Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Rumah Gadang Gajah Maharam

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jln. Jenderal Ahmad Yani, Solok, Sumatera Barat

Time :

Rumah Gadang Gajah Maharam – Solok

Rumah Gadang Gajah Maharam – budaya minangnya yang amat kental, menjadi salah satu suku kebudayaan terbesar yang ada di Negara Republik Indonesia, selain itu juga merupakan salah satu kebudayaan yang paling di kenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sumatera Barat, juga terkenal dengan Rumah Adat yaitu Rumah Gadang. Di kota Solok, anda bisa berkunjung ke objek wisata Rumah Gadang Gajah Maharam untuk melihat-lihat arsitektur yang menarik dari rumah tradisional yang mempunyai kesan megah ini.

Lokasi dan Transportasi

Rumah Gadang Gajah Maharam ini adalah salah satu objek pariwisata yang tergolong baru di kembangkan di kota Solok oleh pemerintah daerah setempat. Lokasinya berada di Desa KTK, yang ada di Kecamatan Lubuk Sikarah, yang juga tidak terlalu jauh pusat kota, karena letak Rumah Gadang Gajah Maharam ini hanya sekitar kurang lebih 6 sampai 7 kilo meter dari pusat kota, tepatnya masih di sekitaran Jalan Jenderal Ahmad Yani, Solok, Sumatera Barat.

Untuk menuju ke lokasi tempat objek pariwisata Rumah Gadang Gajah Maharam ini, anda bisa menggunakan bermacam-macam alat transportasi yang ada, baik menggunakan kendaran pribadi, ataupun jika anda ingin menggunakan kendaraan umum seperti bus, angkot, dan juga taksi. Jika anda menggunakan kendaraan sendiri, periksalah terlebih dahulu kendaraan yang akan anda gunakan dengan alasan keamanan.

Namun, apabila anda lebih memilih menggunakan jasa angkutan umum, anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan umum untuk menuju ke lokasi objek wisata Rumah Gadang Gajah Maharam ini. Dengan biaya ongkos masing-masing kurang lebih sekitar Rp 2.500*) untuk bus dan angkot, serta Rp 5.000*) sampai dengan Rp 10.000*) untuk ojek.

Sebenarnya, untuk ojek, bisa anda tawar menawar sendiri harganya kepada tukang ojek, biasanya, tarif ongkosnya mereka tetapkan berdasarkan jauh atau dekat lokasi tujuan anda. Alternatif lainnya adalah menyewa kendaraan, ada banyak rental mobil yang menyediakan jasa penyewaan kendaraan dengan harga yang bervariasi sekitar Rp 350.000 – Rp 500.000*), maka dari itu lebih baik cari yang harganya terjangkau tapi mutunya lumayan bagus.

Wisata

Tahukah anda kalau ternyata Rumah Gadang itu terdiri dari beberapa jenis atau tipe, macam-macam tipe ini juga dibedakan berdasarkan jumlah lanjar (ruas yang mengarah dari depan ke belakang) dan jumlah bonjongnya (hiasan yang menjadi ciri khas rumah minang). Jika Rumah Gadang tersebut memiliki lanjar sebanyak dua ruas, maka akan dinamakan lipek pandan (lipat pandan).

Dan secara umum lipek pandan biasanya lebih sering memakai dua gonjong. Nah, untuk rumah gadang yang berlanjar tiga, maka akan disebut balah bubuang (belah bubung). Jika lipek pandan atapnya memakai dua gonjong, maka balah bubuang atapnya memiliki empat gonjong.

Dan, terakhir adalah Rumah Gadang yang berlanjar empat, maka akan disebut gajah maharam (gajah mendekam). Nah, Rumah gadang yang disebut Gajah Maharam ini, biasanya memakai enam gonjong atau bahkan lebih, sesuai selera sang pemilik rumah. Dan yang khas dari rumah gadang adalah ukirannya yang berbentuk bunga.

Mungkin anda penasaran, kenapa rumah gadang yang satu ini disebut dengan nama Rumah Gadang Gajah Maharam, hal ini di karenakan bentuknya. Cobalah anda lihat dan visualisasikan dengan baik, menyerupai bentuk apakah rumah gadang yang satu ini.

Memang sih, tidak terlalu terlihat, namun memang ada sedikit bentuk dari rumah ini yang mirip dengan gajah yang sedang mendekam atau duduk berpangku tangan, seperti itulah kira-kira menurut beberapa masyarakat setempat.

Dulunya, rumah ini adalah milik Angku Lareh, dan sering digunakan untuk tempat belajar beberapa seni budaya, hingga tempat menggelar beberapa acara-acara adat lainnya yang sudah menjadi tradisi di daerah minangkabau.

Jika hari libur, objek wisata yang satu ini menjadi sangat ramai, dan sering terlihat para pengunjung sangat berantusias untuk berfoto atau sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan yang ada di sekitar Rumah Gadang ini, bahkan ada juga yang menjadikan area tempat pariwisata yang satu ini sebagai lokasi pengambilan foto prewedding, maka dari itulah pemerintah setempat sangat menjaga keindahan tempat ini.

Tips
1. Bila anda membawa makanan dari rumah, jangan lupa untuk membawa kantong sampah, agar anda tidak bingung untuk membuang sampah, tetapi jika anda tidak membawa makanan, disekitar sana sudah ada warung kecil dimana anda bisa mengisi perut anda. Anda bisa membeli aneka jajanan khas Minangkabau yang dijual di sekitar area objek wisata Rumah Gadang Maharam yang berada di kota Solok ini.

2. Bawalah barang bawaan anda secukupnya jika ingin berjalan-jalan dengan leluasa di tempat ini.

3. Sebaiknya bawalah kendaraan sendiri ataupun sewaan, sehingga jika anda ingin melanjutkan wisata ketempat lain anda tidak perlu mencari kendaraan lain dan bergonta ganti kendaraan. Selain menghemat waktu, juga cukup menghemat biaya jika anda pergi bersama rombongan.

Rumah Adat yang satu ini, selain unik dan sederhana, tetapi juga tampak termasuk dalam kategori megah. Anda bisa melihat sendiri dari keadaan sekitar rumah ini, dengan taman yang tertata rapi dan asri, wajar saja jika banyak para pengunjung yang ingin datang dan berfoto-foto bersama keluarga di tempat ini.

Anda juga, jangan sampai kalah dengan para wisatawan lain yang sengaja datang jauh-jauh hanya untuk berkunjung ke Rumah Gadang Gajah Maharam ini. Selamat Berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Rumah Gadang Gajah Maharam and solok.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image