Welcome , Guest   Sign in with
food, products or place Zip code or address

Gedung Oval – Taman Pintar

4 out of 5 stars based on 1 Review

Address : Jln. Panembahan Senopati 1-3 Yogyakarta

Time : Selasa - Jumat pk 09.00 -16.00 WIB ; Sabtu - Minggu pk 08.30 - 20.00 WIB

Belajar Sains Dengan Alat Peraga Di Gedung Oval – Kotak Taman Pintar Yogyakarta

Apakah putra-putri suka mengotak-atik komputer? Atau, mereka suka menyusun robot-robotan di rumah? Atau, mereka sangat menyukai dunia sains yang bagi sebagian anak-anak tergolong pelajaran yang sulit. Nah, untuk mendukung minat dan bakat mereka, anda dapat membawa mereka ke Taman Pintar Yogyakrta.

Tempat ini sangat sempurna bagi anak-anak yang ingin mendalami berbagai bidang sains yang mungkin saja dapat menarik perhatian mereka. Semua rasa ingin tahu anak terhadap dunia sains akan terpenuhi disaat mereka diajak berlibur ke Taman Pintar Yogyakarta. Tempat ini memang dikhususkan sebagai tempat belajar sejak dini di bidang sains dan teknologi agar anak-anak Indonesia dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga tidak ketinggalan dengan negara lain.

Lokasi Taman Pintar Yogyakarta pun sangat mudah dijangkau dengan transportasi, baik transportasi umum maupun pribadi karena letaknya berada di pusat kota, eks shopping atau kios buku. Anda hanya perlu berjalan beberapa meter ke arah timur dari kantor pos besar untuk dapat sampai ke Taman Pintar. Dan saat anda berada di sana, anda dapat menyaksikan berbagai macam alat peraga yang dapat dicoba oleh putra-putri anda.

Disini, anda bisa mendorong anak untuk mencoba berbagai alat peraga sehingga pengetahuan tentang dunia teknologi dan sains pun semakin bertambah agar daya kreatifitas mereka dapat terasah. Dengan demikian, keingintahuan mereka tentang dunia sains pun dapat disalurkan dengan belajar ilmu pengetahuan alam seperti kimia, fisika, biologi dan komputer.

Anda tidak perlu khawatir karena disana anda dapat meminta penjelasan kepada penjaga sehingga apa yang sedang dilakukan oleh putra-putri anda dapat dijelaskan secara ilmiah. Harga tiket masuk untuk anak-anak adalah Rp8.000, untuk dewasa Rp15.000, dan untuk Gedung PAUD usia 2 – 7 tahun sebesar Rp2.000. Taman Pintar Yogyakarta buka setiap hari Selasa – Minggu, mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Hari Senin akan buka bila ada hari libur nasional.

Saat putra-putri dan anda masuk ke Gedung Oval – Kotak Taman Pintar Yogyakarta, hal pertama yang dapat anda jumpai adalah akuarium besar yang berisi ikan-ikan. Ada berbagai macam ikan yang dijumpai disana. Namun kerena kacanya agak buram, mungkin anda tidak dapat melihat dengan jelas ikan apa saja yang ada di akuarium. Menuju ke ruangan lain, anda akan diantar ke jaman pra-sejarah. Anda akan disuguhi hewan dan manusia purba. Misalnya, anda akan melihat kura-kura dengan empat telur dan juga hewan Tyrex.
Ada juga manusia purba yang sedang berusaha menyalakan api untuk memasak dan juga berburu hewan sambil memegang tombak.

Sambil meneruskan perjalanan di Gedung Oval, anda kemudian digiring untuk masuk ke dunia planet dengan sebuah tiang yang berdiri ditengah. Pada dinding-dinding gedung dipajang tokoh di bidang Fisika dengan pemikiran revolusionernya, seperti Albert Einstein dan juga Steven Hawking. Ruangan yang cukup luas ini didesain secara apik dan bila anda ingin naik ke atas, anda dapat menapaki tangga datar yang dibuat secara oval. Dan disudut ruangan menuju ke tangga, anda juga dapat menyaksikan mobil dengan rangka separuh terbuka yang masuk pada kategori otomotif. Disini, kita akan tahu bagaimana mobil dibuat dengan berbagai proses perakitan.

