Sign in to follow this  
  • entries
    25
  • comments
    85
  • views
    16,867

About this blog

this is my new chamber. Welcome :)

Entries in this blog

zeekyuryu

Apa tuh dana JHT? JHT ini adalah Jaminan Hari Tua, program yang dibuat oleh BPJS Ketenagakerjaan (Dulunya Jamsostek). Lho, emang udah pensiun, bisa dicairin sekarang? Emang belum pensiun dan emang masih muda, tapi dana JHT ini sudah bisa diambil kapan saja bagi mereka yang sudah resign. Nanti gue jelasin deh. 

Dulu, dana JHT baru bisa dicairkan paling tidak jika sudah kerja minimal 5 tahun. Tapi per 1 September 2015 lalu, sudah ada kebijakan baru yang menyatakan bahwa semua peserta dana JHT boleh mengambil dana mereka setelah satu bulan pasca mengundurkan diri atau pun di PHK. Jadi, nggak usah tunggu lama ampe 5 tahunan kerja dulu baru boleh dicairin, sekarang, abis resign sebulan pun boleh langsung diambil. Nanti kalau masuk kerja lagi tinggal bikin kartu yang baru deh :D

Tapi, tentu aja kebijakan baru ini masih punya kekurangan, terutama di bagian pelayanan saat mencairkan. Mulai dari sosialisasi persyaratan baru yang belum sepenuhnya dimengerti sampai membludaknya peserta yang ingin mencairkan dana sehingga kantor-kantor pelayanan kurang maksimal dalam memberikan pelayanannya.

Oke, kita bahas dulu syarat-syarat pencairan dana JHT ini. Apa aja sih?

1. Formulir pengajuan pembayaran Jaminan Hari Tua F5 dari BPJS Ketenagakerjaan dan nantinya difotokopi yah waktu verifikasi data di Kacab
2. Fotocopy Kartu Keluarga, KTP, dan Kartu Peserta Jamssostek (dan aslinya yang ditunjukkan saat verivikasi di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan)
3. Fotocopy Buku Tabungan aktif ( dan aslinya yang ditunjukkan saat verivikasi di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan)
4. Surat Paklaring yang sudah dilegalisir Disnaker setempat

Nanti kita bahas satu-satu. 

Bagaimana cara daftar klaim ini?

Karena membludaknya peserta yang mengajukan dana JHT membuat BPJS Ketenagakerjaan ini kelimpungan. Dulu, banyak yang datang hanya mendapat formulir pengajuan pembayaran JHT yang harus diisi di rumah dan dikembalikan lagi ke kantor BPJS tersebut 3 sampai 8 bulan mendatang. Ada kartu yang memberitahukan kapan mereka harus datang lagi! What?? Menurut BPJS, hal tersebut karena membludaknya antrian para peserta yang ingin mencairkan dana JHT. Maka itu, sekarang mulai digalakkan yang namanya e-klaim. 

Karena emang sekarang serba online, gue pun langsung aja buka situs bpjsketenagakerjaan.go.id dan bikin akun di sana. Gue saranin buka pake mode desktop kalau nggak mau instal aplikasi mobile nya. Soalnya, kalau buka pake gadget, otomatis kita disuruh instal aplikasinya. 

Setelah selesai bikin akun dan profil, ada beberapa menu yang bisa digunakan untuk fasilitas online, termasuk e-klaim ini. Langsung aja klik e-klaim JHT. Pilih nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin kita cairkan, lalu pilih Pengajuan Klaim. Nantinya kita akan diminta untuk mengisi form di halaman tersebut dan kemudian mengunggah syarat-syaratnya dalam format jpg atau pdf.

Tips: 
- Langsung scan semua dokumen persyaratannya agar bisa diupload. 
- Perhatikan jenis dan ukuran maksimal filenya agar tidak gagal upload
- Gunakan PC karena walaupun desktop view dari mobile kadang suka error. 

Jika sudah berhasil direkam, maka kita akan mendapatkan email notifikasi dan klaim akan segera diproses di kantor cabang yang kita tujukan. *Note pencairan dana JHT bisa dilakukan di kantor cabang mana saja, tidak harus sesuai domisili. Gue KTP Depok, kerja di Jakarta, dan nyairin di Kantor Cabang Bogor 2 aka Cileungsi. 

Setelah itu, normalnya, kita bakal dapat balasan maksimal 1x24 jam dari kantor cabang yang kita tuju apakah pengajuan kita memenuhi syarat atau ga. Kalau memenuhi syarat, kita akan diminta ke kantor cabang tujuan tersebut maksilam 7 hari setelah email pemberitahuan kita terima dengan membawa semua file fotocopy maupun asli untuk verifikasi data. Kalau semua oke, dana akan langsung cair maksimal 3 minggu kemudian setelah kita datang ke kantor cabang. Di atas 2 juta, dana akan langsung masuk ke rekening kita. Gampang kan?

Tapi meski begitu, masih banyak aja yang mengalami kendala, termasuk gue yang nggak mulus waktu melakukan proses pencairan dana JHT ini. semua masalah yang gue alami dan kebanyakan orang alami, bakal gue bahas di FAQ berikut ini. 

- Surat paklaring dari disnaker tuh kayak apa sih??
Ini pertanyaan terbesar gue waktu pertama kali baca persyaratannya. Buat yang resign sebelum tanggal 1 September 2015 nggak usah khawatir, karena nggak perlu pakai ini. Cukup pakai surat paklaring atau surat resign biasa dari perusahaan aja. Nah, berhubung gue resign baru-baru ini, ya bingung dong. Nyari di internet waktu itu belum banyak yang cerita pengalaman mereka karena ini adalah kebijakan yang baru banget. HRD pun bingung, apalagi kita, ya nggak? Ditambah embel-embel wajib banget, duh, kalau nggak dapet gimana dong, nggak bisa nyairin??? alamak!

Ternyata, untuk mendapatkan legalisir disnaker ini ada 2 cara, yang pertama, kita minta sama HRD dibuatin surat yang menyatakan kalau kita udah resign dari perusahaan sama kayak surat resign biasa kita tapi ditujukannya untuk Disnaker di wilayah kantor kita dan buat tembusan untuk BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya, HRD bakal laporin ini ke Disnaker buat distempel alias dilegalisir sama mereka. Ini ada contohnya dari alamat yang tertera di pic-nya, eike minjem , karena gue sendiri nggak pake surat ini. *LHOOO KOK BISA?? TADI KATANYA WAJIB? Iye ntar ane ceritain! Sabar*

IMG_20151022_213606-picsay%255B1%255D.JP

 

Agak ribet urusannya kalau misalnya kita nggak deket ama HRD perusahaan lama, atau kalau perusahaannya udah tutup misalnya, atau cerita lain lain lah yang intinya duh, nggak bisa nih minta tolong ke perusahaan lama. 

Menurut si ibu yang melayani gue di BPJS Ketenagakerjaan Cileungsi dan juga ada orang yang pernah cerita di blognya, surat tersebut bisa didapat dengan cara kita sendiri. Surat resign dari perusahaan tuh, kita bawa sendiri ke Disnaker dan minta dilegalisir. Udah, langsung cap, beres. Begitu katanya. AGak bingung sih, katanya kebijakan ini biar Disnaker punya data pekerja di Indonesia, terus kalau cuma stempel doang, gimana ya? Ga tau gue ga berani berasumsi banyak karena gue nggak pernah nyobain proses minta legalisir ini sih. Good luck guys!

- Kenapa tidak bisa masuk ke halaman pengajuan klaim?
Nah, ini pernah bikin gue bingung, karena dapat notif, "Klaim ini harus dilakukan oleh Tenaga Kerja NA". Berkali-kali gue dapet ini, gue pikir NA tuh negara asing, tapi kan ya nggak mungkin. Akhirnya, setelah nanya CS nya, itu NA adalah Non Aktif. Jadi, klaim tersebut hanya diperuntukkan untuk peserta yang sudah nggak aktif lagi, alias berarti kartu bpjs ketenagakerjaan kamu masih aktif. Lho, kan udah resign?

Jadi, walaupun kita udah resign, HRD harus lapor ke BPJS Ketenagakerjaan agar menonaktifkan kartu bpjs ketenagakerjaan kita. Nah, mungkin HRD kamu lupa. Caranya, kamu minta tolong pihak HRD buat lapor ke kantor BPJS Ketenagakerjaan wilayah setempat. Prosesnya juga nggak langsung cepet, minimal 2 minggu kalau nggak salah, tergantung tanggal berapa pelaporan dilakukan. Sabar yaaa :)

- Email Notifikasi nya kok lama ya?
Banget!! Gue sih termasuk yang beruntung yak, karena email notifikasi kalau data berhasil direkam itu datang langsung sesaat setelah gue berhasil ngaplod semuanya. Karena, ada juga orang yang cerita untuk dapat email notif ini aja susaaaaah banget. 

Tapi, gue merasakan nggak dapet kejelasan sama proses klaim yang gue ajukan setelah proses berhasil ngaplod berkas. Cek status di websitenya, selalu saja "proses klaim belum diproses" dan itu berlangsung sampai sekarang gue nulis ini, sekitar 3 mingguan sejak gue ngaplod, padahal udah beres kemarin banget. 

1 minggu gue tungguin, kok statusnya sama aja, akhirnya gue pun nelpon CS dan cuma dapet nomor tiket pengaduan tanpa ada solusi yang jelas. Mereka beralasan, berarti yang belum proses itu kantor cabang tujuannya. Gue coba telpon kantor cabang cileungsi tapi nggak pernah diangkat.

Karena mangkel, gue pun tunggu seminggu lagi, nggak dapet-dapet email apa pun. Niatnya udah pengen nelpon lagi aja, tapi tetep susah banget. Sampai 2 minggu membiarkan saja, akhirnya Senin 25 April malam gue dapet email dari BPJS Ketenagakerjaan. 

Email otomatis itu nyebutih kalau permintaan gue sudah berhasil dan gue diminta datang 7 hari setelah email tersebut diterima. Tapi, ada keterangan tambahan yang isinya kebalikan dari email di atas. Intinya, keterangan itu bilang, "Maaf, berkas klaim ibu belum kami terima lengkap dan perlu diverivikasi ulang. Silahkan datang ke Kacab Bogor Cileungsi pada 25 April 2016. Bawa semua berkas asli dan copy-nya. Peserta mengundurkan diri per Sept 2015, wajib dilengkapi surat pemberotahuan kepada Disnaker."

Bingung kan?? Gue pun demikian. Mana disuruh datengnya besok juga dan email baru nyampe Senin malemnya. Gue sih udah punya feeling, berkas belum lengkap yang dimaksud adalah surat ke Disnaker, karena waktu upload, gue pakai surat resign perusahaan biasa.

Sebenarnya malas datang ke kantor cabang karena emang belum punya surat itu, tapi karena ada tanggal 25 April 2015 yang mana gue yakin itu keterangan pasti emang ditulis dari kantor cabangnya, gue pikir mending gue tanya langsung ini itu dari pada susah lagi komunikasi ama mereka. Apalagi, nemu blog dan juga surat terbuka peserta di lapor.go.id tentang kasus serupa yaitu lama banget pelayanan di Cileungsi, makin bikin gue takut kerepotan kalau pas dipanggil gue malah ga dateng. 

bpjs3.jpg

Berniat nanya ini itu dan kalau repot niat gue batalin aja dulu proses e-klaimnya, gue pun datang ke kacab Cileungsi di tanggal yang diminta. Nggak heran klo antreannya udah panjang banget, tapi e-klaim pasti lebih pendek makanya gue pun santai aja.

Nah di sini cerita pentingnya. Setelah ngantri dan dipanggil, berkas gue diperiksa. Dan sesuai dugaan si ibu bilang, "Mbak, sudah ada surat legalisir dari Disnaker?" Gue pun menjawab, "Wajib banget ya bu? Itu gimana sih mintanya" Si ibu pun bilang tinggal datang ke Disnaker. Terus gue bilang lagi, "jadi nggak perlu lewat company kan bu? Surat resign saya ini aja yang perlu dikasih ke Disnaker?" Si ibu pun bilang iya. Lalu dia nanya lagi, "Emang kantornya dimana mbak?" Gue jawab Sudirman Jakarta Pusat". Si ibu sambil ngecek surat resign gue dan kemudian, angin segar tiba-tiba berhembus.

"Oh Jakarta ya.." Dia nanya temennya "Jakarta nggak usah pake Disnaker, kan?" Gue pun lihat temennya jawab, "nggak usah". daaannn cerita selanjutnya pun e-klaim gue diterima. Yang tadinya gue mau nanya ini itu plus pengen komplain soalnya lama banget komunikasi sama kantor Cileungsi, sirna semua. Nggak tahu karena capek ngantri nggak bisa ngapa-ngapain karena hape juga lowbat, atau karena buru-buru juga karena udah mendung banget, atau gimana ntahlah, tapi yang jelas, gue cukup puas sama pelayanan si ibu yang ramah banget ke semua customer padahal nggak berhenti-berhenti tuh dia meriksa berkas dan ngasih penjelasan ina inu sama mereka. 

- Terus kapan dana JHT kita cair?
Kalau semua udah oke, dari loket verifikasi data, kita diberitahu tunggu sampai maksimal 3 minggu, kalau lebih dari itu, balik lagi dengan bawa formulir tanda terima dari loket tadi. Dan tunggu aja, rajin-rajin ngecek tabungan :)

Overall, pelayanan e-klaim ini sebenarnya mudah, tapi memang membutuhkan beberapa hal yang harus diperbaiki. 

1. Sistemnya yang nggak up to date
2. Kurang cepat dalam memberikan notifikasi sehingga peserta sering merasa digantung. Harusnya, selalu ada notifikasi apa pun yang diterima peserta tepat waktu setelah melakukan proses apa pun itu.
3. Masih kurang koordinasi saat pelayanan di kantor cabang. Jadi ceritanya, gue heran kok banyak peserta e-klaim yang udah dipanggil terus tiba-tiba mundur lagi ke luar kantor dan beberapa lama balik lagi ke loket. Ini kan buang waktu banget dan gue digituin. Ternyata cuma kurang fotokopi formulir F5 yang kita download di email. Padahal, waktu dapat nomor antrian, satpam udah periksa persyaratan. Harusnya ada pemberitahuan tertulis kalau formulir F5 wajib juga difotokopi. Ini bisa menghemat waktu pelayanan. Untungnya, si ibu ramah banget jadi nggak bisa komplen banyak :D

Dah sekian dulu. Mudah-mudahan dana JHT gue cepet cair :)

zeekyuryu

Reklamasi menjadi topik hangat belakangan ini. Proyek reklamasi teluk Jakarta menuai pro dan kontra terkait fungsi sekaligus dampak negatif terhadap ekosistem di Jakarta. Tak hanya itu, kasus ini semakin menjadi sorotan karena ada praktik suap di dalamnya. Sebenarnya, apa sih reklamasi itu dan negara mana saja yang pernah sukses melakukan reklamasi ini?

Dari berbagai sumber, reklamasi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu reclaim yang artinya memperbaiki sesuatu yang rusak. Namun reklamasi menjadi istilah dalam urusan pembangunan yang artinya pekerjaan yang dilakukan pada suatu wilayah berair yang kosong atau memang sudah tidak dipakai untuk dijadikan wilayah baru berupa daratan dengan cara dikeringkan. Atau dengan kata lain, reklamasi adalah membuat daratan baru dari wilayah yang berair. Daratan buatan ini bisa dipergunakan untuk berbagai fungsi, mulai dari pemukiman, perkantoran, objek wisata, fasilitas umum, bandara, pelabuhan, dan lain sebagainya. 

Bagaimana cara mengeringkan airnya? Proses pengeringan tersebut bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan mengurug dan menyedot air. Cara menyedot air lebih jarang dilakukan karena rumit dan membutuhkan perawatan yang teliti di masa depannya. Namun, ada negara yang menggunakan cara ini, yaitu Belanda. Sementara yang paling populer adalah dengan cara mengurug. Pengurugan untuk reklamasi membutuhkan material yang sangat cocok dengan wilayah reklamasi. Bisa dilakukan dengan mengeruk material di dasar laut yang dalam. Pokoknya, material yang digunakan harus bisa menopang bangunan lain di atasnya dan juga harus sesuai dengan syarat-syarat keamanan termasuk wilayah di sekitarnya.

Proyek reklamasi ini bukan proyek kecil. Proyek ini membutuhkan banyak ahli yang terlibat dengan dana yang juga besar. Ahli-ahli seperti lingkungan hidup, konstruksi, pemerintah, negara, laut, dan masih banyak lagi harus terlibat untuk mengurangi dampak negatif yang akan ditimbulkan. Dampak negatif? Yap, mengurug laut tentunya memiliki resiko buruk terhadap keseimbangan alam. Abrasi, banjir, perubahan pola arus, erosi, dan berbagai perubahan ekosistem adalah dampak yang akan timbul dari reklamasi yang tidak memiliki perencanaan yang matang. Karena itu, butuh kesiapan sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi, dan juga dana yang memadai untuk mengurangi resiko buruk reklamasi tersebut.

Jika buruk, kenapa reklamasi masih sering dilakukan? Reklamasi tidak selamanya buruk. Pembuatan daratan ini biasanya dilatarbelakangi dengan alasan-alasan yang beragam. Misalnya, justru untuk mengurangi banjir, untuk menambah pemukiman, dan lainnya. Saya tidak akan membahas tentang reklamasi di Teluk Jakarta, tapi berikut ini beberapa negara yang pernah sukses melakukan reklamasi, selain di Indonesia ya.

1. UEA, Dubai
087103500_1448628652-palm-jumeirah.jpg

Pertama kota di Uni Emirat Arab, Dubai adalah salah satu yang sukses dengan proyek reklamasinya. Pulau buatan, Palm Jumairah menjadi kebanggaan besar kota ini. Palm Jumairah merupakan pulau buatan terbesar di dunia yang bentuknya menyerupai pohon palem. Palm Jumaerah menjadi objek wisata yang berhasil meningkatkan pariwisata di Dubai. Proyek ini merupakan salah satu cara Dubai untuk menarik wisatawan asing untuk mengunjungi Dubai karena Dubai tidak memiliki banyak sumber daya alam yang menarik. Sukses dengan proyek yang dikerjakan perusahaan pengembang asal Belanda ini, Dubai juga sedang mengerjakan proyek reklamasi lain saat ini.

2. Cina

100827_03.jpg


Reklamasi besar yang terkenal di Cina antara lain adalah Cao Fei Dian di kawasan Beijing Timur yang memakan 2000 hektar lahan. Wilayah ini dijadikan sebagai pelabuhan besar, lokasi perekonomian, dan juga pemukiman. Dibutuhkan perencanaan yang sangat matang dengan bahan-bahan yang sangat banyak jumlahnya untuk mengerjakan proyek ini. Pembangunan reklamasi ini merupakan cara pemerintah Cina untuk merelokasi kawasan industri di Beijing demi terselenggaranya Olimipade Beijing di tahun 2008.

3. Korea Selatan
sondo-south-korea.jpg

Korea Selatan juga melakukan reklamasi besar untuk Song Do di semenanjung barat pantainya. Tak tanggung-tanggung, proyek ini menghabiskan lahan 38 ribu hektar dan membaginya ke dalam 3 zona utama, yaitu zona resor, bandara, dan juga kawasan industri dan perdagangan. Song Do memang menjadi wilayah yang sangat sibuk di Korea. Berdampingan di Bandara Internasional Incheon, Song Do menjadi kota baru yang sangat berkembang dan disebut sebagai Song Do International Bussiness District. 

Sebagian besar wilayah reklamasi Song Do ini digunakan untuk resor, pemukiman, hotel, dan juga perkantoran. Banyak acara internasional yang sudah digelar di area ini, termasuk video klip Gangnam Style. Acara seperti Asian Games 2014, World Education Expo 2015 juga diselenggarakan di sini. Song Do Central Park adalah landmark yang bisa ditemukan di Song Do. Sementara setengahnya lagi digunakan untuk kawasan industri dan perdagangan. Sisanya merupakan penambahan untuk Bandara Internasional Incheon.

4. Singapura
71866722d832363c1f864330c5f89c7a.jpg

 

Singapura merupakan negara yang bisa menjadi contoh reklamasi. Anda pasti tahu Pulau Sentosa yang terkenal itu? Ya, pulau Sentosa atau Sentosa Island merupakan hasil proyek reklamasi Singapura yang berfokus untuk tujuan wisata. Pulau ini menjadi lokasi di mana Universal Singapura, Madam Tussauds Singapura berdiri. Untuk mendirikan Sentosa Island ini, reklamasi dilakukan pada 500 hektar lahan yang terdiri atas Pulau Blakang Mati dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Pusat wisata di Sentosa Island ini berhasil menyedot wisatawan dari berbagai belahan dunia. 

Pulau Sentosa memiliki kampanye lingkungan yang disosialisasikan juga pada pengunjungnya. Pengunjung Pulau Sentosa diharapkan bisa menjaga ekosistem pulau tersebut dengan berbagai cara. Misalnya, mempromosikan hemat bahan bakar dan juga melindungi aset di dalamnya. 

5. Hong Kong
7703549682_42f3db1af7_b.jpg

Hong Kong termasuk yang terbatas sumber daya alamnya. Karena itu, Hong Kong mengubah sebuah pulau kecil bernama Tung Chung ini menjadi sebuah pulau yang menarik wisatawan. Tung Chung terhubung dengan alat transportasi dari kota besar sehingga sangat mudah dikunjungi. Pulau ini merupakan hasil reklamasi di pantai timur laut Hong Kong seluas 1,4 hektar. 

Di atasnya, kini berdiri sebuah bandara internasional dan pusat berbelanjaan. Tung Chung kini menjadi salah satu destinasi belanja favorit mereka yang pergi ke Hong Kong. Tak hanya belanja, pusat perbelanjaan ini juga menyediakan hiburan dan juga aneka kuliner di dalamnyaP. 

6. Jepang
img_top.jpg

 

Proses reklamasi yang panjang pernah dilakukan di Jepang untuk Bandara Internasional Kansai di Kyoto. Bandara ini dibangun di atas daratan yang dibuat di lepas pantai di teluk Osaka. Bandara ini menjadi alternatif bagi wisawatan internasional selain dari Bandara Narita. Bukan tanpa kesulitan, pulau yang dibangun bandara ini merupakan lokasi yang rawan gempa. Untuk menyiasatinya, maka dilakukan rekayasa teknologi sehingga pulau menjadi pulau anti gempa. Pulau ini mulau dibangun pada tahun 1987 dan baru dibuka pada tahun 1991. Kini, Bandara Kansai di Jepang ini sudah melayani kurang lebih 1000 penerbangan setiap minggunya. 

7. Belanda
amsterdam-netherlands-sm.jpg

Belanda merupakan negara yang juga dikenal dengan kesuksesannya dalam melakukan reklamasi besar. Port of Rotterdam merupakan hasil reklamasi yang menjadikan pelabuhan ini menjadi pelabuhan terbesar di Eropa dan juga yang paling menghasilkan. Pelabuhan ini memiliki 2 wilayah reklamasi, yakni proyek Maasvlakte 1 dan 2 yang dibuat beruntun setelah proyek yang pertama sukses besar. 

