Blogs

Featured Entries

  • Jalan2

    Dapatkan Hotel Murah melalui kerjasama Jalan2.com & Agoda.com

    By Jalan2

    Kalo mau beli di agoda pls via jalan2.com hehe..  Kita dpt komisi dikit.  Tp harga tetep sama.   Caranya tinggal gunain search box agoda yg ada di http://jalan2.com/forum atau click di banner nya menuju website Agoda Setiap kali mau beli. Dengan demikian ada cookies nya dari Jalan2.com, nanti komunitas kita dapet komisi yg di gunakan untuk membayar hosting, pegawai, dan pengembangan komunitas kita ini.  Bantu2 support komunitas Jalan2 Indonesia :)  Hanya dengan support dari kamu, komunitas kita bisa hidup Thanks ya :) rudy  
    • 25 comments
    • 1,860 views

Our community blogs

  1. Hola Deffa Here!!!

    Akhirnya menulis lagi setelah lama vakum, maklum lah pengantin baru aaayyyyeeeyyy :P 

    Kali ini mau membuat review tentang sebuah penginapan berupa Villa yang saya dan istri gunakan ketika menjalani Honeymoon November 2016 kemarin di Bali, tepatnya di Ubud. Namun sebelum nya ada yang unik dari pemilihan villa yang bernama Villa Tegal Tis ini, karena di kasih GRATIS loh, beneran gratis sebagai hadiah pernikahan dari salah satu member forum ini juga yaitu mba @Vara Deliasani kira-kira begini lah percakapan kami sebelumnya:

    Quote

    Vara: Mod kamu honeymoon jadi nya kemana?

    Saya: Ke Bali mba, 1 minggu, mau ngadem di area utara Ubud dan Kintamani

    Vara: Nah, saya bookingin buat yang di Ubud ya, buat kado pernikahan neh

    Saya: Wah beneran mba, makasih banyak, boleh banget hehehe

    Singkat cerita mba Vara langsung memberikan saya kode booking dari Agoda berupa 1 malam menginap di Villa Tegal Tis di Ubud. Saya dan calon istri senang banget dapat kabar ini dan langsung cek ke website Agoda penampakan Villa nya dan ternyata keren banget.

    Villa Tegal Tis Ubud

    IMG_20161124_101138.jpg

    ALAMAT

    Alamat: Br. Tibe Kauh, Melinggih Kelod, Payangan,Ubud-Gianyar, 80571, Bali
    Phone: +62 82 236204086 / +62 81 220175795
    E-mail: info@tegaltisubud.com
    Reservation: reservation@tegaltisubud.com

    Sebenarnya tidak lah sulit menuju ke Villa Tegal Tis di Ubud ini, namun saya sarankan lebih baik menyewa mobil atau motor sendiri (kalau bisa nyetir) tapi saya rasa semua driver atau taksi di Bali tahu kok lokasinya. 

    Namun yang unik adalah karena berada masih di Jalan Raya Ubud-Gianyar dan harus masuk ke area Desa Adat jadi mungkin agak sedikit membingungkan arahnya. Inti nya lokasi nya tidak di pinggir Jalan Raya. Tapi, Google Map sangat membantu dan akurat.

    tegaltis1.jpg

    HARGA

    Sebenarnya saya tidak tahu berapa harga tepatnya karena saya di berikan menginap semalam secara Gratis hehehe.

    Di Agoda tertulis untuk semalam di One Bedroom Pool Villa seharga Rp. 462.810 (weekdays), sudah termasuk Sarapan Pagi untuk berdua. Iini worth banget deh, walaupun tulisan nya Pool Villa namun pool nya tidak private ya melainkan Shared Pool, tapi cukup bagus kok.

    FASILITAS

    Fasilitas yang di dapatkan untuk kamar One Bedroom Pool Villa:

    • Paviliun Villa 30m2
    • Queen Size Bed
    • Meja dan Kursi
    • Air conditioner 
    • TV  LCD
    • TV Kabel
    • Lemari
    • Private Bathroom with Bath Tub
    • Handuk + Bath Robe
    • Free Wifi
    • Complimentary Mineral Water
    • Hair Dryer
    • Sarapan

    IMG_20161123_181512.jpgIMG_20161123_180517_HDR.jpgIMG_20161123_180737_HDR.jpg

    REVIEW

    Pertama tiba resepsionis sangat friendly, dengan langsung memberikan welcome drink dan mengurus semua keperluan Check In dengan cepat, sebelum nya saya sudah email-emailan kalau akan tiba agak sore, dan mereka sudah ready.

    IMG_20161123_175755_HDR.jpg

    Saya dan istri sangat suka dengan konsep Private Villa nya, walaupun lokasi nya yang sebenarnya agak unik dan sedikit membingungkan, apalagi di tambah jalan masuk ke parkiran nya yang sempit banget, bagi kalian yang membawa mobil sendiri, hati-hati ketika masuk ke area parkiran nya, bisa-bisa jeblos ke sawah hehehe.

    IMG_20161124_111515_HDR.jpg

    Shared Pool nya juga asik banget, walaupun tidak begitu besar, namun di buat dengan nuansa Infinity Pool, yang langsung terlihat indah nya kehijauan dari pemandangan kebun di sebelah Villa ini.

    IMG_20161124_100406_HDR.jpgIMG_20161124_101100_HDR.jpg

    Kemudian, satu hal yang unik adalah Breakfast in Bed yang sebenarnya jarang saya lakukan, namun karena sedang Honeymoon, pihak villa pun menyediakan menu nya yang berupa Nasi Goreng dan Aneka Roti.

    IMG_20161124_083605.jpg

    FYI, mereka juga menyediakan Free Shuttle PP dari Ubud – Villa loh, jadi kalian yang gak bawa kendaraan bisa datang dengan nyaman.

    Jadi jika kalian memang ingin mencari suasana yang tenang dan nyaman selama liburan Bulan Madu (Honeymoon Days), Villa Tegal Tis ini cocok banget loh, recommended by me and my wife.

    Dan tentunya tak lupa Special Thanks to mba @Vara Deliasaniatas Wedding Gift nya yang super ini. :D

    IMG_20161124_102105_HDR.jpg

  2. https://balebaleku.wordpress.com/2017/02/17/xian-huaqing-palace-istana-hua-qing-istana-penuh-kolam-buat-mandi/

    setelah mendengar cerita soal dinasti Tang dan istana huaqing, pikiran langsung segar, tidak sebete waktu ke Lishan, akhirnya kami kembali ke mobil, siap siap berangkat ke terracotta army.

    tapi saat di bus mau berangkat, yang 3 orang lokal tiongkok menanyakan bahwa mereka harus balik ke stasiun kereta api, karena kejar kereta api, mereka tidak ikut ke terracota, si tour guide jawab tidak mungkin antar mereka ke stasiun kereta api, karena ini akan lanjut ke terracotta, akhirnya sedikit ada keributan , akhirnya penumpang mengalah, tapi bilang tidak ada duit lagi buat naik bis, akhirnya si tour guide kasih 21 rmb, da

     

    n suruh mereka naik bis, makanya hati hati kalau wisata di tiongkok, sama orang lokal saja begitu, saya tidak bisa membayangkan, kalau pesarta nya orang luar yang tidak bisa atau tidak fasih bahasa mandarin

    ok, lanjut ke cerita kita, akhirnya kami melanjutkan perjalanan ke terracotta, tadinya saya pikir , patung patung itu dialam terbuka, dan adanya di taman taman, tetapi dugaan saya salah, patung patung itu adanya di dalam gedung, ditutupi atap, dan terdiri dari 3 pit dengan total area 16.300 meter persegi, atau 1,63 hektar

    pit 1 adalah daerah galian terluas, dan paling pertama di temukan, pertama kali di buka pada hari Nasional Republik Rakyat tiongkok tgl 01 Oktober 1979, pit ini terdapat sekitar 6.000 patung terracotta, dan diatas nya terdiri dari sebuah hall yang luas, dari hall ini kita bisa melihat sekitar 1.000 patung terrcaotta berdiri dengan rapi dengan formasi perang, sementara sisanya masih dalam pengalian, pembersihan dan pencocokan , karena sudah banyak yang rusak

    pit ke 2 ditemukan pada tahun 1976, jauhnya sekitar 20 meter dari pit 1, berisi 1.300 patung kuda dengan tentara, dan bermacam senjata yang konon sekitar ribuan , semua senjata terbuat dari perunggu

    pit ke 3 juga di temukan pada tahun 1976, jaraknya sekitar 25 meter dari pit 1, di pit ini hanya sekitar 68 patung tentara, 4 kuda dan 1 kereta, dan beberapa senjata terbuat dari perunggu, baru, dan emas

    saat di dalam jadi teringat film  berjudul "The Myth" yang diperankan aktor terkenal Jackie Chan , film tersebut mengambil latar belakang cerita terracotta.

    Total pasukan Terakota atau prajurit Terakota adalah 8.099 patung berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin, Qin Shi Huang.

    Patung terracotta merupakan salah satu hasil karya manusia yang menakjubkan. Patung-patung ini dibuat 210-209 SM yang lalu untuk mengawal patung Kaisar pertama China, Qin (Qin Shi Huang). Dinasty Qin adalah dinasti pertama dan sangat terkenal kekejamannya.

    Dalam bahasa lokalnya (bahasa China) museum ini lebih dikenal dengan nama Bing Ma Yong. Raja Qin Shi Huang yang memerintahkan pembangunan pada saat kepemimpinan Dinasti Qin menggunakan bahan terracota untuk membentuk patung-patung tentara sebagai objek utama dari museum ini.

    Meskipun hanya patung, namun benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum ini dibuat hampir menyerupai aslinya,

    Terakota yang menakjubkan ini ditemukan pada 1974 oleh sekelompok petani China yang tengah mencoba mengebor sumur. Penemuan tersebut sungguh sangat menakjubkan. Patung kuda dan prajurit yang jumlahnya ribuan memiliki raut wajah yang sangat hidup dan berlainan satu sama lain, termasuk raut wajah kuda.

    Begitu bedanya, Anda dapat membedakan setiap prajurit dan kuda yang lain dalam penampilan mereka yang unik. Tak hanya itu saja, termasuk jenis persenjataan dan cara berpakaian mereka.

    Semua wajah prajurit menghadap ke arah timur untuk melindungi Qin Shi Huang Di dari kemungkinan serangan musuh yang datang dari arah tersebut di akhirat. Teknik pembuatan patung sehebat ini pun menjadi tanda tanya, apalagi dibuat 2000 tahun silam. Keajaiban lainnya, ketiga ruang prajurit terakota ini hanya menempati 1 persen total luas makam.

    Bagian yang tak kalah menarik dari kompleks makam Kaisar Qin Shih Huang Di adalah lubang terakota. Lubang ini merupakan bangunan struktur tanah dan kayu yang menyerupai terowongan yang di dalamnya digali empat hingga delapan meter dari permukaan tanah. Di dalam lubang tersebut dibangun dinding yang dipasang tiang kayu, belandar, penyangga atap, dan gelaran tikar.

    Di dalam lubang terakota ini juga terdapat senjata perunggu menakjubkan yang dibuat dengan teknik cor, teknik yang luar biasa untuk usia 2000 tahun silam. Kompleks makam Kaisar Qin Shih Huang Di ini menjadi simbol dahsyatnya budaya Tiongkok kuno yang mampu bertahan hingga ribuan tahun.

     

    setelah dengar cerita guide lokasi yang bawa kami keliling, kami di bawa ke 1 toko yang jual barang barang terbuat dari giok, tapi kelihatannya tidak satu pun yang beli, sama seperti saya, yang masuk ke dalam pun tidak.

     

    akhirnya matahari sudah mulai tengelam, kami diantar kembali ke tempat pertama kami berangkat, yaitu dekat stasiun kereta api, akhirnya saya jalan ke MRT, naik MRT kembali ke hotel untuk istirahat, karena besok akan berangkat ke huangshan, huangshan adalah sebuah gunung yang selalu di jadikan obyek dalam lukisan atau foto foto, negeri diatas awan, atau kayak avatar, ditunggu lanjutan ceritanya

    IMG20161019145330.jpg

    IMG20161019145332.jpg

    IMG20161019145409.jpg

    IMG20161019145434.jpg

    IMG20161019145538.jpg

    IMG20161019145545.jpg

    IMG20161019145950.jpg

    IMG20161019151347.jpg

    IMG20161019152156.jpg

    IMG20161019152412.jpg

    IMG20161019152419.jpg

    IMG20161019152639.jpg

    IMG20161019152746.jpg

    IMG20161019152807.jpg

    IMG20161019152934.jpg

    IMG20161019152942.jpg

    IMG20161019153347.jpg

    IMG20161019153351.jpg

    IMG20161019153850.jpg

    IMG20161019154208.jpg

    IMG20161019154628.jpg

    IMG20161019154633.jpg

    IMG20161019160158.jpg

    IMG20161019161325.jpg

    IMG20161019161349.jpg

    IMG20161019161356.jpg

    IMG20161019170838.jpg

    IMG20161019170846.jpg

  3. Hai namaku Dony, Seorang Pria Jelek  yang hobinya keluyuran mencari surga di seluruh pelosok nusantara. aseek..... :D Oke kali ini saya akan sharing sedikit mengenai kisah perjalanan saya kemarin ke Pulau Lombok.. salah satu destinasi yang masih saya ingat betul adalah ketika berkunjung ke kampung Sasak Ende.

    dusun-ende-sasak-aditya-wardhana-5.jpg

    Kampung Sasak Ende ialah salah satu perkampungan khas suku sasak yang masih terjaga kelestariannya. Layaknya desa wisata, kampung Sasak Ende ini juga menyimpan ragam tradisi dan budaya. Hamparan sawah yg luas serta keramah tamahan masyarakat lokal semakin menambah nikmatnya suasana tempat ini.
    Lokasinya pun sangatlah strategis, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit ke arah selatan dari Bandara Internasional Lombok.
    Sesampainya disana, saya disambut oleh para pemuda pemuda desa yang bertugas menjadi pemandu lokal. Sebut saja dae kidim, salah satu pemandu lokal yang saya temui disana. Dia mengantarkan saya berkeliling sembari menjelaskan semua informasi mengenai desa ini. Mulai dari bangunan bangunan perumahan sampai dengan adat istiadat nenek moyang yang masih di lestarikan
    Tak lupa pula saya sempatkan untuk memasuki salah satu rumah warga disana. Sungguh sangatlah sederhana, rumah hanya dilapisi kotoran sapi sebagai lantai, pagar bambu sebagi pelindung dinginnya malam serta daun ilalang kering sebagai penutup atap perumahan.

    *Bagaimana bisa mereka tidur di tempat seperti ini, salah satu pikiran dangkal yang sempat bergeming di pikiran saya. Sembari mendengar penjelasan dari dae Kidim barulah saya mengerti, Ternyata maksud dan tujuan mereka bukan tidak beralasan, akan tetapi mereka meyakini kalau rumah seperti ini baik untuk kesehatan. Seperti halnya lantai dari kotoran sapi mampu mengusir nyamuk secara alami dan juga perumahan yang terbuat dari bahan ringan lebih sedikit resikonya terhadap gejala alam seperti gempa bumi. Hebatkannn ****

    Keramah tamahan masyarakat lokal di tempat ini memang sangatlah luar biasa, hampir setiap orang yang saya temui selalu menyapa dengan senyuman. Tak terkecuali ibu ibu lanjut usia (lupa namanya) bahkan mengajak saya untuk selfie bareng. Biar udah nenek nenek tapi tetep harus kece depan kamera** 

    Waktupun mulai beranjak sore, saya memutuskan untuk kembali pulang, walaupun dalam hati ini enggan untuk melangkah keluar, namun apa daya sudah tidak memungkinkan karena waktu berkunjung hanya bisa sampai hari menjelang malam...
    Sungguh perjalanan yang menyenangkan dan sulit untuk di lupakan, kampung sasak Ende ini rekomendasi banget buat kalian para travelers yang ingin merasakan perjalanan yang sarat akan nilai budaya dan ingin mengenal lebih dekat masyarakat lokal suku Sasak

  4. Kita berada di salah satu negara dengan iklim tropis, sehingga kelembapan udaranya sangat tinggi dan meningkat pada saat musim hujan. Penyimpanan tas di dalam ruangan tertutup dan ber AC terkadang membuat jamur sangat mudah sekali untuk tumbuh, hal ini tentu saja sangat merugikan apalagi sampai menyerang tas kulit kesayangan kita.

