Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Bala Kuning

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Jalan. Dr. Wahidin, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Time :

Bala Kuning – Sumbawa

Bala Kuning – Seperti halnya dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia, Sumbawa pun memiliki banyak cerita sejarah yang pernah terjadi bertahun-tahun silam. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya beberapa bangunan bersejarah yang merupakan saksi bisu perjalanan cerita di masa lampau. Salah satu bangunan tersebut adalah bangunan yang diberi nama Bala Kuning. Merupakan bangunan unik yang sampai sekarang tetap berdiri kokoh dan sangat terawat keadaannya.

Lokasi Dan Transportasi

Tidaklah sulit untuk menemukan lokasi bangunan Bala Kuning ini karena letaknya yang berada di pusat Kota, yaitu di sebelah Timur taman kota dan Wisma Kota Sumbawa Besar. Lebih tepatnya berada di Jalan. Dr. Wahidin, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat.

Karena letaknya yang berada di pusat Kota maka bukanlah hal yang sulit untuk mencari transportasi yang menuju kesini. Anda bisa menggunakan kendaraan umum yang ada di Kota Sumbawa Besar seperti ojek, angkot maupun becak.

Perjalanan dari pusat Kota ini pun tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 10 menit saja maka anda sudah bisa tiba di Bala Kuning. Jika anda akan naik angkot maka anda harus membayar ongkos sekitar Rp 5.000*) sedangkan jika naik ojek ataupun becak, ongkosnya berkisar antara Rp 10.000*)- Rp 15.000*).

Alternatif lainnya jika anda ingin lebih nyaman atau datang berombongan, tidak ada salahnya untuk menyewa kendaraan mobil di Kota Sumbawa. Tarif sewa biasanya berkisar antara Rp 400.000*) – Rp 500.000*) tergantung dari jenis mobil yang akan di sewa. Biasanya sudah termasuk pula dengan sopir, jadi anda dapat lebih aman dan nyaman tanpa harus bingung lagi mencari rute tujuan anda.

Sebelumnya untuk mencapai Pulau Sumbawa ini anda harus mencapai Pulau Lombok terlebih dahulu. Ada beberapa alternatif transportasi yang bisa anda gunakan, baik melalui darat maupun udara. Jika anda ingin lebih cepat sampai maka anda bisa menggunakan pesawat.

Terdapat beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute ke Lombok, anda bisa mencari dan membandingkan harga tiketnya pada masing-masing maskapai. Setibanya di Lombok, anda dapat melanjutkan perjalanan kembali menuju Sumbawa. Dari sini banyak bus yang melayani rute ke Sumbawa, ongkosnya berkisar antara Rp 65.000*) – Rp 70.000*) dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam.

Wisata

Kabupaten Sumbawa sebenarnya memiliki tiga Istana bersejarah yang sampai sekarang masih dapat kita temui. Beberapa istana itu adalah Istana Dalam Loka, Wisma Daerah dan yang terakhir Istana Bala Kuning.

Istana Bala Kuning atau sering juga disebut Istana Kuning ini merupakan bangunan rumah besar yang di cat berwarna kuning. Sesuai dengan simbolnya bahwa warna kuning merupakan lambang dari Kesultanan Sumbawa, rumah ini memang diperuntukkan untuk keluarga Sultan.

Rumah ini merupakan tempat tinggal resmi Sultan Sumbawa Muhammad Kaharuddin III setelah beliau meninggalkan Wisma Daerah yang dikarenakan sudah terbentuknya sebuah Swatantra Tingkat II. Sultan menghuni rumah ini sampai beliau wafat dan hingga sekarang masih tetap dihuni oleh keturunan keluarganya yang terakhir.

Jika anda berkunjung kesini maka anda bisa bertemu langsung dengan keluarga keturunan terakhir Sultan Sumbawa dan merupakan kesempatan anda untuk bertanya secara langsung kepada mereka tentang sejarah bangunan Istana ini beserta koleksi benda di dalamnya. Selain itu pula anda bisa menggali lebih dalam tentang sejarah Kesultanan yang ada di tanah Sumbawa.

Di dalam Istana Bala Kuning ini terdapat beberapa benda koleksi peninggalan Kesultanan Sumbawa yang terawat dengan sangat baik. Beberapa koleksi tersebut antara lain pakaian kebesaran Sultan, baju besi, perisai, peralatan jamuan dan peralatan untuk upacara adat. Ada pula beberapa koleksi foto keluarga Sultan yang terpajang rapi di dinding Istana dan juga lampu hias yang tergantung di langit-langitnya.

Ada salah satu koleksi yang sangat langkah yaitu sarung tangan sawit yang bisa anda temukan. Selain itu terdapat pula benda koleksi yang dipercaya memiliki kekuatan magis, seperti keris, tombak, pedang, payung kamutar dan Qur’an tulisan tangan Muhammad Ibnu Abdullah Al-Jawi yang berlapis emas, perak dan perunggu.

Tips
1. Hormatilah peraturan yang di buat disana dan ikuti petunjuk yang diberikan guide setempat. Hal ini akan membuat anda aman dan nyaman saat berada di dalam Bala Kuning nantinya.

2. Bawalah kamera dan buku catatan anda untuk mendokumentasikan setiap informasi unik yang nantinya akan anda dapatkan.

3. Jika anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri, jangan buang sampahnya sembarangan. Buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan.

4. Sempatkan diri anda untuk mencicipi beberapa kuliner khas Sumbawa. Dijamin rasa masakan yang disajikan akan membuat anda ketagihan.

Sumbawa memiliki banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Tentunya tak cukup waktu sebentar jika anda ingin mengunjungi semuanya. Untuk itu rencanakanlah waktu liburan anda sebaik mungkin dan pastikan Istana Bala Kuning ini masuk ke dalam daftar destinasi wisata yang akan anda kunjungi. Ajaklah serta teman dan keluarga anda agar suasana liburan semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Bala Kuning, ntb, and sumbawa.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image