Nah itu dia beberapa negara yang pernah melakukan proyek reklamasi. Pada intinya, negara-negara tersebut melakukan reklamasi dengan perencanaan yang matang dan teknologi yang memadai. Bagaimana kelanjutan proyek reklamasi di Teluk Jakarta yang saat ini sedang diberhentikan sementara terkait perizinan dan peraturan yang tumpang tindih? Selain itu bagaimana juga efeknya terhadap ekosistemnya? Hmmm...

zeekyuryu

Serial TV BBC populer, Sherlock Holmes baru saja merilis episode spesial yang berjudul, Sherlock: The Abominable Bride. Episode spesial Natal dan Tahun Baru ini dirilis untuk mengobati kerinduan para pecinta Sherlock sejak season ketiga tahun 2014 dan masih menunggu season 4 di tahun 2017 mendatang. 

p0363ptg.jpg

 

Selama 1,5 jam, penonton akan dibawa menjelajahi waktu dari masa kini, ke masa Victorian pada tahun 1895, era asli Sherlock yang dibuat Sir Arthur Conan Doyle di bukunya. Plot cerita dibuat maju mundur menggambarkan halusinasi dan mimpi Sherlock di masa saat ini dan kisah yang dikarang Watson di masa lampau. Agak membingungkan, namun plot ini justru membuat The Abominable Bride ini menarik. 

The Abominable Bride membawa Sherlock dan dr. Watson kepada kasus seorang pengantin wanita yang 'bangun' dari kematiannya dan membalas dendam pada para pria yang menyakitinya. Selain time travel yang diusung Douflas Mackinnon sebagai sutradara, episode ini juga membawa kisah horor dan misteri.

Ilustrasi Emilia Ricoletti, hantu wanita di sini berhasil membuat saya pribadi merinding. Makeup putih tebal dengan bibir merah berantakan dan mata yang menghitam cukup menggambarkan seorang wanita gila dan menakutkan, apalagi saat menjadi hantu. Dengan kostum pengantin bergaya Victorian, tentu akan menambah kesan horor hantu-hantu kuno. Adegan penuh asap dengan instrumennya sukses membuat adegan Ricoletti ini adegan horor yang menegangkan. 

Sherlock%2BThe%2BAbominable%2BBride%2B2.

Tapi tentu saja, Sherlock tidak pernah percaya ada hantu. Kasus ini dianggap bukan sebagai kasus hantu yang gentayangan atau pembalasan dendam oleh 'kembaran' yang biasa terjadi di film-film lain. Aksi Sherlock dan Watson membawa episode ini kembali bernuansa misteri kriminal dan drama detektif yang seru. 

The Abominable Bride menyajikan reka ulang adegan episode-episode Sherlock sebelumnya. Seperti saat Sherlock dan Watson pertama kali bertemu dan pertama kali datang ke 221 Baker Street di episode A Study in Pink (season 1). Tentu saja, latarnya disesuaikan dengan era Victorian. Dan adegan-adegan lainnya yang membuat kita bernostalgia ke season-season lama pendahulunya.

Episode ini juga kaya akan naskah yang menggigit, yang menguatkan setiap karakternya. Sherlock yang selalu dihantui dengan Moriarty dibuat begitu kental dalam episode ini. Menariknya, ada adegan di mana dr. Watson membicarakan soal perasaan Sherlock untuk masalah hubungan percintaannya. Adegan obrolan ini cukup lama dan Watson mempertanyakan soal masa lalu Sherlock, mungkinkah spoiler untuk episode di season selanjutnya?

Bicara soal spoiler, The Abominable Bride ini memang cukup banyak menyisakan pertanyaan untuk para penontonya. Episode ini menggambarkan kekhawatiran Mycroft baik di masa lalu maupun masa kini terhadap Sherlock. Banyak yang mempertanyakan, ada apa dengan Mycroft di masa datang? Film ini juga membicarakan tentang Moriarty yang sebelumnya sudah mati. Apa yang terjadi dengan musuh bebuyutan Sherlock ini sebenarnya?

Sherlock: The Abominable Bride memang sebuah episode menarik yang mengobati rindu para pecinta Sherlock. Akan tetapi, analisa khas Mr. Holmes pada episode ini kurang greget dan terkesan anti klimaks. Saya pribadi mudah menebak apa yang terjadi dengan Ricoletti sebenarnya. Kasus ini, yang digadang-gadang sebagai kasus yang membuat Sherlock sangat tertekan secara mental, menurut dr. Watson di awal cerita, ternyata tidak memenuhi ekspektasi saya. Sang sutradara membuatnya terlalu mudah dan Mary Watson yang menemukan 'kunci penyelesaian kasusnya?' hmmmm...

Selain itu, yang sangat disayangkan lagi adalah bagian akhir ketika Moriarty dan Sherlock berkelahi di tepi air terjun. Dengan layar gelap hanya bercahaya di bagian air terjun, memang menegaskan jika scene itu adalah mimpi Sherlock yang ternyata OD karena heroinnya. Namun, scene tersebut berakhir konyol dengan adegan terbang ala Superman yang dilakukan Sherlock. Such a waste...

anglo_1920x1080_abominablebride-e1451739

Tapi sekali lagi, Sherlock: The Abominable Bride yang masih dibintangi Benedict Cumberbatch dan Martin Freeman dan para karakter pendukung lain yang dimunculkan di setiap episodenya, seperti Mrs. Hudson, Lestrade, Molly, Moriarty, Mycroft dan lain sebagainya adalah episode yang sangat dinantikan dan cukup memuaskan. Ditambah kostum, tata rambut, dan tata rias ala Victorian yang keren, membuat saya pribadi menginginkan season bergaya Victoria ini lagi pada episode atau season lain selanjutnya. 

zeekyuryu

Hai All, di sini aku cuma mau melampirkan link lengkap tentang catatap perjalananku alias FR ke Korea September 2015 kemarin. Silakan diklik klik :rate:foto2

  1. Untuk yang mau bikin visa ke Korea Selatan yang katanya susah dan ngeri banget karena banyak penolakan. Cussss ke sini !!!
  2. Ini cerita pertama di Seoul. Isinya meliputi review, share pengalaman, budget, itinerary, tips dll. Ada bandara Incheon, tentang guest house murah nyaman kita, Gyeongbokgung Palace, City Hall, Gangnam Area, Kpop Agency, Han River, Banpo Bridge, Hongdae, Itaewon Mosque, sama nonton konser di Seoul Olympic Part. Klik di sini ya!!! 
  3. Bagian kedua FR ini akan menceritakan tentang semua hal di sekitar Dongdaemun, Myeongdong, Insadong, Namsan Tower dan Nami Island. Banyak tips belanja murah dan aman di Korea. Mampirrrr sini dong yang target borong belanjaan di sana :melambai
  4. Ini yang terakhir. Cerita tentang jalan-jalan ke SBS tower alias stasiun TV nya Running Man. Ada juga pengalaman belanja *masih aja hehehe* di Stasiun bawah tanah Gangnam yang murah-murah. Visit sini yaaaa...!!

terima kasih sudah bersedia meluangkan waktunya untuk membaca blog aku. FR tempat lain belum aku compile dan masih berceceran di Topic-topic sana hehehe. 

Kunjungi FR, movie review, dan tulisan aku lainnya lewat profile aku ya... Much Gratitude :kesengsem

zeekyuryu

bigstock-Laptop-with-crumpled-paper-bl-3

Di sini ada yang suka menulis? Apa pun itu, fiksi maupun non fiksi. Saya termasuk yang suka menulis fiksi sejak duduk di bangku SMP. Namun belakangan, semangat menulis saya kendor lantaran padatnya aktivitas lain yang menyita waktu. Saya menemukan beberapa tips yang cukup berguna untuk kembali membangkitkan semangat saya dalam menulis (fiksi). 

Modal utama seorang penulis, selain harus rajin membaca, juga berimajinasi. Bukan hanya soal berimajinasi atau mengkhayal saja, semua harus dituangkan ke dalam tulisan agar menjadi cerita yang bisa dibaca orang. Masalahnya, saya kerap kali hanya larut dalam imajinasi dan malas menulis. Karena itu, beberapa langkah berikut sudah saya lakukan dan cukup ampuh menangani mood menulis saya. Ini dia.

1. Bergabung dengan komunitas menulis
Komunitas, tempatnya orang dengan minat yang sama berkumpul. Komunitas punya pengaruh yang besar, lho, dalam membangun mood dan menyalurkan minat dan bakat kita. Jika kamu saat ini sedang malas menulis, sudahkah kamu bergabung dalam komunitas para penulis?

Tidak harus melulu datang ke pertemuan rutin, karena saat ini banyak komunitas online berdiri. Kamu bisa mengikuti akun-akun media sosial komunitas menulis dan ikut mengikuti kegiatannya. Hal semacam ini bisa membangkitkan semangat kamu lagi. Kamu akan termotivasi melihat banyak orang di luar sana yang memiliki hobi dan minat yang sama denganmu. Ada mereka yang bisa menjadi tempat berbagi minat. 

how-to-write-a-story.jpg

2. Banyak Membaca Cerita Orang Lain
Yang kedua adalah dengan banyak membaca cerita atau tulisan orang lain. Banyak membaca bukan hanya menambah pengetahuan, tapi juga akan membangkitkan semangat kamu untuk menulis. Banyak membaca berarti banyak menggali inspirasi dan akan membantu kamu membentuk karakter tulisan sendiri. 

Membaca karya orang lain bisa dengan membeli buku fisiknya atau membacanya secara online. Kamu bisa tahu mana penulis yang bisa menginspirasi kamu dan yang bisa membangkitkan kembali semangat menulis. Biasanya, selalu ada rasa ingin sekali membuat cerita sendiri ketika kita membaca karya orang lain. Ketika rasa itu datang, jangan dibaikan. Mulailah bergerak dan tulis kisahmu sendiri. Yang berat memang selalu memulainya. Sekali dimulai, semua terasa nagih.

3. Buka file lama
Ayo, pernah menulis diary waktu remaja? Atau nulis kisah-kisah iseng di mana pun itu. Saya termasuk orang yang nggak mau buang diary atau file tulisan lama saya. Kenapa? karena bagi saya itu harta penting, bagian dari diri saya sendiri.

Di saat seperti ini, file-file lama kamu sangat berguna. Bukan cuma hiburan karena isinya yang norak banget, tapi tulisan-tulisan lama bisa jadi pecutan untuk menulis lagi. Kita bisa tertawa dan terharu lihat tulisan kita dulu. Bisa juga malu dan bahkan geli sendiri. Tapi akan timbul keinginan untuk kembali melakukannya.

Mereka bisa jadi inspirasi tulisan baru kamu. Atau malah kamu bisa buat ulang atau remake tulisan itu. Kalau dulu kelihatan norak, alay gitu, buat versi tulisan kamu yang sekarang. Masih ada taste yang sama, ga, ya? hehehe

4. Minta komentar orang terdekat
Setelah itu, mulai menulis. Coba tanya keluarga, saudara, teman atau pacar pendapat mereka soal tulisan kamu, baik yang lama maupun baru. Komentar mereka sangat berharga dan akan terbaharui tuh semangat kamu. Ini terjadi pada saya. Tak sengaja baca komentar teman di tulisan saya yang lama, saya langsung bangun dan tergerak untuk menulis kembali.

5. Masukkan tulisan ke situs atau aplikasi menulis dan berbagi cerita
Saat ini sudah banyak sekali platform untuk berbagi cerita kita di online. Sebut saja ada Wattpad dan Storial.co milik orang Indonesia. Di sana, kita bisa membuat akun pribadi seperti blog dan membuat buku kita sendiri. 

Media seperti ini sangat membantu para penulis amatir untuk menyalurkan minat dan skill menulis mereka. Keuntungan lainnya, cerita kita bisa dibaca oleh semua orang dengan mudah dan kita bisa mendapat banyak masukan di sana.

Mungkin ada yang punya akunWattpad atau Storial.co? Mampir ya ke tulisan-tulisan saya di zeekyuryu (wattpad dan storial.co sama semua username-nya). Tararengkyuuuuu :) 

zeekyuryu

Untuk yang berada di kawasan Cibubur, berikut ini ada restoran baru yang pas banget untuk keluarga. Sandoro Seafood sebenarnya bukan pemain baru di bidang kuliner. Nama Sondoro Seafood sudah termasuk besar di wilayah Medan. 

Kini, Sondoro Seafood hadir di kawasan Cibubur. Lokasinya ada di belakang Plaza Cibubur yang nggak jauh dari jalan alternatif Cibubur. Meski agak masuk dari jalan raya, tapi jangan khawatir jika anda membawa kendaraan pribadi. Lahan parkir yang luas adalah salah satu kenyamanan tersendiri dari Sondoro Seafood Cibubur ini.

Anda juga bisa menuju Sondoro Seafood melalui pintu tol Cimanggis KM 19 dari Tol Jagorawi. Setelah keluar, anda bisa berputar dan masuk ke Jalan Leuwinanggung. Selanjutnya, jalan terus saja menuju Alternatif Cibubur. Sekitar 5 km dari keluar tol, anda bisa menemukan Sondoro Seafood ini.

567fa6920db35_IMG_20151220_203620(640x48

Selain lahan parkir yang luas, anda juga akan mendapatkan resto yang berkonsep semi outdoor. Meja dan kursi bambu akan terlihat di sejumlah saung yang disediakan. Menarik dipandang mata. Tempat makannya cukup luas hingga ke area saung di belakang. Anda bisa menggunakan saung khusus jika merupakan keluarga besar.

Atau, anda bisa menggunakan ruangan VIP jika memang anda memiliki hajat dan menginginkan suasana yang lebih ekslusif. Untuk ruangan VIP, berada di dalam ruangan namun dengan kaca bening sehingga tidak menghalangi pemandangan di luar. 

Saung di Sondoro Seafood ini juga didukung oleh taman sederhana di bagian depan. Anda akan menikmati kecantikan taman, terutama di malam hari karena lampu kecil yang dipasang akan membuat taman tampak lebih indah. Di bagian depan, aquarium ikan juga dipajang dan ikan tersebut adalah bagian dari menu yang akan disajikan. 

Setelah saya baca review orang lain tentang Sondoro Seafood di Medan, ternyata memang benar. Salah satu yang khas dari Sondoro Seafood ini adalah ikan yang bisa ditimbang khusus dan ada ikan yang memang dikembangbiakkan sendiri. Persilangan 2 jenis ikan krapu.

Menu utama di Sondoro memang seafood. Ikan yang paling utama adalah ikan krapu dan yang menjadi khas memang bumbunya. Cara memasak ikan ada yang dipanggang dan ada juga yang di steam. Bumbunya ada bumbu nyonya, asam pedas, dan sejumlah bumbu unik lainnya. 

Kami pun memesan ikan krapu bintik hitam dipanggang dengan bumbu Nyonya. Ikan krapu 8 ons tersebut datang dalam bungkusan kertas alumunium dan langsung dibuka di hadapan kami. Hmmm warna bumbunya yang kuning semakin membuat air liur menetes karena aromanya yang kuat.

Selain ikan, ada menu lainnya. Seafood seperti udang, kepiting, cumi, daengan aneka cara memasaknya bisa dipilih. Di meja seberang terlihat menggiurkan banget kepitingnya. Oya, kalau pilih steames ikan, juga enak. 

Kami juga memesan udang yang digoreng bumbu asam pedas, yang hmmm enak banget. Sama cumi goreng biasa. Aneka sup dan sayur pun ada di sini, misalnya cah kangkung atau capcay yang kami pesan. Campuran capcaynya juga seafood dan dalam porsi besar dengan harga 49 ribu. 

567fa68e8d8b5_IMG_20151220_203652(640x48

Untuk harga, memang agak mahal. Ikan krapu 8 ons dihargai sebesar 300an ribu. Untuk menu lain yang diukur porsi harganya sekitar 50 ribuan rata-rata. Porsi besarnya standar, seperti capcay yang kami pesan bisa untuk dimakan 3 orang. 

Sayangnya, varian menu yang menggiurkan belum semuanya tersedia di Sondoro Seafood Cibubur ini. Beberapa kali pesanan kami ditolak karena belum tersedia di cabang cibubur tapi merupakan menu di Medan. 

zeekyuryu

Bandung, kota yang satu ini emang pas banget buat jadi kota 'pelarian' anak Jakarta. Hanya ditempuh selama 3 jam dengan mobil atau bisa juga dengan kereta api, Bandung punya magnet kuat bagi orang-orang Jakarta untuk mengunjungi kota tersebut.

Kota ini dipenuhi atmosfer anak muda yang masih penuh kreativitas. Nggak heran, kalau ke Kota Bandung, yang menjadi tujuan utama adalah tempat-tempat nongkrongnya anak muda kreatif. Mau yang masih tradisional atau modern, atau bahkan gabungan keduanya? Ada tentunya.

Akhir pekan lalu, tepatnya Sabtu dan Minggu (12 dan 13 Desember 2015), saya dan 2 orang teman saya jalan-jalan ke Bandung. Nggak ada tempat pasti yang kita targetkan, hanya ingin mengusir sejenak kepenatan beraktivitas di Jakarta. 

Kami tiba di Bandung sekitar 11 siang. Karena hujan, kami pun memutuskan untuk masuk ke tempat-tempat yang beratap saja. Dan Museum KAA jadi tujuan pertama. 

Museum KAA

091.jpg
Lokasi
Museum KAA ini terletak di Jl. Asia Afrika atau berada di jantungnya Bandung. Nggak jauh dari alun-alun Bandung. Kalau berkendara umum dari Cihampelas, ada angkot jurusan Sukajadi warna biru tua dan kita bisa turun di lampu merah sebelum jalan Asia Afrika. Nanti tinggal jalan kaki sebentar saja. 

What's in?
Museum adalah tempat yang pas jika kamu ingin mengenal sejarah dan peninggalan suatu kota. Museum KAA ini menjadi tempat yang pas untuk mengenal peristiwa penting Konferensi Asia Afrika yang digelar untuk pertama kalinya di Bandung pada 1955.

Di dalamnya, kita bisa melihat berbagai barang bersejarah saksi bisu kejadian penting tersebut. Mulai dari kursi yang dipakai, dioramanya, kameranya, dan mengenal para tokoh yang ikut andil dalam peristiwa tersebut. Hasil dari konferensi ini juga bisa kita ketahui di museum ini.

Museum KAA Bandung ini ternyata dinobatkan sebagai museum paling bersahabat di sebuah ajang penghargaan untuk museum di Jawa yang pernah digelar di Jakarta beberapa waktu lalu. Disebut bersahabat, tanpa alasan. Meski tidak terlalu besar jika dibandingkan Museum-museum yang berjejer di kawasan Kota Tua Jakarta, Museum KAA ini memang cukup enak untuk seseorang yang ingin mengulang memori tentang KAA.

Keterangan yang mudah dipahami yang tertera di setiap gambar dan item bersejarah adalah poin lebihnya. Kita bisa mengerti dengan mudah apa itu KAA, apa yang dirumuskan, latar belakang dibuatnya konferensi tersebut, siapa saja yang ikut terlibat, dan apa manfaatnya.

Secara singkat, yang saya dapat dari Museum KAA ini adalah konferensi Asia Afrika digelar untuk menjadikan negara-negara di Asia dan Afrika lebih makmur dan saling mendukung untuk maju. Hasilnya luar biasa. Setelah koneferensi ini digelar, sejumlah negara di Asia dan Afrika mendeklarasikan kemerdekaannya, termasuk Malaysia pada tahun 1957. 

Yang membanggakan tentunya sosok Soekarno, sang inisiator. Di museum ini juga dipampang sejumlah kalimat inspiratif yang pernah dilontarkan bapak bangsa kita. Tak hanya beliau, tapi juga Bung Hatta dan lain sebagainya. Kita juga bisa mengetahui 10 isi pencapaian KAA dalam berbagai bahasa. Foto-foto KAA dulu akan membawa imajinasi kita menjelajahi masa lampau.

Hal lain yang membuat museum ini terasa friendly adalah pemandu wisata yang akan menjelaskan secara ringkas atau umum apa yang bisa kita lihat di museum ini. Apalagi jika ada rombongan, wah itu seru. Kemarin, kami berbarengan dengan anak sekolah sehingga bisa mendengar panduan yang dipaparkan oleh staf museum. 

Harga tiket dan waktu kunjungan
Tidak ada pungutan biaya apa pun untuk masuk ke Museum KAA ini. Pengunjung hanya tinggal mengisi daftar hadir dan bisa bebas berkeliling. Sebelum keluar, ada ruang konferensi yang megah dan membuat kita merinding jika membayangkan bagaimana perjuangan para pendahulu kita agar kita, anak cucu mereka, bisa hidup dalam kedamaian di antara berbagai bangsa, ras, agama, warna kulit di dunia ini.

Saat kami berkunjung, tepat pukul 12 siang, kami diharuskan keluar karena para petugas harus beristirahat. Jadi, jangan datang saat tengah hari ya...

Braga Coffee
Setelah puas di Museum KAA, kami pun beranjak mencari tempat lain untuk berteduh. Hujan semakin deras, tapi kami belum bisa check in hotel karena masih pukul 12:00. AKhirnya, kami memutuskan untuk jalan ke Braga dan mencari cafe yang bisa disinggahi. Cafe dengan makanan atau minuman ringan karena kami sudah makan besar sebelum memulai perjalanan hari itu.

Kami pun singgah di Braga Coffee karena lokasinya paling dekat dengan jalur Museum KAA yang kami lewati dan sudah buka. Maklum, Braga memang lebih ramai saat malam hari. 

Ruangan
Braga Coffee ini punya ruangan yang nyaman. Ada 2 lantai dan digabung dengan restoran iga. Kita bisa pilih di bawah atau di atas. Karena di atas lebih sepi, kami pun memutuskan naik. Tempatnya memang tidak terlalu besar, tapi secara kesuluruhan, cafenya nyaman dan punya wi-fi. 

Sayangnya, toiletnya kecil dan tidak terlalu bersih. Lokasinya juga di belakang dan membuat pengunjung harus berjalan masuk ke dalam. Selebihnya, tempat ini cukup asyik untuk nongkrong.

Menu
Menu makanan di coffee braga ini cukup variatif. Apalagi digabung dengan restoran iga sehingga bisa juga pesan makanan berat bagi yang lapar. Kami sendiri pilih minuman saja dan satu cemilan. Harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga cafe yang mirip level dan jenisnya di Jakarta. Minuman rata-rata 10 hingga 20 ribu rupiah.

Hotel Zodiak @Asia Afrika

zodiak-at-asia-afrika.jpg
Sekitar jam setengah 2 siang, kami pun memutuskan untuk pergi menuju hotel, karena hujan pun sudah reda. Hotel yang kami dapatkan dari Hotel Quickly adalah Hotel Zodiak @Asia Afrika. Hanya 5 menit jalan kaki dari alun-alun Bandung. 

Review hotelnya cukup nyaman. Lokasinya strategis dan ada lahan parkirnya meski harus agak masuk dan tidak terlalu luas. Hanya saja, di sekitaran sini ruko-ruko yang sudah tutup jadi agak serem juga sih kalau malam jalan sendirian. 