    Selain merusak bagian kulit, jamur juga bisa membuat bau yang tidak sedap di tas kita. Namun permasalahan tersebut tidak perlu di khawatirkan, hal ini bisa di hindari apabila dilakukan perawatan dan pengecekan secara rtuin.

    Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah periksa terlebih dahulu tas dari tempat atau lemari penyimpanan minimal sekali dalam per 2 minggu. Setelah itu gantung tas tersebut di luar ruangan selama beberapa jam.

    Sebaiknya dilakukan pada siang hari dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Jika terdapat beberapa spot jamur, bersihkan dengan menggunakan kain putih bersih, untuk kulit suede dapat digosokkan perlahan dengan menggunakan sikat gigi atau sikat yang bulunya halus.

    Setelah itu simpan kembali tas tersebut ke dalam bag kain. Jangan lupa untuk memasukkan sillica gel kedalam tas tersebut, tujuannya agar furing dalam tas tidak berjamur. Usahakan agar handle atau tali tas kamu tidak menyentuh langsung dengan bagian body tasnya.

    Bagaimana Agar Tas Kulit Selalu Tampil Baru ?

    Agar tas kulit kamu tetap kelihatan baru dan tidak mudah rusak, simaklah tips dan cara merawat tas kulit berikut ini :

    1. Jauhkan dari Air

    Selama kamu mempunyai tas kulit, kamu harus bisa merawatnya serta menghindarinya dari hal-hal yang dapat membuatnya menjadi cepat rusak atau bahkan cepat pudar warnanya. Oleh sebab itu ketika kamu selesai menggunakannya, jangan pernah kamu menyimpan tas di lantai atau bahkan tempat yang lembab. Bagaimana kalau misalnya tas tersebut sudah terlanjur terkena air ? 

    Kamu harus segera membersihkan dengan sikat halus dan lap kering. Kamu juga bisa menggunakan sabun khusus untuk kulit atau krim pembersih khusus untuk kulit tas kamu. Keduanya bisa kamu peroleh di toko-toko terdekat.

    Agar lebih mengkilap, gosoklah dengan menggunakan kain yang lembut. Setelah itu jangan biarkan tas tersebut disimpan terlalu lama. Sebab dapat menimbulkan bau apek dan bejamur ketika kamu menyimpannya terlalu lama. Intinya kalau tasnya tidak dipakai, simpan saja di dalam lemari kemudian dibungkus dengan menggunakan kardus atau biasa yang disebut dengan dust bag, yakni khusus untuk menyimpan tas kulit agar tidak mudah rusak serta berjamur.

    2. Hindari dari Sinar Matahari

    Sinar matahari juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya permukaan kulit pada tas kulit kamu. Tas kulit akan mudah menjadi rusak dan menyebabkan kulit tersebut menjadi meleleh dan bahkan warnanya bisa memudar. Bayangkan saja ketika kita lama-lama terkena sinar matahari, maka cepat atau lambat kulit kita akan terlihat lebih kusam dan hitam.

    Nah begitu juga dengan tas kulit, ketika terlalu lama dibiarkan terkena sinar matahari maka tas kulit akan mudah rusak. Agar tas kulit lebih tahan lama dan awet kamu hanya perlu berpikir mengenai bagaimana caranya untuk menghindari tas tersebut dari sinar matahari secara langsung. 

    Nah itulah beberapa tips untuk merawat tas kulit agar terlihat seperti baru dan tidak mudah rusak.

  5. Darwis Triadi, Fotografer Profesional : “Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna kita bisa menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan.”

    IMG_2881-ok-ss.jpg

    Danau Bedugul & Pura Ulundanu

    Betapa kaya alam di sekitar kita yang telah menghadirkan beragam warna-warni. Bayangkan jika alam hanya menghadirkan 3 warna saja, misalnya hitam, putih, dan kuning. Gimana perasaan kita? Oooowww...ngga kebayang betapa bosan dan jenuh lihatnya itu-itu saja. Perihal warna warni, tidak jarang mengkaitkan persepsi manusia terhadap warna tertentu. Suasana hati seseorang bisa juga di pengaruhi warna yang tertangkap indera penglihatan. Konon warna juga memiliki korelasi dengan karakter seseorang.

    Menyadari dari “doeloe”, ya dari kecil waktu masih lugu, saya sudah menggemari warna biru dan abu-abu. Spontan...!!! tanpa ada yang mengajari, apalagi yang menganjurkan “coba kamu suka-I warna biru”. Begitu melihat langsung suka. :senyum  Seperti pepatah “jatuh cinta pada pandangan pertama”. Pertanyaannya biru yang mana nich? Khan banyak tuch embel-embel biru. Yang paling aku suka disini biru laut, biru langit.

    IMG_2886-ok-ss.jpg

    Nuansa Biru Danau Bedugul & Pura Ulundanu

    Ternyata cukup banyak yang analisa yang memberikan makna untuk warna Biru. Juga untuk warna-warna lainnya tentunya. Kaitan biru dengan kejiwaan/psikis seseorang, dengan budaya, kepercayaan, bahkan perusahaan, cukup banyak tulisan dan analisanya.

    Bagi saya simpel aja. Melihat warna Biru ada kesan sejuk, damai, tenang, menenenangkan pikiran, menurunkan emosi. Teringat iklan rokok Bentoel yang menghadirkan klip dan lagu “I love A blue of Indonesia”. Video klip lama yang untungnya bisa dinikmati sekarang lewat Youtobe. Kesan ku melihat tampilan ini, negeri Indonesia yang sejuk dan amai. Warganya yang ramah…. Owww…I like it. :cintaindo

    IMG_2993 HDR OK ss.jpg

    Danau Tamblingan

    IMG_2910-ok-ss.jpg

    Biru Sejuk danau Buyan

    Bali dalam nuansa biru, The Blue of Bali, yang saya tampilkan ini bukan hasil rekayasa melalui proses digital. Jujur aja meski sering menggunakan program Photoshop saya tidak bisa olah digital. Bisanya cuma berkutat dengan "tone", "contras", "HDR", "hue/saturation", "Mix colour". itu saja.

    IMG_1332 ok ss.jpg

    Kabut pagi di Danau Buyan

    IMG_2915-ok-ss.jpg

    Mentari pagi di Danau Bedugul. Shoot dari Desa Munduk, jalan antara Danau Bedugul menuju Danau Tamblingan

    Berawal rencana hunting pagi di salah satu spot terkenal di Bali, Danau Bedugul dan Pura Ulundanu. Sebenarnya bukan target utama hunting. Tujuan utama ke Danau Tamblingan, yang tidak jauh dari Danau Bedugul, tepatnya secara administrasi masuk dalam Kecamatan Sukasada, 20 kilo dari kota Singaraja. Kalau dari Bali tanpa macet dengan mobil sekitar 1 jam. Dari hotel kami menginap menuju Danau Tamblingan melewati Bedugul. Masih pagi dan sepi, mampir dulu.

    IMG_1388-ok-ss.jpg

    Wajah ceria setelah muter-in danau Tamblingan dengan sampan kecil begini. Pastinya puas dapat foto sesuai harapan

    Terkait teknis kamera, biasanya kalau akan motret view aku aturan setingan kamera di “P” (Program), White Balance (WB) aku atur ke Cloudy atau shade. Exposure (kecerahan cahaya) juga saya atur. Namun waktu itu saya lagi males berkutat dengan settingan kamera. Cukup putar tombol ke tombol “AUTO”. Suatu settingan kamera yang jarang sekali saya gunakan. Meski sebenarnya praktis juga. Dengan settingan Auto, pengguna tidak perlu pusing lagi. Kamera yang bekerja, kamera yang mengatur. Sehingga hasilnya pun sesuai kemauan kamera ketimbang yang foto…hahaha…..:foto2

    IMG_3014-ok-ss.jpg

    Danau Tamblingan

    Setelah selesai dan merasa puas dengan hasil frame yang sudah terekam di memory kamera, segera beranjak menuju Danau Tamblingan. Baru di mobil sayu melihat hasilnya di LCD. Oalaaaaa….ternyata dengan settingan Auto malah menghasilkan warna biru. Dan saya SUKA…..Jadilah A Blue of Bali. Termasuk di Danau Tamblingan.

    IMG_2940-ok-ss.jpg

    Danau Tamblingan

    IMG_2937 ok ss.jpg

    Dari pinggir Danau Tamblingan

    IMG_2980-ok-ss.jpg

    oowww....kesan sejuk, tenang, damai

    IMG_2988-ok-ss.jpg

    kabut pagi masih ada. Sejuk banget disini

    IMG_2964-ok-ss.jpg

    Ngintip yang lagi pre-wed disini. Tempat yang eksotik kerap kali jadi pilihan untuk pre-wed

     

     

    IMG_2918 HDR OK ss.jpg

    IMG_2922 ok ss.jpg

    • 1
      entry
    • 13
      comments
    • 604
      views

    Recent Entries

    10 - 11 September 2016

    Sangiang…
    tak pantas hilang,
    Keindahanmu patut dikenang.

    A29.jpg

    A3.jpg

    Pulau Sangiang, salah satu surga tersembunyi di selat Sunda. Lokasinya tidak begitu jauh dari dermaga Paku, Anyer, Provinsi Banten. Masih sedikit informasi tentang Pulau Sangiang, maka dari itu belum banyak juga yang berwisata ke sini. Lokasinya yang tidak begitu jauh dari kota Jakarta menjadikan tempat ini sangat cocok untuk mengisi liburan akhir pekan warga Jakarta dan kota-kota lain di sekitarnya. Cukup ditempuh 3-4 jam dari Jakarta menggunakan angkutan bus menuju Dermaga Paku, Anyer. Kemudian dilanjutkan menyebrang kurang lebih 1 jam dengan kapal motor. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini antara lain snorkling, trekking pulau, berkemah sampai memancing. Ada juga objek wisata Goa Kelelawar dan beberapa puncak bukit pandang yang cocok untuk menyaksikan matahari terbit atau matahari terbenam.

    Waktu keberangkatan pertama dari Dermaga Paku biasanya dilakukan pada pagi hari dengan mempertimbangkan cuaca di hari itu. Jika cuaca kurang bersahabat bisa dipastikan kapal akan diberangkatkan pada siang hari.
    Selama di dalam kapal kita bisa melihat pemandangan Gunung Anak Krakatau di kejauhan serta pelabuhan Merak di sisi timur laju kapal.

    A39.jpg

    Setibanya di Dermaga Sangiang yang menjorok di sebuah teluk, kapal motor harus melewati lebatnya hutan bakau yang masih asli. Di sini kita bisa melihat beberapa hewan khas penghuni rawa bakau seperti monyet, biawak, ikan-ikan kecil, kepiting, ular dan beberapa jenis hewan khas bakau lainnya.

    A4.jpg

    A6.jpg

    A7.jpg

    A8.jpg

    A10.jpg

    Sampai di daratan Pulau Sangiang kita juga bakal disuguhi pemandangan yang masih alami khas pulau Sangiang. Rimbunnya pepohonan kelapa dan rumah-rumah penduduk lokal yang menempati pulau menjadi panorama yang mengesankan. Sebagian dijadikan homestay dan warung jajanan. Beberapa homestay juga terletak di pedalaman pulau yang bisa ditempuh kurang lebih 10 menit berjalan kaki dari dermaga. Di dermaga ini lah proses keluar masuk penduduk atau wisatawan dipantau, mulai dari barang bawaan sampai siapa saja yang datang pun semua tercatat.

    A9.jpg

    A31.jpg

    A38.jpg

    Bicara soal sejarah Pulau Sangiang, dulunya pulau ini tidak berpenghuni dan hanya dijadikan pulau transit para nelayan selepas mencari ikan. Dulu, di sini masih banyak babi hutan, kera dan hewan bertanduk. Namun sekarang tinggal beberapa babi hutan dan kera saja. Di sisi pantai barat daya masih ada sejumlah buaya rawa. Lokasinya sengaja tidak pernah diusik untuk menjaga habitat aslinya.

    A41.jpg

    A11.jpg

    A5.jpg

    Pemukiman tetap baru mulai ada sekitar awal tahun 90an di saat ada proyek pembangunan jangka menengah oleh pemerintah. Selepas proyek berakhir, para pekerja memilih untuk menetap di pulau. Beberapa nelayan sampai sekarang juga masih menjadikan Pulau Sangiang sebagai tempat transit hingga mendirikan tempat tinggal. Saat ini hanya ada 51 KK yang menempati Pulau Sangiang. Sebagian besar didominasi penduduk usia lanjut (manula) dan orang dewasa yang bekerja sebagai nelayan. Selain dari hasil laut untuk kebutuhan hidup, kebutuhan lainnya biasa mereka dapatkan dari hasil sumbangan perusahaan-perusahaan yang ada di daratan Anyer yang menyewa desa mereka untuk acara gathering. Sumbangan biasanya berupa bahan pokok makanan yang memang sulit diperoleh di sana. Begitu pun kunjungan wisatawan yang secara tidak langsung turut membantu menambah kebutuhan ekonomi mereka.

    A36.jpg

    A35.jpg

    A17.jpg

    A16.jpg

    Wisata ke pantai memang tidak seru kalau tidak snorkling. Di Pulau Sangiang terdapat 2 spot snorkling yang mumpuni. Lagoon Waru dan Lagoon Bajo. Pemandangan bawah airnya sangat beragam mulai dari hard coral sampai soft coral. Buat yang suka berfoto saat menyelam, ada salah satu spot foto di mana terdapat container atau peti kemas yang sengaja ditenggelamkan untuk menjadi daya tarik spot snorkling Pulang Sangiang.

    A15.jpg

    A13.jpgA40.jpgA14.jpgA1.jpg

    Tempat kedua yang wajib dikunjungi di Pulau Sangiang adalah Goa Kelelawar. Untuk menuju ke sana kita harus menyusuri pedalaman hutan yang cukup lebat dan rapat. Tumbuh-tumbuhan masih terlihat asli dan besar-besar.
    Dinamakan Goa Kelelawar karena di dalam goa banyak sarang kelelawar. Goa ini tak seperti goa pada umumnya. Kita tidak bisa masuk ke dalamnya karena mulut goa ini langsung menuju ke laut. Selain banyaknya kelelawar kita juga bisa melihat beberapa ikan hiu yang terkadang muncul ke permukaan untuk berburu kelelawar. Selama berada di sekitar goa pastikan selalu memakai masker penutup hidung dikarenakan bau kotoran kelelawar yang sangat menyengat. Bawa juga selalu lotion anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk hutan.

    A19.jpgA18.jpgA23.jpgA22.jpgA21.jpgA20.jpg

    Mau merasakan sejuknya angin laut dari ketinggian? Setelah dari goa kelelawar segeralah menuju Puncak Harapan yang berada di Bukit Begal. Pemandangan di sini sangat menyejukkan mata. Kita bisa melihat hamparan laut luas sekaligus dengan pantai yang cantik di Pulau Sangiang. Tempat ini selalu menjadi tempat favorit untuk ajang berfoto para wisatawan. Walaupun sudah ada pagar pembatas yang terbuat dari kayu, harap berhati-hati jika berada di atas bukit. Hembusan angin yang begitu kencang bisa membuat jatuh siapapun yang terlalu dekat dengan bibir bukit.

