan terbelalak dengan keindahan bawah lautnya yang paripurna. Makanya Labuan juga dikenal sebagai kawasan pas untuk menyelam atau scuba diving menikmari pemandangan bawah laut yang amazing.

Ada empat tujuan menyelam di wilayah perairan Labuan ini yang semestinya Anda kunjungi ketika berada di Labuan. Keempat lokasi penyelaman ini juga merupakan primadona lokasi selam bagi para penyelam amatiran maupun profesional baik domestik maupun asing.

Keempatnya antara lain Cement Wreck yang secara khusus diperuntukkan bagi mereka yang masih dalam tahapan belajar, Blue Water Wreck untuk tipe penyelam yang memiliki kemampuan pertengahan, Australian Wreck dan juga American Wreck diperuntukkan bagi mereka yang sudah berpengalaman. Tentunya Anda dapat mengukur sendiri pantas dan amannya menyelam dimana yang dibantu dengan penjelasan dari para instruktur. Sarannya bagi Anda yang belum berpengalaman alias masih pemula maka harus mencoba dua spot penyelaman dari yang disebutkan pertama.

Jika Anda merasa penasaran ingin menyelam di kapal-kapal karam di Labuan maka bisa mengunjungi ke lokasi-lokasi penyelaman tersebut. American Wreck dan juga Australian Wreck merupakan dua kapal perang kedua negara yang tenggelam di perairan Labuan dan kini dijadikan sebagai salah satu spot wisata penyelaman yang menarik.

Konon, kedua kapal tentara sekutu tersebut ditenggelamkan oleh pihak Jepang ketika meletusnya Perang Dunia II. Kondisi kedua kapal perang tersebut masih sangat baik dan utuh meskipun ada beberapa bagiannya yang telah hancur. Keduanya ada di kedalaman sekitar 33 meter dibawah permukaan air laut.

Karena lokasi yang cukup dalam dan medan yang menantang makanya tak sembarangan orang yang dapat menjangkau kedua kapal ini. Diperlukan keterlatihan dan pengalaman dari para penyelam untuk dapat menjangkau spot penyelaman menantang ini.

Mungkin didalamnya masih tersimpan harta karun yang merupakan perbekalan militer Amerika dan Australia yang hingga kinipun masih misteri. Onggokan kedua kapal tersebut mirip dengan bangkai kapal-kapal perang lainnya yang barangkali masih menyimpan peluru atau bahkan bom aktif. Makanya diperlukan kehati-hatian dan sikap waspada yang tinggi.

Kemudian lokasi kedua ialah kapal dagang yang karam pada tahun 1980an. Berbeda dengan Australian dan American Wreck karena untuk menyelam disini orang biasa atau awam sekalipun bisa melakukannya asalkan tetap dibarengi oleh instrukturnya.

Kemudian lokasi terakhir ialah Cement Wreck yang merupakan kapal karam sekitar 20 tahun yang lalu dan menjadi lokasi penyelaman yang baru di perairan Labuan ini. Spot penyelaman ini tgergolong dangkal sehingga mereka yang baru pertama kali menyelam pun diperbolehkan untuk melakukannya disini. Anda yang merasa masih awam dapat mencoba menyelam sambil belajar disini.

Spot yang tak kalah terkenalnya ialah Blue Water Wreck yang berada dibagian timur laut Labuannya. Adapun kapal yang karam disini meruakan kapal ikan berukuran sangat besar kepunyaan Filipina. Karamnya sendiri pada tahun 1981 silam sehingga masih termausk juga spot penyelaman yang agak baru.

Patut diketahui bahwa keseluruhan bangkai kapalnya masih dalam keadaan utuh dan menjadi habitat berbagai jenis hewan laut seperti lkan, karang, plankton dan lainnya. Dinamakan demikian karena warna air laut disini begitu biru dan bening sehingga menjadi lokasi penyelaman dengan jarak penyelaman yang sangat jauh.

Disamping itu sebenarnya masih ada beberapa lokasi penyelaman lainnya yang patut Anda kunjungi. Jika Anda merasa buta dengan peta penyelaman dan dimana lokasi penyelaman yang ideal buat Anda maka bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada Pusat Penyelaman yang akn membantu Anda dalm memberikan pilihan spot penyelaman yang tepat.

Untuk menuju kesini, dari Kinabalu yang menjadi pusat Sabah Anda dapat menggunakan feri yang memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Untuk informasi penyelaman disini Anda dapat menghubungi ke Pusat Informasi Pelancongan Labuan di nomor : 6087-423-445/446.

Selamat Berkunjung!

Place Tags: labuan, Malaysia, and Wisata Kapal Karam.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image