Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Water Boom Muaro Kalaban

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jalan lintas Sumatera Muaro Kalaban, Sawah lunto, Sumatera Barat

Time : 08.00 - 17.00

Kota Sawah lunto, adalah sebuah kota yang terkenal akan batubara yang di hasilkan oleh tambang-tambang antik yang dimilikinya. Namun siapa sangka, ternyata kota yang satu ini juga memiliki sebuah objek wisata modern yang sangat menarik dan popular di kalangan masyarakat Sumatera Barat.

Objek wisata tersebut adalah kolam renang Water Boom Muaro Kalaban dengan berbagai macam sarana hiburan menarik yang ditawarkan di dalamnya.

Lokasi dan Transportasi

Objek wisata Water Boom Muaro Kalaban ini sangat mudah untuk di temukan lokasinya, karena berada di Dataran Tinggi Muaro Kalaban yang merupakan kaki bukit, yang lebih tepatnya lagi berada di Jalan lintas Sumatera Muaro Kalaban, Sawah lunto, Sumatera Barat.

Kalau dari kota padang, kota Sawah lunto ini berjarak kurang lebih sekitar 95 km, dan bisa menghabiskan waktu hingga 3,5 jam perjalanan atau lebih. Untuk itu, tersedia beberapa alternatif kendaraan umum yang akan membawa anda seperti bus antarkota, Travel wisata, dan juga kereta Api.

Jika dari pusat kota Sawah lunto, untuk bisa sampai di Objek wisata Water Boom Muaro Kalaban ini hannya memakan waktu tempuh hingga 35 hingga 40 menit saja, karena jaraknya memang hanya 4 kilometer dari pusat kota.

Anda bisa naik angkot, bus, bentor, bendi, hingga taksi, namun, sepertinya yang paling tepat adalah menggunakan kendaaraan pribadi, atau anda bisa menyewa kendaraan seperti mobil.

Banyak tempat-tempat yang menyediakan jasa rental mobil di tempat ini dengan tarif minimum Rp 300.000*) per hari nya, dan anda bisa memakai mobil itu seharian penuh untuk berkeliling-keliling kota bersama keluarga.

Wisata

Awalnya, Objek wisata Water Boom Muaro Kalaban ini hanyalah sebuah pemandian biasa di kaki bukit. Namun, atas hasil kerja keras para staff terkait dan ide cemerlang dari walikota Sawah Lunto terbentuklah sebuah Objek wisata Water Boom Muaro Kalaban ini.

Tempat ini kemudian menjadi tempat berlibur favorit masyarakat Sumatera Barat. Hal ini terbukti membludaknya para pengunjung yang datang pada hari minggu dan hari libur lainnya.

Water Boom Muaro Kalaban ini beroperasi tiap hari. Pada hari senin – jum’at jam operasional water boom ini adalah dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, biaya masuknya adalah Rp 8.000*) untuk anak-anak dan Rp 10.000*) untuk dewasa.

Sedangkan pada hari sabtu – minggu serta hari libur lainnya, jam operasional dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 6 sore. Biaya masuknya pun lebih mahal, yakni Rp 13.000*) untuk anak-anak dan Rp 15.000*) untuk dewasa.

Objek wisata Water Boom Muaro Kalaban yang mulai di resmikan sejak 1 Januari 2007 yang lalu ini memiliki 4 buah kolam yang dibuat seperti kuali besar karena cekungan bukitnya, sehingga Water Boom Muaro Kalaban ini benar-benar terasa seperti lembah.

Kolamnya pun beragam, ada yang untuk anak-anak dan remaja, ada yang untuk orang dewasa karena lebih dalam, dan ada juga yang untuk balita. Jadi, jika anda membawa balita, anda bisa mengajaknya berenang di kolam khusus balita tersebut.

Dan terakhir adalah kolam untuk terapi ikan. Wow, mengejutkan bukan, biasa terapi ikan di Water Boom seperti ini, jenis ikan yang di pakai adalah garra rufa, hanya dengan Rp 10.000*), anda bisa menikmati sensasi terapi ikan ini selama 30 menit.

Disini juga tersedia kursi-kursi malas dan gazebo-gazebo yang di sediakan khusus bagi anda yang tidak ingin berenang. Jadi, sembari minum kopi, anda bisa tetap merasakan keseruan hanya dengan melihat orang-orang yang meluncur dari atas bukit ke dalam kolam.

Objek wisata Water Boom Muaro Kalaban ini juga menyediakan sarana bermain bola-bola air dan flying fox, bayangkan saja rasanya meluncur melewati pertengahan kolam besar dari atas bukit, dan rasakan keseruan yang memacu adrenalin anda.

Tips

1. Jika anda berkunjung ke objek wisata ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja, atau anda bisa menyewa kendaraan, karena jika sudah sampai di lokasi Water Boom Muaro Kalaban ini, tidak mungkin hanya sebentar dan akan susah untuk menemukan angkot jika anda pulang kesorean.

2. Sebelum berenang di Water Boom Muaro Kalaban ini, sebaiknya anda sarapan terlebih dahulu, karena air nya lumayan dingin karena berasal dari mata air langsung, makanya bisa saja anda terkena kram perut atau masuk angin.

3. Karena lokasi objek wisata ini berada di kaki bukit, cuacanya tidak terlalu panas sehingga anda tidak perlu memakai sunblock, hanya saja sebaiknya jangan memakai pakaian renang yang terlalu terbuka karena ini adalah tempat wisata keluarga, jadi pakailah pakaian renang yang sopan.

4. Bagi anda yang takut ketinggian sebaiknya tidak usah ikut meluncur, karena sarana peluncur yang ada di Water Boom Muaro Kalaban ini lumayan curam, kalau memang ingin naik, anda bisa naik sarana peluncur yang disediakan untuk anak-anak saja.

Objek wisata Water Boom Muaro Kalaban merupakan sebuah tempat liburan menyenangkan yang wajib untuk di datangi bukan? Jadi tunggu apalagi, ajaklah keluarga dan teman-teman anda untuk bersenang-senang bersama di Water Boom Muaro Kalaban ini.

Persiapkanlah rencana liburan anda ini dengan baik agar anda bisa benar-benar menikmati liburan anda serta melepaskan lelah dan stress yang menumpuk. Selamat Bersenang-senang!

*) Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Sawahlunto, Waterboom, and wisataair.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image