    A37.jpgA24.jpgA30.jpgA25.jpg

    Untuk menyaksikan matahari terbenam, pantai Sepanjang adalah lokasi yang tepat. Pantai ini tidak begitu jauh dari Puncak Harapan, cukup ikuti jalan setapak menuju hutan tepi pantai kurang lebih 15 menit kita bisa sampai ke sana. Tentunya dengan trekking, sama seperti kita menuju Goa Kelelawar. Namun sayang, pesisir pantainya masih kotor. Banyak sampah berserakan di mana-mana. Minimmya sumber daya pengelola menjadikan pantai ini masih belum bisa dibersihkan dari sampah-sampah rumah tangga yang terbawa air laut dari Pulau Jawa.

    A27.jpg

    Abaikan sejenak sampahnya.
    Pemandangan deburan ombak di sepanjang pesisir Pantai Sepanjang dan indahnya matahari terbenam menjadi daya tarik tersendiri. Pantai ini cocok banget untuk yang mencari kedamaian di sore hari.
    Selain pemandangannya, Pantai Sepanjang juga merupakan lokasi yang pas untuk dijadikan lokasi berkemah.

    A26.jpgA34.jpgA28.jpg

    Potensi wisata di Pulau Sangiang sebenarnya masih banyak yang belum terjamah dan belum dikelola cukup baik. Bagi teman-teman yang akan dan sudah berkunjung ke sini, yuk sebarkan informasi terbaik dan positif tentang pulau ini dengan cara kalian masing-masing. Semoga Pulau ini semakin dikenal dan semakin banyak yang berkunjung dan memberikan manfaat bagi penduduk setempat. Jangan lupa juga selalu jaga kebersihan di mana pun kalian berada.
    Happy Travelling! Special thanks to all my friend BF Traveller untuk tripnya yang berkesan 9 – 11 Desember 2016.

    A42.jpg

     

     

     

    A2.jpg

    A12.jpg

    A32.jpg

    A33.jpg

    A43.jpg

    • 1
      entry
    • 1
      comment
    • 62
      views

    Recent Entries

    Pura Gunung Kawi adalah situs Purbakala yang dilindungi di Bali. Terletak di Sungai Pakerisan, Dusun Penangka, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia. candi ini sangat unik biasanya candi berupa batuan utuh yang terbuat dari bata merah atau batu gunung, candi ini tidak seperti itu melainkan Pahatan di dinding tebing batu padas ditepi sungai. Nama Gunung Kawi itu sendiri konon berasal dari kata Gunung dan Kawi. Gunung berarti Gunung atau Pegunungan dan Kawi Berarti Pahatan Jadi Candi Gunung Kawi berarti Candi yang dipahat di atas gunung. Candi ini terletak sekitar 40 kilometer dari Kota Denpasar dengan perjalanan sekitar 1 jam menggunakan mobil atau motor. Sementara dari Kota Gianyar berjarak sekitar 21 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan. (Source: Wikipedia)

    Menurut sejarah, Pura Gunung Kawi Tampaksiring merupakan Sthana / tempat pemujaan raja Bali yang bernama Anak Wungsu. Anak Wungsu sendiri merupakan putra dari Raja Udayana.

    Diceritakan Raja Udayana dengan permaisurinya Gunapriya Dharmapattni mempunyai 3 orang putra yakni Airlangga, marakata dan Anak Wungsu. Airlangga sebagai putra sulung akhirnya menjadi Raja Kediri di Jawa Timur, sedangkan Marakata dan Anak Wungsu meneruskan tahta Raja Udayana di Bali.

    Setelah Raja Udayana wafat, tahta digantikan oleh Marakata pada tahun 1025 M, kemudian setelah Marakata wafat tahta digantikan oleh adiknya yaitu Anak Wungsu (1049 Masehi sampai tahun 1080 M). Raja-raja inilah yang setelah wafat di stanakan di Candi Gunung Kawi Tampaksiring.

    Pada dinding Candi ditemukan tulisan Kediri Kwadrat yang berbunyi "Haji Lumah Ing jalu" yang artinya "raja yang dicandikan di Jalu". Sedangkan Candi kedua terdapat tulisan "Rwa Nak ira" yang artinya "dua putra beliau". Sehingga dapat disimpulkan bahwa candi terbesar adalah Stana Udayana, dan candi yang kedua adalah stana dari putra-putranya.

    Pada Prasasti Tengkulak berangka tahun 945 saka (1023 Masehi) yang dibuat pada masa pemerintahan Sri Haji Paduka Cri Dharmawangsa Marakata Pangkaja Stanattunggadewa, mengisahkan tentang keadaan pertapaan (Kantyangan) Amarawati yang terletak di sekitar Sungai pakerisan, yang dimaksud dalam prasasti tersebut adalah area candi Gunung Kawi Tampaksiring tersebut.

    Disamping sebagai tempat pemujaan bagi leluhur, Candi Gunung Kawi juga sebagai pusat pelatihan spiritual dan keagamaan.

    Di sebelah Selatan Candi Gunung Kawi terdapat campuhan yang merupakan pertemuan antara dua aliran sungai yakni Sungai Pakerisan dan Sungai Bulan. Sesuai dengan kepercayaan masyarakat Hindu, tempat ini dipercaya sebagai tempat penyucian diri. Sampai saat ini masyarakat masih percaya dan memanfaatkan air suci/ Tirta yang terdapat di Pura Gunung Kawi untuk keperluan upacara keagamaan. (Source: Buku Panduan Pariwisata Dinas Pariwisata Pemkab Gianyar, Bali)

  6. Acara perkhawinan menjadi agenda yang mulia teruntuk seluruh sepasang kekasih yang ingin cintanya abadi. Mereka akan mengikrarkan janji untuk selamanya. Bisa dijelaskan proses pernikahan perlu melalui persiapan untuk acara suci itu dengan persiapan yang baik, sehingga bisa prosesi acara suci itu bisa dijalankan dengan lancar. Ketika Anda menentukan detail apa saja untuk acara perkhawinan Anda dengan kekasih, jangan sampai dilewatkan tentang masalah hantaran.

    Hantaran merupakan hal yang begitu berharga di dalam suatu pernikahan, dikarenakan memperlihatkan bagaimana pihak calon pengantin pria dapat menyanggupi kebutuhan calon pengantin / mempelai perempuan kelak ketika sudah menjadi istrinya. Sebagai simbol dari kedua mempelai pasangan maka, kesiapan alat - alat pengisi hantaran mesti dipersiapkan dengan benar.

    Dalam proses, pasangan pengantin dapat mendiskusikan terlebih dahulu, apa keperluan dari salah satu mempelai. Sehingga nantinya bisa dimasukkan ke dalam daftar hantaran.

    Bagi Anda yang sedang menyiapkan perkhawinan, tentu bukan perkara mudah mengatur kelengkapan dari hantaran. Ada banyak barang atau benda sesuai dengan keperluan berdasarkan musyawarah bersama untuk dipersiapkan.

    Persiapan pernikahan yang Anda lakukan akan mencakup dalam mengambil pilihan barang untuk isi hantaran, dan juga bagaimana harus membentuk hantran tersebut. Namun Anda tidak perlu khawatir, jika tidak ingin repot dalam menyiapkan hantaran.

    Berikut ini tipsnya:

    Meminta Bantuan Kepada Jasa Perancang Hantaran Perkahwinan

    Gunakan jasa perancang hantaran. Dalam proses persiapan ngunduh manten konsumen dapat dengan mudah mencari jasa ini. Karena mudah ditemui dan harga dari hantaran memang tidak terlalu mahal. Asalkan isi dari hantaran tersebut memang benda - benda yang dibutuhkan.

    Pilihlah jasa pembuat hantaran yang telah dipercaya, lalu ambil hantaran tersebut minimal dua minggu sebelum hari ngunduh manten akan dilaksanakan.

    Ada beberapa barang persiapan pernikahan yang harus ada di dalam hantaran, yaitu:

    Hantaran dengan isi Perlengkapan Shalat

    Bagi beberapa pasangan, isi perlengkapan shalat menyimbolkan bahwa, ini merupakan dasar dari pernikahan mereka. Dengan melengkapi seserahan Anda dengan jenis alat shalat seperti sejadah, mukena, dan lainnya, tentu perkhawinan akan menjadi semakin berkah.

    Hantaran berupa Perhiasan

    Perhiasan menjadi hal yang patut diperhatikan ketika mempersiapkan persiapan perkhawinan. Dari mulai jenisnya, beratnya, hingga ukuran & modelnya. Jika Anda memang berniat untuk membeli perhiasan, maka usahakan untuk membelinya dalam satu set, supaya terlihat menjadi lebih cantik.

    Hantaran berisikan Sepatu

    Kelengkapan sandal atau sepatu, bisa ditemui dengan mudah dalam isi hantaran. Anda bisa memilihnya secara jeli dalam persiapan pernikahan. Merk sampai kualitas dari barang tersebut, harus dipastikan memiliki kualitas yang bagus.

    Hantaran Berisi Kosmetik

    Wanita dan kecantikan memang tidak bisa dipisahkan. Oleh karenanya, proses persiapan perkhawinan & juga dibutuhkan untuk mempersiapkan alat – alat kosmetik bagi sang mempelai wanita, agar terlihat semakin cantik.

    Hantaran berisi Kebaya

    Salah satu jenis seserahan ada yang berisi kebaya, hantaran ini bisa ditemukan dalam pernikahan yang menggunakan adat jawa. Disini biasanya kebaya diberikan sebagai simbol bahwa kedua mempelai siap untuk menjaga rahasia dari rumah tangganya.

    Hantaran Berisi Makanan

    Makanan seperti buah - buahan atau kue kering, adalah isi dari hantaran yang diberikan. Biasanya diberikan dengan bentuk menyerupai parcel.

    Selain tentang hantaran, seperti halnya undangan pernikahan, souvenir pernikahan untuk tamu undangan sebaiknya Anda persiapkan jauh-jauh hari ya. Saya punya informasi untuk souvenir murah unik dan bagus, silahkan buka link berikut Souvenir Pernikahan Unik.

    Semoga informas seputar hantaran ini bermanfaat untuk Anda. Dan saya berharap semoga pernikahan Anda berjalan dengan lancar. Aamin

  7. Halo! :D 

    Kemarin saya menemukan sebuah hidden gem yang ada di Jakarta, yakni sebuah hostel yang sangat mengesankan untuk di inapi kalau teman teman sedang berwisata ala backpacker di Jakarta. Disamping harganya yang sangat murah, lokasinya pun sangat mengesankan, pun demikian fasilitas dan keramahan para staff nya. Pengen balik lagi cepat cepat :D 

    Karena satu dan lain hal, saya harus menginap di salah satu hotel/hostel di Jakarta dan pilihan saya jatuh kepada hostel berikut:

    The Packer Lodge, Jakarta

    Jalan Kemurnian IV No. 20-22, Gang Mangga, Taman Sari, Jakarta.

    Rate: 150k per malam untuk 1 kasur di 4 mixed dormitory room

     

    Secara lokasi, sangat strategis menurut saya, lokasinya persis berada di Jalan Kemurnian berseberangan dengan LTC Lindeteves Trade Center, Glodok. Dekat dengan stasiun kota, Museum Fatahillah Kota Tua dan Museum Bank Indonesia, ke Monas pun cukup dekat. Cukup strategis. Cukup arahkan google map/waze untuk ke lokasi, pasti sampai hahahaha Jalan dikit ke depan Jalan Gajah Mada, udah bertebaran toko toko makanan, 711 dan lain lain :D 

    2017-01-16_09_24.10_1.jpg

    (resepsionis)

    Saya check in sekitar pukul 9PM dan masih ada staff yang berjaga, kurang paham apakah mereka sekaligus pemilik juga (?). Ga kepikiran buat nanya, tapi yang pasti si engko dan cici nya ramah dan masih muda. Saya awalnya pesan kamar 4 mixed dormitory room, namun kemudian di informasikan kalau kamar 4 itu sedang kosong. Saya pikir serem juga kalau sendirian. Jadi nya ditawarkan untuk downgrade ke 8 mixed dormitory room, karena di kamar tersebut terisi sebagian, saya mengiyakan, lumayan hemat ceban bekal beli cilok HAHAHAHA. Jadi total yang saya bayar sekitar 142k untuk 1 kasur di 8 mixed dormitory room. Murce (kalau kata anak gaul zaman sekarang) :lol:

    2017-01-16_09_28.49_1.jpg

    (penampakan kamar)

    Saya kebagian kamar di lantai 3, dan benar saja, ketika saya masuk, sudah ada 2 kasur yang sudah ketutup tirainya (berarti ada orangnya) yang sepertinya turis asing yang sudah kelelahan seharian keliling Jakarta (?) Oh iya, FYI hostel ini tidak ada lift nya ye, jadi kalau bawa barang barang segede gaban, bakalan cape naik tangga. Uniknya seluruh bangunan hostel khusus nya temboknya semua di penuhi oleh informasi, coretan coretan testimony, art sticker, lukisan dan lain lain sehingga menambah suasanya funky, easy, young, comfortable.

    2017-01-16_09_26.25_1.jpg

    (kasur nya, nomor 3 dari kamar D3)

    Kasurnya cukup nyaman dan lumayan lega, dan yang penting ga bunyi bunyi kalau kita geser geser :lol: 1 bunk bed dilengkapi dengan personal lighting, ada fan tambahan (padahal AC nya udah dingin banget, sumpah wkwkwkwk), dan ada sliding wall, jadi in case sebelahan sama teman, bisa geser geser kalau mau ngobrol ngobrol. Tapi ada kuncinya di kita, jadi kalau kita ngga kenal, orang sebelah ngga akan bisa buka sliding punya kita :D Asli, nyaman tidur disini, lebih lega, luas dan tinggi, ga pendek pendek amat. Pernah sekali nyobain bunk bed di Jepang, dan yang di Jakarta ini masih lebih lega ukuran kasurnya.

    2017-01-16_09_27.19_1.jpg

    (fasilitas locker)

    Tiap tamu disediakn locker untuk menyimpan barang barang pribadi, dan ukurannya cukup besar, koper gede sepertinya muat deh. Biasanya locker hostel hanya ukuran buat naro backpack saja, tapi yang ini lumayan gede, dilengkapi dengan kunci masing masing untuk menjaga keamanan personal items kita. Btw, ini free loh ya buat para tamu nya. Dan berada tepat di depan kasur kita.

     

    2017-01-16_09_29.10_1.jpg2017-01-16_09_29.33_1.jpg2017-01-16_09_30.38_1.jpg

    (Kamar mandi)

    Kamar mandinya ada banyak, di Lantai 3 saja ada sekitar 8 atau 10.... Dan sangat bersih terawat, dan peralatannnya terbilang masih baru baru. Oh iya, mereka tidak menyediak toiletries, hanya handuk saja, sisanya kita harus bawa sendiri dan atau tinggal beli di depan :D Sayang, handuknya sepertinya sudah berumur, jadi sudah sedikit kusam, walaupun masih tetap wangi hahahaha.

    2017-01-16_09_30.06_1.jpg

    (area untuk jemur pakaian)

    Kalau ingin nyuci sendiri dan pusing masalah jemuran, jangan khawatir, ada sebuah pojok yang memang disediakan untuk area jemur pakaian. Semua ada solusinya :lol:

    2017-01-16_09_25.47_1.jpg

    2017-01-16_09_31.30_1.jpg

    (Common area)

    Ini salah satu pojok yang cukup menarik, minimalis namun nyaman dan enak dilihat. Untuk foto foto pun cukup instagramable :D Common area ini sekaligus berfungsi sebagai taman, dan yang merokok pun dipersilahkan disini. Sebab mereka menerapkan peraturan cukup tegas, yang ketahuan merokok di kamar, akan kena penalty IDR 500k hahahaha.