Di seberang jalan, ada alfamart yang buka 24 jam jadi memudahkan kita yang pengen cari cemilan kapan pun. Fasilitas di dalamnya, kita dapat kopi tapi nggak dapat sarapan. Kamar mandi dan kamar hotel bersih, nyaman deh. Meski dapat kamar berjendela, nggak banyak yang bisa dilihat, paling menara masjid agung Bandung di alun-alun :)

Fasilitas lainnya, ada TV, meja, kaca besar yang bikin puas buat dandan rame-rame (LOL), hair dryer, perlengkapan mandi, AC, dan juga sandal jepit. Overall, ini cukup nyaman untuk kamar double seharga 200 ribu. Kamar doublenya kita pake ber3 juga pula :D

Dan kami pun beristirahat sekalian menunggu hujan yang ternyata semakin deras. Sampai pukul 4:30 lah, kami baru jalan lagi. Itu pun masih agak gerimis. 

Congo Dago

getlstd-property-photo.jpg
Niat awal, kami masih ingin menggunakan angkot di Bandung. Tapi karena hujan dan alasan lain, kami harus membatalkan beberapa rencana dan akhirnya memilih langsung ke Dago dengan Uber. Niat awal kami pilih Lawangwangi Cafe karena hasil searching Google, cafe ini punya dinding kaca dan posisinya di atas. Jadi, kami bisa menikmati pemandangan Kota Bandung tapi di ruangan tertutup tanpa harus kehujanan.

Eh tapinya, supir Uber ini cerita merekmomendasikan Congo yang mana ada di opsi kedua kami. Jadilah kami pergi ke Congo yang ada gallery-nya. Lokasi Congo ada di Dago atas dan ternyata berdekatan dengan sejumlah cafe yang lucu-lucu juga yang banyak direkomendasikan orang-orang di internet.

Congo merupakan cafe dan gallery kayu. Dari depan, kita sudah disajikan pemandangan yang keren. Gerbang Congo ini perpaduan antara nuansa yang alami dengan modern. Keren. Nah, kami sampai di sana pukul 17:30 dan beruntung, gallery masih dibuka. Kami pun menuju gallery sana.

Gallery di Congo ini merupakan gallery kayu. Berbagai furniture dan aksesoris ruangan dari kayu ada di sini, dan semuanya indah. Perjalanan menuju gallery juga indah banget. Udah mulai senja, jadi udah main lampu berpadu suasana mendung, kabut, dan gerimis. Beuuh romantis banget.

Dari atas gallery, ada pemandangan yang cantik banget. Beruntung, kami datang belum terlalu ramai jadi bisa puas foto-fotonya. Setelah itu, kami turun ke restonya untuk makan. Ada banyak tempat yang bisa dipilih. Sesuai selera, mau di dalam maupun luar ruangan. Bahkan, di atsas, indoor dengan dinding kaca, adalah ruangan VIP untuk pemesanan minimun 1 juta rupiah. Jadi pas banget buat yang mau kumpul besar. 

Nggak kalah sama gallery-nya, semua ruangan di resto Congo ini bagus kok. Keren dan nyaman. Jadi enak untuk nongkrong siapa aja. 

Menu
Sementara untuk menu yang disajikan lebih condong ke menu=menu Eropa. Mulai dari pasta sampai menu nasinya. Aneka steak juga ada di sini. Makanan beratnya mulai dari 30 ribuan, standar makan di cafe-cafe Jakarta sih. Kemarin, beberapa menu yang kami pesan adalah spagheti dan juga grilled chicken with masshed potatoes.

Braga Punya Cerita
Setelah kenyang makan di Dago, yang mana semakin malam semakin ramai, kami pun turun. Hmmm masih hujan gerimis dan kami memutuskan menyusuri jalan Braga. Kenapa? karena tadi siang masih sepi. Dan tadaaa ini baru suasana malamnya. 

Kami pun singgah dulu ke Braga Citywalk untuk mecari toilet dan juga salah satu teman kami kedinginan dan ingin cari jaket. Di dalamnya nggak banyak sih yang bisa dilihat, atau mungkin karena kami hanya jalan-jalan di lantai dasar saja? Intinya, ini kayak epicentrum Kuningan lantai dasar yang ga banyak apa-apanya.

Sudah selesai, kami pun masuk ke Braga Punya Cerita. Cafe ini menarik di mata kami karena suasananya agak vintage gitu terus ada life music-nya. Walaupun di mana-mana sepanjang Jalan Braga ini banyak yang gelar live music, tapi karena di sini menarik perhatian kami, maka kami putuskan masuk ke Braga Punya Cerita ini.

Kami pilih lantai 2 karena suasananya lebih tenang, nggak banyak asap rokok, dan sebenarnya emang yang di bawah udah penuh sih hihii. 

Di atas emang lebih tenang dan terang pastinya. Ruangannya simpel dengan dinding tempo dulu yang terlihat batu batanya dengan cat warna putih. Menariknya, tempat ini memang memberikan cerita Braga.

Nomor meja dibuat buku, beneran buku. Di dalamnya menceritakan tentang sejarah dan cerita jalan Braga. Keren. Bisa sambil baca-baca juga. Kemudian, di dinding sisi kanan, terdapat sejumlah foto-foto kenangan Braga tempo dulu, dan di sisi lainnya ada miniatur berbagai bangunan bersejarah di Bandung yang dibuat menempel dan pop-up di dindingnya. Di sana diberi keterangan tentang fungsi dan nama bangunan tersebut dan bahkan ada info tentang bangunan tersebut masa kini, seperti pernah dipakai untuk lokasi syuting film dan lain-lain.

Menu dan Harga
Menu dan harga di Braga Punya Cerita ini bisa dibilang hampir setengahnya harga makanan di Congo hehehe. Harga makanan sekitar 20 ribuan lah. Karena memang kami sudah makan besar, maka kami cuma pilih minum dan satu porsi seblak. 

5670bc2b6e4a4_DSC_0729(640x426).jpg.f3a8

Seblaknya ini nih yang beda sama seblak biasa di depan sekolahan (hehehe). Seblak di Braga Punya Cerita ini ga cuma berisi kerupuk aja, tapi juga ada pastanya, ada macam aci gitu, terus ada telur, tahu, dan sedikit campuran sayuran. Enaklah. Oya, padahal saya pesan yang pedasnya sedang tapi pas jadi pedasnya pedas banget. Nggak tahu salah siapa hahaa.

Alun-alun Bandung
Nggak sah emang kalau ke Bandung, paling nggak lewat aja deh, ke alun-alun Bandung. Sambil menuju hotel, kami pun memutuskan untuk mampir sebentar ke alun-alun Bandung. Hanya mengitari alun-alun saja, tanpa mampir ke perpusnya atau main di taman rumput sintesisnya, atau masuk ke masjidnya. Cuma muter tapi emang bagus penataannya. 

Overall, Bandung emang bener banget disbeut kota kreatif karena emang banyak event dan juga karya anak muda kreatifnya. Hari kedua di Bandung kami literally muter-muter aja diantar teman di sana sebelum akhirnya kembali ke Jakarta dengan XTrans dari pool Cihampelas. :)

zeekyuryu

SPOILERRRRRR ALERT! Tulisan ini untuk yang sudah nonton SPECTRE :senyum

Daniel-Craig-as-James-Bond-on-the-Set-of

Film terbaru James Bond akhirnya dirilis. Kalau bicara tentang film spy, James Bond emang seolah wajib banget buat disebut. Spectre, adalah judul terbaru dari film Bond yang dibintangi oleh Daniel Craig. Meski belum memastikan apakah ia akan kembali bermain sebagai James Bond, namun Spectre menjadi film Bond terakhir bagi sutradara Sam Mendes.

Spectre ini diambil dari nama organisasi teroris dunia yang ternyata menjadi dalang semua kasus kejahatan dalam film Bond. Spectre juga menjadi menarik karena bos besarnya tak lain adalah orang yang dikenal Bond dari kecil. 

Film diawali dengan adegan seru antara Bond dan seorang mafia di Meksiko. Latar adegan perkelahian dan pengejaran ini adalah di sebuah festival orang mati yang membuat suasana semakin seru. Festival tersebut berisi cosplay menyeramkan dengan tabuhan drum dan irama musik yang terdengar misterius dan mengerikan. Suasana festival sangat mendukung pertarungan perdana Bond dalam Spectre.

Aksi Bond di Meksiko rupanya tanpa sepengatahuan kantornya di MI6. Ia pun mendapat peringatan keras karena bertindak tanpa izin. Ternyata, MI6 dan program 00 sendiri terancam dibubarkan setelah C atau Max (Andrew Scott) masuk dan menyerukan program intelejen bersatu dengan negara lain. Program 00 dianggap sudah kuno dan aksi tanpa izin Bond di Meksiko yang membahayakan orang sipil menjadi penguat mengapa C bisa membubarkan tim M. 

Plot pun berlangsung semakin seru karena Bond harus mengejar para musuhnya di berbagai belahan dunia. Demi mengungkap apa itu Spectre dan siapa dalang di baliknya, James Bond melakukan perjalanan ke Swis hingga Afrika Utara. 

Perjalanan Bond menjadi sesuatu yang menarik secara visual. Ketika Bond berada di Meksiko, suasananya memang sangat kental dengan musik, tarian, serta keadaan lingkungan yang bergaya latin. Kemudian pergi ke Austria di mana salju menghampar putih dengan langit biru sebagai atapnya. Suasana pun berubah dingin, misterius. 

Di tempat yang serupa juga Bond bertemu dengan dr. Swann yang menjadi Bond girl di film ini. Medeleine Swann adalah putri mantan anggota Spectre yang pintar dan cantik. Pertemuannya di lokasi penuh salju pun berlangsung menegangkan setelah sekumpulan penjahat menangkap Swann dan Bond mengejarnya. Aksi kejar-kejaran di hamparan salju menjadi adegan yang tak hanya berpemandangan indah, tapi juga menegangkan.

Perjalanan Bond pun berlanjut ke negara lain yang mulai memasuki wilayah Afrika. Afrika Utara menjadi sarang Spectre yang selama ini dikejar Bond. Berada di tengah gurun pasir yang tak ada apa-apa, perjalanan menuju ke sini menjadi perjalanan yang panjang, menegangkan, tapi juga perjalanan yang seksi.

spectre2.png

Banyak adegan perkelahian yang seru dalam film Bond. Fakta bahwa bos Spectre adalah orang yang dikenal Bond juga membuat film ini menyenangkan. Bond tak hanya mengejar gembong teroris dunia tapi juga membuka masa lalunya.

Ketika peledakan terjadi di markas utama Spectre, Bond mengatakan, "ini semua belum berakhir" yang menegaskan pada penontonnya bahwa ending Spectre bukan di sana. Dan ketika pertempuran lain dengan bos Spectre, ia pun mengatakan, "kamu memang susah matinya," itu juga menegaskan bahwa anti klimaks film Sam Mendes ini tak semudah itu.

Bagian akhir yang membuat tim Bond ikut bekerja di London adalah penutup yang apik. Pikiran penonton akan dibentuk untuk menyadari bahwa Bond bekerja sendirian dari awal film. Namun di bagian akhir, anggota tim MI6 seperti bos Bond, M, si jenius Q, Moneypenney bersatu untuk ikut membantu Bond menyelesaikan kasus ini. 

Ekspektasi yang besar dari para pecinta James Bond mungkin bisa terpuaskan di sini. Namun bersiap saja untuk menonton dengan durasi lebih lama. Film Spectre adalah film Bond dengan durasi terpanjang selama ini. Spectre menghabiskan waktu selama 150 menit dan jika anda penggemar Bond, anda akan menikmatinya.

Mengapa demikian? Spectre bukan hanya menyuguhkan visualisasi dari berbagai lokasi di dunia yang indah. Spectre juga bukan hanya menegangkan karena adegan laga yang intens dan selalu memukau. Tapi, Spectre juga film action dengan adegan drama romantis yang seksi. Sosok Daniel Craig sebagai Bond yang keren memang selalu berhasil menaklukan wanita mana saja. Dan di sini, Craig banyak melakukan adegan ciuman panas dengan lawan main wanitanya.

Citra film yang seksi sudah bisa ditebak sejak awal, sejak lagu OST, Writing's on the wall, dinyanyikan Sam Smith, diputar. Sambil memperkenalkan para pemain dan orang di balik layar produksinya, selama lagu diputar, visual bayangan Bond yang dikelilingi wanita seksi sudah menggambarkan bagaimana cerita ini akan berjalan. Ditambah gambar gurita membuat film ini lebih mudah dipahami. 

Spectre dan Film James Bond Daniel Craig

Skyfall yang mendulang kesuksesan besar tentunya menjadi objek perbandingan Spectre. Nah, menurut saya, ada beberapa pola atau kesamaan atau adegan yang serupa dari Spectre dan Skyfall, atau mungkin James Bond secara umum? hmmm... ini dia.

- Diawali Adegan Aksi Pengejaran
Film Bond biasanya memang dibuka dengan adegan pengejaran yang ekstrem. Di Spectre ini dibuka dengan aksi pengejaran di Meksiko. Film Bond lain pun demikian. Adegan tersebut seolah menjadi appetizer yang membuat penonton semakin bergairah atau antusias dengan adegan action yang akan diberikan sepanjang film. 

Jika diperhatikan, aksi pengejaran di awal film Bond selalu sangat keren dan bahkan lebih keren dari anti klimaksnya atau endingnya. Adegan actionya lebih padat, lebih sulit dan durasinya lebih panjang sehingga semakin mendebarkan. 

Di Spectre, action yang dilakukan di antara kerumunan festival orang mati juga adegan berantem di dalam helikopter tentu jadi pembuka yang keren. 

- Dilanjutkan Lagu Tema
Setelah menyelesaikan adegan perkelahian di awal, film Bond akan menyuguhkan credit title lengkap dengan visual tentang inti cerita film secara kesuluruhan. Perhatikan saja bagaimana Casino Royale, Skyfall, dan juga Spectre ini. 

Adele yang lagu Skyfall-nya populer ternyata bisa disalip oleh Sam Smith di Spectre. Lagu Writing's on the Wall Sam Smith jadi lagu Bond yang menyapu chart musik di nomor pertama di berbagai dunia. 

Lagu tema ini selalu disajikan secara lengkap dan seolah memutar video klip, selalu ada visual yang keren. Di Spectre, menampilkan siluet Daniel Craig sebagai Bond, kemudian para wanita Bond, dan juga Gurita serta musuh dan orang-orang di masa lalu Bond. Secara keseluruhan, sesi visualisasi yang diiringi lagu tema adalah inti cerita film. 

- Menggunakan Istri Penjahat Untuk Mengorek Informasi

spectre-daniel-craig-monica-bellucci.jpg


Istri penjahat dalam film Bond memang selalu menjadi kunci masuk Bond mebongkar kasus-kasunya. Baik di Casino Royale, Skyfall, maupun Spectre, Bond selalu mendapatkan informasi dari pacar atau istri penjahat. 

Bond memang digambarkan sebagai sosok pria yang keren dan seksi, sekaligus pandai merayu. Ia akan mendekati wanita yang sakit hati karena kehilangan suami atau merasa dimanfaatkan suami mereka dan kemudian menidurinya. Dari sanalah, Bond mendapatkan informasi penting dan kemudian meninggalkan para wanita tersebut. 

Wanita utama Bond adalah yang ia temui di agak pertengahan film dan berkaitan dengan kasusnya. Pada Skyfall memang agak berbeda. Jadi wajar saja jika film itu jadi film terlaris dan bisa dibilang film terbaik Bond selama ini.

- Bond Girl Jadi Sandra
Kebanyakan memang, wanita yang dipacari Bond akan berakhir menjadi sandra. Bahkan pada Casino Royale sampai mati. Lagi-lagi, plot cerita pada Skyfall yang berbeda membuat film ini memang diakui kerennya. Pada film tersebut, Bond bukan melindungi wanita yang menjadi kekasihnya, tapi M, bosnya sendiri. 

Dan untuk Spectre, awalnya penonton dibuat berasumsi bahwa dr. Swann ini bukan gadis biasa. Bukan gadis lemah, tapi gadis kuat, cerdas dan mandiri. Namun tetap saja, di bagian akhir, Swann menjadi sandera dan Bond harus berusaha menyelamatkannya. 

- Bond selalu ingin resign
Entahlah, tapi sepertinya kehidupan menjadi seorang mata-mata memang bukan pilihan yang tepat. Kehidupan normal selalu menjadi impian yang sulit dalam film-film bergenre seperti ini. Dan Bond, bukan pengecualian.

Agen sehebat James Bond selalu ingin mengakhiri pekerjaannya dan hidup normal. Casino Royale dan kini Spectre. Di Spectre, James Bond sepertinya benar-benar resign dengan dialog dari Q di akhir, "007, aku pikir kamu sudah keluar," dan Bond menjawab, "ya, memang begitu" lalu pergi dengan mobil antik bersama Dr. Swann. 

Jika sutradara Sam Mendes mengkonfirmasi bahwa ia selesai menyutradarai James Bond, bagaimana dengan Daniel Craig? Belum menentukan. Bagaimana juga dengan petualangan James BOnd? Akankah benar-benar selesai atau akan lahir seri lainnya? we'll see.

Thanks for reading and sorry for spoiling. *memang diperuntukkan untuk teman2 yang sudah nonton Bond sih* :))

 

zeekyuryu

Mau coba review beberapa film yang baru tayang di Bulan Oktober 2015 ini. Lumayan, musim gugur tiba yang tandanya mulai banyak film biografi yang bermunculan. Dari beberapa di antaranya termasuk film-film box office. Oya, karena di luar merayakan Halloween, bulan ini juga banyak dirilis film horor. Nah, dari sekian banyak film yang masuk bulan ini, beberapa film menarik yang bisa jadi tontonan adalah sebagai berikut:

 

  • The Martian

the-martian-104112-poster-xlarge-resized

Masih ingat di musim gugur kayak skarang, film luar angkasa memang biasa dimunculkan dan diandalkan jadi box office. Dua tahun lalu ada Gravity yang diperankan oleh Sandra Bullock dan juga George Clooney. Lalu tahun kemarin ada Interstellar yang aktornya Matthew McConaughey. 2 film galaksi itu sukses di pasaran.

Tahun ini, ada The Martian yang memang juga dijaogkan. Aktornya adalah Matt Damon, Jessica Chastain, Kristen Wiig, Kate Mara, dan lain sebagainya. Film ini disutradarai oleh Ridley Scott yang memang udah dikenal sebagai sutradara film science fiction yang keren-keren. Beberapa film yang lahir di tangan Ridley Scott antara lain Prometheus (2012), Exodus: Gods and Kings (2014) dan juga Alien (1979).

Setiap film punya karakter masing-masing yang unik dan menjadi pembeda dengan film yang lainnya. Begitu juga dengan The Martian ini. Konsepnya memang film luar angkasa tapi bukan berfokus pada perjalanan atau petualangan di luar angkasa tapi bertahan hidup di sebuah planet yang rasanya nggak mungkin ada kehidupan, Planet Mars. 

The Martian mengawali ceritanya dengan sebuah tim NASA yang sedang melakukan penelitian di Mars. Namun tiba-tiba, badai datang dan misi harus dibatalkan. Dr. Melissa yang dibintangi Jessica Chastain pun menyuruh semua anggota tim kembali ke pesawat. 

Salah satu anggotanya, Mark Watney (Matt Damon) harus tersungkur setelah antena terbang dan menimpanya. Di tengah badai yang dahsyat dan jarak pandang yang sangat minim, serta mempertimbangkan keselamatan anggota tim lainnya, Melissa pun akhirnya meninggalkan Mark yang diduga sudah tewas. 

Ajaib, karena setelah badai selesai, Mark masih hidup, meski dalam keadaan yang memperihatinkan. Perutnya tertancap antena, helm astronotnya pecah, dan nyaris kehilangan oksigen. Beruntung, Mark yang juga seorang botanis ini bisa mengobati dirinya sendiri dan berlindung di camp mereka. 

Di bumi, Mark Watney sudah dinyatakan tewas oleh NASA namun kecurigaan dimulai ketika ada tanda-tanda kehidupan dari Mark. 

Astronot ini mencari cara untuk bertahan hidup. Mulai dari mengatur sisa makanan yang ditinggalkan teman-temannya, menanam kentang dengan tanah Mars yang diolah dan disuburkan kotorannya sendiri, membuat air dengan membakar oksigen, hingga merakit alat agar bisa berkomunikasi dengan orang-orang NASA di bumi. Secara ilmiah, semua yang dilakukan Mark berhasil.

Mark bisa bertahan hidup lebih dari satu tahun di Mars dan film ini menggambarkan dengan detail semua praktik ilmiah yang digunakan Mark. Karenanya, The Martian menjadi film, yang menurut saya sebagai orang awam, itu keren. Scott bisa memaparkan dengan baik step by step praktik ilmiahnya dan dengan dialog yang juga cerdas. 

Film The Martian menjadi film science fiction yang menyenangkan karena dibalut dengan karakter Mark yang easy going, dan naskah yang fun. Banyak adegan dan dialog yang menjadikan film berat ini terasa ringan, tapi tanpa mengurangi unsur ketegangan di dalamnya.

The Martian masih bisa membuat penonton ikut khawatir apakah Mark berhasil atau tidak, bahkan dari awal hingga akhir. Penonton akan selalu menantikan apa yang akan terjadi selanjutnya. 

Penggambaran Ridley Scott tentang Mars juga patut diapresiasi. Ternyata, lokasi syuting padang pasir itu ada di Yordania. Tanpa banyak menggunakan efek, Ridley mengaku mencari gambaran sedekat mungkin terhadap Mars versi pemahamannya. 

Nah, akan tetapi, menurut saya, The Martian ini memiliki kekurangan yang terletak pada karakter dan hubungan mereka satu sama lain. Fokus film ini memang pada praktik ilmiah yang dilakukan Mark untuk bertahan hidup di Mars sehingga sedikit mengabaikan hubungan Mark dengan orang-orang terdekatnya.

Jadi begini, Film dibuka dengan bagaimana Mark bekerjasama dengan krunya di Mars untuk misi penelitian mereka. Namun ketika terpisah, kru Mark belum diberitahu sehingga Mark lebih banyak berkomunikasi dengan orang di kantor NASA. Meskipun pada akhirnya, Mark ditolong oleh teman-temannya sendiri.

Alangkah akan terasa lebih hidup dan lebih mengharukan jika emosi penonton dimainkan dengan hubungan Mark dan teman-temannya. Dibuat adegan yang lebih banyak menyentuh, apalagi berkaitan dengan psikologi Mark sebagai manusia yang ketinggalan pesawat dan harus hidup sendirian di planet asing. Tentunya akan lebih seru jika emosi penonton dimainkan lebih dalam lagi.

Tapi, The Martian tetap jadi film keren menurut saya. Film ini diangkat dari novel yang ditulis oleh Andy Weir. Bukan cuma ratingnya yang bagus di berbagai situs kritik film dan media, tapi juga penghasilan film ini luar biasa besarnya. Buat yang belum nonton di bioskop, mungkin bisa tunggu sampai keluar versi dvd-nya. 

