Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Ghibli Museum (Part 2)

0 out of 5 stars based on 0 Review

Address : 1-1-83 Shimorenjaku, Mitaka,Tokyo

Time :

Ghibli Museum part 2 – Tokyo/JPN

Saatnya memasuki ruang-ruang dalam Museum Ghibli. Ruang pertama adalah sebuah ruang berjudul “Where a film is born” yang terdapat di lantai 1. Ruang ini mengisahkan tema tentang masa-masa pencarian ide dalam sebuah karya film. Disini terdapat meja dengan kertas kosong terdapat diatasnya dan berbagai kertas sketsa dan ilustrasi menutupi dinding.

Dari suasana di dalam ruang ini, pengunjung dibawa untuk merasakan suasana ruang seolah ada “seseorang” yang sedang berpikir keras mencari ide untuk film. Setelah masuk ke ruangan pertama ini, Anda dapat menelusuri ruang-ruang lainnya dengan tema yang kurang lebih sama. Diharapkan setelah menelusuri ke-5 ruangan Anda akan mendapatkan gambaran proses pembuatan sebuah film animasi, mulai dari pencarian ide, hingga finishing touch-nya.

Beres menjelajahi lantai pertama, cobalah untuk menjelajahi lantai kedua. Di lantai ini terdapat sebuah ruangan yang disebut sebagai The Cat Bus. Ya, di ruangan ini terdapat karakter the Cat Bus dari film “Totoronji Totoro”. Anda yang pernah melihat film animasi tersebut mungkin ingin mencoba merasakan lembutnya memegang bulu the Cat Bus maupun menaikinya.

Anda bisa lho menaiki boneka the Cat Bus (yang sayangnya tidak dapat dibuat sesuai ukuran asli dalam film animasi tersebut, karena ukurannya yang sangat besar). Eh, tunggu dulu, jangan buru-buru memanjat naik. Hanya anak-anak berusia 12 tahun ke bawah yang boleh menaiki the Cat Bus ya..^^

Dari ruangan the Cat Bus, Anda dapat pergi ke arah teras dan melihat pemandangan di sekitar museum. Anda juga dapat naik ke atap dan melihat lapisan rumput yang menutupi atap. Disini juga terdapat sebuah robot besar setinggi 5 meter, yang dikelilingi oleh rumput-rumput tinggi sehingga membuat Anda lupa jika masih berada di bangunan museum. Patung Robot tersebut diambil dari anime Laputa: Castle in the Sky, dan diceritakan merupakan robot penjaga dari museum ini. Setelah melihat-lihat situasi luar, Anda dapat melanjutkan menjelajah lantai 2 dimana terdapat ruang-ruang pamer temporer.

Jika di lantai 1 dan 2 merupakan ruang pamer, maka di bagian basement terdapat the Saturn Theater. Teater ini merupakan teater mini, dengan kapasitas 80 tempat duduk dan dirancang indah dengan langit-langit bernuansa langit biru dan bunga warna warni di bagian dindingnya. Anda yang mengaku penggemar karya-karya Studio Ghibli tak boleh melewatkan teater ini, karena disini merupakan tempat pemutaran animasi original Ghibli yang hanya diputar di teater ini.

Uniknya, teater ini menyediakan ruang proyektor yang dirancang transparan. Jadi Anda dapat menyaksikan sendiri proses bagaimana sebuah film diproyeksikan. Adapun film yang diputar selalu berbeda setiap bulannya, dan jadwalnya dapat dilihat pada website resmi Museum Ghibli.

Selain ruang pamer dan teater, Museum Ghibli masih menawarkan banyak sekali spot yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja toko souvenir “Mamma Aiuto!” yang menyediakan beragam pernak-pernik khas Museum Ghibli, serta aneka merchandise original dari karakter-karakter favorit animasi Ghibli.

Disini juga terdapat ruang baca yang disebut “Tri Hawks”. Ruang baca ini memiliki beragam koleksi buku yang direkomendasikan oleh Hayao Miyazaki dan museum, yang dibuat dengan tujuan untuk mengkomunikasikan berbagai “pengalaman” pada anak-anak. Jadi, anak-anak bebas menelusuri setiap buku yang ada di ruang baca ini.