    2017-01-16_09_31.09_1.jpg

    2017-01-16_09_32.01_1.jpg

     

    Dan taman nya pun sekaligus terintegrasi dengan pantry, yang menyediakan air minum tapped, kitchen, breakfast di pagi hari, public refrigerator, basin dll. Sangat artistik sekali penataannya :D 

    2017-01-16_09_31.45_1.jpg

    2017-01-16_09_33.19_1.jpg

    2017-01-16_09_24.55_1.jpg

    2017-01-16_09_33.47_1.jpg

    Overall, sangat menyenangkan :D Jadi buat teman teman yang ingin backpackeran ke Jakarta, hostel ini bisa jadi salah satu pilihan, mengingat harga yang cukup terjangkau ditambah dengan fasilitas yang ada, dan kebersihan tempat yang sangat memukau. 

     

    Salam Jalan - Jalan! :D 

  8. Blitar, adalah salah satu kota yang ada di Indonesia yang menjadi Saksi lahirnya sang proklamator Indonesia Ir.Soekarno yang sekaligus menjadi tempat pemakamannya Presiden Indonesia Pertama ini, blitar tak hanya mempunyai sejarah yang baik dengan dokumentasi dokumentasi sang proklamator kita, akan tetapi  juga memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk kita kunjungi seperti pantai Tambakrejo Blitar.

     

    Pantai Tambakrejo Blitar berlokasi di kota Blitar yang berjarak kurang lebih sekitar 50 km dari pusat Kota, jika jalan sedang tidak ramai sahabat bisa menempuh waktu kurang lebih sekitar 1 jam untuk mencapai Pantai Tambakrejo dari pusat Kota Ini, pantai Tambakrejo menyimpan pesona pemandangan yang sangat indah dengan bentang luasnya Pantai dan didukung dengan pasir putih yang memanjang sekitar kurang lebih 10 km.
     

    Pasir%2BPutih%2BPantai%2BTambak%2BRejo.jpg
    Serunya Bermain Pasir Putih




    Ombak laut yang tidak terlalu tinggi menjadikan kesan yang sangat menyenangkan saat anda bermain dan berenang di laut bebas ini, akan tetapi jikalau sahabat berkunjung dengan keluarga terlebih membawa anak kecil tetap harus menjaga dengan kondisi alam yang tidak menentu sehingga liburan anda berkesan menyenangkan. Baca Selengkapnya .......

    • 0
      entries
    • 14
      comments
    • 330
      views

    No blog entries yet

  9. 49886928.jpg

    Tampilan Depan Guesthouse

     

    Menjelang berangkat ke Jepang kemarin sempet bingung setengah mati pas pilih akomodasi selama di Kyoto. Abisnya semuanya murah dan bagus-bagus. Susah emang..mahal salah..murah juga salah. hahahaha. Setelah pusing setengah mati akhirnya dipilih yang ratingnya paling tinggi. Kali ini gw pake aplikasi booking.com, kenapa ga pake aplikasi yang lain? karena gw member dengan peringkat Genius jadi dapet beberapa fasilitas tambahan, antara lain diskonan. (sumpah ini buka iklan).

    Oke balik ke cerita... Dari hasil liat-liat yang ratingnya paling tinggi tapi harganya dibawah 1juta semalem adalah Guesthouse Sanjyotakakura Hibiki. Namanya sih boleh guesthouse tapi sebenernya ini merupakan apartment. Jadi kalo booking di guesthouse ini dapet fasilitas layaknya apartment, yaitu 1 kamar tidur, tv, lemari, meja makan, dapur lengkap,kulkas, mesin cuci dan kamar mandi. Gw nambah 500 yen buat deterjent, pengharum buat nyuci baju dan perlengkapan masak.

    Apartment ini terdiri dari 5 lantai, tapi unit yang disewain hanya yang berada di lantai 3 - 5. Perlantai ada sekitar 4 kamar. Gw dapet di lantai paling atas, lantai 5, persis depan lift. Kamar nomor 501. Kamarnya nyaman dan bersih. Suhu air panas pun bisa diatur melalui panel elektronik yang tersedia dibeberapa tempat di dalam apartment kita. TV dan Wi-Fi juga tersedia.

    Guesthouse ini memiliki rating 9.5 (pada saat gw booking di bulan Agustus 2016), dapet harga untuk 2 malem (tanggal 5 - 7 Desember 2016) sebesar 1,5 juta atau sekitar 750ribu semalem. Lumayan banget kaaaaaaannnnn.. kalo ditiung perorang jatohnya ga nyampe 400rb, udah dapet apartment lengkap pula.

    Soal lokasi jangan ditanya.. cuma 8menit jalan kaki dari subway station. Mau ke Nishiki Market? jalan kaki 10 menit. Mau ke Gion jalan kaki? bisa juga.. cuma 20 menitan. Ada 3 subway yang bisa dijangkau dengan jalan kaki. Dan ada beberapa bus stop yang cuma selemparan kolor. Family mart cuma selang 1 gedung. Pengen ngopi dan nyemil? ada Paul persis didepan gedung.

     

    20161206_200007.jpg

    Pintu Utama Guesthouse

    68211158.jpg

    Front Desk

    68211039.jpg

    Tersedia Lift

     

    20161206_200559.jpg20161206_200224.jpg20161206_200254.jpg20161206_200313.jpg20161206_200306.jpg20161206_200321.jpg

    Foto Apartment 501 (unit yang gw temaptin)

     

    49886946.jpg

     

    20161207_055022.jpg

     

    Check In time jam 4 sore, front desk buka cuma dari jam 9.00 - 17.00. Kalo datengnya setelah jam 17.00 tinggal buka kotak penyimpanan kunci di ruang depan dengan menggunakan kode yang telah diemail oleh pihak guesthouse. Gw dateng jam 9 pagi, ngambil kunci (tapi ga boleh masuk kamar dulu yaaa), titip tas di front desk dan langsung jalan ke Nishiki Market. Malem-malem begitu nyampe guesthouse koper udah rapi di dalam kamar.

     

    20161207_055029.jpg

    Mau check out pagi-pagi kaya gw? (gw check out jam 6 pagi). Tinggal masukin aja kunci di dropbox yang tersedia di lobby.

    Gw seneng banget nginep disini. Murah, lokasi strategis, fasilitas lengkap. Minus sidenya emang kurang personal touch dan colokannya dikit. Apalagi sebelumnya gw sempet nginep di Osaka Hana. Jadi yaaa gimana yaaaa. yaaa gitu deh.. Menurut gw guesthouse ini emang layak buat dapat rating 9,5!! Dan gw merekomendasikan guesthouse buat teman-teman yang mau berkunjung ke Kyoto. Aapalagi kalo bawa anak.. kayanya disini emang pas banget. 

    Untuk booking bisa lewat booking.com atau lewat website guesthousenya

     

    Review Osaka Hana bisa dibaca disini :

     

  10. Bagi para pecinta pantai, nama Pantai Carita sudah tidak asing lagi khususnya bagi masyarakat berdomisili Banten dan Jawa Barat. Pantai Carita terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantai Carita menjadi salah satu destinasi wisata pantai bagian barat Banten selain Pantai Karang Bolong dan Anyer. Pada hari libur tidak jarang pantai Carita menjadi lokasi yang sepi. Ribuan pengunjung ada yang bermain di pinggir Pantai dan bermain watersport seperti jetski dan banana boat Memasuki pantai Carita dikenakan tarif yang tidak terlalu mahal, sekitar 10.000-35.000 Rupiah tergantung hari dan musim. Fasilitas yang terdapat di sekitar pantai Carita juga cukup lengkap,terdapat mini market, penginapan, maupun restoran yang menyediakan hidangan laut serta adanya kamar mandi umum untuk pengunjung melakukan MCK. Wilayah pantai Carita, mayoritas pantainya adalah berpasir meski beberapa bagian terdapat karang.

    IMG_9100.JPGIMG_9021.JPG

    Suasana Pantai Carita 

    Meskipun banyak masyarakat yang sudah mengenal Pantai Carita, tidak semua lokasi Pantai mereka kunjungi. Terdapat sebuah lokasi Pantai Carita yang terletak di bagian selatan dan berbatasan dengan pantai Laguna, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang. Dapat dikatakan pantai ini terletak di sudut bawah lokasi wisata pantai Carita yang banyak di kunjungi orang. Karena lokasinya yang cukup jauh dari wilayah Carita-Anyer membuat pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Terlihat resort mewah yang sudah tidak aktif lagi karena sepi pengunjung. Namun keindahan Pantai Carita ini tidak kalah dari lokasi wisata Pantai Carita. Hanya saja tidak terdapat fasilitas seperti penginapan,kamar mandi umum, pedagang, dan tempat makan. Lokasi ini sangat baik bagi para wisatawan yang senang dengan suasana sepi dan tenang. Warna air laut yang indah dan suasana yang sepi dapat menenangkan hati dan pikiran.

     

    upeh1.jpgIMG_9049.JPG

     

    Untuk mengunjungi Lokasi ini dapat melalui Jalan raya Carita menuju labuan. Pintu masuk merupakan sebuah jalan menuju Resort pantai carita yang sudah tidak aktif. Lokasi ini lebih dekat ditempuh melalui Kecamatan Labuan, daripada melalui lokasi wisata Carita Anyer, karena lokasinya yang berbatasan dengan kecamatan Labuan. Untuk masuk ke lokasi ini pun tidak perlu mengeluarkan biaya. Saat siang hari, pantai akan didatangi oleh masyarakat pesisir yang mencari rumput laut dan kerang-kerangan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apabila wisatawan ingin mengunjungi lokasi ini dsarankan untuk membawa makanan sendiri.

     

     

  11. Yosh!!! ketemu lagi kita :melambai kali ini mau nulis tentang hostel yang saya tempati sewaktu trip ke singapore dalam trip lanjutan sebelumnya ke jepang bareng @Sahat. kali ini mau ngulas 5Footway Inn Project Chinatown 1 di Singapore. gimana sih hostelnya? mari kita ulas. bagi yang belum baca cerita perjalanan saya bisa baca di sini

     

     

    5Footway Inn Project Chinatown 1 letaknya persis didepan stasiun mrt chinatown singapore. mungkin berjarak 2-3 toko aja dari exit stasiun udah keliatan plang hostelnya. sayangnya letak lobby dan kamarnya pisah ranjang *eeh* gedung :terharu jadinya kalo ada apa2 musti turun naik tangga lalu ke sebelah lagi buat manggil petugasnya. letak hostel ada di belakang lapak2 orang jualan di chinatown. jadi agak susah ditemukan untuk pertamanya. selain pakai subway, kalo dari bandara kita bisa pakai shuttle bus juga dan berhentinya tepat di pintu masuk ke chinatown. tinggal jalan lurus aja sekitar 100 meter sampai ketemu exit stasiun subway. saya pilih hostel yang satu ini berkat rekomen dari kaka @Vara Deliasani

    83563353.jpg

    Lobby hostel

    84098304.jpg

    untuk keamanan hostel sendiri cukup bagus. setiap orang dikasi kartu kayak di film2 action gitu. jadi mau masuk ke gedung yang isinya kamar itu musti scan kartunya, masuk ke kamar juga harus scan. termasuk kunci locker juga pakai kartu ini. jadi lumayan aman untuk kemanan barang2 bawaan kita. saya kemarin nginap di 4 bed male dorm dengan rate 16.10 SGD / malam include breakfast. lumayan lah dengan fasilitas dan lokasi yang ditawarkan. kebersihan kamar dan tempat tidurnya sangat bersih. begitu pun dengan kamar mandi yang sekaligus digabung dengan wc nya. sayangnya kamar mandi nya cuman ada 2. untungnya saya ngak pernah ngantri sih :D mungkin karena saya jalannya juga agak siang kali. makanya ngak pernah ketemu penduduk dari kamar lain. dan di kamar dorm ini ngomongnya ngak perlu bisik2 kayak di tokyo kemarin. saya waktu malam sering ngobrol dengan yoshiki dan satu abang2 asal jogja. yoshiki ini mahasiswa dari salah satu universitas di osaka yang sedang menjalani program dari universitasnya untuk belajar bahasa inggris di luar negeri. sebelumnya dia belajar di filipina, dan berikutnya di singapore ini dia netap kurang lebih 3 bulan. dan saya baru tau di singapore ini ada semacam area yang orang2 jepang terpusat tinggal di sana.

    84098355.jpg

    Ini penampakan kamarnya. loker ada di bawah tempat tidur

    staff di 5footway inn ini ramah2 dan kebanyakan cewe :dance asik kan. jadi bisa cuci mata bentar sambil nikmatin breakfast roti bakar :P tapi sayangnya mereka kurang informatif. ditanya beberapa spot pelabuhan untuk ke batam mereka agak kurang tau. ujung2nya nanya mbah gugel aja lebih cepet :bingung tapi untungnya staff nya bisa ngomong mandarin, inggris, dan melayu. jadi aman deh bagi yang ngak bisa inggris. dan juga informasi yang ada di lobby nya juga agak kurang mengenai spot2 apa aja yang ada di sekitaran sini. jadinya cuman duduk nongkrong aja ngabisin roti. dan pagi pas saya check out sempet terkejut. ketemu cewe bule asal US yang fasih banget ngomong mandarin :tercengang sempet kagok juga tapi ujung2nya saya jawab pake inggris. daripada saya bengong ngak ngerti dia ngomong apa kalo ngobrol lebih panjang lagi :D tapi bagi first time traveller ke singapore, hostel ini lumayan untuk dijadikan rekomendasi karena lokasi dan harganya yang mantap.

  12. Hotel BW Suite ini terletak di daerah Tanjung Pandan alias masih dlm radius pusat kota Pulau Belitung. Jarak dari airport ke hotel sekitar 15km yang dapat ditempuh dlm waktu sekitar 20menitan menggunakan kendaraan pribadi. DiBelitung sampai saat ini blm ada istilah macet jadi gak usah buru2 ke airport seperti di Jkt.Apalagi di airport nyaris gak ada apa2. Foodcourt juga adanya jualan indomie/pop mie hrg 10rb.

    Saya disini menginap selama 2malam pas libur long weekend Maulid Nabi 2016 kemarin. Dpt harga di Panorama Travel agent sebesar Rp 860,000/malam utk kamar Superior di rate Long weekend termasuk breakfast buat ber-2.

    Penampakan dari luar sih gedung ini standar2 aja utk standar org Jkt, tp utk daerah Belitung termasuk oke dan megah. Dari foto2 situs booking online, kamarnya gak berbeda jauh dari fotonya. Jadi jangan kuatir kecele.

    P_20161212_073940_vHDR_On.jpg

    Satu2nya yg bikin kecele mungkin foto swimmingpool nya yg kesannya remarkable bgt. Krn seperti infinity pool yg lanjut ke laut. Swimmingpool nya kecil dan entah saat itu mungkin habis badai, jadi  warna lautnya sedang gak fotogenic alias kecoklatan gak kece.

    P_20161212_073447_vHDR_On.jpg

    (sayang bgt lautnya kotor gini)

    P_20161212_073553_vHDR_On.jpg

    (swimmingpoolnya kecil ajaa.. tp agak kebantu krn view laut)

    -Untuk fasilitas, krn ini hotel Bintang 4, fasilitasnya cukup lengkap ada swimmingpool, karaoke lounge, gym, spa, dan breakfast/resto lounge.Oiya penting jg, jasa massage disini 24hr, jadi habis ngepantai bisa pijetan dgn tarif sejam sekitar 250rb-an (net)

    -Kamarnya pun cukup luas. Sekitar 25m2, yg mnrt saya cukup langka jaman skrg dpt kamar twin bed Superior tapi masih muat extra bed 2 lagi saking gedenya.

