Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Desa Tepal

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : Batu Lanteh, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Time :

Desa Tepal – Sumbawa

Desa Tepal – Indonesia memiliki beragam suku dan budaya yang tersebar di segala pelosok negeri. Setiap daerahnya pun memiliki adat tersendiri yang menjadi ciri khas masing-masing tiap daerah tersebut. Di Sumbawa terdapat sebuah daerah yang bernama Desa Tepal, merupakan Desa terpencil yang terletak di daerah pegunungan.

Desa ini sangatlah unik dimana dari dulu hingga sekarang masyarakatnya tetap mempertahankan adat dan budayanya yang sangat kental dengan khas Sumbawa. Untuk itulah Desa ini sering disebut pula sebagai Desa Adat.

Lokasi Dan Transportasi

Secara administratif Desa Tepal berada dalam wilayah Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya berada di daerah punggungan Gunung Batu lanteh yang berjarak sekitar 60 Km ke arah Selatan Ibu Kota Kabupaten Sumbawa.

Untuk menuju ke Desa ini sebelumnya anda harus menuju ke Kabupaten Sumbawa terlebih dahulu. Banyak transportasi yang bisa anda gunakan, baik menggunakan kendaraan darat maupun udara. Jika anda menggunakan kendaraan darat, anda bisa menggunakan bus yang memiliki rute ke Sumbawa. Anda bisa naik bus ini baik dari Surabaya, bali, lombok ataupun dari daerah lainnya.

Jika ingin lebih cepat sampai, anda bisa menggunakan pesawat. Terdapat beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute ke Lombok dan setibanya di Lombok anda bisa ke Terminal Bertais yang berada di Mataram untuk mencari Bus yang akan menuju ke Sumbawa. Ongkos bus ini berkisar antara Rp 70.000*) – Rp 100.000*).

Setibanya di Sumbawa, barulah anda dapat langsung menuju ke Desa Tepal. Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan sejenis Hardtop yang memakan waktu tempuh sekitar 5 jam perjalanan.

Jika ingin lebih menikmati perjalanan, anda dapat menggunakan kuda yang biasanya di bawa masyarakat Desa Tepal ke Kota. Anda bisa menumpang kuda mereka untuk mengantarkan anda menuju Desa Tepal.

Wisata

Selama dalam perjalanan menuju Desa Tepal, anda akan melalui jalan berliku dengan beberapa tanjakan dan turunan yang cukup curam. Maklum saja karena jalur yang dilalui merupakan daerah pegunungan. Di sisi kiri dan kanan jalan anda akan disuguhkan dengan panorama hutan lebat menghijau yang akan sangat memanjakan mata dan pada salah satu lokasi anda pun dapat melihat pemandangan yang lebih luas.

Menariknya, selama di perjalanan anda tidak akan merasakan panas dari teriknya matahari karena terhalang langsung dengan rimbunnya pepohonan hutan. Penduduk Desa Tepal rata-rata bermata pencaharian sebagai petani kopi dan juga merupakan penghasil kopi terbesar di Kabupaten Sumbawa. Selama di perjalanan anda akan disuguhkan pula dengan hamparan pemandangan kebun kopi milik masyarakat setempat.

Setibanya di Desa Tepal anda akan disuguhkan dengan udara yang sejuk nan asri. Suasananya pun sangatlah damai, akan sangat cocok bagi anda yang menyukai suasana seperti ini. Selain itu desa ini pula menyimpan berbagai keunikan budaya, seperti Bahasa daerah yang mereka gunakan, cara mereka berpakaian yang mengenakan pakaian tradisional, upacara adat pernikahan dan yang paling mencolok adalah bangunan rumah tradisional suku ali Sumbawa nya.

Di desa ini rata-rata merupakan rumah panggung yang terbuat dari kayu dengan dindingnya yang terbuat dari anyaman bambu. Walaupun demikian terdapat pula rumah-rumah baru yang dibangun lebih modern, perbedaan rumah ini sudah diatur sedemikian rupa berdasarkan letaknya, dimana pada bagian desa yang lebih rendah rumah tradisional ini berada sedangkan rumah modern terletak di bagian yang lebih tinggi.

Keunikan Budaya lainnya dapat dilihat dari cara hidup mereka yang selalu bergotong-royong, baik saat menanam maupun memanen padi dan kopi serta saat menumbuk padi pun mereka selalu mengerjakannya beramai-ramai. Sangat unik bukan ?

Beberapa sungai akan anda temui pula disini, sungainya sangat jernih dan masih sangat alami. Airnya pun sangat segar, membuat siapapun yang melihatnya pasti ingin segera berenang. Namun sebaiknya jangan langsung buru-buru berenang karena airnya cukup dingin.

Sebaiknya jika anda ingin berenang, lakukan senam ringan terlebih dahulu agar otot tidak kram saat berada di dalam air. Suasana alami seperti ini akan semakin terasa nyaman saat anda mulai mendengar kicauan burung-burung dari atas pepohonan. Pemandangan akan semakin unik karena rata-rata pepohonan yang ada disini sudah berumur puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun dengan diameter yang cukup besar.

Tips
1. Berhati-hatilah saat dalam perjalanan karena kondisi jalan tanah yang tidak rata. Bawalah barang anda secukupnya saja, jangan sampai malah merepotkan dalam perjalanan.

2. Sebaiknya datanglah kesini antara Bulan Juli sampai Oktober karena pada bulan tersebut curah hujan lebih kecil. Selain itu pula biasanya masyarakat menggelar pesta perkawinan pada bulan tersebut sehingga anda dapat menyaksikannya secara langsung.

3. Suhu di Desa terbilang cukup dingin, bawalah jaket dan selimut untuk menghangatkan tubuh anda. Bawalah pula obat-obatan pribadi yang dapat anda butuhkan sewaktu-waktu.

Desa Tepal merupakan desa yang unik dengan segala adat-istiadat dan budaya khas Sumbawa. Jika anda berlibur ke Sumbawa sebaiknya sempatkan diri anda untuk berkunjung ke Desa ini.

Akan banyak pengetahuan yang bisa anda peroleh dari Desa ini terutama tentang adat Sumbawa aslinya. Tidak ada salahnya pula untuk datang kesini bersama teman agar liburan anda semakin menyenangkan. Selamat berlibur!

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Place Tags: Desa, ntb, sumbawa, and Tepal.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image