Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Istana Oei Tiong Ham

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. Kyai Saleh, Semarang

Time :

Istana Oei Tiong Ham di Jalan Kyai Saleh

Jalan Kyai Saleh di Semarang tak seramai Jalan Pandanaran atau Jalan Pahlawan. Suasana jalan ini cenderung tenang, lalu lintas tak padat. Hanya pada jam-jam tertentu saja antrian kendaraan mengular, seperti saat jam pulang anak sekolah.
Ada satu bangunan istimewa berdiri di sini. Dulu orang menyebutnya Istana Gergaji atau Istana Bale Kambang. Sepintas lalu, mungkin Anda tak akan mengira gedung itu bersejarah dan terkait dengan manusia 200 juta gulden, Oei Tiong Ham, si raja gula dari Semarang, orang paling kaya se-Asia Tenggara pada periode tahun 1800-an.

Sepeninggal Oey Tiong Ham, istana ini diwariskan pada anaknya Oei Tjong Hauw. Setelah Indonesia merdeka, semua asset Oei Tiong Ham di Semarang disita untuk negara. Istana Gergaji pun jatuh ke tangan TNI dan difungsikan sebagai Balai Prajurit.
Kemudian pindah tangan lagi pada orang Semarang bernama Budi Poernomo, yang juga warga keturunan Tionghoa. Oleh pemilik yang baru ini Istana Gergaji dipugar dan dikembalikan ke bentuk aslinya, kemudian dijadikan sebuah kampus untuk lembaga pendidikan bernama STMIK PROVISI, juga Study World, sebuah lembaga kursus bahasa asing.

Jadi, jika Anda dari arah Simpang Lima, lurus saja ke Jalan Pahlawan. Ada lampu merah belok kiri, sampai di pertigaan Jalan Kyai Saleh, belok kanan. STMIK Provisi ini mudah ditemukan, ada di kanan jalan. Atau, dari Jalan Pahlawan bisa juga Anda menikung ke Jalan Menteri Supeno. Lurus sedikit sampai ada lampu merah, belok kanan. Beberapa meter di depan ada Istana Gergaji di kiri jalan.

Bagian Istana

Ada tiga bangunan di kompleks istana ini. Satu rumah induk dan dua rumah kecil (pavilion) di sisi kiri dan kanan rumah induk. Ada lorong beratap yang menghubungkan kedua rumah kecil tersebut ke rumah induk.

Halaman istana cukup luas. Pagar dan gerbangnya tidak tinggi, jadi setiap orang yang lewat pasti bisa melihat dengan jelas bentuk luar istana ini. Ada anak tangga di teras rumah induk. Tidak tinggi. Ada taman kecil, cukup membuat istana ini nampak asri. Seperti bangunan jaman Belanda pada umumnya, bangunan ini menggunakan pilar-pilar besar. Kesan untuk hunian mewah, gagah dan mahal. Yang jelas, dari luar rumah ini sangat Eropa dengan sedikit sentuhan gaya Indies.

Atapnya berbentuk persegi panjang. Bangunan tersusun dari batu bata dan besi. Ubin-ubin marmer di rumah induk didatangkan langsung dari Italia, tebal dan mampu menciptakan suasana sejuk di dalam ruangan. Pintu masuknya tinggi dan lebar. Jumlah pintu ada tiga, sedangkan untuk jendela hanya dua, ramping, semuanya berdaun ganda. Di rumah induk ada empat kamar besar, saling berhadapan. Di dinding kiri ada ukiran bermotif huruf-huruf Tionghoa.

Di belakang ada ruang besar, dilengkapi meja kursi yang terbuat dari bambu dan rotan. Di sini dulu tempat Oei Tiong Ham menerima tamu. Oei Tiong Ham konon menyukai mebel dari bambu dan rotan.

Nah, dulu istana ini memiliki kebun super luas. Ada banyak bangunan lain di belakang rumah induk bukan cuma pavilion. Ada beberapa dapur dan ruang-ruang khusus, seperti ruang berpendingin untuk menyimpan daging, sayur-mayur, dan ikan. Dulu belum ada freezer¸jadi di sekeliling ruang pendingin tersebut dipasang balok-balok es.

Oei Tiong Ham sendiri punya dua koki, satu orang Belanda spesialis masakan Eropa dan satu lagi orang Tionghoa spesialis masakan China. Masih ada lagi satu koki spesialis masakan Jawa untuk istrinya, Bing Nio.

Pavilion di sisi kiri rumah induk digunakan sebagai ruang makan dan menjamu tamu-tamu penting. Untuk para tamu, Oei Tiong Ham juga menyediakan kamar-kamar dengan beranda yang luas. Dulu semua bangunan tersebut ada di belakang ruma induk, sekarang sudah berubah menjadi pemukiman dan perkantoran.
Istana Gergaji, Kebon Rojo, atau Bale Kambang
Orang Semarang punya tiga nama untuk istana yang dulu dimiliki Oei tiong Ham ini. Pertama, disebut Istana Gergaji, karena berdiri di wilayah bernama Gergaji. Kedua, disebut Kebon Rojo, karena dulu Oei Tiong Ham memelihara banyak hewan di kompleks istananya. Koleksinya lengkap, bahkan ada burung merak.

Disebut Bale Kambang, karena di kompleks istana ini ada taman besar yang dilengkapi kolam. Nah, nama Bale Kambang ini hingga kini masih digunakan sebagai nama perkampungan di sekitar istana ini.

Oei Tiong Ham seorang Tionghoa, namun pada masanya ia bisa bermukim di luar pecinan, persisnya di dekat pemukiman orang-orang Belanda. Apalagi kalau bukan karena kekayaannya yang melimpah. Dia bisa melawan hukum Belanda yang kala itu mengatur semua warga Tionghoa harus tinggal di Pecinan. Ia sewa pengacara handal, dan ia dekati Gubernur Jenderal yang waktu itu memimpin Semarang.

Tahun 1888 Oei Tiong Ham menempati istana gergaji, setelah mengambil alih kepemilikan dari pemiliknya yang terdahulu. Selain istana, Oei Tiong Ham juga mengakuisisi lahan seluas 81 hektar di sekitar istana. Jadilah kompleks istana miliknya terbentang sepanjang Jalan Pahlawan, terus ke Jalan Pandanaran hingga wilayah Randusari.

Istana yang besar, dilengkapi kebun binatang, taman bermain, dan halaman yang sangat luas, tentu tak sedikit pekerja yang dibutuhkan Oei Tiong Ham. Benar, untuk mengurus rumah, konon ada dipekerjakan 40 orang, termasuk koki dan pelayan pribadi. Untuk mengurus taman, kolam, dan kebun dibutuhkan 50 orang termasuk seorang ahli perkebunan dan tanaman yang didatangkan dari Sumatra.

Nah, untuk menampung pegawai yang jumlahnya puluhan orang tersebut, dibangunlah permuahan khusus pegawai, dulu lokasinya di belakang istana ini. Tetapi, sekarang sudah tidak ada lagi, sudah berubah jadi pemukiman warga.

Tertarik menjelajahi sisa-sisa kejayaan si raja gula? Istana ini tempat yang asyik untuk disinggahi, sejuk, bersih, dan asri. Masih ada bekas-bekas kemewahan di sini.

Place Tags: Istana, Istana Oei Tiong Ham, and semarang.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image