    -Toiletries cukup lengkap: sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, handuk badan,handuk tangan,keset, dan sandal kamar

    -Ada hairdryer 1200watt, walau modelnya nempel di kamar mandi, dan tiap semenit mati, for the sake of energy saver.

    -ada in-house safe, coffee/tea maker , refrigerator, dan re-stock 2bottle of mineral water.

    -ada lemari baju. Jaman skrg mulai langka ada lemari baju, adanya hanger doank.

    -tiap kamar ada balkon, walau balkonnya rada kurang safety krn memungkinkan utk gampang loncat ke kamar sebelahnya:wacko:

    IMG_4196.JPG

    (utk ukuran superior kamar ini lega bgt)

    IMG_4198.JPG

    P_20161212_085650_vHDR_On.jpg

    (balkonnya nempel dengan kamar sebelah... mlm2 bisa ngetok2 jendela tetangga nih :lol:)

    Untuk fasilitas breakfastnya. Mix review sih, teman saya berpendapat rasanya standard. Tp buat saya lumayan. Mungkin saya lapar:tersipu

    Dari segi variasi makanan. Cukup banyak pilihan. Dari cereal (Koko crunch& cornflakes), salad bar, roti2an , nasi goreng, nasi putih dengan 1 lauk khas Belitung (setiap hari berbeda2, biasanya ikan spt gangan, sup ikan,dll) , sosis ,ayam , veggies, omelettes made by order, bubur dengan condiment yg cukup variatif, another masakan khas Belitung, pas saya kedapetan Mie Belitung (rasanya msh dibawah Mie Atep di Jl Sriwijaya  tp lumayan jg) hari berikutnya soto khas Belitung, dan tentu saja kue2, buah2an dan juice2 bahkan ada sop buah. :makan

    Yg pasti sih saya satu suara  utk bubur ketan hitam dan bubur sumsumnya gak ada manis2nya.

    P_20161211_074020_vHDR_On.jpg

    P_20161211_074312_vHDR_On.jpg

    P_20161211_075754_vHDR_On.jpg

    P_20161211_081330_vHDR_On.jpg

    (makan saya memang banyak... -_-)

    Kalau ditanya dari segi lokasi, krn terletak di daerah Tanjung Pandan, hotel ini sangat strategis utk mencari tempat makan , tempat ngupi2 dan tmpt beli oleh2 .Akan tetapi ke tempat berjarak 60-an km aja bisa dicapai dlm waktu 1.5jam , saya rasa dimanapun tinggal di Belitung ini asalkan ada kendaraan , tdk tll menjadi masalah.

    Overall , hotel ini cukup oke dengan tarif per mlm yg masih reasonable dengan fasilitas yg kita dapatkan.

     

    Hotel BW Suite Belitung

    Address:  Jl. Pattimura, Tanjung Pandan, Belitung  33411

    Built: 2013

    Check in : 2pm

    Check out: 12pm

  13. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan liburan. Selain alokasi dana, mengetahui waktu terbaik untuk datang ke suatu destinasi akan sangat penting, apalagi jika kamu berwisata alam. Jangan sampai kamu salah waktu, sehingga kamu terjebak badai besar hingga gak bisa pulang, atau gak jadi naik gunung karena pendakiannya sedang ditutup. Gak asik banget kan? Nah, destinasi di Indonesia mana saja yang bisa dikunjungi menurut bulan atau musim terbaiknya?

    Januari: Raja Ampat

    Awal tahun mari diawali dengan destinasi yang jauh sekalian, yaitu Raja Ampat! Loh, bukannya Januari masih musim hujan ya? Emang enak gitu kalau main ke laut? Weitss, justru kalau ke Raja Ampat itu bukan musim hujan atau enggaknya yang harus diperhatikan, tapi musim anginnya. Bulan Juni – Agustus adalah bulan yang harus dihindari karena angin bertiup kencang, dan tentu saja ombak pun tinggi. Waktu terbaik untuk mengunjungi Raja Ampat adalah Oktober – Februari. Wayag yang jaraknya jauh dan cenderung berombak, aman dikunjungi di bulan-bulan tersebut.

    paket-tour-raja-ampat

    Wayag

    Februari: Misool

    Sudah ke Raja Ampat, kenapa enggak sekalian ke Misool? Sama seperti Raja Ampat di bagian utara, Misool yang terletak di bagian selatan juga memiliki “musim” yang sama. Waktu terbaik untuk mengunjungi Misool adalah Oktober – Februari. Di bulan Juni –Agustus, gak disarankan datang ke Misool karena cuaca buruk, yaitu angin kencang dan ombak sangat tinggi. Misool juga punya keunggulan yang gak dipunyai Raja Ampat di utara lho, yaitu adanya danau ubur-ubur yang gak menyengat seperti di Danau Kakaban!

    paket-tour-misool

    Dapunlol

    Maret: Madura

    Bulan ini kita pindah ke Jawa Timur yang punya banyak objek wisata keren. Ada Madura yang anti mainstream dan sekarang bukan cuma dikenal sebagai pulau penghasil garam. Pariwisatanya makin terangkat setelah beberapa objek wisatanya banyak muncul di Instagram. Misalnya Bukit Jaddih dan Bukit Arosbaya yang punya pemandangan yang unik, dan dekat dari Surabaya. Lebih jauh lagi ada Air Terjun Toroan, Pantai Lombang, dan Keraton Sumenep yang aksesnya relatif mudah.

    bukit-jaddih-8

    Bukit Jaddih

    April: Kawah Ijen

    Bulan April biasanya cuaca sudah membaik dan sudah mulai masuk musim kemarau, jadi boleh nih main-main ke gunung lagi. Ke gunung paling pas memang di musim kemarau. Gak perlu ribet saat trekking karena jalanan licin dan becek. Matahari terbit pun bisa dilihat dengan jelas karena cuaca cerah dan gak terhalang kabut. Karena sudah di Jawa Timur, mari dimulai dengan gunung yang gampang dulu, seperti Gunung Ijen. Gak butuh skill mendaki yang super untuk sampai ke puncaknya, karena trek-nya tergolong “mulus”, meski kemiringan jalurnya memang lumayan. Ijen juga punya danau kawah berwarna toska yang cantik, dan “blue fire” yang muncul di kawah pada malam hari – fenomena unik yang hanya ada di dua tempat di dunia.

    paket-tour-kawah-ijen

    Kawah Ijen

    Mei: Semeru

    Bulan Mei adalah bulan kembali dibukanya pendakian Semeru setelah ditutup selama 4 bulan mulai bulan Januari hingga April karena cuaca buruk dan untuk pemulihan ekosistem. Oleh karena itu, biasanya bulan ini pendaki membludak. Jadi lebih baik hindari hari libur, tanggal merah, atau long weekend. Tapi bulan Mei adalah bulan yang paling baik untuk mendaki Semeru karena setelah musim hujan, rerumputan masih menghijau dan bunga Verbena brasiliensis vell yang ada di padang rumput Oro-Oro Ombo sedang tumbuh subur. Kece banget untuk foto-foto!

    paket-tour-ranu-kumbolo

    Padang rumput Oro Oro Ombo

    Juni: Toraja & Tanjung Bira

    Di bulan ini biasanya kita punya libur panjang yang paling ditunggu-tunggu banyak orang, yaitu libur Hari Raya Idul Fitri. Libur ini bisa kamu manfaatkan untuk nge-trip ke Toraja. Kenapa Toraja? Karena di libur panjang atau libur anak sekolah, di Toraja bakal banyak diadakan upacara kematian. Saudara-saudara mereka yang kebanyakan merantau ke luar pulau, akan pulang kampung untuk berlibur. Jadi upacara adat memang biasanya diadakan ketika banyak keluarga mereka yang bisa hadir. Nah selagi di Sulawesi Selatan, sekalian aja ke Tanjung Bira. Cuaca yang cerah di bulan Juni bakal perfect banget untuk main di pantai!

    paket-tour-tanjung-bira

    Pantai Bara, Tanjung Bira

    Juli: Sumba

    Juli adalah bulan high season di Sumba. Langit sedang cerah-cerahnya, dan ombak pun sedang bagus untuk surfing. Banyak wisatawan asing yang datang ke Sumba di bulan-bulan ini. Rata-rata memang untuk surfing karena pantai-pantai di Sumba terkenal dengan ombaknya yang besar. Buat kita yang enggak surfing, enggak masalah, karena di pantai paling asoy ya buat leyeh-leyeh! Hehehe…

    paket-tour-sumba

    Danau Weekuri

    Agustus: Alor

    Sehabis dari Sumba, kamu bisa coba main ke Alor yang sama-sama berada di Nusa Tenggara Timur. Alor punya pulau-pulau yang bisa kamu datangi, seperti Pulau Kepa, Pulau Pantar, Pulau Ternate, dan lain-lain. Pulau-pulau tersebut jaraknya berdekatan, sehingga perairannya cenderung tenang, meski arus di bawahnya memang cukup kencang. Alor juga punya desa-desa adat yang masih dihuni suku setempat dengan budayanya yang unik.

    paket-tour-alor

    Pulau Kepa

    September: Komodo & Flores

    Tips untuk berkunjung ke Kepuauan Komodo: hindari musim kawin komodo. Komodo akan susah ditemui pada musim itu karena mereka cenderung bersembunyi untuk melepaskan syahwat. Yang jantan juga akan sering berantem dengan sesama jantan untuk memperebutkan si betina. Musim kawin biasanya berlangsung sekitar bulan Juni – Agustus. Bulan September, betina akan bertelur dan menyimpan telurnya dalam tanah, sehingga akan banyak ditemui lubang-lubang sarang telur di bulan ini. Perjalananmu ke Kepulauan Komodo bisa sekaligus dilanjutkan dengan perjalanan melintasi Flores, yaitu ke Desa Wae Rebo, Danau Kelimutu, 17 Pulau Riung, dan banyak tempat eksotis lainnya.

    paket-tour-komodo

    Pink Beach

    Oktober: Taka Bonerate

    Perjalanan panjang menyeberangi laut lepas menuju Taka Bonerate bikin kita harus pilih-pilih waktu yang tepat untuk datang ke sana. Umumnya cuaca baik di sekitar bulan Maret – Mei dan September – November. Meski jauh dan ribet, perjalananmu akan terbayar dengan pemandangan pulau-pulau berpasir putih dengan air laut yang biru jernih. Dijamin gak pengen pulang!

    paket-tour-takabonerate-11

    Bungin Tinabo

    November: Banda Neira

    Banda Neira adalah destinasi yang cocok untuk kamu yang pecinta sejarah. Pulau penghasil pala ini pernah jadi rebutan antara Portugis, Inggris, dan Belanda. Pembantaian massal rakyat Banda juga pernah terjadi di pulau ini. Bahkan Bung Hatta dan Sutan Sjahrir pernah diasingkan ke Banda Neira. Wajar jika peninggalan sejarah masih banyak tersimpan, bahkan arsitektur jaman Belanda pun tetap dipertahankan di kotanya. Kalau ke Banda Neira, bulan yang harus dihindari adalah bulan Juni dan Juli karena angin kencang dan ombak yang menyebabkan transportasi dari Ambon ke Banda jadi terhambat. Visibility di laut pun tidak bagus di bulan-bulan itu. Waktu terbaik adalah di bulan Maret – pertengahan Mei dan September – pertengahan Desember.

    paket-tour-banda-neira

    Pulau Nailaka

    Desember: Lombok

    Kalau kebanyakan orang menghabiskan liburan akhir tahun di Bali yang menyebabkan Bali jadi sangat crowded, lebih baik kita datangi pulau di sebelahnya yang lebih sepi, yaitu Lombok. Meski Desember cenderung musim hujan, Lombok punya banyak sekali pantai-pantai sepi yang mudah diakses, terutama di daerah Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Barat. Kalau mau yang lebih hype, bisa datang ke area Senggigi atau Gili Trawangan yang punya beberapa cafe dan tempat nongkrong. Memang sih di Lombok enggak ada beach club hits seperti di Bali, tapi nongkrong di pantai sambil minum kelapa muda gak kalah asiknya kok. Murah pula!

    paket-tour-lombok

    Pantai Mawun

    Nah, sudah tau kan, kapan kira-kira mau datang ke destinasi yang kamu inginkan? Selamat berlibur!

    Disclaimer: Cuaca bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi jangan salahkan penulis apabila ternyata cuaca buruk di musim yang seharusnya baik. Tetep banyak-banyak berdoa aja ya biar cuaca selalu mendukung! :D

    • 1
      entry
    • 11
      comments
    • 137
      views

    Recent Entries

    Hallo semuanya, 10 hari yang lalu saya baru saja pulang dari Kamboja & Vietnam dan sebelum keburu lupa maka saya mau share soal itinerary & budget selama trip ini. Trip ini bermula dari impian saya untuk menjelajahi ASEAN & gayung pun bersambut dengan adanya promo Air Asia. Rute yang saya ambil Jakarta - Siem Reap - Phnom Penh - Ho Chi Minh City - Saigon - Jakarta, trip berjalan selama 7 hari dan saya pergi berdua dengan teman saya. Kami awalnya cukup stress juga setelah menghitung uang yang dibutuhkan untuk trip ini & sempet ada rasa untuk batalin tripnya aja. Well, akhirnya kami jadi berangkat juga & uang saku yang saya siapkan pun cukup, bahkan masih sisa 2 USD, 12.000 VND dan 4200 Riel :tersipu

    Itinerary

    Hari ke 1 – 9 Nov 2016 : Berangkat dari Jakarta dengan Air Asia, transit di Don Mueang & nyampe di Siem Reap pukul 21.30 (gak ada perbedaan waktu di Kamboja & Vietnam).

    Hari ke 2 – 10 Nov 2016 : Keliling Angkor Wat sampe sore, malamnya kita naik sleeper bus ke Phnom Penh.

    Hari ke 3 – 11 Nov 2016 : Sampe Phnom Penh subuh, cuma sempet kunjungin Killing Field di Phnom Penh. Siangnya kita naik bus ke Ho Chi Minh City dan sampe di HCMC pukul 23.00.

    Hari ke 4 – 12 Nov 2016 : Ke Chu Chi Tunnel naik bus umum, pulangnya shopping di distrik 1.

    Hari ke 5 – 13 Nov 2016 : War Remnant Museum, Reunification Palace, Cathedral, Saigon post office dan Benh Tanh market. Sorenya kita naik bus ke airport & flight ke Hanoi.

    Hari ke 6 – 14 Nov 2016 : Ikutan tur ke Hoa Lu & Tam Coc sampe sore dan pulangnya jalan-jalan sekitar Hoan Kiem Lake.

    Hari ke 7 – 15 Nov 2016 : Pulang ke Jakarta dengan flight siang dan sampe Jakarta pukul 19.30.