Sekarang tiba waktunya bagi anda dan putra-putri anda untuk naik ke lantai atas dinama ruang sains berada. Di ruangan sains ini, akan ada banyak alat peraga yang dapat dicoba dan digunakan oleh putra-putri anda untuk merasakan bagaimana ilmu pengetahuan bekerja. Jadi, mereka tidak hanya membayangkan dan membacanya dibuku, tetapi dapat langsung praktek dan melihat bagaimana alat peraga tersebut bekerja. Akan ada sudut ruangan yang membicarakan tentang Ruang Antariksa dan Tata Surya. Dengan tombol yang berada didepan layar, putra-putri anda dapat melihat planet-planet apa saja yang mengitari matahari dalam sistem tata surya.

Ruangan lain yang dapat anda kunjungi bersama putra-putri anda untuk belajar sains adalah sebuah ruang untuk simulasi gempa. Jika anda berminat untuk merasakan bagaimana suasana saat gempa terjadi, anda dapat mencoba simulasi ini. Di ruangan kecil ini dapat memuat sekitar 6 – 8 orang. Dan saat simulasi gempa ini dimulai, sensasi gempa berupa goyangan benda-benda yang berada disekitar sangat terasa. Biarpun hanya simulasi saja, namun ini dapat memberikan gambaran bagaimana situasi gempa yang sebenarnya.

Nah, setelah merasakan ruangan simulasi gempa, sekarang anda dan putra-putri anda dapat berkeliling di ruang sains ini. Misalnya, informasi tentang teknologi nuklir, sistem pembangkit listrik, generator pedal yang dapat dijumpai pada pelajaran fisika, peraga pembangkit listrik tenaga air, dan papan listrik.

Ada satu alat peraga yang menjadi favorit di Taman Pintar, yaitu Generator Van de Graff. Alat peraga ini menjadi menarik karena pengunjung dapat mencobanya dengan memegang alat peraga untuk menghantarkan listrik statis. Jika anda mau mencobanya, mungkin rambut-rambut anda akan berdiri. Karena itulah generator Van de Graff menjadi magnet bagi para pengunjung. Di ruangan listrik ini, anda juga akan dapat melihat simulasi halilintar yang tertutup dalam sebuah wadah. Dengan membaca tulisan pengantar yang ada disana, maka anda pun akan menjadi tahu penyebab dan bagaimana halilintar itu terjadi.

Saat melanjutkan untuk berkeliling, ruangan yang akan anda temui lagi adalah ruangan Teknologi Informasi. Disini, anda akan diberitahu tentang apa itu teknologi komunikasi. Dengan semakin maraknya teknologi informasi, maka semakin mudah bagi kita untuk berhubungan dengan dunia luar. Nah, melangkah ke ruangan selanjutnya, anda akan menemui ruangan yang berisi benda-benda tradisional dan etnik, seperti miniatur Candi Borobudur, seperangkat alat gamelan serta rumah-rumah adat yang ada di Indonesia.

Apakah menurut anda hanya itu yang ditawarkan oleh Taman Pintar Yogyakarta? Tentu saja tidak. Masih banyak lagi alat peraga yang dapat dicoba oleh putra-putri anda saat berkunjung ke Taman Pintar. Dengan motto 3-N, yaitu : Niteni (memahami atau mengingat), Nirokake (menirukan), Nambahi (mengembangkan), atau dalam bahasa teknologi menjadi 3-A, yaitu : Adopt, Adapt, Advance, maka diharapkan Taman Pintar ini dapat menjadi salah satu tempat belajar sains untuk anak-anak Indonesia. Selamat berlibur.

Place Tags: Gedung Oval, Taman Pintar, and yogyakarta.

1 User Review on Gedung Oval - Taman Pintar
Andrian Arifianto lives in

Tempat yang sangat sesuai untuk anak saya dalam bermain sekaligus menambah wawasan.

Harga tiket masuk gedung relatif murah, bahkan untuk area outdoor dapat di nikmati free of charge alias gratis.

Hanya saja untuk area parkir kendaraan pribadi di depan taman budaya sangat terbatas dan tarifnya cukup mahal dan ironisnya sepertinya tidak masuk ke kas pemda karena saya tidak mendapatkan karcisnya.

Assessment on 03-20-2013

Apa Pendapat Anda ?

Berikan penilaian pada tempat ini dengan memilih bintang di bawah :

Captcha Verification
captcha image

Upload Image

Attach a image to your review.

Send To Friend

Captcha Verification
captcha image

Send Enquiry

Captcha Verification
captcha image

Claim Listing

What is the claim proccess?

Captcha Verification
captcha image