Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Lubang Suro

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : SawahLunto, Sumatera Barat

Time :

Lubang Suro – Objek wisata yang satu ini akan menjadi liburan yang pas untuk melambangkan wisata anda di Kota Sawah Lunto. Hal tersebut tak lain karena, Sawah Lunto terkenal dengan sebutan kota tambang. Nah, Lubang Suro ini merupakan bekas lokasi tambang batu bara yang ternyata memiliki kisah historis serta memberikan nuansa magis dari sejarahnya.

Lokasi dan Transportasi

Objek Wisata Lubang Suro berada di Kelurahan Tanah Lapang, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawah Lunto, Sumatera Barat. Tidak begitu jauh dari pusat Kota Sawah Lunto karena memang wilayah kota tidak begitu besar.

Jika anda akan berkunjung ke Lubang Suro, anda tida perlu memusingkan soal kendaraan, karena jalan yang akan anda tempuh tida begitu jauh serta fasilitas jalan yang sudah baik. Dengan begitu anda bisa menggunakkan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Anda juga bisa menggunakkan beragam angkutan umum yang siap membawa anda ke Lubang Suro, diantaranya angkutan kota (angkot), ojek, taksi ataupun bendi yang merupakan kendaraan tradisional serupa dengan delman karena sama-sama di tarik oleh kuda. Ongkos untuk masing-masing kendaraan juga variatif tergantung jenis serta jarak yang akan di tempuh.

Jika anda berniat untuk menjelajah tempat wisata lainnya di Sawah Lunto, akan lebih nyaman dan gampang jika anda menyewa kendaraan agar anda tidak harus repot mencari kendaraan lain lagi.

Sejarah Singkat

Lubang Suro atau Lubang Tambang Mbah Suro merupakan sebuah objek wisata peninggalan sejarah yang dulunya memiliki peran penting di kota tambang ini. Lubang ini dulunya merupakan bekas tambang batu bara yang di bangun pada tahun 1898 dan merupakan lubang tambang batu bara pertama di Sumatera Barat.

Lubang ini dulunya di bangun oleh ‘orang rantai’. Demikianlah sebutan untuk para pekerja paksa yang di datangkan dari berbagai daerah di Indonesia pada masa penjajahan. Ketika bekerja membuka tambang ini, kaki mereka diikat dengan rantai. Begitulah kisah tragis di balik pembuatan lubang ini.

Dinamai dengan Lubang Suro karena sosok Mbah Suro sendiri merupakan mandor dari ‘orang rantai’ tersebut. Mbah Suro berasal dari Jawa dan memiliki ilmu kanuragan serta kebatinan sehingga beliau menjadi panutan warga pada masa itu.

Penambangan di lakukan hingga tahun 1932, kemudian tambang ini di tutup oleh Belanda karena terlalu dekat dengan Sungai Lunto. Hal ini menyebabkan rembesan air masuk ke dalam lubang. Setelah sekian lama di tutup, akhirnya kembali diketemukan dan mulai dipugar pada tahun 2007 silam.

Pada waktu ditemukan pun, lubang ini dipenuhi oleh air sehingga dilakukan penyedotan kurang lebih selama 2 bulan. Barulah pada tahun 2008 tempat ini resmi dijadikan sebagai objek wisata.

Wisata

Untuk memasuki Lubang Suro ini, anda harus membayar karcis masuk sebesar Rp 8.000*) per orang. Dengan biaya masuk ini, anda bisa menyusuri lubang dan di lengkapi pengaman seperti helm tambang dan sepatu boot.

Tidak hanya itu, pembatasan pengunjung yang masuk sampai 20 orang saja menjadikan wisata anda memungkinkan untuk di temani seorang guide yang juga menjadi penjaga lokasi Lubang Suro dan lebih akrab di panggil Pak Win.

Ketika anda masuk, anda akan menuruni sejumlah anak tangga. Jangan khawatir, karena sudah dilengkapi pengangan untuk menunjang keselamatan ketika anda turun. Lubang ini sebenarnya memiliki panjang hingga 900 meter lebih, tetapi yang sudah di pugar dan layak menjadi objek wisata, baru sepanjang 186 meter saja.

Tinggi dan lebar lubang ini masing-masing sekitar 2 meteran serta posisinya berada sekitar 15 meter di bawah tanah. Sedangkan di atas lubang tambang ini merupakan wilayah pemukiman penduduk.

Dinding-dinding lubang tampak lembab dan basah karena rembesan air yang masuk melalui tanah, tetapi untuk mengantisipasi anda terkena tetesan air tanah tersebut, sudah di pasangnya fiber glass di bagian langit-langit lubang.

Tampak pula dinding lubang yang berkilat karena masih mengandung batu bara kelas satu yang memiliki sekitar 6000 sampai 7000 kalori. Tetapi, batu bara yang masih ada di sini tidak di tambang lagi, walaupun diperkirakan masih menghasilkan sekitar 40 juta ton.

Fasilitas lain yang sudah disediakan di lubang tambang ini adalah, adanya blower yang menyalurkan oksigen agar wisata anda lebih nyaman karena bebas dari rasa pengap seperti layaknya lubang-lubang di bawah tanah lainnya, bahkan akan terasa lebih segar.

Belum lagi dengan adanya kamera CCTV yang bisa memantau tiap lokasi dari Lubang Suro ini. Fasilitas penunjang keamanan lainnya adalah, selalu diadakannya pemeriksaan lubang dari gas-gas berbahaya yang mengancam keselamatan pengunjung.

Namun, sampai saat ini belum ditemukan adanya gas-gas tersebut. Maka dari itu, wisata anda benar-benar di kedepankan keamanannya.

Setelah menyusuri Lubang Suro, anda akan tiba di pintu keluar di mana anda akan menaiki sejumlah anak tangga lagi. Ketika anda keluar, anda sudah tiba di seberang jalan dari pintu masuk sebelumnya. Di sini juga berdiri gedung info box yang menjadi lokasi pemantauan kamera CCTV tersebut.

Tips

1. Ada beberapa kisah mistis yang sering terjadi di dalam lubang, tetapi hal itu bukanlah masalah jika anda tidak berniat jahat. Lagi pula, anda akan ditemani pemandu selama menyusuri lubang ini.

2. Jangan ragu untuk bertanya seputar Lubang Suro kepada pemandu anda, sehingga tak hanya suasana lubang ini saja yang bisa anda rasakan, melainkan pula sejarah yang pernah terjadi di lubang ini pada masa lalu.

3. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, agar anda tidak repot ketika berjalan menyusuri lubang ini.

Berkunjung ke kota yang dijuluki Kota Tambang sangat tidak lengkap jika anda tidak merasakan sendiri bagaimana rasanya berada dalam suasana di lokasi penambangan.

Selain itu, anda juga bisa menambah wawasan tentang sejarah yang terjadi sebelumnya. Jadi, jangan sampai anda melewatkan wisata yang menarik ini jika anda berkunjung ke Kota Sawah Lunto. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Lubang Suro, sawah lunto, and sumatra.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image