     

    Budget

    Sebagian budget yang keluar ditrip ini dibeli dengan hutangan credit card :terharu kurs USD saat berangkat masih Rp. 13.125 dan kita sama sekali gak nukerin VND di money changer Vietnam. Kurs USD ke VND di money changer Vietnam saat itu berkisar dari 22.100 - 22.200 dan beruntungnya kita saat di hostel HCMC ketemu traveler senior dari Thailand yang mau tuker USD dengan kurs 22.500 *happy banget* Untuk bayar hostel selama di Vietnam kita pake USD dan beberapa kali tarik tunai dari ATM (kurs 1 VND = 0,64 IDR)

    1. Dibayar pake CC : Rp. 3.120.765

    Air Asia (CGK – REP) : Rp. 845.000 (harga promo, beli bulan Maret 2016)

    Sleeper bus (Siem Reap – Phnom Penh) : Rp. 210.000 (tiket 15$ + processing fee 1$)

    Bus ke HCMC : Rp. 125.737 (tiket 9$ + processing fee 0,58$)

    Vietjet Air (HCMC – Hanoi) : Rp. 373.035 (tiket with no baggage 529.000 VND)

    Tiger Air (Hanoi – CGK) : Rp. 1.566.993 (bukan harga promo, beli bulan April 2016 : 119.39$)

    2. Dibayar cash pake uang saku : Rp. 1.974.706

    Kamboja

    Airport pick up : 3,5$ = Rp. 45.938 (Harga 7$ per tuktuk, sharing berdua)

    Hostel Siem Reap : 4,8$ = Rp. 63.000 (Harusnya bayar 6$/pax/malam, tapi lagi dapet promo dari hostelworld)

    Sewa tuktuk ke Angkor Wat : 9$ = Rp. 118.125 (Harga 15$ + 3$ untuk sunset trip, sharing berdua)

    Makan Siem Reap : 16,5$ = Rp. 216.562 (3x makan, beli cemilan & air mineral)

    Tiket Angkor Wat : 20$ = Rp. 262.500

    Souvenir Angkor Wat : 2$ = Rp. 26.250 (Kaos 3$ dapet 2, sharing)

    Sewa tuktuk ke Killing field : 5.5$ = Rp. 72.188 (Harga 10$ per tuktuk + 1$ tips, sharing berdua)

    Makan Phnom Penh : 5$ = Rp. 65.625 (Makan siang, cemilan & air mineral)

    Tiket Killing Field : 6$ = Rp. 78.750

    Vietnam

    Beli sim card lokal : 50.000 VND = Rp. 32.000 (Harga 100.000 VND, sharing berdua)

    Makan hari pertama : 91.500 VND = Rp. 58.560

    Bus ke Chu Chi (PP) : 26.000 VND = Rp. 16.640

    Tiket Chu Chi : 90.000 VND = Rp. 57.600

    Souvenir Chu Chi : 15.500 VND = Rp. 9.920

    Hostel HCMC 2 malam : 277.200 VND = Rp. 177.408 (Harusnya bayar 7$/pax/malam, tapi lagi dapet promo dari hostelworld)

    Makan hari kedua : 79.500 VND = Rp. 50.880

    Bus ke Airport : 20.000 VND = Rp. 12.800

    Tur Hoa Lu – Tam Coc : 649.000 VND = Rp. 415.360

    Hostel Hanoi 2 malam : 8$ = Rp. 105.000 (Harusnya bayar Rp. 80.000/pax/malam, again ini dapat promo hostelworld)

    Dinner & jajan : 115.000 VND = Rp. 73.600

    Tips tur Tam Coc : 25.000 VND = Rp. 16.000

     

    Semoga rincian budget dari saya ini bisa ngebantu untuk traveler yang mau ke Kamboja & Vietnam. Cerita soal jalan-jalannya bakal saya post di blog.

    PhototasticCollage-2016-11-25-13-34-33.jpg

  14. Medellin, kota terbesar kedua di Kolombia, yang lebih dikenal sebagai kotanya Pablo Escobar dahulu dan juga kota paling innovatif sekarang ini terletak di Departemen Antioquia. Selain kota Medellin, ternyata Antioquia juga memiliki tempat keren yang wajib dikunjungi. Tempat tersebut adalah Guatape dan el Peñol atau yang biasa juga disebut la Piedra. Hanya diperlukan waktu 2 jam untuk menuju tempat tersebut dari kota Medellin.
     

    12144705_10207848605432984_860257715397074085_n.jpg

     



    Old Peñol adalah sebuah replika kota Peñol yang sengaja dilestarikan untuk mengenang kota yang dilanda banjir pada akhir 1970-an dalam rangka pembuatam bendungan Penol-Guatapé.
    Ketika kompleks pembangkit listrik tenaga air megah tersebut dibangun, megaproyek ini memberikan dampak besar pada pembangunan sosial, ekonomi, politik, lingkungan dan budaya di wilayah ini. Melalui pembangunan bendungan ini, Guatapé menjadi salah satu pusat penghasil listrik di Kolombia. Satu-satunya yang tersisa dari kota lama original hanyalah tiang salip di puncak gereja. Di replika kota tua ini, pengunjung dapat melihat replika situs penting seperti gereja dan balai kota. 


     

    12091238_10153082098736817_3923371042223966542_o.jpg12095186_10153082099086817_7024181308459435012_o.jpg



    Setelah 2 jam perjalanan, kami tiba di sebuah kota kecil yang bernama Guatape. Nama Guatape diambil dari nama seorang Cacique (kepala suku) yang mengendalikan tempat tersebut pada abad ke 16, disaat tempat ini masih ditempati suku pribumi. Guatape sendiri artinya adalah batu dan air dalam bahasa Quecha. Sebelum memasuki kota kecil Guatape, kami menyusuri sebuah bendungan yang menjadi pembangkit listrik bagi departmen Antioquia. Dengan menggunakan sebuah ferry, kami berlayar mengelilingi danau buatan yang indah ini. Diantara pulau-pulau kecil ini kami juga melihat sebuah rumah yang dimiliki Pablo Escobar. 
     

    12087160_10153082099426817_3022781666368670349_o.jpg

     

    12120101_10207848587672540_7754385478508027113_o.jpg


    Setelah puas "maen aer", kami segera menelurusi pueblo ini. Guatape adalah desa kolonial kecil (pueblo) yang setiap bangunan rumahnya memiliki hiasan dan dekorasi mural disepanjang tembok bagian bawahnya. Hiasan ubin/relief tersebut memiliki warna cerah dan timbul seperti efek 3 dimensi. Konon gambar-gambar relief tersebut  budaya warisan pertanian masyarakat.
     

     


     

    12138510_10153082100016817_288349211959924253_o.jpg

     

    12113437_10153082100051817_8592180584154275300_o.jpg

     

    12068543_10153082099736817_6113390676387822661_o.jpg
     

     

    12141155_10153082100556817_1418352089365309062_o.jpg



    At least but not least, sore harinya kami mengunjungi El Peñol yang juga dikenal sebagai la Piedra (Si Batu). El Peñol adalah sebuah batu yang sangat besar dan tinggi menyerupai gunung batu. Sebelum jaman kolonial, batu megalitik ini adalah sesembahan bagi orang pribumi disini.
    Tiket masuk untuk menaiki batu ini sebesar COP 10.000 (sekitar Rp. 50.000).
    Dari atas batu tersebut, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang kerennya luar biasa. Pemandangan sebuah danau dengan banyak pulau kecil seperti di Raja Ampat, akan tetapi pemandangan ini disuguhkan oleh danau. Bahkan mereka berani mengklaim el Peñol sebagai the best view lake in the world!
    Untuk mencapai puncak batu tersebut, dibutuhkan tenaga untuk menaiki 700 anak tangga! Tidak usah khawatir, jika lelah kita bisa segera melihat pemandangan danau untuk merecharge kembali tenaga kita. hehee...Semakin tinggi posisi kita berdiri, semakin indah pemandangan yang dapat kita lihat.
    Dan akhirnya kami disuguhkan pemandangan yang spektakuler dari ketinggian 2.135m dpl...

     

    IMG_20151011_161746.jpg

     

    IMG_20151011_163039.jpg

     

    IMG_20151011_163438.jpg

     

    IMG_20151011_164856.jpg

     

    IMG_20151011_164931.jpg

     

    IMG_20151011_174433.jpg

     

     
    IMG_20151011_172419.jpg12068910_10153082101016817_5843427270832647872_o.jpg
     
     
     
  15. bd6c25e9107fa8b7557402cc0b90ba1c.jpg

    Traveling tidak harus dilakukan dengan jarak yang terlalu jauh, traveling dapat dilakukan di sekitar rumah Anda dengan biaya yang murah. Anda bisa mencoba memperhatikan lingkungan sekitar dan menandai wilayah yang belum Anda kunjungi. Ini bisa menjadi rencana liburan yang sangat menyenangkan di akhir pekan. Traveling juga tidak perlu menunggu sampai mapan dalam finansial karena selagi Anda masih muda, Anda masih mempunyai banyak energi untuk traveling. Traveling mempunyai manfaat sebagai berikut:

    1. Berani untuk menghadapi tantangan

    Anda akan mendapatkan pengalaman yang menegangkan dan asyik saat pertama kali mengunjungi sebuah tempat baru. Apalagi jika Anda melakukan traveling sendirian, maka rasa penasaran dan tegang akan bercampur menjadi satu dan sulit untuk dilupakan. Saat bepergian sendiri, Anda bisa keluar dari zona nyaman dan mampu menjadi individu yang lebih mandiri. Bayangkan saja jika Anda tersesat di daerah yang asing bagi Anda, maka Anda bisa belajar untuk bertahan dengan kondisi yang memaksa Anda harus berani dan mandiri untuk menghadapi apa yang ada di depan Anda.

    1. Meningkatkan percaya diri

    Berlibur ke tempat yang baru dan menarik akan membuat Anda merasakan hal yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Dalam perjalanan tersebut, Anda akan merasa bebas karena perjalanan akan mengajarkan Anda banyak hal tentang tanggung jawab dan mandiri untuk menghadapi tantangan. Tantangan yang berhasil Anda selesaikan dan pengalaman baru yang telah ditemukan akan membuat Anda lebih percaya diri.

    1. Menemukan hal yang ternyata paling penting untuk Anda

    Di kota besar, orang-orang banyak membeli barang mewah yang sebenarnya bukan keperluan utama. Perjalanan akan membuat Anda terpaksa membawa benda yang sangat dibutuhkan dibandingkan dengan benda yang Anda inginkan. Anda akan sadar bahwa dengan barang seadanya, Anda masih tetap bisa hidup dengan bahagia. Anda akan belajar tentang kehidupan yang sederhana dan sadar bahwa apa yang Anda inginkan tidak harus selalu dibeli dan dituruti.

    1. Menjadi orang yang lebih ceria

    Setiap orang yang bepergian memiliki alasan untuk mengurangi level stres mereka karena jenuh dengan pekerjaan. Stres akan membuat seseorang menjadi lebih tua dan cepat marah sehingga Anda memerlukan aktivitas yang menyenangkan seperti berlibur, jogging, jalan-jalan, dan sebagainya yang akan menghilangkan rasa penat. Anda akan menjadi lebih ceria dan segar serta lebih bersyukur dengan apa yang Anda dapatkan karena perjalanan tersebut.

    1. Belajar untuk mempersiapkan semua hal dengan lebih matang

    Pergi sendiri akan membuat Anda menjadi lebih mandiri karena dalam setiap perjalanan mungkin Anda akan menemukan hambatan, misalnya Anda tersesat, ketinggalan bus, bahkan tas hilang saat di bagasi pesawat. Dari semua masalah tersebut, Anda akan berpikir dengan keras untuk mengatasi sendirian dan Anda bisa belajar untuk mempersiapkan semua hal dengan lebih matang dalam perjalanan selanjutnya. Ini akan membuat Anda berhati-hati untuk mengambil keputusan.

    1. Mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru

    Dalam perjalanan Anda bisa saja menemukan banyak masalah seperti makanan yang sama sekali tidak cocok dengan selera Anda, penerbangan ditunda, tidak memahami sama sekali tentang daerah yang Anda kunjungi, tersasar, dan masih banyak lagi kondisi lain yang membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Kondisi yang terbatas dan tidak nyaman ini akan membuat Anda belajar untuk menerima situasi dan kondisi terburuk. Anda akan dipaksa untuk segera beralih dari rasa marah sehingga Anda akan menjadi lebih optimis dan tenang.

    1. Membawa Anda ke petualangan yang baru

    Apakah Anda ingat di waktu kecil saat bermain games, ketika selesai dalam suatu petualangan, maka Anda akan naik ke level yang lebih seru. Sama seperti traveling, setelah selesai melakukan perjalanan, maka Anda akan tertarik untuk bepergian ke tempat baru lagi dan menjadi mandiri saat menghadapi masalah yang muncul seperti masalah transportasi, rute, dan penginapan. Anda akan terpacu untuk menemukan hal baru yang ingin dipelajari.

    Pentingnya Seorang Traveler Mempelajari Bahasa Asing 

    Untuk Anda yang sangat suka bepergian atau traveling, menguasai bahasa asing adalah hal yang sangat diperlukan karena Anda memerlukan bahasa tersebut untuk berkomunikasi dengan orang yang Anda temui terutama jika Anda bepergian ke luar negeri seperti kota Sydney di Australia atau negara yang dekat lainnya seperti New Zealand. Anda bisa mempelajari beberapa bahasa asing karena memiliki manfaat yang banyak. Saat traveling Anda akan bertemu dengan banyak orang dan budaya yang memiliki berbagai bahasa. Saat Anda sudah lebih dulu mempelajari bahasa tersebut, maka Anda bisa berinteraksi dengan penduduk lokal dengan mudah dan mendapatkan banyak informasi tentang negara atau tempat yang Anda kunjungi.

    Saat Anda sudah menguasai bahasa utama di daerah tersebut, maka mudah sekali bagi Anda untuk mengetahui kebudayaan mereka dengan lebih baik. Anda bisa mempelajari asal makanan, tradisi, agama, dan sejarah di daerah tersebut. Selain itu, karier Anda akan semakin terbuka karena bisnis banyak dilakukan dengan cakupan internasional sehinga perusahaan mencari karyawan yang memiliki kemampuan untuk berbahasa asing. Jika Anda mempunyai kemampuan tersebut, maka peluang besar akan Anda dapatkan untuk karier Anda. Anda bisa saja direkrut untuk menjadi penerjemah sehingga bisa traveling ke banyak negara.

    Banyak orang yang gagal saat mengejar karier mereka karena tidak bisa menguasai bahasa. Anda harus mempelajari bahasa baru untuk membangun pribadi yang cerdas, mendapatkan pengetahuan luas, dan meningkatkan memori. Saat traveling Anda bisa mendapatkan teman baru dan bersahabat dengan mereka. Anda akan mempunyai banyak teman dari berbagai tempat dan budaya yang berbeda.

    Tak Perlu Pergi ke Rumah Guru dengan Les Online

    Orang yang menyukai traveling memang penting mempelajari bahasa, namun apakah Anda memiliki cukup waktu untuk pergi ke rumah guru les Anda dengan pekerjaan yang sangat sibuk. Satu-satunya cara agar Anda tidak perlu pergi ke tempat kursus adalah mengikuti les online bahasa asing melalui wesbite seperti Preply. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut.

    Bagi Anda yang belum tahu sama sekali, website tersebut memberikan kursus bahasa asing untuk semua orang yang memang ingin belajar bahasa asing dan bukan hanya untuk pelajar. Situs ini memiliki daftar tutor ahli yang memberikan kursus sesuai dengan jadwal dan waktu yang sudah disetujui. Ada yang beberapa menit sampai dengan hitungan jam. Anda tinggal menyesuaikan berapa lama waktu luang yang Anda miliki untuk belajar bahasa asing.

  16. Bali. Siapa yang tidak kenal dengan salah satu pulau yang ada di Indonesia satu ini. Pulau yang sering di juluki dengan pulau dewata ini tak hanya dikenal luas di dalam negeri tetapi hingga ke kancah mancanegara. Bali memiliki berbagai macam pesona wisata mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi. Ada banyak sekali wisata edukasi yang dapat di temui terutama di Ubud Bali Indonesia. Ubud merupakan salah satu daerah yang ada di Bali. Ubud menawarkan berbagai macam wisata alam dari pesona bumi Ubud Bali yang indah. Tak hanya menyimpan berbagai panorama yang indah, Ubud juga memiliki berbagai sarana wisata edukasi. Sehingga bagi Anda yang sedang berlibur bersama dengan anak-anak Anda,  membawanya ke beberapa musem berikut ini merupakan cara tepat untuk menambah pengetahuan anak.