  • Pan

pan%20poster.jpg

Kalau film yang satu ini cocok buat nonton bareng keluarga, apalagi yang masih punya anak-anak. Tahu Peter Pan kan? Nah, film ini menceritakan kisah lain dari sosok Peter Pan.

Yang saya suka dari film live action atau adaptasi dongeng populer kayak gini adalah kreativitas para sineas dalam mengolah ceritanya. Misalnya nih kita tahu cerita Cinderella dengan inti cerita seorang gadis yang disiksa ibu dan saudara tirinya. Tapi setiap film punya gaya bercerita yang beda-beda.

Atau yang lebih beda lagi adalah dongeng putri tidur. Dalam film Maleficent kita bisa lihat cerita ini dari sudut pandang yang berbeda, yakni dari sudut pandang si ibu peri penyihirnya. Dan kerennya, itu jadi lebih menarik. Ada yang baru, yang segar.

Begitu juga dengan Peter Pan ini. Selama ini kita tahu tentang Peter Pan dan tinkerbell juga Captain Hook yang sering ganggu Peter. Nah, di Pan kita bisa lihat kisah lain yang tetap seru untuk disimak.

Pan menceritakan anak laki-laki yang tumbuh di sebuah panti asuhan saat perang dunia kedua. Ia diberi nama Peter dan menjadi anak yang berani dan tak segan membangkang jika dirasa ada yang tidak beres. 

Peter tiba-tiba diculik oleh sekelompok bajak laut yang aneh, bisa terbang dengan kapalnya. Ia pun dibawa ke negeri indah yang entah di mana bernama Neverland. Pulau fantasi ini adalah tempat di mana Peter bertemu dengan penguasa jahat bernama Blackbeard yang diperankan Hugh Jackman.

Dari soal pemilihan pemain, nggak ada yang salah, menurut saya. Hugh Jackman tetap oke meski berperan sebagai penjahat di sini. Dan si pemeran utama, aktor cilik baru bernama Levi Miller juga berhasil membawakan karakter Peter dengan baik. Begitu pula dengan yang lainnya seperti Garrett Hedlund sebagai Captain Hook dan Rooney Mara sebagai Tiger Lily.

Plot cerita juga cukup menarik dan ringan. Namun sayangnya, eksekusi untuk adegan akhir mengecewakan. Tak banyak peran Peter sebagai karakter utama dalam bagian akhir film ini. Peter hanya menjadi pemimpin peri dari manusia yang harus membangkitkan semangat melawan Blackbeard. Padahal, di awal digambarkan betapa pentingnya peran Peter di Neverland.

Tapi karena ini film anak-anak, visualisasi dan efek yang digunakan haruslah yang diutamakan. Film Pan adalah film cantik menurut saya. Film ini sangat mengunggulkan visualisasi dengan warna-warni yang membangkitkan fantasi dan imajinasi. 

Penggambaran Neverland yang indah, para penduduk asli Neverland yang sangat berwarna dan negeri peri yang bersinar-sinar, film ini sayang banget kalau ditonton dalam kualitas gambar yang buruk.

Tapi sayangnya, film ini emang dapat nilai buruk dari para kritikus film. Tapi yang mau tonton, saran saya, pakai kualitas HD biar dapet sensasi nonton serunya. 

  • The Walk

the-walk-poster.jpg

Film ini merupakan film yang akan memacu adrenalin anda apalagi jika menontonnya di IMAX atau bioskop yang provide 3D nya oke punya. The Walk merupakan film biopic yang mengangkat sosok seorang seniman akrobatis yang bernama Philippe Petit. Petit, di tahun 1974, berhasil menyebrangi menara kembar WTC hanya dengan kabelnya. 

The Walk punya kekuatan sendiri di bagian efek visualnya. Dimulai dari awal, penonton akan dibawa ke atas puncak patung liberty yang menjulang. Ditambah dengan efek angin-angin yang meniup Petit (diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt), penonton sudah dibawa ngeri dan diberi clue akan dibawa kemana cerita film ini. Inti cerita tentang ketinggian sudah sangat tergambar sejak awal film ini dimulai.

Karena film ini merupakan film yang menceritakan tentang seniman, maka sutradara Robert Zemeckis menuturkan cerita dengan frame dan adegan yang indah khas seniman. Setelah disuguhkan pemandangan New York City dari atas patung liberty, penonton akan dibawa ke suasana Paris, kota asal Petit.

Perkenalan tentang seorang Petit di Paris menggunakan layar color splash di mana semua berwarna hitam putih dan warna lain berfokus pada item-item yang dipakai Petit saat mencari nafkah sebagai pesulap atau bermain akrobat di jalan. Warna layar pun perlahan berubah menjadi duotone dan kemudian normal namun tetap bernuansa tahun 70-an.

Adegan yang membuat film ini romantis ala seniman adalah ketika pemain utama wanitanya, Charlotte Le Bon yang memerankan kekasih Petit, Annie, berbicara dengan style seniman dengan Petit. Annie dengan memakai topeng dan bergaya pantomim berbincang dengan Petit yang juga tak membuka mulut dalam lingkaran imajinernya. Adegan ini adegan favorit saya, karena bukan hanya indah, tapi unik dan romantisnya berbeda.

Philippe Petit bermimpi untuk pergi ke New York dan memasang kabelnya di antara menara kembar WTC yang saat ini belum sepenuhnya selesai. Bersama rekan-rekan yang ia rekrut untuk menjadi fotografer dan pembantu lainnya, Petit tak mundur dari mimpi yang ia sebut kudeta ini. Sebuah atraksi ilegal dan sangat berbahaya itu benar terjadi pada 7 Agustus 1974.

Plot cerita memang banyak mengangkat adegan persiapan kudeta. Mulai dari pembekalan yang dilakukan 'mentor' Petit, Papa Rudy (Ben Kingsley) di Paris, meneliti kegiatan gedung, mengukur kekuatan kabel, dan lain sebagainya. Eksekusi atau kudeta ketika Petit berjalan di atasnya tentu dinantikan sebagai adegan yang luar biasa. 

Ekspektasi yang tinggi tersebut memang terbayar, karena Robert Zemeckis, sang sutaradara, berhasil membuat penonton terus berdebar. Tak jarang, penonton ikut ngilu dan memekik lantaran visual yang terlihat sangat nyata. 

Adegan kudeta ini juga tidak hanya sebentar, tapi cukup lama hingga hampir saja membuat penonton bosan atau hilang rasa ketegangannya, tapi untung saja segera berakhir sehingga terasa cukup pas. 

Yang disayangkan adalah teknik pemasangan kabel di atas tidak terlalu banyak mendapat sorotan. Padahal, di awal plot cerita dibangun tentang bagaimana Papa Rudy mengajarkan Petit tentang cara memasang tali dengan benar. Tapi overall, The Walk menyajikan sebuah film yang menarik untuk ditonton. 

Joseph Gordon-Levitt di sini berperan sebagai pria Perancis. Ia mengubah logat Amerikanya dengan nada yang lebih berat agar terdengar bukan seorang natif American. Meski terdengar aneh, tapi usaha Joseph patut diacungi jempol. 

Yang jelas, film ini adalah film yang menyuguhan sebuah visual menegangkan yang sayang jika ditonton bukan di kualitas HD :D

  • Crimson Peak

Crimson-Peak-Poster-221x300.jpg

Nah, kalau udah masuk Oktober, dari dunia barat banyak merilis film horor karena menyambut Halloween. Crimson Peak adalah salah satu film horor trhiller yang bisa jadi pilihan kawan-kawan.

Film ini lahir di tangan sutradara Guillermo del Toro yang dulu pernah menggarap Pacific Rim dan juga Pan's Labyrinth. del Toro memang bukan orang baru dalam dunia film horor, maka dari itu, film yang merilis trailernya dari awal tahun 2015 ini cukup banyak dinantikan.

Crimson Peak menurut saya memang membuktikan bukan sekedar film horor biasa. Apa sih sebenarnya yang identik dengan film horor? Hantu, scene yang mengagetkan, misteri di balik adanya hantu itu bisa jadi. Film horor juga sering berputar pada rumah tua, rumah angker, hantu anak, dan lainnya. Tapi Crimson Peak cukup berbeda.

Crimson Peak memang film horor hantu tapi bukan berfokus pada si hantu saja. Film ini menjadikan hantu seolah menjadi pengantar saja menuju konflik utama cerita. 

Film dibuka dengan memperkenalkan tokoh utama, Edith Cushing (Mia Wasikowska), seorang penulis dan bisa melihat hantu. Edith pun bertemu dengan Sir Thomas Sharpe yang diperankan Tom Hiddleston. Film semakin mencekam ketika Edith dibawa pulang ke rumah tua Thomas dan kakaknya, Lady Lucille Sharpe (Jessica Chastain) di London dan disebut dengan Crimson Peak. 

Edith sadar ada yang tidak beres dengan rumah tua yang disebut orang-orang sebagai Crimson Peak ini. Yap, Crimson Peak artinya puncak yang memerah, di mana maksudnya, rumah ini akan berwarna merah ketika salju datang. Penonton pun akan dibawa merinding dengan adanya kemungkinan jika warna merah yang muncul tak hanya berasal dari tanah liat, tapi juga dari darah.

Ada banyak yang dicurigai Edith di sini. Para hantu yang banyak wanita, ruangan-ruangan yang dikunci rapat, hingga surat yang tak sampai dari orang-orang di luar sana.

Ada hantu dan ada rumah tua, begitulah Crimson Peak. Namun meski rumah yang angker dan kemunculan hantu-hantu cukup banyak dieksplor di bagian awal, namun hal tersebut seperti bagian kulit saja. Cerita mengalir menuju misteri kakak beradik Sharpe. 

Ketakutan yang diciptakan sutradara del Toro ini pun berubah menjadi sebuah ketakutan akan ancaman dari manusia, bukan lagi dari hantu. Hantu yang muncul tak lagi mengerikan, meski memang digambarkan sangat mengerikan. Penonton seolah lupa jika mereka sedang nonton film horor.

Penonton juga akan mendapatkan pengalaman menonton horor dengan drama yang emosional. Film ini bukan hanya menceritakan karakter seorang Thomas Sharpe yang misterius, tapi juga hubungannya dengan sang kakak Lucille yang aneh. 

Penokohan setiap tokohnya pun membuat drama semakin menarik. Thomas yang di awal terlihat palsu tapi belakangan menjadi pribadi yang hangat dan penuh rasa takut. Lucille yang selalu misterius dan Edith yang polos. Bagusnya lagi, para pemain dalam film ini bisa menerjemahkan naskah dengan baik. Ekspresi yang membuat penonton ikut hanyut dalam konflik mereka. 

Ciri khas film horor juga adegan-adegan yang mengagetkan jantung. Tapi pada Crimson Peak ini, tak banyak hal tersebut. Adegan mengagetkan hanya pada beberapa bagian saja. Film ini bercampur dengan drama, roman, horor, dan thiller sekaligus. Apiknya, sutradara cukup berhasil sehingga penonton tidak hanya disuguhkan ketakutan atas cerita tak logis atau cerita hantu yang biasa.

Namun sayangnya, misteri Crimson Peak mudah ditebak. Clue atau bocoran jalan cerita mulai bisa ditebak penonton ketika Edith pindah ke Crimson Peak. Tentang ada apa di balik misteri hantu-hantu itu dan juga tentang hubungan Lucille dan Thomas. Bagian akhir yang membuka semua misteri terasa biasa saja karena banyak yang terbaca.

Akan tetapi, film yang mendapat sambutan cukup bagus dari situs kritik film ini memang layak ditonton lho. Selain karena tema dan ide cerita yang tidak horor creepy, film ini bergaya gotik kuno yang keren. Busana, bangunan, tata rias semua keren. Ditambah musik latar yang misterius, style film Crimson Peak memang bukan film horor sembarangan.

  • Bridge of Spies

bridge-of-spies_web-poster.jpg

Bridge of Spies merupakan film menarik untuk anda yang suka film historikal seperti ini. Film ini juga termasuk ke dalam film biopic karena mengangkat tokoh hidup bernama James Donovan yang diperankan oleh Tom Hanks. Eits, bukan saja karena ini film biopic dan pemainnya Tom Hanks, alasan lain kenapa anda akan penasaran dengan film ini adalah karena disutradarai oleh Stephen Spielberg. sssluuurrrpp

Bridge of Spies memang menjanjikan duet aktor dan sutradara yang keren-keren. Tapi nggak salah, karena memang film ini hasilnya juga keren. Bukan hanya sebuah film historikal yang penuh pengetahuan, tapi juga kemasannya yang cukup menghibur.

Bridge of Spies menceritakan seorang pengacara asuransi bernama James Donovan yang diminta untuk mendampingi tahanan mata-mata Rusia di Amerika bernama Rudolf Abel yang dibintangi Mark Rylance. Pada masa perang dingin antara Amerika dan Uni Soviet, James Donovan tugas yang diemban Donovan bukan hanya ditentang keluarganya, tapi juga seluruh warga Amerika. 

Donovan dianggap sebagai seorang penghianat karena membela musuh. Namun pengacara ini punya alasan sendiri. Bagi dirinya, semua manusia punya hak hidup dan dibela. Lagipula mata-mata juga hanya menjalankan perintah negaranya, seperti Amerika yang memberikan tugas yang sama kepada agen mereka untuk memata-matain Rusia.

Donovan benar. Ketika seorang pilot Amerika, Francis Gary Powers (Austin Stowell) tertangkap Rusia, ia diperintahkan maju untuk melakukan negosiasi pertukaran tahanan. Namun bukan hal yang ringan, karena Donovan punya banyak syarat yang membahayakan dirinya.

Pengacara ini harus pergi ke Jerman Timur yang sedang memanas akibat perang saudara. Ia tak bisa memberitahu siapapun tentang misinya, termasuk istri dan anak-anaknya. Meski diperintah CIA, Donovan tidak bisa menyebutkan itu dan hanya mengatasnamakan dirinya pribadi. 

Berbagai rintangan pun datang. Mulai dari dicegat para preman, petugas, hingga menembus cuaca dingin yang ekstrem. Belum lagi ia harus mempertaruhkan banyak nyawa di sini. Bukan hanya Abel dan Powers, tapi juga seorang mahasiswa Amerika di Jerman Timur yang dicurigai mata-mata. 

Film pun mengeksplorasi banyak sosok James Donovan. Sikapnya tenang, meskipun menyimpan banyak ketakutan dan kengerian seperti manusia biasanya. Ia juga pandai memberi alasan kemanusiaan yang logis sehingga membuat para petinggi negara luluh. 

Keberhasilan James Donovan menukar tahanan mata-mata antara Rusia, Amerika, dan Jerman Timur menjadikannya pulang sebagai pahlawan. James Donovan pun kemudian menjadi pengacara terkenal yang berhasil menukar tahanan hingga ribuan jumlahnya. 

Tom Hanks berhasil memerankan karakter seorang James Donovan dengan baik. Ia bisa membuat sosok Donovan yang tegas dengan sikapnya yang tetap santun. Penonton juga berhasil hanyut dalam ketegangan dan ketakutan sepanjang film.

Plot cerita mengalir sederhana dan ringan. Meski film ini termasuk film berat, tapi banyak dialog humor yang membuat film ini lebih santai. Film juga mendetail dalam menggambarkan situasi menegangkan di berbagai negara saat itu. 

Makna yang tersimpan dalam film ini juga bagus. Secara implisit mengajarkan tentang kedamaian dan menghargai hidup setiap manusia. Film juga mengajarkan cara bernegosiasi yang baik, seperti tetap santun, tidak memaksakan namun tegas, serta memiliki alasan yang logis, menyentuh tepat pada inti masalah, dan kuat.

Tapi memang, film ini agak membosankan jika berekspetasi film ini akan seperti film action thriller pada umumnya. Sebelum menonton keseluruhan, mungkin film ini akan terlihat seperti film agen mata-mata yang penuh adegan laga, tapi nyatanya tidak sama sekali. Adegan khas film spy seperti tembak-tembakkan, kejar-kejaran, atau berkelahi tidak terjadi di sini. 

Atau film thriller yang seperti menyusup, berkamuflase dan lainnya, hmmm bukan seperti itu. Ketegangan yang diusung justru lebih kepada apakah Donovan berhasil dalam negosiasinya atau tidak. Atau apakah Donova akan selamat saat melakukan negosiasi. Yap, tidak ada adegan kekerasan yang benar-benar membuat kita ikut meringis. 

Well, film ini mendapat sambutan cukup oke dari IMDb sebesar 8,1 dari 10 dan 7,6 di Rotten Tomatoes. Jadi buat yang suka film-film serius santai tapi berbobot begini, silakan tonton Bridge of Spies karya eyang Spielberg :D

  • Collective Invention

Collective-Invention-Poster.jpg

Kalau yang satu ini, film Korea. Collective Invention merupakan film sci fi, fantasi, dan drama. Kalau tahu Lee Kwang Soo dari Running Man, nah itu dia peran utamanya. Ada juga Park Bo Young dan Lee Chun Hee. Nah, kalau lihat poster film ini, Collective Invention bukan film alien lho, tapi itu mutan, manusia ikan.

Lee Kwang Soo di film ini nggak muncul sebagai manusia seutuhnya. Dia memerankan karakter Park Gu, seorang manusia yang tiba-tiba berubah menjadi ikan di kepala, wajah, dan juga bagian tangannya. Kejadian ini bermula ketika Park Gu minum obat percobaan sebuah perusahaan farmasi besar di Korea. 

Keberadaan Park Gu menjadi perbincangan publik setelah teman dekatnya, Ju Jin yang dibintangi Park Bo Young, berkicau di dunia maya soal manusia ikan ini. Calon reporter bernama Sang Woo (Lee Chun Hee) pun ditugaskan untuk meliput kejadian tersebut. Park Gu sontak jadi terkenal.

Perusahaan farmasi itu pun langsung kebanjiran pertanyaan dan situasi tersebut banyak diteliti para ilmuan Korea. Namun tiba-tiba, sorotan publik terhadap kasus Park Gu berubah. Park Gu bukan lagi menjadi korban, melainkan menjadi yang bersalah. Doktor di perusahaan farmasi pun dilindungi oleh sebuah kekuatan besar. 

Collective Invention ini sebenarnya membingungkan. Film ini punya banyak ide utama. Sebenarnya dia ingin mengangkat framing media, kepentingan pribadi dalam setiap instansi, termasuk media, pebisnis swasta, dan juga publik. Banyak yang ingin diangkat sehingga film mengalir ke sana ke mari yang membuat hilang fokus masalahnya.

Sutradara Oh Kwang Kwon banyak mengambil isu kritik sosial namun terlalu banyak dan tidak mendalam. Hasilnya, penonton jadi bingung inti sebenarnya film ini. Tak hanya itu, karena terlalu banyak yang ingin diceritakan, film jadi kehilangan pesan moralnya. 

Jika dilihat, secara besarnya, film ini ingin mengangkat bagaimana idealnya seorang reporter itu. Mengungkapkan kebenaran dengan berani. Tapi sayangnya, plot cerita malah berbias ke mana-mana. 

Selain itu, hubungan emosional di antara para karkternya juga tidak terlalu kuat. Memang ada adegan di mana penonton dibuat haru dengan hubungan Park Gu dan reporter Sang Won. Tapi tak lama, karena hubungan lain seperti dengan ayahnya, teman dekatnya, malah tak banyak terkespos.

Penokohan para karakternya sebenarnya diterjemahkan dengan baik oleh para aktornya. Lee Kwang Soo, misalnya. Dia bisa banget bikin penonton ikut merasakan perasaan yang dia rasakan, hanya dengan suaranya dan wajah ikannya yang begitu-gitu aja. Wajah ikan Kwang Soo ini serem banget, tapi juga terlihat sangat menyedihkan. Kwang Soo, tanpa wajah aslinya, bisa menyampaikan perasaan Park Gu seperti sedih, sepi, bingung, frustasi, putus asa, dan lainnya. Kasihan banget!

Dan begitu juga dengan Park Bo Young. Di sini dia jadi gadis yang kasar omongannya, liar, dan awalnya pengen cari untung sendiri. Tapi sayangnya, pengarahan dan plot yang ga mendukung bikin Ju Jin ini kayak useless. Awalnya dia jadi sosok yang penting, tapi semakin berjalannya film kok ya semakin biasa dan malah terlupakan. Hmm sayang banget. Lee Chun Hee juga oke banget jadi reporter lugu begitu.

Daaan, endingnya akan bikin frustasi penonton. Endingnya nggak asik banget karena menegaskan plot cerita yang nggak jelas. Hiks. Tapi kabar baiknya, ini film emang banyak adegan lucu. Jadi cukup menghibur. Deretan cast yang oke pasti menarik pecinta film Korea buat nonton film ini. Silakan yang mau coba nonton. 

zeekyuryu

Berawal dari kegalauan saya soal kemampuan Bahasa Inggris yang saya miliki, saya mulailah mencari-cari komunitas yang bisa membantu saya meningkatkan skill bicara Bahasa Inggris itu. Saya googling dengan kata kunci terkait, seperti 'komunitas bahasa inggris di jakarta'. Nah, dibawalah saya ke sebuah komunitas yang bernama Britzone ID. Saya pelajari dan saya putuskan untuk mencoba datang, ternyata saya nggak salah masuk karena di sini memenuhi keinginan saya dalam belajar bahasa inggris.

logo.png

Britzone ID merupakan komunitas bahasa inggris yang berdiri sejak tahun 2002. Dulu, komunitas ini didirikan untuk orang Indonesia yang ingin belajar keluar negeri melatih kemampuan bahasa inggrisnya. Namun setelah program tersebut usai, mereka pun menolak dibubarkan dan malah berkembang menjadi sebuah komunitas yang mewadahi semua orang yang mau belajar dan berbicara dalam bahasa inggris. Britzone ID pun setiap pertemuannya selalu kedatangan orang baru yang makin lama makin dikenal banyak orang. Menariknya, komunitas ini tanpa biaya apa pun. Semua free dan tidak ada proses registrasi maupun seleksi apa pun. 

Letak komunitas Britzone ID ini berada di Perpustakaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan lantai 1 atau Jl. Jendral Sudirman, Senayan. Lokasinya di antara Ratu Plaza dan fx Sudirman. Masuk saja dan bilang mau ke Britzone. Pertama kali saya datang, saya penuh penasaran karena bagaimana bisa hanya datang tanpa registrasi atau tanpa biaya apa pun. Tapi nyatanya bener banget, kita cuma tinggal masuk kelas, duduk dan mengikuti aktivitas di dalamnya. Nggak ada resgistrasi apa pun. Hanya saja bagi setiap new comers akan diminta memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris dan sambutan yang diterima sangat hangat. Di sini layaknya komunitas dan pertemanan saja, terlihat begitu akrab. Jadi selain bisa belajar Bahasa Inggris, dapat bonus juga mendapat teman baru :)

3891_thumb_Untitled-4.jpg

Aktivitas yang dilakukan di Britzone bertujuan utama agar semua orang berani berbicara. Nggak peduli bagaimana buruknya Bahasa Inggris kita, di sini kita dilatih berani berbicara. Tidak ada siapa yang lebih fasih atau tidak, rasanya semua sama. Yang penting menumbuhkan rasa percaya diri dulu untuk berbicara dalam bahasa inggris. Dalam setiap pertemuannya, akan ada satu conductor atau pembawa topik yang memandu kita selama pertemuan. Conductor bisa membawakan tema apa pun, baik itu tentang politik, pengembangan diri, komunikasi, bahkan hal-hal berbau hiburan dan lifestyle seperti film atau memasak dan lain sebagainya. Pokoknya apa pun yang disiapkan conductor boleh dibawakan. 

