Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Miri (Part2)

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Miri, Sarawak, Malaysia

Time :

Mengenali Miri Serawak

Miri merupakan salah stau kota yang ada di Serawak. Miri termasuk kota penting di Serawak dengan kelengkapan berbagai infrastrukturnya yang memadai. Kota ini menjadi kota terbesar kedua setelah Kuching dengan populasi penduduknya sekitar 300.000-an jiwa.

Siapapun yang berkunjung ke Serawak sudah sepantasnya jika menjadikan kota ini sebagai prioritas tujuan wisatanya. Berbagai suku bangsa yang hidup di Miri menunjukkan bahwa kota ini menjadi tujuan hidup berbagai entik. Etnik China dan Melayu merupakan suku mayoritas yang mendiami kawasan kota ini.

Suku Melayu yang hidup di Miri ini telah memiliki kesejarahannya yang panjang. Banyak diantara nenek moyang mereka yang telah hidup di Miri sejak ratusan tahun silam sehingga keturunannya “mau tak mau” berada di Miri. Miri merupakan daerah penghasil minyak pertama di Serawak bahkan di Negeri Jiran Malaysia.

Keberadan minyak di Miri untuk pertama kalinya tercatat secara resmi pada tahun 1882 oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama Claude Champion de Crespigny yang berada di Distrik Baram, Serawak. Namun begitu, bahwa penduduk setempat telah menggunakan kekayaan alamnya untuk berbagai aktifitas seperti untuk lampu penerangan.

Sampai akhirnya ada perusahaan profesional minyak yang mengeksploitasinya sekitar tahun 1910 silam. Serawak Shell telah diberikan hak tunggal untuk mengeksploitasi berbagai kekayaan minyak di Miri sampai tahun 1954 sampai akhirnya sumur minyaknya kering dan kemudian eksplorasi breralih ke sumur baru yang sama-sama menghasilkan minyak di persemaian.

Sumur minyak tertua di Miri ini bagaimanap telah menjadi bukti bawa secara historis kota ini memiliki kontribusi yang signifikan bagi pembangunan Serawak pada khususya dan Malaysia secara umum. Orang-orang yang mengetahui sejarah ini biasanya akan memperlakukan Miri dengan penuh maksimal dan tidak memandang sebelah mata.

Sumur minyak tertua itu dikenal dengan sebutan “ The Grand Old Lady” dan berlokasi di Kanada Hills. Menurut cerita masyarakat setempat menyebutkan bahwa bukit ini dinamakan seperti itu karena pernah ada seorang Kanada yang direkrut sebagai manajemen awal sumur pengeboran tersebut, dimana ia merekrut pekerja lokal dan asing untuk menangani pengeboran minyak di sumur ini sampai akhirnya bermunculan banyak sumur-sumur lainnya di berbagai wilayah.

Sehingga untuk mengabadikan nama tempat kelahiran sang manajer tersebut yang berasal dari Kanada maka kemudian disebutlah kawasan pengeboran ini dengan Kanada Hills.

Sumur minyak ini sangatlah produktif karena telah menghasilkan sekitar 660.000 barel minyak selama beroperasinya. Sampai kemudian The Grand Old Lady ini harus ditutup pada tahun 1972 karena dianggap sudah “renta” dan tidak menghasilkan minyak lagi. Tepat disebelah The Grand Old Lady ini ada ada Miri Petroleum Science Museum yang merupakan pameran sejarah dalam bidang teknik industri perminyakan.

Anda harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke museum ini sehingga dapat mengenang masa-masa jaya kota ini ketika masih menghasilkan minyak di sumur tertuanya.
Sedangkan bagi mereka yang tertarik dengan taman dan kebun, maka ada sekitar 14-an lokasi di Miri yang bisa dikunjungi.

Miri juga merupakan kota yang memanjakan penduduk dan pengunjungnya dengan berbagai pertunjukkan festival musik dan festival jazz kaliber internasional yang biasanya diselenggarakan setap tahunnya pada bulan Mei. Sehingga Anda yang gemar dengan aliran musik jazz khususnya harus menjadwalkan kunjungan Anda dengan momen pertunjukkan jazz tersebut. Ketika hendak berkunjung ke Miri ini sebaiknya dipersiapkan segala sesuatunya terkait dengan daerah-daerah mana yang akan dikunjungi, akomodasi, peta lokasi, momen-momen menarik yang akan didatangi dan lainnya.

Tempat-tempat menarik lainnya ialah Pasar Tamu yang disebut dengan Tamu Muhibbah. Pasar unik ini buka setiap gari dan terletak hanya sepelemparan batu saja dari pusat informasi wisatawan di Miri. Pasar ini memiliki dua bagian yakni bagian basah yang didalamnya menjual berbagai sayuran lokal dan buah-buahannya seperti buah salak, durian, jeruk nipis dan masih banyak lagi.

Beras Bario dan Ba’Kelalan juga dijual disini. Begitu juga dengan masyarakat adat yang sudah biasa membawa produk-produk lokal mereka untuk dijual baik kepada penduduk lokal maupun pengunjung asing.

Yang cukup disayangkan bahwa pasar Miri ini tidaklah seperti dulu lagi dalam hal variasi hasil hutannya. Orang-orang lokalnya menyebutkan bahwa hal itu disebabkan oleh kondisi cuaca yang buruk. Miri ini memang terkenal sebagai kota transit bagi kalangan wisatawan. dari Miri biasanya wisatawan banyak yang melanjutkan perjalanan mereka ke Lambir Hills National Park, Niah National Park, Mulu National Park, Ulu Baram Area, Bario dan Ba’Kelalan dan juga Loagan Bunut National Park. Andapun bisa mengunjungi area-area wisata tersebut setelah dari Miri.

Sebetulnya Miri baru diangkat statusnya sebagai kota pada tahun 2005 silam. Pemerintahan lokal Serawak menyetujui aplikasi untuk menetapkan Miri sebagai dewan kota pada 20 Mei 2004. Sedangkan pemerintahan federal menyetujui penetapannya pada 16 Maret 2005.

Yang Dipertuan Negeri Serawak mengeluarkan perintah pada 12 Mei 2004 untuk pembentukan Dewan Kota Miri. Kemudian Raja Malaysia Sri Paduka Bagianda Yang Dipertuan Agung XII mengeluarkan instrument untuk penganugerahan status kora Miri menjadi Dewan Kota Miri di Miri Municipal Building.

Pengangkatan walikota, wakil walikota dan dewan kota dari Dewan Kota Miri diterbitkan di Lembaran Negara Serawk pada 19 Mei 2005. Dan sampai saat ini 20 Mei selalu ditetapkan sebagai Hari Kota Miri.

Selamat Berkunjung!

Place Tags: Malaysia, miri, and sarawak.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image