Jika merasa lapar, di museum ini terdapat Straw Hat Café yang menawarkan suasana makan di ruang terbuka. Kafe ini memiliki beragam menu panas maupun dingin, baik menu makanan ringan hingga makanan berat. Sebetulnya, menu yang ditawarkan tidak terlalu banyak dan ragam menunya juga sederhana. Namun menu-menu disini dibuat dari bahan-bahan organik yang diklaim fresh dan menyegarkan.

Segala persiapan pembuatan makanan hingga penyajian dilakukan di kafe ini (tidak didatangkan dari tempat lain), dan dihadirkan dalam nuansa “masakan ala rumah”. Point plus dari kafe ini adalah, tempat makannya dirancang dengan suasana ruang terbuka. Jadi sambil bersantap, Anda dapat menikmati keindahan taman Inokashira.

Jika Anda jeli, di kafe ini terdapat tempat cuci tangan dengan keramik berwarna-warni yang sebagian konsepnya diambil dari anime Kiki’s Delivery Service (yang merupakan produk animasi Ghibli). Di antara museum dan kafe ini pun terdapat sebuah patio yang nyaman, dengan sumur pompa yang diambil dari anime Totoronji Totoro.

Sejatinya, museum ini merupakan salah satu bagian dari Taman Inokashira, yang berada di daerah suburban dari Prefektur Tokyo. Untuk dapat mencapai lokasi ini, Anda dapat turun di Stasiun Mitaka (menggunakan JR Chuo Line, keluar pintu Selatan) dan berjalan kaki selama 15 menit.

Atau Anda juga dapat menggunakan community bus dari Stasiun Mitaka menuju museum (biaya ¥200). Jam operasionalnya dimulai sejak pukul 10.00-18.00 (kecuali kafe, buka mulai pukul 11.00) dan tutup setiap hari Selasa, akhir tahun, dan libur tahun baru. Museum Ghibli menerapkan sistem kloter bagi pengunjung yang masuk. Terdapat 4 kloter kunjungan, yaitu mulai pada pukul 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00 (pengunjung harus berkumpul 30 menit sebelum jam masuk).

Ada beberapa informasi lain yang perlu diketahui saat berkunjung ke Museum Ghibli. Anda mungkin sudah mengetahui, bahwa kamera maupun video dilarang digunakan dalam museum ini. Selain itu, Anda juga dihimbau untuk tidak menyalakan maupun menggunakan handphone, karena dikhawatirkan akan mengganggu pengunjung lain.

Hal lain yang dilarang dilakukan di dalam museum dan sekitarnya adalah merokok, makan dan minum (kecuali di area kafe), serta membawa binatang (kecuali anjing pemandu). Baby stroller juga wajib dititipkan di tempat yang telah disediakan. Selain itu, ada himbauan khusus bagi Anda yang sensitif terhadap cahaya matahari. Anda dihimbau untuk berhati-hati saat memasuki ruang pamer permanen yang ada di dalam museum, karena disini terdapat beberapa pameran yang mengandung unsur cahaya yang berpendar.

Museum Ghibli ini jelas menjadi surganya bagi pecinta animasi Ghibli, yang merupakan perwujudan dari dunia imajinasi yang selama ini hanya dapat dinikmati dari layar kaca. Namun sekalipun Anda bukan penggemar animasi Ghibli, museum ini tetap saja menarik untuk dikunjungi karena faktor-faktor lain seperti konsep dan desain museum yang unik. Bisa jadi setelah berkunjung kesini Anda akan jatuh cinta pada animasi Ghibli..^^ Oya, ada satu lagi keunikan dari museum ini dibanding dengan museum lainny.

Di Museum Ghibli, Anda tidak akan menemukan tanda “dilarang menyentuh” seperti pada ruang pamer lainnya. Jadi disini Anda bebas menyentuh, duduk, dan serta bebas mengeksplorasi berbagai hal. Selamat menjelajah Museum Ghibli!^^

Place Tags: ghibli, Ghibli Museum, and Museum.

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image