    1. Museum Blanco Ubud

    Museum yang didirikan oleh Mario Antonio Blanco seorang seniman keturunan Spanyol ini merupakan salah satu wisata edukasi yang tepat untuk keluarga dan anak-anak Anda. Pasalnya, di museum ini, Anda bisa melihat berbagai macam lukisan maupun hasil seni dari maestro besar ini. Meskipun di dirikan oleh seorang seniman asal Spanyol, namun seni yang ditunjukkan di museum ini sangat khas dan sangat kental unsur Bali terutama unsur-unsur dari daerah Ubud Bali Indonesia. Mulai dari corak, desain bahkan gambaran mengenai perempuan Bali yang ditampilkan pada setiap goresan lukisannya sangat detail. Museum ini berada di daerah Campuhan, Ubud. Untuk mengunjungi museum ini Anda cukup membayar 30 ribu saja.

    2. Museum Seni Neka

    Museum yang dibangun oleh Suteja Neka ini juga merupakan salah satu wisata edukasi yang ada di Ubud Bali Indonesia. Suteja Neka merupakan seniman asli Bali sehingga unsur-unsur Bali yang ada pada setiap goresan lukisannya sangat khas. Selain itu, tak hanya lukisan dari maestro besar Bali ini saja yang ditampilkan. Di museum ini, ada lebih dari 50 hasil karya maestro-maestro besar Indonesia.

    3. Museum Puri Lukisan

    Museum ini merupakan museum yang paling terkenal di Ubud Bali. Pasalnya, museum ini meurpakan salah satu museum yang tertua yang ada di Bali. Sehingga sudah memancanegara nama dari Museum Puri Lukisan. Museum ini menyimpan berbagai macam karya seni khas Bali. Mulai dari seni lukis hingga seni ukir dari kayu semuanya ada di museum ini. Saat Anda memasuki kawasan museum ini, Anda akan disambut dengan suasana sejuk dari rindangnya pepohonan yang ada di museum ini. Anda bisa mengunjungi museum ini mulai pukul 09.00 hingga 17.00 dengan membayar 75.000 rupiah.

    Dengan mengajak anak-anak dan keluarga Anda mengunjungi berbagai museum maupun tempat bersejarah di Ubud Bali Indonesia, Anda tidak hanya ikut mencerdaskan anak-anak Anda melalui berbagai informasi yang bisa di dapat di museum-museum tersebut, tetapi ikut menjaga kesenian di Indonesia dan mendukung program kementrian pariwisata di Indonesia Travel.

  17. Langkah -langkah kecil kaki ku mulai menapaki tanah terjal jalur pendakian menuju Pos Saung Ceria gunung Lembu, di sore hari dengan semilir angin gunung menerpa wajah-wajah lelah kami, Mulai mengatur ritme nafas yang mulai terasa berat sambil sesekali istrahat untuk sekedar mengurangi rasa letih yag mendera.:backpacking

    Perjalan ku kali ini untuk mengawali dan mempersiapkan acara besok pagi (5nov2016) berupa kegiatan pemasangan pipa dan bersih gunung yang dilaksanakan bekerja sama tim CSR PT.NSK,  PUK/PT.NSK dan Aryapala(tim pencinta alam NSK)

    Dari pos satu ke pos lainya kami melangkahkan kaki, memasang tali pegangan pada tanjakan curam, memastikan keselamatan buat para peserta yang ikut kegiatan.

    DSC_0309.JPG

    :salut:cintaindo

    Gunung Lembu terletak di Desa Panyindangan, Sukatani-Purwakarta merupakan gunung yang tidak terlalu tinggi(700mdpl), dengan jalur pendakian yang lumayan terjal namun pos satu dengan pos lainya tidak terlalu jauh, hal ini cocok untuk pendakian bagi pendaki pemula.

    Walau begitu keselamatan dan keamanan harus menjadi hal yang utama dimanapun berada tidak memandang gunung itu tinggi atau pendek,  mengingat terjalnya dan sempitnya medan pendakian terutama setelah melewati Pos 2.

    DSC_0314.JPG  DSC_0334.JPG

    Setelah melewati pos 2 , dari sini pandangan terlihat begitu indah , terlihat hamparan luas Waduk Jatiluhur dengan sampan dan karamba yang terlihat kecil.dan tempat ini menjadi salah satu tempat untuk berfoto.

    Cuaca sore ini cukup bersahabat, terik matahari yang mulai redup, semilir angin pegunungan membawa rasa ini ingin terus mendaki. Sekawanan monyet mengawasi perjalanan ku, sesekali berusaha untuk mendekat dan mencuri sesuatu yang dibawa.

    Monyet monyet ini menjadi satwa yang masih bisa dijumpai di kawasan gunung Lembu terutama di area hutan puncaknya.

    Batu Lembu merupakan tempat favorit dari keseluruhan perjalananan pendakian di gunung Lembu, yaitu berupa hamparan batu luas yang menjorok menempel dinding puncak gunung dan menjadi icon dari Gunung Lembu sebagi tempat untuk melihat pemandangan dibawahnya dan berselfi. Dari sini juga terlihat luasnya waduk jati luhur dengan keramba-keramba milik nelayan yang terlihat kecil dari ketinggian.  :foto2

    DSC_0333.JPGDSC_0324.JPG

    Kami duduk berlama-lama di sini melihat senja dan menikmati datangnya malam, hamparan lampu dibawah layaknya kunang-kunang terlihat gemerlip indah menambah suasana semakin berkesan.

    Gunung Lembu tidak begitu tinggi hanya butuh waktu 2-3 jaman untuk mendakinya, dan kali ini pendakianku merupakan persiapan membuat jalur aman dengan memasang plang nama pos, dan pemasangan tali pegangan pada area turunan atau tanjakan yang sekiranya berbahaya untuk acara operasi bersih besoknya.

    Selepas isya, setelah tugas selesai dan puas menikmati keindahan malam di Batu Lembu, kami turun untuk kembali ke base camp, beristirahat dan menunggu besok untuk acara inti opsih dan pipanisasi pemasangan tendon air untuk keperluan warga setempat. :kesengsem

    @genk's

    foto opsih :cintaindo:kesengsem:salut

    DSC_0364.JPG   DSC_0370.JPG

    IMG-20161106-WA0028.jpg    IMG-20161106-WA0012.jpgm

    Pipanisasi  :melambai:cintaindo

    IMG-20161108-WA0004.jpg  IMG-20161108-WA0006.jpg

    IMG-20161108-WA0002.jpg

    • 1
      entry
    • 1
      comment
    • 115
      views

    Recent Entries

    Solo yaitu salah satu kota yang unik serta sayang untuk dilewatkan. untuk kamu yang belum sempat mengunjungi Solo, sempatkanlah. Mengapa? berziarah ke Solo, berarti Anda masuk ke kawasan Wisata Solo, sejarah dan budaya. ketika ini, banyak maskapai yang melayani penerbangan ke Solo.

    1. Pura mangkunegaran Surakarta.jpg

    Wisata di Solo dan sekitarnya layak buat dicoba. buat penginapan, ada banyak hotel di Solo, mulai dari yang murah sampai yang bermutu bintang lima. Sebelum beranjak ke Solo, sebaiknya kamu mengerti apa saja keunikan dari kota ini. Berikut sejumlah fakta menakjubkan dari Kota Solo!

    Mempunyai dua nama sekaligus

    Kota Solo adalah Kota yang mempunyai dua nama dimana nama tersebut sama digunakan, yakni Solo dan Surakarta. Pada mulanya masyarakat sudah familiar dengan Desa Sala, maka banyak orang yang menyebut dengan Kraton Sala. Maka jadilah penyebutan itu hingga sekarang. Nama Sala masih dipergunakan, dan nama Surakarta juga tetap dipakai. akan tetapi entah dimulai oleh siapa dan kapan, serta karena apa pula, kata Sala berubah penulisan serta pembacaannya menjadi Solo.

    Salah satu kota ternyaman untuk ditinggali

    Solo merupakan salah satu kota ternyaman buat ditinggali di tanah Jawa. Solo adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini sungguh nyaman dihuni karena ketenangan kotanya, penduduknya kebanyakan suku jawa. Solo atau Surakarta memiliki semboyan "Berseri", kependekan dari "Bersih, Sehat, Rapi, dan Indah", sebagai slogan yang menggambarkan ketenagan kota ini.

    Tradisi Unik Kota Solo

    Di Kota Solo ada tradisi unik adalah Kirab Pusaka 1 Suro. event ini diselenggarakan oleh Keraton Surakarta serta Puro Mangkunegaran pada malam hari menjelang tanggal 1 Suro. acara ini ditujukan untuk merayakan tahun baru Jawa 1 Suro. Rute yang ditempuh kurang lebih sejauh 3 km ialah Keraton - Alun-alun Utara - Gladak - Jl. Mayor Kusmanto - Jl. Kapten Mulyadi - Jl. Veteran - Jl. Yos Sudarso - Jl. Slamet Riyadi - Gladak kemudian kembali ke Keraton lagi.

    Pusaka- pusaka yang memiliki daya magis tersebut dibawa oleh para abdi dalem yang berbusana Jawi Jangkep. Kirap yang berada di depan yaitu sekelompok Kebo Bule bernama Kyai Slamet sedangkan barisan para pembawa pusaka berada di belakangnya, yang paling unik ialah waktu kebo bule ini mengeluarkan kotoran, maka orang akan saling berebutan buat mendapatkan kotoran kebo bule ini. Katanya sih, bisa bawa berkah. Namanya juga kepercayaan. Percaya ga percaya sih.

    Ada pasar loak terkenal

    Di Kota Solo terdapta pasar Loak atau pasar barang-barang bekas yang sungguh terkenal ialah Pasar Klithikan Notoharjo, pasar ini dibangun pada tahun 2006 oleh Pemerintah Kota Surakarta. Pasar ini terletak di Kalurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, di atas lahan seluas 1.800 m2.

    Pasar Klithikan Notoharjo dibangun menampung penjual kaki lima diarea Taman Monumen 45 Banjarsari yang berjumlah 909 pedagang. Pasar Notoharjo lebih dikenal dengan nama Pasar Klithikan karena pasar tersebut sebagai wadah bagi pedagang kakilima yang menjual berbagai barang bekas, seperti elektronik, pakaian, ponsel, sparepart kendaraan dan barang-barang lainnya. Pasar ini cukup unik karena di sini pengunjung bisa menemukan barang-barang bekas layak pakai.

    Penyelenggara PON Pertama

    Solo adalah kota pertama dimana PON (Pekan Olahraga Nasional) I diadakan. PON I yaitu PON pertama Indonesia yang diadakan di Surakarta pada 9-- 12 September 1948. Tanggal pembukaannya, 9 September, kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.Pembukaan PON pertama ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno serta event penutupannya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX Selaku Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) (sekarang KONI.

    Pekan Olahraga Nasional I ini diikuti oleh sekitar 600 atlet yang bertanding pada 9 cabang olahraga yaitu Atletik, Lempar Cakram, bulu tangkis, sepak bola, tennis, renang, Pencak silat, Panahan serta Bola Basket dengan jumlah total medali (emas, perak, perunggu) yang diperebutkan sebanyak 108 medali. Pesertanya bukan pada tingkat propinsi melainkan pada tingkat Kota serta Karesidenan. ada 13 partisipan yaitu Surakarta, Yogyakarta, Bandung, Madiun, Magelang, Malang, Semarang, Pati, Jakarta, Kedu, Banyuwangi serta Surabaya. Juaranya adalah kota Solo atau Surakarta dengan total medali sebanyak 36 medali.

    Punya dua keraton

    Solo ialah salah satu dari sedikit kota di Indonesia yang mempunyai dua keraton, adalah Keraton Kasunanan Surakarta serta Keraton Mangkunegaran Surakarta yang berjarak sekira 11 km. Meskipun kedua keraton sudah tidak menjalankan pemerintahan seperti dahulu, namun masih ada sultan dan abdi dalem di dalam istana. Selain itu, keduanya juga masih kerap menggelar banyak ritual serta up event adat.

    Selain bisa melihat sendiri arsitektur kuno pada bangunan istana serta masjid. Kamu juga bisa belajar mengenal kebudayaan Jawa yang masih terjaga. Jika bertamu di saat yang tepat, kamu bisa menyaksikan berbagai up acara serta ritual tahunan, salah satunya merupakan Sekaten.

    Uniknya batik khas Solo

    Setiap batik tradisional di setiap daerah menyandang keunikan tersendiri, sama halnya dengan batik khas Solo. Batik Solo mempunyai beragam motif, dua di antaranya yang paling populer merupakan Parang Kusumo dan Truntum. Batik Truntum identik dengan motif bunga kecil-kecil yang membentuk sebuah pola besar.

    Batik Parang Kusumo berbeda lagi. Batik ini dikenal sebagai batik yang biasa dipakai golongan bangsawan Solo. Ciri dari batik ini adalah lajur motif diagonal yang dilukis dari bawah ke atas yang menandakan bahwa pemakainya masih berasal dari keturunan raja. Jika ingin lebih mengenal batik khas Solo, kamu bisa menginap di Best Western Premier Solo yang yaitu sebuah hotel berkonsep batik.

    Wisata sepur uap di tengah kota

    Bagaimana rasanya naik kereta uap kuno dengan asap yang mengepul di udara dan suara tuutt. tuutt. yang khas? Rasa penasaran kamu akan segera terjawab oleh Sepur Kluthuk Jaladara. Lokomotif buatan Jerman pada 1896 ini masih aktif beroperasi sebagai kereta wisata. sepur ini bisa kamu temukan di Kota Solo loh.

    Banyak dijumpai supeltas -Pak Ogah-.

    Di Solo ada orang-orang yang ikhlas meski hidup pas-pasan, mereka ialah Supeltas (Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas) yang rela tidak dibayar demi melancarkan arus lalu lintas yang makin semarwut. akan tetapi sejumlah tatkala lalu para 'polisi cepek' ini oleh Kepolisian Kota Solo dibina. Dikasih rompi dan perlengkapan pengatur lalu lintas seperti peluit dan tanda rambu.

    " Jika dahulu kami hanya bantu menyeberangkan orang yang ngasih duit aja, sekarang kami nggak pan dan g mau ngasih atau tidak semua kami bantu". tatkala ditanya apakah ada honor khusus dari kepolisian, mereka menjawab nggak ada. "Ya hanya mengandalkan pemberian sukarela dari pengguna jalan saja, namanya juga sukarelawan mas", demikian katanya. akan tetapi demikian mereka sungguh bahagia karena dapat membantu kesusahan orang lain saat di jalanan.

  18. http://wisataonesia.com/

    Berlibur adalah salah satu kegiatan untuk melepaskan penat dari rutinitas yang ada, banyak objek dan tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk mengisi waktu liburan kamu. Seperti berlibur ke Pantai, Gunung, Danau, Goa dan Tempat wisata lainnya. 

    Pantai menjadi salah satu pilihan objek wisata yang sering di kunjungi wisatawan saat musim liburan tiba. Karena selain keindahan alamnya, berwisata ke pantai tentunya tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar. Namun apabila kamu berlibur ke pantai, tentunya kamu juga harus mempersiapkan semua perlengkapan yang kamu butuhkan agar liburan kamu terasa menyenangkan. Dari sekian banyak perlengkapan yang harus kamu bawa, berikut wisataonesia merangkum 5 barang yang wajib kamu bawa saat liburan ke pantai.

    1 . KACAMATA

    http://wisataonesia.com/
    Kacamata
    Kacamata ternyata sangat bermanfaat loh, gak percaya ? Menurut sebuah penelitian, mata yang terlalu lama terkena paparan cahaya matahari langsung bisa menyebabkan mata menjadi rusak.  Jika hal itu tidak mau terjadi pada kamu, jangan lupa pake kacamata ya gaes. Tapi usahakan gunakan kacamata dengan Filter UV, dan alangkah baiknya apabila kacamata yang kamu gunakan juga di lengkapi dengan polarized, karena berfungsi meredam silau matahari dan menyerap radiasi sinar ultraviolet dengan baik.

