Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Tenun Ikat Sarung Samarinda

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Samarinda, Kalimantan Timur

Time :

Tenun Ikat Sarung Samarinda

Tenun ikat adalah kerajinan tradisional Indonesia berupa kain yang dibuat dengan menenun helain benang yang sebelumnya telah diikat dan dicelupkan kedalam cairan pewarna. Karena tenun ikat merupakan kerajinan tradisional, maka proses pembuatannya menggunakan mesin tenun sederhana yang digerakkan oleh tangan. Meskipun sebenarnya sudah tersedia mesin tenun yang bisa menghasilkan berbagai macam kain.

Namun disitulah letak keunikan dari tenun ikat. Dimana produksi yang masih dilakukan secara tradisional, membuat kain tenun ikat bernilai lebih tinggi ketimbang kain yang diproduksi secara masal.
Ada beberapa daerah di Indonesia yang terkenal dengan kerajinan tenun ikatnya. Daerah tersebut adalah Sulawesi Selatan, Toraja, Jepara, Sintang, Bali, Sumbawa, Flores, Sumba, dan juga daerah Timor Barat. Bila melihat daftar daerah tersebut, maka bisa terlihat sebaran kerajinan tenun ikat yang tidak hanya terpusat pada satu daerah saja.

Tapi kerajinan diproduksi oleh masyarakat yang tersebar dari daerah bagian barat hingga bagian timur Indonesia. Selain beberapa daerah yang telah disebutkan sebelumnya, masyarakat Samarinda, Kalimantan Timur juga memproduksi kerajinan tenun ikat. Kerajinan tenun ikat dari Samarinda itulah yang akan menjadi pokok bahasan pada tulisan kali ini.

Jenis tenun ikat yang diproduksi oleh masyarakat di Samarinda berupa kain sarung. Oleh karena itu kerajinan tersebut lebih sering disebut dengan tenun ikat sarung Samarinda. Sarung ini dibuat dengan alat tenun tangan sederhana yang disebut dengan gedokan. Karena proses pembuatannya yang masih mengandalkan tangan, maka dibutuhkan waktu 2 hingga 3 hari untuk menyelesaikan satu tenun ikat sarung. Oleh karena itu harganya akan lebih tinggi dari kain yang diproduksi secara masal.

Tenun ikat mempunyai kemiripan dengan kerajinan kain lain, yaitu Songket. Kain songket yang bisa dimasukkan dalam kategori tenun brokat, merupakan kain tradisional yang terkenal dihasilkan oleh suku Melayu. Terutama yang berasal dari Minangkabau, Indonesia dan juga dari negara lain, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. Meskipun mempunyai kemiripan, namun tenun ikat dapat dibedakan dengan mudah dengan songket. Karena songket menggunakan benang emas dan perak. Sementara tenun ikat tidak menggunakan bahan baku benang tersebut. Selain itu motif pada kain songket hanya dominan pada satu sisi saja.

Sedangkan tenun ikat kedua sininya mempunyai motif yang sama.
Motif yang digunakan untuk menghias tenun ikat sarung mempunyai bentuk geometris. Dimana garis-garis diatur sehingga membentuk motif geometris. Ini adalah motif paling dominan yang digunakan pada tenun ikat sarung Samarinda. Sementara tenun ikat dari daerah di Kalimantan dan tempat lainnya ada yang menggunakan motif hewan dan tumbuhan.

Tenun ikat sarung bisa ditemui di pertokoan yang ada di Samarinda. Bahkan sebenarnya tidak perlu ke Kalimantan untuk mencari tenun ikat sarung. Sudah ada pedagang di daerah lain yang juga menjual jenis kerajinan ini. Namun bila ingin mendapatkan tenun ikat sarung yang pasti dibuat dengan tangan oleh masyarakat Samarinda sendiri, sebaiknya datang langsung ke lokasi yang menjadi pusat kerajinan tenun ikat sarung.

Ada 2 kelurahan di kecamatan Samarinda Seberang yang menghasilkan tenun ikat sarung. Salah satunya adalah kelurahan Kampung Baqa. Kampung Baqa merupakan daerah tertua yang ada di Samarinda. Oleh karena itu wajar saja bila daerah ini juga merupakan penghasil kerajinan khas Samarinda, yaitu tenun ikat sarung.

Selain dari kelurahan Kampung Baqa, daerah lainnya di kecamatan Samarinda Seberang yang juga memproduksi tenun ikat adalah kelurahan Kampung Masjid. Kampung Masjid bersama dengan Kampung Baqa yang masih dalam satu kecamatan, merupakan 2 kelurahan penghasil kerajinan tenun ikat sarung di Samarinda.

Sangat mudah untuk menemukan Kampung Masjid. Karena di kelurahan inilah berada bangunan bersejarah berupa masjid tertua di Samarinda, yaitu masjid Shiratal Mustaqiem. Oleh karena itu bila ingin mencari kerajinan tenun ikat di kelurahan ini, tanyakan saja ke masyarakat setempat dimana lokasi masjid Shiratal Mustaqiem.

Dengan mendatangi langsung 2 kelurahan ini, mereka yang mencari tenun ikat sarung bisa memastikan, bahwa sarung yang mereka peroleh memang dibuat dengan tangan oleh masyarakat Samarinda sendiri. Berbeda bila memperolehnya dari tempat lain. Dimana harus jeli membedakan tenun ikat sarung asli dengan yang diproduksi oleh mesin. Karena memang teknik tekstil modern memungkinkan produsen untuk meniru tenun ikat tradisional.

Produksi tenun ikat di Samarinda bisa dilacak sejarahnya mulai dari cikal-bakal berdirinya Samarinda itu sendiri. Dimana kerajinan tradisional ini dibawa oleh suku Bugis dari Sulawesi Selatan. Pada waktu itu Sultan Bugis-Wajo, yaitu La Madukelleng yang memimpin Kesultanan Paser datang ke Kalimantan. Salah satu bangsawan yang datang bersama rombongan Sultan La Madukelleng, yaitu La Mohang meminta diberikan tanah di wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara yang pada saat dipimpin oleh Sultan Adji Pangeran Dipati Anom.

Sultan Adji Pangeran Dipati Anom memberikan tanah yang sekarang menjadi Kota Samarinda dengan syarat mereka patuh terhadap pemerintahan Kesultanan Kutai Kartanegara. Semenjak saat itulah suku Bugis mengembangkan daerah yang telah diberikan. Salah satunya adalah dengan membawa teknik pembuatan tenun ikat ke Kalimantan. Oleh karena itulah tenun ikat sarung masih bisa ditemui di perkampungan Bugis seperti Kampung Baqa dan Kampung Masjid.

Secara akumulatif, tenun ikat sarung Samarinda dan juga tenun ikat lain yang ada di Kalimatan merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Bukan hanya itu, sama seperti batik yang telah memperoleh pengakukan dunia, tenun ikat Kalimantan juga diakui oleh UNESCO sebagai warisan kebudayaan bukan benda dari Indonesia.

Place Tags: samarinda and Tenun Ikat Sarung Samarinda.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image