Siapakah yang akan menjadi conductor? Semua bisa. Semua britzoners (sebutan untuk mereka yang mengikuti kelas Britzone) bisa menjadi conductor. Teringat seorang pengurus Britzone yang mengatakan pada kami bahwa sumbangan terbesar anggota Britzone adalah menjadi conductor. Karena dengan begitu, akan ada saling berbagi ilmu yang sangat berguna bagi para anggota Britzone. Jadi, kalau kita sudah siap menjadi conductor, kita bisa membawakan tema atau topik apa pun untuk didiskusikan. Serunya, biasanya nggak hanya presentasi biasa, tapi ada sesi tanya jawab juga berbagai gimik seperti games yang menuntuk keaktivan mereka yang datang. Semakin seru kalau udah games. 

Jadwal kelas Britzone ada 3 kali dalam seminggu. Setiap Selasa dan Rabu pukul 18:30 hingga pukul 20:00 atau pulang kerja. Ada juga setiap Sabtu pukul 11:00 hingga 13:00 Oya, Britzone tidak mengharuskan kita datang setiap waktu atau tidak membuat kita merasa terbebani akan didepak jika kita tidak datang rutin dan sebagainya, karena di sini bebas dan terbuka saja. Jadi tidak ada paksaan apa pun. 

http://jalan2.com/forum/blog/259/entry-958-perbedaan-oscars-2014-dan-2015/ 

Oya. siapa saja yang boleh datang? Seperti yang dibilang sebelumnya, semua orang bisa datang dan bergabung dengan britzone. Apakah kamu seorang pelajar, mahasiswa, wiraswasta, karyawan, ibu rumah tangga atau apa pun bisa datang ke sini. Tua muda, laki-laki perempuan bisa datang dan mengikuti kelas bersama. Speak up dan beranikan diri kamu untuk bicara bahasa inggris di Britzone yuk!! 

PS: Kalau mau tahu update materi apa yang dibawakan di setiap pertemuan, kamu bisa mengikuti twitternya di @BritzoneID :)

zeekyuryu

Wanita memang selalu punya hal yang unik dan menarik untuk dibahas. Adanya perbedaan budaya memengaruhi karakter wanita di Asia dan juga di Barat. Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk hadir di sebuah acara yang membahas tentang sebuah survey terbaru terhadap karakter wanita Asia, terutama Indonesia. Survey teersebut dinamakan High Heeled Warriors

High Heeled Warriors merupakan sebuah survey yang dilakukan oleh perusahan media dan hiburan yang terkenal, NBC Universal. Mungkin para pelanggan tv berbayar sudah tahu NBC Universal ini. NBC menyediakan konten-konten hiburan dan informasi yang banyak berkaitan dengan wanita. Beberapa yang terkenal antara lain E! Entertainment, DIVA, dan lain sebagainya.

Mengapa disebut sebagai High Heeled Warriors? High Heeled merupakan salah satu ikon dari wanita. High Heeled merupakan simbol wanita modern yang tidak hanya berperan sebagai istri dan ibu biasa saja, tapi juga memiliki pendidikan dan karir yang tinggi. High Heeled juga simbol kekuatan wanita di mana dengan high heeled, wanita merasa lebih percaya diri, lebih kuat karena memang tak mudah menggunakah high heeled bahkan bagi wanita itu sendiri. Sementara warriors berarti seorang pejuang yang kuat. Di sini, ada gabungan yang menarik dan unik antara high heeled yang sangat wanita dan warrior yang sangat pria. Maka penelitian ini adalah penelitian yang ingin mengungkap kekuatan seorang wanita modern saat ini.

High Heeled Warriors ini dilakukan NBC bersama perusahaan riset untuk mengetahui karakteristik wanita Asia modern saat ini. Pertama kali dilakukan pada tahun 2011, kemudian di tahun 2013, dan juga terakhir di tahun 2015. Hasilnya menarik lho teman-teman. Berikut beberapa yang akan saya coba bagikan tentang hasil penelitian High Heeled Warriors ini.

1. Feminisme bagi wanita Indonesia

Feminisme merupakan isu yang sangat gencar diserukan wanita terutama wanita Barat saat ini. Kita tahu sejumlah seleb juga vokal untuk memperjuangkan kesetaraan hak antara pria dan wanita. Emma Watson adalah salah satu seleb muda yang sangat populer dengan kampanye #HeForShe nya di depan anggota PBB. Selain itu ada Angelina Jolie dan masih banyak lagi lainnya. Mereka selalu percaya bahwa wanita selalu bisa sejajar dengan para pria. Dalam riset yang dilakukan High Heeled Warriors pada tahun 2011 lalu ternyata menunjukkan bahwa wanita Indonesia yang hidup di perkotaan memang memiliki kepercayaan diri yang besar dan juga berjuang demi kesuksesan mereka. Namun menariknya, wanita Indonesia tidak pernah melupakan perannya sebagai istri, anak, atau ibu di keluarga mereka. Mereka tetap memiliki kesuksesan yang tinggi tapi memikirkan kehidupan keluarganya.

dsastro.png

2. Karakteristik wanita Indonesia

Dari penelitian yang dilakukan High Heeled Wariors pada tahun 2013 lalu terungkap bahwa ada 5 kelompok yang bisa membagi karakterisitik wanita perkotaan Asia (Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina, dan juga Hong Kong). Kelima kelompok ini dibuat berdasaekan hasil survey yang dilakukan dan lima kelompok itu adalah:

Trail Blazers: Trail Blazers adalah kelompok wanita urban kontemporer Asia yang memiliki sifat ambisius terhadap apa yang ingin dicapainya. Pada kelompok ini, biasanya orientasi karir mereka sangat tinggi. Mereka sangat ingin meraih kesuksesan dalam hal karir dan pendidikan, terutamanya.

Peace Keepers: Peace Keepers sendiri adalah kelompok wanita urban Asia yang sangat teratur. Ia menyukai semua hal yang serba terorganisir dan sesuai dengan sistem. Mereka ini adalah para wanita yang suka mengatur banyak hal untuk kehidupannya.

Passionistas: Passionistas adalah mereka, wanita urban Asia, yang spontan, dan melek dengan segala trend yang baru. Para passionistas ini punya semangat yang tinggi untuk mengejar keinginan mereka dan juga suka mencoba hal-hal yang baru, apa pun itu.

Heartwarmers: Untuk heartwarmers, adalah kelompok wanita urban Asia yang sangat setia. Ia adalah tipe yang sangat memikirkan keluarganya atau family oriented. Heartwarmer ini hangat dan tipikal seorang ibu banget.

Social Siders: Nah kalau social siders ini adalah kelompok wanita urban Asia yang selalu optimis dan suka sekali bergaul.

Dari kelima kelompok di atas, memiliki 2 kelompok yang mendominasi. Kelompok terbanyak wanita urban di Indonesia adalah kelompok Passionistas dan Heartwarmers. Seperti pada penelitian sebelumnya, wanita Indonesia adalah wanita yang memiliki semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupannya. Wanita Indonesia sangat suka mencoba hal-hal yang baru atau tren terkini. Tapi mereka juga selalu memikirkan apa yang terbaik untuk keluarganya, dalam perannya sebagai seorang anak, istri, dan juga seorang ibu. Luar Biasa!! Bangga jadi wanita Indonesia :)

3. Multi tasking

Menarik sekali mengetahui fakta yang satu ini. High Heeled Warriors mengungkapkan bahwa ternyata, wanita Indonesia adalah ratunya multiscreen. Kita, wanita Indonesia, sangat terbiasa dengan multitasking. Perempuan di Indonesia bisa melakukan banyak kegiatan dalam waktu yang sama. Menonton televisi sambil menggunakan smartphone, laptop, bahkan tablet mereka. Sebanyak 67% wanita Indonesia menggunakan smartphone sambil menonton TV dan 50% menggunakan tablet. Wanita Indonesia sangat ingin mengetahui program atau produk yang mereka sedang tonton.

Apakah teman-teman di antaranya? Ketika sedang menonton TV, teman-teman bisa sambil membicarakannya dengan tema-teman di grup WhatsApp, Line, atau bahkan twitter, Path, FB. Dalam waktu yang sama juga, bisa langsung browsing dengan menggunakan laptop atau sambil bekerja. Yap, wanita Indonesia ternyata adalah makhluk yang sangat multitasking. Bahkan, kecenderungan wanita untuk mencari produk atau item yang dia dilihat di TV juga lebih besar dari pria. Misalnya, ketika menonton sebuah drama, wanita bisa mencari merk baju apa yang dipakai si aktor atau aktris atau di mana lokasinya, atau apa sepatunya, dan lain sebagainya.

4. Soal Karir dan Pendidikan

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, wanita Indonesia sebagian besar masuk ke dalam kelompok Passionistas yang memiliki semangat yang tinggi. Wanita Indonesia juga dikenal mementingkan soal pendidikan dan karirnya. Dari Grand Thornton International Business Report pada 2014 didapatkan bahwa ternyata saat ini wanita Indonesia menduduki posisi atas jumlah wanita yang bekerja pada posisi managemen senior di tempat mereka bekerja. Indonesia memiiki 41% posisi manajemen senior dibandingkan rata-rata global yang sebesar 24%. Itu artinya, wanita Indonesia dikenal sebagai wanita dengan orientasi karir yang tinggi. Angka yang besar juga menjadi jumlah wanita berpendidikan tinggi di Indonesia.

5. Fakta lainnya

Ada sejumlah fakta lain yang menarik tentang wanita di Indonesia dari soal hiburan misalnya. Ada beberapa nama artis Hollywood yang menjadi artis paling banyak dikagumi wanita Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Angelina Jolie, Taylor Swift, Katy Perry, dan juga Emma Watson. Sementara untuk urusan program tv luar negeri yang paling banyak disukai adalah dari US paling tinggi, posisi kedua ada UK, posisi ketiga ada Korea Selatan, dan posisi keempat ada Jepang. Yap, ketebak juga sih... dari 10 besar program TV luar negeri yang ada, Filipina ada di posisi terakhir. US mungkin dari film, reality show, talkshow, dan program musiknya, begitu juga dengan UK. Kalau Korea Selatan ya pasti juga karena dramanya, film, variety show dan juga musiknya. Sama dengan Jepang yang mungkin dengan tambahan program kartunnya. Oya, wanita Indonesia suka dengan program hiburan, program masak-masak, informasi, dan juga reality show.

6. Fakta lain tentang wanita

Terakhir, mari kita bahas sedikit tentang fakta lain dari survey ini terhadap wanita secara global. Ternyata, wanita memiliki kekuatan yang besar dalam keputusan pembelian barang. Dalam keluarga, bahkan wanita punya power untuk mempengaruhi suami dalam memutuskan masalah produk keuangan seperti banking atau asuransi. Mobil dan juga barang elektronik, meski menjadi keputusan pria, tapi wanita punya pengaruh yang sangat besar dalam pemilihan produk tersebut. Maka dari itu, marketing sebuah brand harus memikirkan apakah produk mereka akan disukai wanita atau tidak.

Quote yang saya suka dari hal ini adalah, "When you make woman happy, you make people happy." Yap, karena apa yang wanita putuskan untuk dibeli adalah bukan untuk dirinya sendiri tapi juga untuk kebaikan anggota keluarganya. Misalnya dalam membeli mobil, wanita akan memikirkan apakah mobil itu cukup nyaman untuk anak-anak atau tidak? Pergi berlibur? wanita akan mencari tempat yang juga sesuai untuk anak-anaknya. :)

zeekyuryu

Ada film lama yang baru saya tonton dan menurut saya, ini film sangat menarik. Pertama, karena masalah hubungan atau cinta yang dialami atau digambarkan dalam film ini sering kali terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, film ini sangat menarik karena dibintangi aktor dan aktris papan atas dan itu rame banget. Ada Ben Affleck, Jennifer Aniston, Jennifer Cornelly, Bradley Cooper, Scarlett Johansson, Drew Barrymore, Kevin Connolly, Justin Long, dan juga Ginnifer Goodwin . Film ini dirilis pada tahun 2009, udah lama banget yak tapi saya baru nonton heheh maklum, dulu belum suka sama genre drama gini. Film ini emang lebih pas kalau ditonton cewe-cewe, tapi cowok juga bisa kok.

Secara garis besar, film ini akan menceritakan hubungan yang rumit di antara para Nggak cuma menceritakan satu kasus atau satu karakter, tapi kasus2 yang biasa kita temui. Ada yang menggambarkan tentang kehidupan rumah tangga, pacaran tapi nggak nikah-nikah, bahkan jomblo yang nggak selesai-selesai. Hmm kalau diceritakan semuanya bakal rumit, tapi saya mau bagi cerita film ini berdasarkan case masing-masing karakternya. Oke???

- Pernikahan dan Perselingkuhan

he_s_just_not_that_into_you14.jpg

Dalam film ini, Janine (Jennifer Cornelly) dan Ben (Bradley Cooper) adalah pasangan suami dan istri. Mereka sudah berpacaran sejak kuliah dan Ben adalah sosok yang snagat baik di mata Janine. Baginya, dia adalah suami paling baik yang pernah ada. Tapi siapa sangka, Ben yang dinilai tulus menyayangi Janine malah tergoda dengan wanita cantik dan seksi, guru yoga, Anna (Scarlett Johansson). Ben memang sudah mencoba untuk setia tapi ia pun akhirnya jatuh juga ke pelukan Ben. Janine pun merasa semua yang ditunjukkan Ben selama ini adalah palsu, padahal ia sendiri mencoba menyelamatkan pernikahannya. Tak tahan dengan wajah palsu Ben, Janine pun akhirnya memutuskan untuk bercerai.

- Kekasih tak dianggap

63509_by.jpg

Sementara itu, Anna (Scarlett Johansson) juga digilai oleh sosok seorang pria, pengusaha real estate bernama Conor (Kevin Connolly). Conor sangat menyukai semua hal tentang Anna. Bagaimana dengan Anna? Ia selalu manis di hadapan Conor dengan memberi panggilan sayang, mau tidur bareng dan sebagainya. Tapi Conor bukanlah pria yang ia cintai sebenarnya. Anna jatuh cinta pada Ben (Bradley Cooper) dan ia hanya datang pada Conor ketika sedang suntuk. Tapi pada akhirnya, Anna pun sadar, ia tidak bisa menjalani hubungannya bersama Conor ke tahap yang lebih serius lagi. Conor hanya teman biasa.

- Jomblo, sulit mendapatkan pasangan

he_s_just_not_that_into_you19.jpg

Di sisi lain, seorang bernama Gigi (Ginnifer Goodwid) sulit mendapatkan pasangan. Ia selalu ditinggalkan oleh pria yang ia temui di kencan buta. Conor, salah satunya. Ketika sangat sedang menggilai Conor, ia pun menunggunya setiap waktu. Menunggu telepon, sms, bahkan nekat mencarinya ke bar tempat biasa Conor berkunjung. Beruntung, Gigi bertemu dengan Alex (Justin Long) yang sangat terbuka dan jujur dengan apa yang ia ketahui tentang pria. Alex selalu memberinya ketegasan bahwa Conor dan pria lain yang ditemui Gigi tidak ada ketertarikan padanya. Meski pahit, namun Gigi menerimanya. Ia bahkan jadi sering berkonsultasi dengan Alex tentang semua pria yang ia kenal. Alex pun selalu mengatakan bahwa jika seorang pria benar-benar menyukai seorang wanita, maka ia akan benar-benar mengejarnya. Alex dan Gigi tanpa sadar semakin dekat hingga Alex berbalik mengejar Gigi.

- Pacaran lama tapi nggak dinikahi

hesjustnotthatintoyoupic.jpg

Beth (Jennifer Aniston) dan Niel (Ben Affleck) adalah pasangan yang sudah berpacaran hingga 7 tahun. Keduanya saling mencintai namun Niel tidak pernah ingin membangun pernikahan. Bagi Niel, komitmen, kenyamanan, perasaan saling mencintai di antara mereka sangat cukup tanpa harus dipusingkan dengan urusan pernikahan. Seperti wanita pada umumnya, Beth punya pandangan yang berbeda. Ia juga ingin menikah, menjadi istri dari orang yang ia sayangi. Perbedaan pandangan ini membuat Beth dan Niel putus. Namun pernikahan indah yang dibayangkan Beth tidak nampak di kehidupan pernikahan yang baru dibangun adiknya. Ia merasa muak dengan keluarga iparnya yang tidak bertanggungjawab padahal mereka hidup bersama. Di sanalah, ia sadar bahwa Niel, meski tidak mau menikah, punya ketulusan dan sikap yang jauh lebih baik dari suami seperti adiknya itu. Niel kembali dan bahkan melamarnya. Happy ending untuk Niel dan Beth.

- Cari pacar online

he_s_just_not_that_into_you02.jpg

Tidak semua orang percaya diri untuk mencari pacar langsung. Atau mungkin banyak orang yang masih menyukai pacaran secara online. Mencari pacar lewat media sosial atau situs perjodohan, itulah yang dilakukan oleh Mary (Drew Barrymore). Ia tampaknya selalu puas dan antusias dengan caranya berkenalan lewat dunia maya. Mary beberapa kali jatuh hati hanya lewat profil picture, sapaan dan obrolan di ruang chatting, atau video call dengan pria nun jauh di sana. Tapi tak pernah berjalan mulus karena nyatanya, setiap pria online yang ditemui Marry sering kali mengumbar ucapan manis dengan user lain yang bertebaran juga di dunia maya. Menyerah pada sistem dating online, Mary memutuskan untuk keluar menuju dunia nyata. Di sanalah ia bertemu dengan Conor, sosok pengusaha yang pernah menjadi kliennya.

He's Just Not That Into You benar-benar memberikan gambaran tentang kasus-kasus percintaan yang biasa terjadi di kehidupan sehari-hari. Para karakter dibangun dengan alur dan masalah yang kuat. Lalu memberikan pesan moral masing-masing yang membekas. Pada kasus pernikahan dan perselingkuhan yang dialami Ben dan Janine adalah kasus yang mungkin pernah dialami siapa saja. Sosok suami yang sangat pengertian dan bisa dipercaya malah tetap saja tergoda dengan wanita lain. Namun seorang wanita masih sering ingin mencoba mempertahankan pernikahannya. Pada titik semua tak bisa lagi ditolerir, di sanalah, pria akan merasakan kekuatan wanita yang besar. Ben dan Janine memang bercerai, sad ending untuk mereka? belum tentu, karena Janine memulai lagi kehidupannya untuk mencari kebahagiaan yang tulus.

Contoh kasus yang terjadi antara Conor dan Anna pun biasa terjadi. Anna, adalah tipe cewe PHP yang nggak ingin kehilangan fansnya. Ia menganggap Conor sebagai cadangan ketika sedang suntuk. Hati-hati sama cewe yang kayak gini heheh.

Hmm saya pribadi suka sama kasus dan adegan antara Alex dan Gigi. Gigi bukan wanita yang menarik seperti cantik atau seksi di mata pria. Dia hanya seorang wanita biasa yang polos dan hanya ingin merasa dicintai. Proses pencarian pria yang mencintainya pun terkesan menyedihkan. Tapi dari proses itu Gigi belajar banyak. Semua patah hatinya akan indah sendiri pada waktunya. Tanpa perlu dipaksakan, tanpa perlu banyak drama. Yang saya suka juga, Alex banyak banget memberi nasehat yang bisa banget di 'quote'. Naskah Alex selalu ngena dan membuat penonton mengangguk-ngangguk. Keren untuk setiap dialognya.

Sementara itu ladies, untuk kasus Beth dan Niel juga pasti sering jadi perdebatan bagi yang udah pacaran lama. Hmm kalau di Indonesia mungkin lebih sengit lagi karena tinggal bareng tanpa hubungan pernikahan pasti dianggap bukan hanya sebagai planggaran norma sosial budaya aja, tapi juga agama bahkan hukum. Jadi banyak banget wanita yang akhirnya memutuskan untuk bye aja kalau prianya nggak mau nikahin mereka. Di film ini, ultimatum Beth pada Niel mungkin yang menjadikan Niel juga lebih mikir. Kalau dia benar-benar cinta dan mau komitmen setia sama Beth, kenapa juga ga mau nikah? Karena itulah, Niel akhirnya sadar dan melamar Beth.

Kalau yang terakhir emang kocak sih. Jomblo yang suka banget main dating online. Tabu? Nggak kok, banyak banget sekarang ini situs2 perjodohan. Apakah semuanya bohong? Ya ga juga, namanya juga jodoh, bisa dari jalan mana pun dan apa pun. Kalau emang jalan jodohnya dari online, ya kenapa ga? Tapi dari film ini kita tahu, cari jodoh lewat online justru lebih sulit? Kita nggak kenal lebih intens sehingga banyak kebohongan yang kita terima. Kita juga jadi nggak bisa merasakan getaran2 sesungguhnya. Ketemu langsung lebih nyata, lebih menyenangkan.

Well, yang belum nonton coba deh tonton. Ini bagus banget buat yang lagi ingin memahami cinta haha.

zeekyuryu

Sebagaimana yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya tentang nuansa konser Kpop di Indonesia, saya juga akan menulis tentang Fan meeting Artis Korea di Indonesia. Fan meeting atau bahasa Indonesianya adalah jumpa fans ini biasanya diadakan sama aktor atau aktris Korea. Seperti yang diketahui, Indonesia termasuk penonton terbanyak drama dan juga film Korea. Jadi nggak heran kalau fan meeting ini juga ramai penontonnya. Apa saja hal-hal tentang fan meeting artis Korea ini? Berikut hal-hal yang bisa kamu ketahui tentang fan meeting artis Korea di Indonesia.

1. Persamaannya dengan konser Kpop

Ada beberapa persamaannya dengan konser Kpop yang biasa digelar. Ini dia:

- Harga tiket

Harga tiket konser dengan fan meeting ini sama lho. Kalau konser Kpop (yang mana rata-rata boyband atau girlband) harga tiketnya mulai dari 500 ribuan, begitu juga dengan fan meeting aktor atau aktris Korea ini. Meskipun mereka sendirian, harga tiketnya sama. Bukan berarti lebih murah lho

- banyaknya penonton

Banyaknya penonton sebenarnya nggak terlalu sama, tapi nggak terlalu berbeda juga. Karena fan meeting ini biasanya tidak membutuhkan panggung yang besar atau lighting yang spektakuler, maka venue akan lebih banyak menampung jumlah penonton. Venue biasanya yang dipakai adalah di hall-hall yang tidak terlalu besar. Hall-hall yang ada di mall biasanya yang paling sering digunakan. Beberapa yang pernah dipakai itu di Hall Mall Taman Anggrek, Kota Kasablanka, dan juga Gandaria City.