    Baca Juga : Tanjung Konde Taman Bawah Laut Tersembunyi di Maluku Utara

    2 . SUNBLOCK

    http://wisataonesia.com/
    Sunblock
    Sunblok merupakan benda yang wajib kamu bawa selanjutnya. Walaupun tergolong sepele, namun benda satu ini sangat bermanfaat loh, apalagi bagi kamu yang hobi berjemur dan bermain di pantai dengan waktu yang cukup lama. Karena apabila kamu berjemur di bawah terik matahari dengan waktu yang cukup lama bisa membuat kulit kamu mejadi "gosong" dan juga berbahaya bagi kesehatan kulit kamu. Karena paparan sinar matahari dapat menembus dan merusak sel - sel kolagen pada kulit kamu, yang bisa membuat kulit kamu menjadi kasar dan kering.  

    3. SENDAL

    http://wisataonesia.com/
    Sendal
    Ternyata sendal ada manfaatnya juga loh, bukan karena kamu make sendal terus style kamu jadi berkurang. Justru dengan memakai sendal kamu tetap menjaga style dan kenyamanan kamu ketika di pantai. Masa iya ke pantai pake sepatu Kets, High Heels, kan aneh.

    4. BAJU PANTAI

    http://wisataonesia.com/
    Baju Pantai
    Sesuai dengan namanya baju pantai di desain khusus buat liburan di pantai, dengan bahan yang tipis dan ringan membuat kamu tidak cepat gerah dan kepanasan. Apalagi seperti yang kita ketahui cuaca di pantai cukup panas. Selain itu penggunaan pakaian yang pas saat kamu liburan juga menambah kenyamanan kamu ketika liburan. 

    5. AIR MINERAL

     
    http://wisataonesia.com/
    Air Minum
    Nah ini jangan sampai ketinggalan ya gaes bisa bahaya, bisa - bisa kamu dehidrasi kalo gak ada minum seharian. Mungkin banyak yang menganggap hal ini tidak terlalu penting, karena mereka berfikir mungkin bisa membeli di warung yang ada di sekitar pantai. Padahal belum tentu setiap pantai itu ada yang jualan minuman. Kalau pun ada yang jualan harganya bisa selangit. So, gak ada salahnya-kan membawa minuman dari rumah, sembari menghemat uang jajan kamu juga.
     
    Itulah beberapa tips barang yang mungkin kamu anggap "sepele" tapi banyak manfaatnya. Semoga liburan kamu menyenangkan, dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya.

     

  19. Ada sebuah lagu yang sangat saya suka dari Bondan Prakoso and Fade2Black. Judulnya Kau Puisi. Lagu ini adalah lagu cinta yang dibawakan dengan irama rap dan pop.

    Pada salah satu bagian lirik lagu ini ada sebuah kalimat seperti ini: “Saat nikmati indah sunset Pantai Kuta. Hadirmu jadi pelengkapku di tata surya”.

    Sunset dan Pantai Kuta memang seperti sepasang sendal yang saling melengkapi. Jika salah satunya hilang, maka sendal itu tak bisa dipakai. Kalaupun bisa, akan terlihat sangat aneh dan tak enak dilihat. Bondan Prakoso and Fade2Black bukanlah satu-satunya musisi yang terinspirasi oleh keindahan sunset di Pantai Kuta. Jauh sebelum lagu Kau Puisi dibuat, Iwan Fals sudah merilis sebuah lagu berjudul Mata Dewa. Lagu ini diawali dengan sebuah lirik berbunyi “Di atas pasir senja Pantai Kuta. Saat kau rebah di bahu kiriku”.

    pantai-kuta-2.jpg

    Menikmati suasana sunset di Pantai Kuta menjadi tujuan utama saya ke Bali beberapa hari lalu. Saya pernah ke Bali, namun belum pernah merasakan bagiamana suasana sunset di Pantai Kuta. Saya sangat penasaran dan ingin membuktikan sendiri apakah suasana sunset di pantai ini memang sesuai dengan ekspektasi sebagaimana yang sering diceritakan orang-orang.

    Setelah merasakan teriknya udara tropis di Pantai Pandawa yang biru, kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Kuta. Masih ditemani Mas Fery yang hari itu menjadi guide dadakan kami selama di Bali. Kata Mas Fery, jalanan di sekitar Kuta akan sangat macet menjelang senja sehingga kita harus segera berbegas supaya tidak ketinggalan momen sunset.

    pantai-kuta-6.jpg

    Mas Fery benar, setibanya di kawasan Kuta kendaraan mulai padat. Mobil yang kami tumpangi susah sekali untuk maju, padahal waktu sudah menujukkan jam 5 sore. Kalau begini terus kami akan kehilangan momen sunset karna menurut Mas Fery butuh waktu lama untuk sampai ke parkiran Pantai Kuta jika suasana sudah macet seperti ini. Akhirnya, Mas Fery memutuskan untuk memarkir kendaraan di Discovery Mall dan kami akan berjalan ke Pantai Kuta dengan terlebih dulu singgah di sebuah pantai yang berada persis di belakang mall. Kata Mas Fery, orang-orang menyebut pantai ini dengan Pantai Discovery.

    pantai-kuta-4.jpg

    Pantai Discovery sendiri masih berada satu garis dengan Pantai Kuta. Hanya dibutuhkan waktu beberapa menit saja untuk sampai ke Pantai Kuta.

    Matahari sudah mulai beranjak turun ketika kami tiba di Pantai Discovery. Pantai ini tak jauh beda dengan Kuta: sangat landai dan luas. Hanya saja, pasirnya berwarna sedikit kehitaman namun sangat lembut. Kami menikmati suasana di pantai ini sambil berjalan santai menuju Pantai Kuta. Sebenarnya, saya tak bisa membedakan mana yang termasuk Pantai Discovery mana yang termasuk Pantai Kuta. Kata Mas Fery, ada semacam umbul-umbul yang menjadi penanda bahwa ini adalah kawasan Pantai Kuta dan itu kawasan Pantai Discovery. But, who care. Toh suasananya sama saja. Sama-sama indah.

    pantai-kuta-3.jpg

    Pantai Kuta sendiri memang sangat panjang. Beberapa pantai yang masih berada satu garis dengan pantai ini antara lain Pantai Legian, Seminyak serta Jimbaran.

    Beruntung sekali saya hari itu karna langit sedang sangat cerah. Ternyata memang benar, suasana dan pemandangan sunset di pantai ini begitu menggoda. Pantas saja kalau banyak seniman yang terinspirasi olehnya. Momen sunset di Pantai Kuta juga tak luput dari lensa fotografer. Berkali-kali saya melihat muka-muka asing membidik dengan kamera, mengabadikan setiap momen yang mereka lihat. Pemandangan sunset di Pantai Kuta terlihat semakin dramatis ketika matahari berada tepat di atas garis horison. Dengan alat seadanya, sayapun tak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen langka yang indah ini.

    pantai-kuta-7.jpg

    Sampai akhirnya penjaga pantai meniupkan “peluit panjang”. Pertanda pengunjung dianjurkan untuk mengakhiri kegiatan di air karna hari semakin gelap. Bersamaan dengan itu, kami juga meluai berjalan meninggalkan Pantai Kuta. Melewati toko-toko serta bar di kawasan Kuta.
    Sumber

    • 1
      entry
    • 39
      comments
    • 221
      views

    Recent Entries

    Hola hola, im back again setelah kekesalan yg terjadi pasca pengurusan visa waiver saya, gak usah dibahas kali ya disini :tersipu:tersipu
    Okeh deh, lets gooohhhhhh,

    Ada yang berencana ke jepang dalam waktu dekat? atau bahkan ada yang sudah issued ticket tapi takut Visa ditolak atau pusing ngurusin persyaratan pengajuan Visa yang super ribet? Tenang saja, VISA ke Jepang? Mudah dengan E-Passport. Tinggal Apply Visa Waiver saja............
    Nah sebelum jauh membahas bebas visa (visa waiver jepang), bro bro and sissi harus sudah paham dulu apa itu epassport dan bagaimana mengurus epassport, kali ini saya asumsikan kita semua sudah pada ngerti apa itu epassport atau jika belom, bisa baca ulasan saya mengenai apa itu epassport dan cara pengajuan epassport  disini . 

    Nah sekarang, apa sih Visa Waiver/BEBAS VISA  itu ? Bisa cari sendiri lah ya di om google atau di website kedubes jepang nya langsung Read here

    Siapa yang bisa mendaftar untuk bebas visa (Visa Waiver)?

    Yang bisa mendaftar untuk bebas visa (Visa Waiver) adalah Warga Negara Indonesia pemegang IC passport/e-passport. Paspor tersebut memiliki logo chip di bagian sampul depan yang sesuai standar ICAO (International Civil Aviation Organization).

    Ke mana mengurus bebas visa (Visa Waiver)?

    Bagi siapapun (WNI) yang sudah  memiliki e-paspor bisa mendatangi Kantor Perwakilan Negara Jepang (Kedutaan Besar Jepang/Konsulat Jenderal Jepang/Kantor Konsulat Jepang) di Indonesia sebelum melakukan perjalanan ke Jepang. Kita juga bisa mengurus visa waiver melalui agen perjalanan yang telah terdaftar resmi. Kali ini saya mengurus visa waiver saya di Embassy of Japan yang beralamat di Jalan MH Thamrin No.24, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350. Patokannya adalah gedung setelah tower Plaza Indonesia. Nah ketika anda mendatangi kantor kedutaan jepang ini, kita akan diperiksa layaknya pemeriksaan keamanan di bandara-bandara, ketika kita sampai di pintu depan, tas kita akan diperiksa oleh petugas security , setelah itu kita menukarkan ID kita (Bisa KTP/SIM) di petugas keamanan depan. Setelah kita menukarkan ID kita, kita kemudian masuk kembali ke bagian scanning barang dan diri  dari pintu yang bertuliskan Nomor 2 (ini saya mengurus di kedutaan jepang yang berada di jalan M.H Thamrin Jakpus), disini barang kita akan di X-ray  begitu juga dengan badan kita. 
    Setelah selesai dari bagian security, bergegaslah menuju ruang pengurusan Visa, dan langsung ambil nomor antrian dengan menekan tombol "A", jangan mengambil nomor antrian dari tombol B.
    Tombol "A" adalah antrian untuk pengurusan Visa baik Visa biasa maupun Waiver, Tombol "B" untuk Warga jepang.
    IMG_20161010_090653.jpg

    ssssss, sebenarnya tidak diperbolehkan mengambil photo didalam ruang pengurusan visa.

    Berikut adalah Dokumen dan nomor antrian yang akan saya serahkan kepada petugas

    IMG_20161010_101035.jpg

    Notes: Ketika kalian sudah didalam ruang tunggu, silahkan meminta nomor "receipt" kepada petugas security yang sedang bertugas disitu, isi dan nanti serahkan sekalian pas penyerahan dokumen pengajuan.

    Sebai informasi juga, dikantor kedutaan jepang yang beralamat Jalan MH Thamrin, loket pengurusan ada 5 loket yang tersedia, 3 loket untuk Antrian "A" dan 2 loket untuk antrian "B".
    Dan satu loket di loket "A" biasanya digunakan untuk travel agent.
    Sebenarnya sih pas pengajuan berkasnya, pengechekan dan validasi berkas saya tidak sampai 1 menit, tetapi menunggu nomor antriannya lah yang lama, apalagi jika yg masih dilayani diloket adalah travel agent, yang membawa pengajuan permohonan visa dalam jumlah banyak, ya harus sabar sabar sajalah menunggu.

    Dokumen yang diperlukan mengurus bebas visa (Visa Waiver)?

    Untuk pengurusan Visa Waiver, kita hanya cukup menyiapkan dokumen e-paspor (Passport elektronik kita itu sendiri)  dan formulir aplikasi permohonan. Formulir permohonan visa waiver, bisa diunduh di situs resmi Kedutaan Jepang di sini  yang tersedia dalam bentuk pdf dan word. Tinggal isi nama, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor paspor, masa berlaku, alamat tinggal, nomor telepon rumah, nomor handphone, tanggal pengajuan, dan tanda tangan. That’s it

    Berikut sample form untuk pengajuan Visa Waiver, kita hanya perlu mengisi form ini saja. Tidak perlu persyaratan lain seperti pengajuan visa biasa.

    form waiver.PNG

     

    Berikut Formulir yang sudah saya isi:

    1.jpg

    Catatan: Untuk pengisian formulir, bisa diketik secara komputerisasi atau ditulis tangan. Bagi kalian yang sedikit pemalas seperti saya, jika kalian tidak punya waktu untuk ngeprint sendiri, kalian bisa ambil form ini juga di dalam kantor kedutaan nya, jadi selagi menunggu nomor antrian dipanggil oleh petugas, kalian bisa isi form ini. Form ini tersedia secara gratis di rak yg terletak deket dengan mesin Nomor Antrian berada.
     

    Berapa lama pengurusan Visa Waiver ?

    Proses pengurusan Visa Waiver selama dua hari kerja di Kedutaan Jepang atau Kantor Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia. Untuk mendaftarkan permohonan visa waiver, rentang waktu adalah pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Hasil permohonan visa waiver akan diberikan pada siang hari (13.30-15.00).
    Notes: seperti pada gambar berikut akan kita temukan pada kertas receipt yang kita dapatkan. Tetapi pada kenyataannya, untuk visa waiver, bisa selesai dalam satu hari kerja.
    Semisal jika kita apply visa waiver hari ini (antara 8.00-12.00), besoknya (antara pukul 13.30-15.00) sudah bisa kita ambil visa waivernya.

    pengambilan visa.jpg

    Nah jika ingin mengambil visa waiver yang sudah diajukan, jangan lupa datang pada rentang pukul 13.30 WIB-15.00 WIB dan jangan lupa membawa bukti receipt pengajuannya, seperti gambar beriku:

    2 ambil.jpg

    Jangan coba-coba datang terlambat walau hanya telat 1 menit saja, karena mereka tidak akan melayani. Kasus saya: saya tiba di kedubes jepang pukul 15.02, perkara telat 2 menit saya pulang kebandung dengan tangan kosong.

    Berapa biaya yang diperlukan mengurus Visa Waiver?

    Untuk mengurus permohonan visa waiver, tidak dikenakan biaya administrasi dengan kata lain gratis tis tis tis...... Hal yang berbeda jika akan mengurus visa dengan paspor biasa, kita akan dikenakan biaya administrasi permohonan visa.

    Bukti bebas visa (Visa Waiver)?

    Bagi  yang telah mendaftarkan permohonan visa waiver akan diberikan e-paspor dengan bukti registrasi berupa stiker bebas visa. Visa tersebut bisa digunakan untuk kunjungan  ke Jepang dengan durasi tinggal maksimal selama 15 hari dalam sekali kunjungan dan berlaku selama 3 tahun, bisa digunakan berkali-kali hingga masa berlaku stiker tersebut habis, tanpa perlu melakukan registrasi lagi di tiap kali melakukan perjalanan. 

    Berikut sticker visa waiver yang sudah saya dapatkan, yeyeyeyeyeyeyeiiii akhirnya jadi juga ke Jepang.... lets rock japan...........

    IMG_20161019_150742.jpg
     

     

    Nah Gampang bangat kan mengurus bebas visa ke jepangnya, nah tunggu apalagi, jangan ngantor mulu. hehheheheh

    Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu bagi bro-bro and sissi yang berencana ke jepang menggunakan visa waiver.... Keep travelling...... :melambai:melambai:melambai:melambai:melambai

  • Blog Statistics

    510
    Total Blogs
    1,522
    Total Entries