2. Perbedaannya dengan konser

Nah kalau perbedaannya dengan konser terletak pada isi acaranya. Jika konser, pastinya mereka menyanyi full sedangkan pada fan meeting mereka akan lebih banyak berinteraksi dengan para fansnya. Biasanya mereka akan memainkan sejumlah games yang mengajak fans beruntung naik ke atas panggung. Mereka juga sesekali bernyanyi untuk menghibur mereka. Kejutan lainnya adalah penampilan-penampilan spesial masing-masing artis.

Siapa saja artis Korea yang pernah menggelar fan meeting di Indonesia?

kim_woo_bin-20150314-014-bayu.jpg

- Kim Woo Bin

Ini adalah fan meeting yang menurut saya cukup menghebohkan. Pasalnya, drama si aktor ini memang hits banget di Indonesia, kayak The Heirs, School 2013, dan juga sejumlah filmnya. FM Woo Bin digelar di Hall Kokas dan hampir semua bangku terisi penuh. Banyak banget permainan yang dimainkan sehingga para fans histeris dan seneng banget. Karena aktor yang punya image cool, dia emang jarang ngomong. tapi overall, games yang dimainkan seru-seru. Fan meetingnya juga berjalan meriah.

- Running Man

RaceStart2-56.jpg

Kalau yang ini sebenarnya bukan aktor atau artis drama. Kalau ini acara variety show di Korea sana. Cuma karena memang fansnya buanyak banget di mana-mana, akhirnya mereka bikin fan meeting. FM Running Man ini memang ada juga berbagai games yang mengajak fans naik ke atas panggung. Tapi hanya di segmen awal aja. Sisanya, para personil Running Man ini nyanyi lagu masing-masing bagi yang punya album sendiri dan yang bukan penyanyi menyanyikan lagu orang. Tapi kalau Running Man ini lebih kayak ke konser jadinya. Hmm..

Selain para tamu di atas, fan meeting aktor lain juga pernah digelar. Misalnya, ada Lee Seunggi, aktor dari drama Brilian Legacy. Ada juga Jung Il Woo dari drama 49 Days. Tapi sayang saya belum ditugaskan ke sana. Oya, ada juga Kim Soo Hyun. Buat yang suka sama drama Dream High dan juga Man From Another Star (yang salah satu stasiun TV kita pernah ngejiplak drama ini buat sinetronnya itu) pasti tahu sama Kim Soo Hyun. Waktu dia fan meeting di Gandari City memang tidak bisa diliput media dikarenakan saat itu Korea masih dalam keadaan berkabung lantaran tragedi tenggelamnya Kapal Sewol.

zeekyuryu

if-i-had-british-accent-i-d-never-shut-up.png

Siapa di sini yang suka hal-hal berbau British? British boy, british accent? Yeah, me love too. Kenapa ya rasanya British itu menarik banget? Bahkan kita tahu ungkapan populer yang mengatakan bahwa "If I Had British Accent, I'd never shut up!" bener banget. Aksen british itu rasanya keren seksi gimana gitu. Buat yang udah pernah nonton film-film british, seperti Harry Potter atau Narnia, atau serial Sherlock pasti tahu bagaimana seksinya aksen British tersebut. Ada juga yang membuat meme tentang alasan mengapa sebaiknya memilih british boy dibanding american boy. Beberapa alasannya adalah karena:

- bristis accent mereka

- bristh boy is hotter than american boy

- british accent mereka

- cara berpakaian mereka lebih baik dari cowo amerika

- british accent mereka

- british boy lebih cute dari american boy

- british accent mereka

haha alasan terbanyak adalah karena aksen mereka. Well yah, british accent emang lucu, seksi, dan juga keren. Pengen banget bisa logat british kayak aslinya. Kalau kamu mau tau perbedaan british dan american accent, kamu bisa googling dan banyak banget mulai dari cara penulisan, cara pelafalan, dan lain sebagainya. Di sini juga sudah pernah ada yang menulis

Hmm saya cuma mau share beberapa cara untuk belajar dan melatih aksen British yang bisa kita lakukan. Beberapa caranya adalah sebagai berikut:

1. Banyak menonton film beraksen British. Cara paling mudah untuk melatih aksen British kita adalah dengan banyak menonton film dengan logat British yang kental. Misalnya Harry Potter dan juga Narnia. Atau film lain yang memang berlatar Inggris. Kalau kamu suka dengan serial, kamu bisa juga nonton Sherlock atau Doctor Who. Dan sedikit banyak, memang kebayang aksennya sih. Meskipun masih susah banget sih cuma ini salah satu cara yang oke buat mencoba aksen British yang seksi mereka. Apalagi kalau nonton film british bonus banget sama aktor-aktornya yang ganteng dan lucu-lucu wkwkwkw

2. Mendengarkan lagu british

Hmm yang satu ini bisa jadi tambahannya. Banyak penyanyi yang aksen Britishnya hilang ketika menyanyi. Sama kayak penyanyi Indonesia dari mana pun juga yang medoknya hilang saat nyanyi. Misalnya Duta Sheila on 7 yang kalau nyanyi mana kelihatan logat medok Jogjanya hehe. Ya sama aja dengan mereka yang sebenarnya agak sulit. Tapi masih suka kedengaran kok. Coba denger-denger One Direction ada banyak pelafalan yang masih khas British.

3. Mendengarkan video-video tutorial Britich Accent

Hmm kalau tadi dari para artis, bisa juga mulai mendengarkan video-video tentang belajar British dari para native nya. Di Youtube kita bisa mendengarkan dan melihat bagaimana caranya mengucapkan kata ala British. Ini sangat membantu. Selain video-video tutorial semacam itu, kita juga bisa menonton video seperti news atau video blogger yang dibuat orang Inggris asli untuk makin melancarkan aksen British kita.

4. Mulai dari topik yang mudah

Jika ingin menonton untuk belajar, bagi para pemula, pilih topik atau cerita yang mudah. Misalnya, kalau nonton film tanpa subtitle, coba film drama romantis yang banyak percakapan sehari-hari atau ringannya. Dibanding nonton Sherlock yang penuh dengan misteri dan kode2 gitu, nonton cerita cinta akan lebih memudahkan. Atau mau nonton BBC atau video news lainnya. Coba yang topiknya juga ringan. Begitu juga blogger di youtube yang lucu-lucu cari yang memang tidak membahas hal-hal yang sulit terlebih dahulu. Sampai saat ini pun saya masih belajar :)

5. Bergabung dengan komunitas british

Salah satu cara yang saya lakukan untuk bisa berbicara bahasa Inggris aksen British adalah bergabung dengan pecinta aksen British juga. Dan saya pun menemukannya. Nama komunitas ini adalah BritZone dan gratis. Tentang BritZone, saya akan menceritakan lebih lengkap di lain kesempatan :)

Setelah semuanya, saya pun coba mengucapkannya. Sering buat rekaman suara sendiri agar bisa melatih. Yang jelas menurut yang pernah saya baca, belajar bahas asing lebih baik banyak mendengarkan terlebih dahulu. Nantinya akan ada feeling yang mengikuti masalah grammatical dan lain sebagainya.

Happy Learning British Accent :)

zeekyuryu

Indonesia beberapa tahun belakang memang sedang dilanda demam Korean Pop atau musik Korea yang biasa juga disebut dengan Kpop. Fans Kpop di Indonesia kian hari kian bertambah sampai akhirnya Indonesia menjadi negara yang dilirik untuk konser para artis mereka. Seperti artis barat, artis Korea juga suka mengadakan tur dunia dan berkunjung ke sejumlah negara-negara terutama negara di wilayah Asia. Sebelumnya, beberapa negara yang jadi kunjungan wajib antara lain Thailand, Singapura, Cina, Hong Kong, Jepang dan beberapa juga Malaysia. Namun kini Indonesia selalu ada dalam daftar kunjungan mereka.

Kebetulan, sejak tahun 2013, saya ditempatkan di kanal hiburan seperti musik dan film di media online tempat saya bekerja. Hal ini membuat saya sering mendapat kesempatan untuk meliput (sekaligus menonton) konser-konser Kpop yang ada di Indonesia. Dari sekian banyak konser yang pernah saya liput, ternyata memang seru juga. Konser Kpop memang berbeda dengan konser artis Barat yang lebih simple. Kalau saya mendeskripsikan dalam sebuah rasa, konser barat itu berkesan Sweet-Cool, sementara Kpop Sweet-Wow. Hmm sudah lama mau nulis ini, dan berikut beberapa perbedaan masing-masing konser Kpop yang pernah digelar di Indonesia.

1. BIGBANG Alive Tour 2012

BigBang.jpg

Kalau yang satu ini, saya datang bukan untuk liputan, tapi emang niat nonton hehe. Kebetulan dapet rejeki tiket gratis dari teman waktu itu. Sedikit info, BIGBANG merupakan boyband besutan YG Entertainment, yang aliran musiknya lebih ke arah hip hop dan juga pop. BIGBANG ini disebut punya nuansa musik yang beda dari grup Kpop lainnya. Waktu konser Alive digelar pada tahun 2012 di MEIS Ancol, BIGBANG sampai butuh 2 hari waktu konser karena permintaan yang membludak. Tata panggung dan lighting yang mewah memang jadi ciri khas konser Kpop. Namun meski sebuah grup boyband, BIGBANG tampil dengan live band yang mengiri semua lagu-lagunya. Mereka memang tidak terlalu piawai dalam menari, konsep free style lebih diusung di sini. Jika banyak yang bilang para boyband atau girlband Kpop semuanya lipsync, ga juga kok. Karena saat tampil di sini, BIGBANG memang tampil secara live. Mereka juga banyak berinteraksi dengan fans dari atas panggung.

3. INFINITE 2013

18444.03582282.nt2.jpg

Ini adalah liputan konser saya yang pertama kali. INFINITE merupakan salah satu boyband yang terbilang baru debut saat itu tapi sudah cukup dikenal luas. Di Indonesia sendiri, memang banyak tapi fans tidak memadati MEIS Ancol. Hanya setengah MEIS mungkin yang terisi. Karena saya juga nggak paham dengan lagu-lagunya, tapi memang konser ini cukup mnarik. Lebih berkesan cute concert. Para anggota menampilkan lagu lagu yang romantis dengan nuansa yang cute. Kayak ada salah satu member yang menyanyi dengan properti boneka besar dan sebagainya. Fans juga banyak disajikan ekspresi dan sapaan-sapaan cute oleh para member.

3. SNSD 2013

dalamsnsd.jpg

Sebulan kalau tidak salah setelah kedatangan INFINITE, Indonesia kembali kedatangan artis Kpop. Kali ini, sebuah grup girlband Kpop terbesar, SNSD atau Girls Generation. Nah kalau yang ini pasti pada tahu semua kan? Beda dengan INFINITE, waktu konser SNSD di sini, MEIS penuh sesak, literally, karena yang nonton banyak banget. Semua kalangan tua muda, cowok cewek kayaknya rata. Beda dengan konser Kpop lain yang rata-rata atau sebagian besar cewek, konser SNSD ini kayaknya sama deh cowo cewek. Konser berlangsung sangat pink sekali. Apalagi ditambah lightstick pink yang dibawa para SONE (sebutan fans Girls Generation) yang dinyalakan sepanjang konser. Uniknya lagi, konser dibuka dengan lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan semua fans yang hadir.

Seperti konser Kpop lainnya, tata panggung dan juga tata cahayanya emang keren banget. Tapi di konser SNSD ini banyak VT nya. Video yang diputar di sela-sela penampilan para member di konser ini berdurasi yang cukup lama lho. Kalau saya sih jadi terkesan agak membosankan. Maklum sih karena ini konser girlband dan mereka butuh waktu untuk berganti pakaian. Tapi secara visual, konsernya memang terlihat sangat cantik. Untuk aksi panggung, tetap enerjik tapi tidak terlalu banyak sesi 'chit chat' atau berinteraksi dengan fans yang datang.

4. CNBLUE Blue moon Tour 2013

bmjkt2.png

Tahun 2013 lalu memang masih menjadi tahunnya konser Kpop. Selain yang saya sebutin di sini ada banyak banget yang juga tampil di Indonesia. Tapi sayangnya, saya nggak liputan jadi saya juga nggak tahu gimana. Anyway, kalau konser yang satu ini bukan girlband dan bukan boyband. CNBLUE, buat yang belum tahu, CNBLUE adalah nama sebuah band pop rock di Korea Selatan. Tapi tetep, para personilnya mulus alias ganteng-ganteng. Karena formasinya band, makanya beda dengan konser Kpop yang boyband. Di sini, mereka nggak ada tari menari atau dance. Semua megang alat. Namun untuk tata panggung dan tata cahaya masih khas Kpop yang gemerlap.

Aksi Live band CNBUE ini juga termasuk konser keren Kpop. Penampilan mereka sangat enerjik dengan kontrol vokal yang juga keren. Kalau menurut saya, konser BLUE MOON ini masuk kategori sweet cool juga sih karena lebih simple dari kostum dan sebagainya. Nggak ada kostum khusus seperti para boyband, hanya kaos dan jeans aja. Lebih cowok deh hehe. Meski begitu, interaksi artis sama fansnya tetep intens. Dari semua konser yang sudah saya sebutkan di atas, konser BLUE MOON dari CNBLUE ini yang paling terasa kedekatannya. Bahkan hampir 90% mereka berinteraksi dengan Bahasa Indonesia. Jadi mereka kayak udah belajarin dikit-dikit bahasa kita dan itu membuat semua fansnya di Indonesia makin berbunga-bunga. Kalau suara, power, ya baguslah. Saya bukan pengamat musik hanya penikmat jadi menurut saya asik-asik aja hehe.

5. 2NE1 World Tour 2014

aon-indonesia-press-photo.jpgGirlband yang nggak kalah terkenalnya dari SNSD, 2NE1. Kalau 2NE1 ini masih satu manajemen dengan BIGBANG, yaitu di YG Entertainment. Makanya nggak heran kalau konsep yang diusung lebih ke genre hip hop juga. Berbeda dengan SNSD yang sangat feminim dan cute, 2NE1 ini lebih ke konsep strong girls. Cewek-cewek keren gitu. Ga tau kenapa, dari semua konser yang udah disebutin di atas, saya suka banget sama konsernya 2NE1 ini. Keren banget. Konsepnya jelas dan rapi. Mereka pakai konsep warna gitu. Ada 4 segmen yang bertemakan warna-warna dan menggambarkan sifat seorang wanita. Opening di segmen 1 warna putih yang menunjukkan ketulusan hati seorang wanita. Lagu yang dibawakan juga yang menggambarkan perasaan tersebut. Selanjutnya ada warna merah yang mengartikan cinta seorang wanita. Lalu ada hitam di mana wanita juga punya karakter yang kuat. Dan tentunya ada pink yang menunjukkan kelembutan hati seorang wanita. Aksi panggung yang memukau dan interaksi dengan fans yang cukup kuat membuat konser ini kayaknya yang paling keren yang pernah saya liput. hehe.

6. 2PM Go Crazy Jakarta 2015

25618.38406763.j2.jpg

Yang terbaru, yang masih anget adalah konsernya 2PM akhir pekan lalu. 2PM ini bukan pertama kalinya ke Indonesia, melainkan sudah lima kali. Jadi penampilan mereka di konser kemarin menurut saya bukan seperti artis luar aja. Mereka terlihat sangat nyaman dan familiar di atas panggung bahkan aksen bahasa Indonesia yang bagus-bagus. 2PM punya keunggulan di keramahan setiap personilnya. Konser mereka memang dikenal dengan konser yang penuh pelayanan terhadap fans. Akrab dan dekat. Yah kalau begini, siapa fans yang nggak histeris coba. Nggak ada kata jaim buat mereka sehingga konser berlangsung sangat friendly. Oya, di konser kemarin, mereka nyanyi lagu RAN Dekat di Hati dan itu bagus banget hehee.

Sebenarnya banyak konser yang digelar sepanjang tahun 2014 juga. Ada beberapa nama artis Kpop seperti SHINee dan juga EXO. Ada juga Taeyang di tahun 2015 lalu. Tapi sayanya ngggak dapat liputan jadi nggak bisa ikut komen hehe. Selain konser, artis Korea juga suka tuh yang namanya fan meeting, Kalau fan meeting lebih diperuntukkan untuk aktor atau aktris drama atau film. Ada juga fan meeting Running Man yang pernah digelar tahun kemarin. Kalau fan meeting, nanti di pembahasan selanjutnya aja yaa....

zeekyuryu

Ajang penghargaan Academy Awards 2015 baru saja selesai digelar di Dolby Theater Hollywood, Minggu malam waktu setempat. Di Indonesia, ajang yang dikenal juga dengan Oscars 2015 ini dimulai pada pukul 7 pagi yakni dari sesi red carpet. Meski ini adalah ajang penghargaan untuk insan perfilman di Hollywood sana, tapi euforianya juga mendunia lho. Lewat channel-channel tertentu, masyarakat di seluruh dunia bisa menyaksikan perhelatan akbar ini. Bahkan, digelar juga nonton bareng di sejumlah bioskop di Jakarta. Emang seru banget? Ya, namanya juga ajang penghargaan kan, di sini bukan cuma acaranya aja atau penasaran siapa dan apa film terbaiknya, tapi juga jadi ajang para seleb dunia bergaya dengan gaun-gaun terbaik mereka.

Karena punya kesempatan untuk menyaksikan Oscars screening dari tahun 2014 lalu, rasanya pengen banget komentarin perbedaan Oscars 2014 dan 2015. Sama-sama menarik, tapi ada beberapa hal yang membuat nuansanya berbeda satu sama lain. Apa saja? Ini dia perbedaan Oscars 2014 dan 2015 versi saya.

1. MC

Yang pertama, MC Oscars 2014 lalu adalah Ellen DeGeneres dan Neil Patrick Harris. Mungkin udah banyak yang suka nonton acara The Ellen DeGeneres Show, acara bincang-bincang yang inspiratif sekaligus seru dan yeah, Ellen, menurut saya, asik banget saat bawain Oscars tahun lalu. Bukan Neil nggak asik, tapi dari sisi keseruan, Ellen did better. Tahun lalu, Ellen banyak berinteraksi dengan para seleb yang duduk di kursi tamu undangan. Banyak interview singkat atau bahkan hanya joke-joke ringan yang menghibur. Ellen juga membuat twitter jebol rekor dengan selfie of the yearnya. Inget kan waktu ada selfie Ellen dengan banyak banget seleb papan atas dunia, kayak Bradley Cooper, Angelina Jolie, Meryl Streep, Brad Pitt, daaaan lain sebagainya. Itu selfie jadi tweet yang di RT terbanyak sepanjang tahun kemarin. Belum lagi kehebohan Ellen yang memesan pizza di tengah acara. Nggak tanggung-tanggung, tukang pizzanya suruh masuk ke dalam venue dan bagiin langsung ke seleb yang pada mau. Wow seru banget.

ellen-degeneres-oscars-2014-pizza-guy-gi.jpg

Untuk Neil tahun ini, nggak banyak memang turun ke bawah, ke kursu tamu undangan. Padahal, tahun ini artisnya juga nggak kalah keren yang dateng. Apalagi sebenernya tahun ini banyak pengantin baru yang bisa jadi 'bahan' obrolan. Hmm yah jadi Neil kebanyakan momen sendiri aja di atas panggung. Seru tetep karena banyak komentar yang menggelitik. Stress karena dia berani keluar dengan telanjang! Wew bener-bener cuma pake celana dalam dan juga sepatunya aja. Parodiin Birdman dan itu bikin studio pecah. Selain itu, Neil juga berhasil buka acara ini dengan aksi keren dan menghibur. Teatrikal dan musikal bareng Anna Kendrick dan Jack Black, keren!

neil-patrick-harris-nph-anna-kendrick-oscars-2015-opening-song-billboard-650.jpg

2. Momen Kocak

Momen kocak tahun kemarin sepertinya lebih banyak dari tahun ini. Ya, seperti momen photobomb alias yang suka in frame tiba-tiba ngerusak foto seleb lain. Tahun kemarin banyak jadi headline. Misalnya, photobomb nya U2 dan kawan-kawan sedang sesi foto. Atau photobomb lainnya. Tahun ini belum banyak photobomb yang diceritain.

cumberbatch-oscars.jpg

Selain itu, momen kocak yang unpurposely happened. Yak misalnya Jennifer Lawrence yang jatuh, momen ketawa Jennifer Lawrence yang heboh banget dan lain sebagainya. Tahun ini ya paling gaun yang suka keserimpet dikit-dikitlah. Momen konyol dan kocak yang heboh sepertinya tidak banyak, dari kalangan audience ya.

3. Momen mengharukan

Setiap pidato pasti punya pesan yang menyentuh dan mengharukan. Begitu juga dengan pidato dari para Tahun ini, para pemenang Oscars dan juga para penampilnya banyak membuat haru. Misalnya pidatonya Graham Moore yang menang best adapted screenplay. Dia cerita kalau dulu dia suka dihina kalau dia beda dan aneh. Sekarang dia membuktikan kalau yang berbeda dan aneh juga bisa jadi yang terbaik. Lalu aksi-aksi panggung John Legend sama Lady Gaga juga punya kesan yang membuat penonton terharu bahkan banyak yang menitikkan air mata.

zeekyuryu

Film biografi dari seorang ilmuan, Stephen Hawking, adalah salah satu film yang direkomendasikan untuk anda tonton kali ini. Theory of Everything merupakan film yang dibintangi oleh Eddie Redmayne sebagai Stephen Hawking dan Felicity Jones sebagai Jane Wilde atau Jane Hawking, istri Stephen. Film yang disutradari oleh James Marsh ini merupakan film adaptasi yang diangkat dari catatan harian yang dibukukan dan ditulis langsung oleh Jane Hawking. Buku tersebut berjudul , "Travelling to Infinity: My Life with Stephen. Jika kamu suka dengan film drama yang penuh pengorbanan, diangkat dari kisah nyata, apalagi sosok seorang tokoh, mungkin Theory of Everything ini cocok banget buat kamu.

eddie-redmayne-transformation-stephen-hawking-theory-of-everything.jpg?w=670&h=377&crop=1

Theory of Everything dimulai dengan kehidupan seorang Stephen William Hawking saat usia remaja menjelang dewasa. Stephen berteman baik dengan Brian, sosok pemuda tampan dan juga sama-sama pintar. Stephen adalah sosok pemuda yang penuh semangat dan setia kawan. Ia selalu bersama dengan Brian dalam banyak situasi. Stephen dikenal cerdas apalagi dalam urusan matematika. Hingga pada suatu pesta, Stephen bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Jane Wilde. Dari perkenalannya, Jane adalah seorang yang beragama sedangkan Stephen dikenal sebagai seorang ateis. Jane adalah anak sastra sementara Stephen adalah anak science. Meski banyak perbedaan, Jane dan Stephen langsung menemukan kecocokan satu sama lain.

Stephen remaja semakin bergairah menjalani hidup karena ada Jane bersamanya. Ia bahkan menemukan teori ledakan big bang yang diyakininya menjadi awal pembentukan alam semesta ini dan juga black hole, bersama Jane. Jane adalah wanita cerdas yang menyukai luapan-luapan semangat Stephen tentang ide dan pemikirannya. Ia menjadi teman berdiskusi Stephen yang baru. Film ini bahkan terlihat semakin indah karena romantisme keduanya terletak ketika satu sama lain menggunakan bahasa art dan science untuk saling mengungkapkan kekaguman mereka. Pasangan yang cerdas ini pun semakin hari semakin terlihat keren dan manis sekaligus.

Konflik pertama mulai muncul ketika Stephen beberapa kali terjatuh tiba-tiba dan sulit menggerakkan tangannya. Stephen pun akhirnya terjatuh dan harus menerima kenyataan pahit bahwa ia menderita sebuah penyakit yang menyerang sarafnya sehingga membuatnya lumpuh. Stephen divonis hanya bisa hidup 2 tahun lamanya. Putus asa, itulah yang dirasakan Stephen Hawking muda saat itu. Terlebih tak ingin menyakiti orang2 yang ia sayangi, termasuk Jane, Stephen memilih menghindar. Ia pun perlahan menjahui Jane.

Tapi Jane bukan seorang wanita yang mudah mundur begitu saja. Meski ia tahu kondisi buruk Stephen, Jane tetap maju dan mengatakan akan tetap bersama Stephen sampai kapan pun dan melawan penyakit tersebut. Betul saja, Jane dan Stephen akhirnya menikah. Film ini pun memperlihatkan kehidupan Jane dan Stephen yang tak mudah. Jane harus mengurus Stephen juga 3 orang anak sekaligus. Dengan penuh cinta, Jane pun merawat Stephen yang kondisinya semakin memburuk. Bagaimana pasangan ini melalui kehidupan pernikahan mereka yang tidak normal?

Stephen Hawking memang lumpuh, tapi otaknya masih berjalan dengan baik. Bukan Stephen kalau ia menyerah pada takdir. Dalam segala kekurangannya, ia pun terus belajar dan akhirnya mendapat gelar profesor dan menjadi salah seorang ilmuan dengan teorinya yang mendunia, sekaligus kontroversial. Mengapa demikian? Kita akan membahasnya nanti. Tapi yang jelas, Stephen Hawking semakin tenar dan populer. Jane semakin rumit dan letih mengurus semuanya sendirian. Jane butuh orang yang bisa membantu keluarganya, hingga datang seorang pengajar musik di gereja, Jonathan.

Jonathan digambarkan sebagai pria baik yang tampan. Ia awalnya hanya mengajari putra pertama Jane dan Stephen, Robert, bermain piano. Tapi akhirnya, Stephen menerima Jonathan untuk membantunya. Jonathan sudah seperti keluarga sendiri namun perasaan tumbuh di antara Hane dan dirinya. Bahkan anak ketiga Jane dan Stephen dicurigai adalah anak dari Jonathan. Tak ingin menjadi masalah di keluarga Stephen, Jonathan pun memilih untuk pergi. Bukan hanya Jane yang memiliki perasaan terhadap pria lain. Stephen Hawking pun akhirnya bercerai dengan Jane dan menikah dengan susternya sendiri, Elaine Mason. Elaine lah yang mengajarkan Stephen untuk berbicara lewat warna dan kedipan mata karena saat itu, Stephen sudah tak bisa berbicara sama sekali. Namun dengan bantuan Mason, yang mana adalah mantan suami Eliane, Stephen memiliki alat canggih yang bisa menerjemahkan apa yang ia ketik menjadi suara. Stephen Hawking tetap menulis dan berusaha mencari teori baru.

Dari sudut cerita, film ini memang memiliki kisah cinta yang penuh pengorbanan. Sosok Jane yang tegar dan berusaha kuat digambarkan dengan baik oleh aktrisnya, Felicity Jones. Jane adalah sosok wanita yang tak takut menghadapi resiko apa pun yang menunggunya di depan sana. Bagaimana Jane merawat suami, anak, dan mengurus dirinya sendiri adalah sebuah nilai penting yang menjadi pelajaran bagi setiap wanita. Tak pernah Jane menangis di depan Stephen. Ia akan selalu berusaha terlihat tegar meski memang terlihat lelah. Pada satu titik, wajar ketika Jane sangat amat keletihan.

movies-eddie-redmayne-felicity-jones-theory-of-everything.jpg

Ekspresi yang ditampilkan Felicity sebagai Jane memang cukup mengagumkan. Ia memasang wajah yang sangat tegar namun terlihat juga lelah. Ia bisa menyampaikan emosi seorang istri yang pada akhirnya bimbang antara cinta dan rasa lelah yang ia jalani untuk mengurus Stephen. Namun sayangnya, untuk urusan makeup sebagai ibu yang memiliki 3 orang anak yang rata-rata sudah besar kurang mendukung. Jane remaja, istri, dan ibu punya dandanan yang serupa. Ia tidak terlihat lebih tua sedikit pun bahkan ketika waktu berlalu tahunan lamanya.

Namun hal paling penting dalam Theory of Everything adalah kehadiran Eddie Redmayne itu sendiri sebagai Stephen Hawking. Eddie Redmayne dengan sangat amat keren bisa memerankan karakter seorang penderita motor neuron disease atau juga penyakit ALC ini dengan sangat baik dan mirip. bahkan beredar foto Stephen asli dengan Eddie Redmayne yang terlihat sangat mirip. Banyak adegan yang layak mendapat tepuk tangan berdiri yang diperankan Eddie. Salah satuny, ketika Jane mengajak Eddie bermain setelah Eddie putus asa divonis berpenyakit. Di situ, Eddie menunjukkan kemampuan bermain mengejar bola dengan kaki yang miring dan lumpuh. Luar biasa. Bahkan mimik wajah dan ekspresinya pun sangat mirip dan keren.

Eddie Redmayne menerima banyak sekali pujian. Beberapa mengatakan bahwa acting Eddie membawa film drama yang sebenarnya biasa saja ke level yang lebih berbeda. Orang akan ikut senang ketika melihat Eddie remaja yang masih bugar. Namun kemudian akan terharu bahkan menangis melihat aktingnya sebagai Stephen yang semakin buruk kondisinya. Dari film ini, nggak heran kalau Eddie Redmayne menerima berbagai penghargaan sebagai aktor terbaik. Grammys, BAFTAs, dan sebentar lagi Oscars. Masuk nominasinya, mungkinkah Eddie Redmayne akan memenangkannya? FYI, Eddie Redmayne sudah menikah lho dengan gadis biasa yang kerjanya seorang PR di perusahaan finance.

Film ini juga punya alur yang menarik. Dialog yang keren sehingga membuat penonton tanpa sadar akan tersenyum dan kemudian menangis. Theory of Everything menjadi film yang wajib banget ditonton kalau mau lihat betapa kerennya akting Eddie Redmayne ini. :)

zeekyuryu

Pasti tahu dong karakter Sherlock Holmes? Baca novelnya dari zaman SMA, nonton filmnya yang versi Robert Downey Jr, malah baru-baru ini nonton yang versi serial TV di BBC nya. Dari 2 versi yang divisualisasikan, entah mengapa saya lebih suka versi serial TV yang dimainkan Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock dan Martin Freeman sebagai Dr. John Watson. Mungkin karena penggambaran tokoh Sherlock yang sangat mendekati dengan apa yang saya bayangkan ketika saya membaca novelnya dulu. Tapi sayangnya, versi serial ini baru mencapai season 3 sejauh ini yang mana tiap seasonnya ada 3 episode dan keluar per tahun. Season 4 masih in talk dan katanya baru akan rilis akhir 2015 ini. *Sigh* lama banget kan!

sherlock_third_season_14761.jpg

Ketika bicara Sherlock Holmes, tentu kita akan kagum dengan pencipta karakter tersebut. Sama ketika kita kagum dengan penulis Harry Potter, JK Rowling. Penulis Sherlock bernama Sir Arthur Conan Doyle. Nama aslinya adalah Arthur Ignatius Donan Coyle. Nama Sir diberikan pada Conan Doyle oleh pemerintah Inggris pada sekitar awal abad ke 19. Nama tersebut adalah penghargaan atas kerja kerasnya sebagai seorang dokter tentara di Afrika Selatan pada 1899-1902. Dokter? Apakah Conan Doyle ini adalah seorang dokter?

Ya, Arthur Conan Doyle adalah seorang dokter tamatan Universitas Edinburgh. Conan Doyle lahir di Edinburgh, Skotlandia pada 22 Mei 1959. Ia terlahir dari keluarga yang tidak mampu dan merupakan anak tertua di keluarganya. Selepas mengenyam pendidikan kedokteran, Arthur Conan Doyle bekerja sebagai seorang dokter di kapal dan berlayar keliling dunia selama 1 tahun lamanya. Setelah itu, Arthur Conan Doyle kembali dan membuka praktik kedokteran di daerah Southsea, Inggris pada tahun 1882. Sayangnya, praktik kedokteran Conan Doyle saat itu tidak berjalan lancar. Hanya beberapa orang pasien yang datang untuk berobat. Di tengah kebosanannya, Conan Doyle mulai menulis.

Saat itulah karakter Sherlock Holmes mulai diciptakan. Sherlock Holmes pertama kali dibuat pada tahun 1886 atau sekitar 3 tahun sejak Conan Doyle tinggal di Inggris. Karakter Holmes tercuipta berdasarkan inspirasi yang ia dapatkan dari dosennya sendiri, Dr. Joseph Bell. Pertama kalinya, kisah Sherlock Holmes muncul, yaitu A Study in Scarlet yang dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Penelusuran Benang Merah. Kisah pertama Sherlock ini ternyata disukai publik dan Conan Doyle secara rutin menerbitkannya sebagai cerita bersambung dalam sebuah majalah. Di tahun 1891, Conan Doyle mengumpulkan kisah-kisah Holmes menjadi satu buku dengan judul Petualangan Sherlock Holmes. Di tahun itu pula, Conan Doyle nekat meninggalkan profesinya sebagai dokter dan beralih menjadi seorang penulis.

Sir Arthur Conan Doyle ternyata juga seorang atlet. Meski tak banyak yang tahu, ia adalah mantan keeper sebuah klub sepak bola terkenal di Inggris. Dia juga bermain cricket dan bahkan pernah menjadi seorang katen golf di usianya yang sudah 50an. Selain menulis kisah Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle juga menulis hal lainnya, mulai dari puisi hingga sejarah. Banyak karya yang dihasilkan Conan Doyle karena ia dikenal sebagai seorang yang cepat bosan. Meski karya Sherlock Holmes sukses besar, Conan Doyle tak pernah puas sampai di situ saja. Conan Doyle bahkan pernah mengatakan bahwa jika dalam 100 tahun ia masih saja terkenal karena Sherlock Holmes maka itu adalah kegagalan dalam hidupnya. Karena itu, Conan Doyle menelurkan banyak tulisan lainnya.

Conan_doyle.jpg

Tapi sayang, Sherlock Holmes dan Conan Doyle bagai tak terpisahkan. Bahkan sejak kematiannya di tahun 1930 hingga saat ini, orang-orang masih mengenal Sir Arthur Conan Doyle karena karyanya, Sherlock Holmes. Hal itu juga yang menginspirasi Aoyama Gosho, penulis atau komikus dari Detective Conan. Nama Conan, versi kecilnya Sinichi Kudo, diambil dari nama Arthur Conan Doyle. Aoyama adalah salah satu fans berat serial Holmes. Tak heran jika pada beberapa ceritanya, Conan beberapa kali dibuat seolah mengenal Dr. Watson. Cerita di manga Detective Conan juga bebrapa kali berkaitan dan berhubungan dengan kisah dalam Sherlock Holmes.

Orang-orang yang meninggalkan karya abadi seperti ini memang mengagumkan dan menjadi sosok yang inspiratif banyak orang.

zeekyuryu

Stephen Edwin King atau biasa kita kenal sebagai Stephen King merupakan penulis yang luar biasa. Pasti pernah dengar dong nama Stephen King, apalagi jika kamu suka baca buku atau nonton film. Stephen King ini jadi kayak nama yang wajib banget diketahui. Kenapa begitu? Ya, karena sejumlah maha karya lahir dari tangan penulis kelahiran 1947 ini. Stephen King adalah pria kelahiran Maine, Amerika Serikat pada 21 September 1947, berarti sekarang umurnya sudah 67 tahun. Pria ini merupakan anak dari Donald Edwin King dan juga Nellie Ruth. King kecil harus ditinggalkan sang ayah entah ke mana saat usianya baru 2 tahun. Akibatnya, sang ibu, Ruth, harus menjadi tulang punggung sendirian demi memnghidupi King dan saudara angkatnya yang bernama David.

stephen-king-picture-1.jpg

Hidup Stephen King kecil bukanlah mudah. Keluarganya kerap kali mendapat masalah keuangan. Ia pun sempat berpindah-pindah ke berbagai daerah dan kembali lagi ke Maine pada usianya 11 tahun. Saat itu, ibu King bekerja sebagai seorang pengasuh keluarga di kompleks perumahan setempat. King remaja mulai pun menyukai dunia tulis menulis sehingga ia memutuskan ingin menjadi seorang penulis sejak remaja. Stephen King memang sangat menyukai cerita atau bacaan yang berbau horor, misteri, sains fiksi, dan juga kisah-kisah menegangkan sejenisnya. Karena itu nggak heran kalau Stephen King hingga saat ini dikenal sebagai rajanya cerita horor atau cerita menegangkan.

Sejumlah kabar menyebutkan bahwa King pernah mengalami kejadian memilukan dan mengerikan semasa kecil yang membuatnya menjadi lebih terinspirasi dengan kisah horor atau misteri semacamnya. Konon, Stephen King pernah menjadi saksi mata ketika teman satu permainannya tewas mengenaskan akibat terjepit kereta api. Stephen King kecil pulang dengan pucat pasi dan berdiam diri tanpa sepatah kata pun. Menurut keluarga yang menceritakan kejadian ini, mereka pun akhirnya tahu kabar tewasnya teman tersebut dan King menjadi tertarik dengan kisah berbau misteri dan horor. Namun, semua yang dikatakan orang tersebut belum terbukti kebenarannya, karena King belum pernah mengkonfirmasi kebenaran kisah tersebut secara langsung.

Stephen King yang kala itu sudah bertekad kuat menjadi seorang penulis akhirnya berusaha mewujudkannya. King menulis berbagai cerita seram atau menegangkan dan mulai mengirimkannya ke berbagai media seperti surat kabar dan majalah. Karya King yang pertama kali dikirimkan ke majalah berjudul Happy Stamps. Ia mengirimkan cerpen tersebut ke sebuah majalah bernama Mystery Magazine. Namun sayangnya, di percobaan pertama keberuntungan tak memihaknya. King mendapati surat penolakan yang berisi basa basi pemiliknya.

Merasa kecewa dengan apa yang ia dapatkan, King pun memasang sebuah paku di kamarnya dan menusukkan surat penolakan tersebut bersama-sama. Ia tidak putus asa karena kemudian ia kembali menulis dan menulis lagi. King mengadu nasib dengan bolak-balik mengirimkan berbagai naskahnya ke sejumlah media. Namun sayangnya, di percobaan ke sekian kalinya pun ia masih belum beruntung. Tumpukkan surat penolakkan pun semakin tebal sampai King harus mengganti paku pertama menjadi paku yang lebih panjang. Stephen King masih terus mencoba.

King bukan hanya semata-mata menaruh rasa kecewa pada surat penolakkan yang menggunung itu. Dengan memelajari saran dan kritik yang terkadang tertulis di surat-surat tersebut, King belajar memperbaikinya. Ia berusaha tak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan banyak membaca karakter setiap majalah dan teknik penulisan lainnya, Stephen King berkembang menjadi penulis yang semakin baik. Usahanya mulai membuahkan hasil ketika salah satu cerpennya mulai lolos dan layak tampil di majalah fantasi horor.

Tantangan semakin berlanjut karena King mencoba menulis novel. Ia memperbanyak referensinya dengan membaca komik, majalah, novel dan juga menonton film. Hingga pada akhirnya, novel perdana Stephen King keluar. Novel tersebut berjudu Carrie. Novel Carrie ini sukses besar sehingga kemudian diadaptasi ke layar lebar dengan judul yang sama. Mungkin anda pernah mengetahuinya? Dan dari sinilah nama Stephen King semakin populer.

Berbagai novel berhasil ia telurkan dan tentunya semakin banyak pihak produksi yang tertarik mengangkat cerita-cerita karangan King ke dalam layar lebar. Stephen King pun menjadi orang penting yang dikenal dengan cerita horor atau misteri dengan plot cerita yang sulit ditebak, bahkan hingga endingnya. Masih menyimpan beberapa karya Stephen King yang begitu berkesan? Saya sendiri memang belum pernah membaca novelnya secara utuh, tapi beberapa film yang diadaptasi dari karya King membuat saya terkagum-kagum. Entah karena memang plotnya yang keren, ending yang nggak ketebak, hingga pesan moral di dalamnya. Dan berikut ini, beberapa film Stephen King yang pernah saya tonton dan saya suka.

- The Shawshank Redemption (1994)

ShawshankRedemptionMoviePoster.jpg

Film keluaran tahun 1994 ini memang menjadi film yang banyak banget direkomendasiin orang-orang. Hampir semua yang pernah menonton film ini memberikan jempol 2 dan bahkan mengatakan ini adalah film terbaik sepanjang masa. Nggak heran juga kalau ratingnya di IMDB mencapai 9,3 dari 10 bintang.

The Shawshank Redemption menceritakan seorang bankir yang menjadi tersangka pembunuhan istri dan kekasihnya. Bankir tersebut bernama Andy Dufresne yang diperankan oleh Tim Robbins. Andy dijatuhi hukuman penjara 2 kali seumur hidup dan masuk ke penjara The Shawshank. Di penjara itulah Andy bertemu dengan Red yang diperankan Morgan Freeman. Hidup di penjara bukanlah hidup di negeri dongeng. Banyak kejadian dan pengalaman sulit yang harus dijalani Andy, salah satunya ia harus berhadapan dengan genk homo seksual bernama The Sisters. Tak hanya itu, perilaku semena-mena kerap kali dilakukan oleh kepala penjara, Norton, dan juga pimpinan sipirnya, Kapten Hadley.

Plot mengesankan dibuat Stephen King di sini. Di awal film, adegan ketika Andy berada di ruang persidangan membuat saya berpikir bahwa film ini akan mengalir layaknya film menegangkan pada umumnya. Di benak saya, Andy akan mencari bukti untuk mengatakan bahwa ia tidak bersalah. Ketika masuk ke dalam penjara, plot cerita di otak saya pun belum berubah, Andy akan dibantu dengan sejumlah teman-temannya di penjara.

Adegan demi adegan membuat saya lupa dengan prediksi plot yang saya duga-duga di awal. Alur yang dibuat King terlihat begitu tenang sehingga saya pun melupakan dugaan kalau Andy akan mencari bukti untuk membuatnya bebas. Sampai pada akhirnya, saya terpesona dengan adegan-adegan keberhasilan Andy membuat perpustakaan, mengajar teman-temannya di penjara dan lain sebagainya. Saya pun terbawa ngeri dan sedih ketika anak baru tewas dan Brooks meninggal. Semakin bingung dengan akhir cerita, dan saya menebak kalau cerita ini akan berakhir begitu saja. Hanya mengisahkan kehidupan Andy yang bermanfaat di dalam penjara. Tapi kemudian kejanggalan dan saya mulai mengantisipasi twist plot cerita ketika ia mulai mengoceh pada Red soal mimpinya di luar sana.

Biasanya, kita memang nggak bisa membiarkan setiap dialog yang diucapkan berlalu begitu saja. Di setiap dialog akan mengungkap kelajutan dari cerita tersebut. Dan pada dialog tersebutlah saya merasa akan terjadi twist yang menegangkan. Benar saja, feeling saya terpaku pada 2, yaitu antara kemungkinan Andy mati atau melakukan hal-hal yang konyol. Sepertinya tak ada salahnya jika saya melanjutkan plot klimaks cerita film ini, karena sepertinya sudah banyak yang menonton karena ini film lama. Dan yah, malam di mana Red gelisah membuat saya pun gelisah. Kemungkinan bunuh diri sebenrnya agak kecil mengingat karakter Andy yang selalu optimis. Akan tetapi, saya pun termakan dengan ocehan Red di antara kawan-kawannya bahwa setiap orang punya titik jenuhnya masing-masing. Dan Yap, Andy pun begitu. Bukan dengan melakukan tindakan bunuh diri, tapi dengan kabur melarikan diri.

Yang membuat saya tercengang adalah sempitnya peluang untuk adegan tersebut. Sel Andy berada di lantai 2 dan biasanya, kabur itu lewat lubang bawah tanah. Kali ini, ia kabur lewat lubang samping. Mengesankan. Perlahan menuju anti klimaks, film ini memang semakin membuat saya berdecak kagum. Begitu mulus dan halus di setiap adegannya. Wajar sekali jika semua mengatakan film ini memang film bagus dengan rating 9,3 di IMDB. The Shawshank Redemption memang bisa banget dimasukkan ke dalam film recommended untuk yang belum menonton ini.

- The Mist (2007)

MV5BMTU2NjQyNDY1Ml5BMl5BanBnXkFtZTcwMTk1MDU1MQ@@._V1_SX640_SY720_.jpg

Film lain yang pernah diangkat dari karya Stephen King yang pernah saya tonton adalah The Mist. Film tahun 2007 ini membuat siapa pun yang pernah menontonnya merasa keki. Yap, The Mist ini emang punya alur yang bener-bener bikin kita kesel, sebel, tapi sekaligus kasih standing applause. Buat yang udah nonton The Mist ini pasti ngerti banget deh. The Mist ini bakal membuat kita mikir cukup lama setelah menonton. Kita akan terbayang-bayang dan nggak terima sama endingnya, heheh.

The Mist, sebuah film bencana, horor, dan juga mungkin bergenre misteri yang ditulis Stephen King dan disutradarai Frand Darabont. Sang sutradara ini memang sudah dikenal sering kali mengadaptasi karya King ke dalam sebuah film. Dan untuk pertama kali melihat judulnya, kita hanya berpikir ini adalah film bencana pada umumnya.

Film ini diawali dengan seorang seniman bernama David Drayton yang diperankan oleh Thomas Jane serta anaknya Billy Drayton yang diperankan Nathan Gamble pergi ke sebuah supermarket untuk membeli sesuatu karena badai yang menghancurkan rumahnya. Keadaan tiba-tiba menjadi semakin menegangkan karena kabut mulai menyelimuti sekelilingnya. Keluarga Drayton dan orang-orang lain yang berada di supermarket tersebut tak pernah berprasangka apa-apa soal kabut tersebut pada mulanya. Mereka kira, kabut itu hanya kabut biasa yang akan hilang nanti. Tapi nyatanya, kenyataan semakin memburuk karena ada sesuatu yang mengerikan di balik kabut tersebut.

Keadaan semakin mencekam karena mereka pun mulai menyadari bahwa ada monster mengerikan di antara kabut tersebut. Satu per satu orang tewas disertai dengan teriakan histeris yang memilukan siapa pun yang mendengarnya. Monster mengerikan itu pun membuat semua orang panik dan ketakutan.

Tapi rupanya, konflik yang terjadi bukan hanya seisi pengunjung supermarket tersebut dengan monster di luar sana. Konflik juga terjadi di dalam, di antara para pengunjung supermarket itu sendiri. Berbagai karakter dipertontonkan. Mulai dari wanita yang selalu berceramah tentang azab Tuhan dan lain sebagainya. Adegan-adegan menegangkan membuat para penonton rasanya ingin cepat-cepat menyelesaikan film ini. Banyak sekali adegan yang membuat kita ketakutan, ngeri, hingga rasanya bosan ingin cepat sampai akhir.

Yap, itulah kehebatan Stephen King dalam setiap karyanya. Alur yang begitu halus terkadang membuat kita bosan di tengah cerita tapi enggan beranjak karena penasaran dengan ending cerita yang sulit ditebak. Ada juga alur yang terlalu menegangkan seperti ini sehingga kita letih dan ingin cepat sampai di ending. Namun anda tak akan kecewa dengan ending yang ditampilkan.

Ya, kembali ke sedikit cerita tentang The Mist ini. Ternyata, penduduk pun akhirnya mengetahui bahwa kabut dan monster yang datang ke dunia mereka ini adalah akibat kesalahan sebuah proyek yang dikerjakan militer setempat. Konflik semakin meruncing karena melibatkan tentara militer.

Hingga pada akhirnya, Drayton memutuskan untuk tidak tinggal diam. Ia pun memutuskan untuk pergi keluar mencoba segala kemungkinan dari pada harus berdiam diri dan dimakan para monster buas tersebut. Drayton, anak laki-lakinya, seorang perempuan, dan kakek nenek pun ikut bersama Drayton. Dengan berbekal mobil dan juga pistol berisi 4 peluru, mereka pun mencoba keluar dari kabut tersebut. Perjalanan keluar menerobos kabut tidaklah mudah. Mereka juga berpapasan dengan monster mengerikan itu. Berkendara di antara kabut yang menyeramkan membuat adegan terasa semakin mencekam.

18s0uxeihub7hjpg.jpg

Sampai akhirnya mereka kehabisan bensin, inilah momen ending yang membuat semua penonton gemas. 4 peluru untuk 5 orang, apa yang dilakukan Drayton dan lainnya di dalam mobil? I wont tell you about this meski sudah banyak yang tahu :))

Ending itulah yang membuat saya dan kawan-kawan begitu keki. Dan sekali lagi, Stephen King serta sutradara yang terlibat memang selalu memberi kejutan. Thumbs up.

Yap, itulah beberapa cerita saya dan karya Stephen King yang membuat saya berkesan. Meski bukan termasuk pecinta horor, karya Stephen King 2 itu top banget. :')

zeekyuryu

120816_PENNA_ID_UNITE_VG.jpg

Indonesia is the country where largest moslems in the world live. Even Indonesia is not based on Islamic law, many things that moslem did in Indonesia become habit, even the culture of it. So, if u are foreigner, dont be surprise if u meet many things that moslem did become the habit in this country. Small example that i try to explain is how moslems' greeting, Assalamu'alaikum, nowadays is used in almost all situations. That the small one.

Not even a week later, moslems in the world will face into Ramadhan month. Ramadhan, for moslems, is the holy month. For a month, moslems should be increasing their prays and all the goodness in their lifes. They believe that one small thing of goodness will be multiple reward from God. Every moslem will compete each other in term of goodness.

Not only that, in Ramadhan, moslems have the duty worship which called by Puasa or fasting. Fasting in Ramadhan will begin from the dawn untill the sunset for 29 - 30 days. A month forward, moslems will celebrate great holy day Idul Fitri or most told as Lebaran in Indonesia.

Here's things or habits that Indonesians did before and on Ramadhan.

- Forgive each other mistakes

You will find many messages that tell to forgive the mistakes each other. Yep, Indonesian moslems always did this kind thing. They will ask forgiveness from family, friends, and everyone arround them. This habit is the way to purify the heart so they could be easy and focus to do all duties in Ramadhan. This habit can be done by texting or talking directly. When Ramadhan will end a month later, we will find it as well. But in that time will be purposed to face Idul Fitri. Moslems believe that Idul Fitri is time for everyone return as newborn baby that really pure without sins.

- Nyekar

This kind habit popular especially in Java. Not all Indonesian did this kind thing. But, it's also popular that many moslems did before Ramadhan. Nyekar is to visit the grave of family's member. In Indonesian term we call it Ziarah. When nyekar, the family who still alive send the pray and love to whom has been passed away.

- Breakfast Together

In Ramadhan month, you will get many invitations of breakfast together. This is one thing that make Ramadhan in Indonesia feels different from another places. U will meet with ur family, officemates, schoolmates, or even your old friends. Ramadhan is the time to get along with everyones arround u and strengthen relationship and we call it sillaturrahmi. U hold your starves from the dawn so u break ur fasting with people you love, it's nice.

- Takjil

The beautiful sight that only you see in Ramadhan is takjil market. From 4 pm, on every corner of street, u will find takjil seller get ready to offer those delicious snacks. Takjil is term to call breakfast snacks. example: Kolak, sweet soup with sweet potatoes or banana or both. Mix Fruit Ice containing kinds of fruits. Cendol, gorengan (fried tahu, tempe, or else), and etc. Some places even have the large scale of its market. U can find such as at Bendungan Hilir market. There, so many booth of takjil seller and u really can find almost all kind of Indonesian snacks for takjil.

- About office hour

Hmmm.. not all company, but many of employees in Jakarta will come to the office later and come back home earlier than regular hour in Ramadhan. For the example is they will come to office at 9 (usually at 8) and come back home at 16:30 (usually 17:00) depends on each company's policy off course.

zeekyuryu

YouTube Blogger

Seiring dengan kepopuleran YouTube yang semakin besar dan pengguna internet yang kian hari kian bertambah, YouTube blogger menjadi salah satu cara masyarakat mengekspresikan dan mengungkapkan ide mereka. Berbeda dengan blogger pada umumnya yang hanya berwujud tulisan dan foto saja, YouTube blogger tentu menggunakan video.

Video yang dibuat para pengguna YouTube ini sangat beragam. Mulai dari menceritakan kehidupan sehari-hari, budaya suatu masyarakat, keindahan suatu tempat, tips dan trik berbagai hal, tutorial, sampai menjadi media untuk mengkritik banyak hal. Saya pribadi nggak tahu apakah cover song di YouTube termasuk ke dalam blogget. Hmmm bisa jadi sih .. Tp bisa juga bukan. Anyone knows?

Cara para blogger juga beragam. Ada yang datar biasa saja tapi ada juga yang menggunakan cara yang fun, seru, bahkan niat banget. Secara kualitas, video2 yang dibuat para YouTube blogger ini ga bisa dianggap sebelah mata. Mereka punya

teknik pengambilan gambar, dialog, dan bahkan budget yang ga main-main. Teknik pengambilan gambar mereka ga jarang lho keren2. Dialog yang fun dan juga lokasi syuting yang semuanya dipersiapkan dengan niat banget.

Aku punya beberapa YouTube blogger favorit yang udah aku subscribe di YT. Ada yang ga sengaja nemu waktu lagi internet surfing, ada yg dikasih tahu temen, ada jg yang berasal juga dari blog biasanya. Mereka ini yg aku tahu dan aku anggap keren banget. Mungkin ada yg lbh keren atau emang favorit kalian? Let me know yah.

1. eat your kimchi

Well karenaa aku termasuk penikmat hiburan Korea, aku tahu blogger satu ini. Mereka sepasang suami istri muda, Simon and Martinah asal Kanada. Penggemar Kpop dan Korean culture. Mereka ini populer banget di kalangan kpopers dan sejenisnya. Kenapa? Karena video mereka yg kocak dan pnya sudut pandang yg berbeda dari blogger lain.

Simon Martinah ini biasanya membedah Mv alias video klip Kpop dengan cara yg unik. Mereka ga cuma kasih liat plusnya video klip tertentu tapi juga dari hal hal konyol lainnya. Mereka membedah jalan cerita, acting, koreo, lirik (apalagi kalau ada Bahasa Inggrisnya), dan bahkan properti yg dipakai buat syuting. Kocaknya, mereka bakal reneact adegan2 konyol di dalamnya.

Duo ini sekarang udah punya karyawan sendiri lho dan mereka bahkan serinh diminta pihak Korea buat jd media partner event event kpop gt sampai bisa interview dan liputan eksklusif. Artis2 Korea jg banyak yg kenal dan nonton mereka di YouTube. Salut.

2. Cameo

Kalau yg ini lokal punya. Kayaknya banyak yang tahu kalau ini sih. Dulu pernah jadi tim suksesnya jokowi untuk gubernur DKI (Cmiiw). Aku sih termasuk telat tahu mereka gara2 kemarin dikasih unjuk video fun campaign Jokowi & Prabowo.

Terserah sih mau dianggap berat sebelah atau ga, yang jelas emang kocak aja menurutku. Mereka buat video yang isinya mengangkat isu2 negatif para capres tapi dalam bentuk parodi yg lucu.

Kreatif, niat, dan dapet banget juga talent2 yg ngelakonin. Ada yg udah nonton ini?

:D

3. The Fung Bros

Yang ini juga baru tahu tapi langsung suka. Awalnya gara2 temenku kasih unjuk video how to make indomie goreng in 5 different ways.

Lalu penasaran dan nonton video video lainnya. Cool. Mereka adalah saudara kandung dan org Asia yang pengen nunjukkin kalau mereka bangga banget jd Asian. Semua videonya ada bagian di mana mereka kasih tahu everything with Asian style.

Pokoknya itu 3 YouTube blogger favoritku. Ada yg lain? Kasih tau ya :)

zeekyuryu

22081.24583932.1-608.jpg

Ketika mendengar kata food truck, apa sih yang ada di pikiran kalian? Kalau aku sih langsung kepikiran soal mobil atau truck tua banget yang klasik kemudian dimodifikasi secantik dan sekece mungkin. Pokoknya, yang pertama kali keingetan adalah mobol atau trucknya. Kalau soal makanannya belakangan deh heheh.

Yap, food truck memang merupakan salah satu jenis usaha di bidang food beverage atau kuliner. Food truck ini sudah ada sejak dulu dan lebih populer di barat sana seperti Amerika dan Eropa. Bahkan saat ini, makanan yang dijual dengan konsep food truck kembali dan semakin populer di sana.

Apa saja yang biasa dijual food truck? Biasanya, makanan yang dijual bukan makanan yang sulit untuk diolah. Makanan food truck lebih ke bentuk snack atau cemilan yang mudah dibuat di dalam dapur yang ada di truk masing2. Minumannya pun demikian. Ada yang menyajikan minuman olahan sendiri namun banyak juga yang langsung menyajikan minuman botol dan kaleng.

Menarik, food truck memang menarik bukan hanya dari visualnya saja tapi juga jenis pemasarannya. Food truck ini biasanya memang menggunakan truk atau mobil2 tua yang sudah rusak. Dimodifikasi dari mesin, cat, dan juga ruangan di dalamnya. Buat pecinta mobil klasik, kalian pasti suka banget sama mobil2 yang dipakai untuk food truck. Apalagi setelah rapi dan siap pakai, truk rongsok berubah kinclong, kece, dan pastinya kereb abis.

Bagaimana dengan food truck di Indonesia?

Food truck di Indonesia sebenarnya juga bukan hal yang baru. Tapi belakangan, food truck semakin ramai dan semakin punya banyak penggemar tersendiri.

Food truck juga punya jenis pemasaran yang unik. Food truck di Indonesia ya masih belum memiliki lapak yang pasti atau menetap. Berbeda dengan di luar negeri, persoalan izin usaha food truck di Indonesia masih sangat sulit. Sehingga, food truck bersifat mobile atau berpindah-pindah dari satu tempat ke tmpat lainnya.

Salah seorang penggiat bisnis food truck ini juga mengakui hal tersebut. Namanya Grisela, co owner dari food trucknya Loco Mama, makanan Meksiko yang pernah aku wawancarai. Dia bilang, sulit banget bisa menetap di sat kasi pasti di Jakarta. Tapi beruntung, saat ini Loco Mama bisa menempati tempat di sekitar Kemang, tepatnya di Jl. Kemang Raya No. 17 setiap hari Jumat dan Sabtu malam, serta Minggu dari jam 11 siang sampai 8 malam. Sisanya? Ya ngider atau cari spot di event-event di Jakarta.

Food truck ini mulai banyak juga. Mbak ini bilang, sejak merintis di Desember 2013, dia semakin banyak menemukan teman2 yang bikin usaha food truck ini. Selain simple dan gampang, dana awalnya masih lebih kecil dibanding membuka restoran. Dia dan kawan-kawan lainnya yang punya food truck berencana dan ingin banget bikin semacam gathering atau festival food truck gitu di Jakarta. Wihhh keren, pengen dateng banget sih aku mah!

Mbak Grisel ini bilang, seru banget punya food truck. Sukanya ya namanya bisnis unik pasti seru. Ga ribet juga. Dukanya karena ini mobil tua ya harus sabar sama perawatan dan klo lagi kumat ngadatnya. Pernah, dia dan kawan2 harus mogok ketika hendak berangkat ke markas untuk operasional. Hasilnya ya dorong2 dan telat mangkal.

Menariknya, karena unik, pelanggannya banyak yang setia lho. Jadi, memang ga sedikit konsumen yang bela2in dateng ke event di mana si food truck berada. Biasanya mereka yang lokasi rumah ke tempat mangkal rutin si food truck ini jauh. Jadi dia sengaja banget dateng cuma buat makan makanan di food truck tersebut.

Waktu di pesta kuliner di Parkir Timur Senayan tanggl 11an Juni lalu kemarin, sejumlah food truck yang hadir di antaranya menjajakan makanan Meksiko, Jepang, dan BBQ. Ada juga yang buka kedai kopi gitu di truknya. Ajib deh.

Kalau yang kemarin aku liputan, dia jual makanan Meksiko kayak Burrito, Nachos, dan lain2. Khasnya makanan meksiko ada di bumbu tomatnya yang bkin rasanya asem banget. Campur lagi pedes juga. Beuh seger deh.

Salah satu ownernya pernah kuliah di Los Angeles jadi emang suka banget sama makanan Meksiko dan juga konsep food trucknya sendiri. Chef utamanya juga dia sendiri. Keren. Kalau punya modal buat modif mobil2 klasik gitu, ane mau buka food truck. Ada yg mau jd investor ane? Hahahaha

zeekyuryu

20140513_192203_pembuatan-halte-baru.jpg

Awal pekan kemarin, saya mendapat info dari sejumlah teman kalau halte busway Karet dan Setiabudi di koridor 1 busway ditutup. Setelah baca-baca berita, ternyata penutupan karena ada pembangunan proyek MRT.

Sebagai salah satu pegawai yang setiap hari naik dan turun di halte Setiabudi, ini tentu jadi sesuatu yang berpengaruh bagi saya. Semula saya berpikir tidak masalah karena sebelumnya pernah terjadi seperti ini. Para penumpang bisa turun di halte berikutnya (Dukuh Atas) dan naik kembali bus dengan arah berlawanan. Namun ternyata, situasinya berbeda.

Cara sebelumnya dilakukan karena penutupan halte hanya satu arah saja. Tapi kini, 2-2nya. Bahkan, ketika mencari info lain, penutupan akan berjalan hingga proyek MRT selesai. Entahlah, yang jelas itu akan sangat lama.

Untuk menampung para penumpang yang turun di halte Karet dan Setiabudi, pemerintah membangun halte Karet Baru yang letaknya tepat di depan Hotel Le Meridien, Sudirman. Halte ini dibangun memang lebih besar dibanding 2 halte aslinya sehingga diharapkan tidak ada penumpukkan atau antrean yang panjang dan sesak di sana.

Kebijakan pemerintah ini cukup mengusik keseharian saya. Mari kita bicarakan dulu keluh kesah saya di minggu pertama penutupan Halte Karet Setiabudi.

Yang pertama, pastinya jarak dan waktu tempuh saya ke kantor lebih panjang dari biasanya. Kantor saya ada di Cityloft Sudirman yang mana berada di belakang halte busway Setiabudi. Dengan turunnya saya di halte Karet Baru, saya harus berjalan lebih jauh dari biasanya. Dengan jaraknya yang lebih jauh, waktu juga jadi lebih lama. Apalagi jika sudah diburu waktu.

Yang kedua, jikalau saya memilih naik kopaja atau metromini lagi setelah keluar halte busway, jaraknya terlalu dekat untuk dibayar Rp 3000. Secara ekonomi, pengeluaran saya akan membengkak setiap harinya, apalagi jika dikalkulasikan setiap bulannya.

Jalan jendral Sudirman (sepanjang Benhill hingga Dukuh Atas) memang memiliki trotoar untuk pejalan kaki yang sudah lumayan baik. Sudah agak nyaman, meski kebersihannya masih kurang memuaskan. Berjalan kaki sepanjang jalan ini yang dikeluhkan adalah panas dan kebersihannya. Pemerintah dan pengelola setiap gedung sebaiknya memperhatikan kebersihan jalan yang ada agar para pejalan kaki lebih nyaman.

Selain mengeluh, saya cuma bisa menjalani saja ketentuan yang ada. Ambil sisi postifnya yaitu bisa olahraga jalan kaki biar lebih sehat. Hanya saja sebaiknya ada perhatian lebih untuk para pejalan kaki saat ini.

Jika di luar negeri, jalan kaki yang jauh tak masalah karena trotoar atau koridor pinggir jalan tertata dengan sangat rapi dan bersih sehingga nyaman dilalui pejalan kaki. Mereka bisa, seharusnya kita bisa. Trotoar dibuat agar lebih nyaman sehingga jalan kaki jauh pun tidak masalah.

Harapan lainnya, semoga saja para pengguna angkutan umum, terutama Bus Trans Jakarta tidak kapok menggunakan transportasi umum meski harus berjalan kaki. Jika tujuan pemerintah mengurangi kemacetan dengan seruan untuk menggunakan transportasi umum, sebaiknya hal-hal yang berkaitan dengan fasilitas umum baik kendaraan, halte, hingga kenyamanan para penggunanya wajib diperhatikan.

Pejalan kaki di Indonesia sejujurnya masih belum bisa berjalan dengan nyaman. Trotoar pinggir jalan sering disalahgunakan jadi lahan parkir motor, lapak pedagang kaki lima, dan sebagainya. Masih tersisa sedikit, pejalan kaki sudah diseruduk pengguna motor yang tidak sabar dengan kepadatan lalu lintas hingga harus naik dan melaju di atas trotoar pejalan kaki. *deep sigh*

Semoga pembangunan MRT benar-benar terwujud hingga selesai tanpa terputus dan terbengkalai tengah jalan seperti yang sudah-sudah.

zeekyuryu

2x_zps55088ae9.jpg

Sebenernya mau masukin ini ke Field Report tapi dengan alasan akan lebih banyak curhat ga jelas jadi mendingan masuk ke blog aja deh. hehehe...

Singapore, negara kecil tetangga sebelah Indonesia ini sudah langganan menerima turis dari berbagai negara, tak terkecuali dari Indonesia. Nggak terlalu berasa di luar negerinya karena memang rata-rata pedagang bisa berbahasa Indonesia dengan baik, heheh.

Weekend kemarin, tepatnya tanggal 3 Mei 2014, aku berkesempatan mengunjungi Singapore yang seolah menjadi kunjungan internasional hampir wajib bagi para Indonesian. kenapa begitu? mungkin karena rate tiket pesawat yang murah dan sudah banyak banget yang pergi ke sana, jadi kayaknya kurang afdol kalau keluar negeri tapi belum ke Singapore. IMHO aja sih :D

Trip kali ini sama temen-temen dan bos kantor. Total 5 orang dengan komposisi semua wanita. Yeaaah Girls' days out! Nggak paham sama harga pasti tiket pesawatnya berapa, yang jelas kita berangkat pakai Tiger mandala pukul 7 pagi dari Jakarta.

Honestly, this is my first flight dan pastinya first trip juga keluar negeri! Jadi mohon maap kalau agak-agak norak gitu hahaha :D

Kami berlima berkumpul di Bandara Soetta sekitar pukul setengah 6 pagi. Udah web check in dan langsung masuk. Kami pun take off sekitar pukul setengah 8an. Sampai Sin sekitar pukul 09:30 waktu sana. Sambil muter-muter, foto-foto, ke toilet, dan sebagainya, kami sampai di York Hotel dengan taxi pukul 11-an.

Note dulu: XL ku ga bisa. Padahal udah ngikutin apa kata Momodddd @deffa *sob* :( :( :( Jadi, apalah daya, wi-fi baru nyala di hotel. Dan sedikit merana tanpa internet sepanjang hari. hehe.

Lanjut, setelah beristirahat sebentar, kami pun langsung menuju Paragon untuk makan siang. Mengikuti itinerary si bos, makanya makannya di Paragon, tepatnya di Soup Restaurant. Makan ayam jahe yang katanya enak. Dan yeah, masih aneh sih sama lidahku, jadi nyicip dikit aja.

Ini resto emang rame parah sih. Tapi kalau dilihat-lihat emang hampir semua resto ramai dan penuh. Entah memang sudah biasa seperti ini atau karena hari Sabtu, tapi antreannya teratur dan pelayanannya cepat. Meski antre, tapi ga lama gitu.

Selesai isi perut, kami keluar ke Orchard untuk menuju stasiun MRT. Nggak lupa sih foto-foto sepanjang jalan dan nyoba es 1 dollar yang sangat populer itu. Pilihanku tetap jatuh pada rasa cokelat, no other!

Kesan pertama tentang Orchard, yaaaa keren. Ramai tapi bersih dan nyaman. Menariknya lagi memang lalu lintasnya juga. Waktu menuju hotel, kami lewat Bugis dan memang macet. tapi masih lebih manusiawi dibanding Jakarta :D lebih rapi lah. Cuma di Orchard ini penyebrangan yang fokus pada zebra cross itu bkin seneng lihatnya. beberapa lokasi di Jakarta memang udah banyak yang tertib menyebrang di zebra cross tapi masih ada juga yang suka iseng nekad nyebelin. *jadi inget kejadian Mampang. colek @adel_lia :D

Kembali ke perjalanan kami di Singapura. Karena 3 di antara kami membawa kartu MRT teman dari Indonesia, jadi kami hanya perlu top up 10 dollar untuk bisa jalan-jalan pakai MRT. (semua kartu yang dibawa ternyata saldonya tipis semua). Dan 2 di antara kami akhirnya beli kartu tourist pass seharga 20 dollar untuk satu hari (10 dollarnya bisa refund keesokan harinya).

Kunjungan sekarang menuju Sentosa. Setelah lihat-lihat peta dan bertanya pada petugas, kami pun menuju Stasiun Harbour Front. Untuk menuju stasiun tersebut dari Orchard, kami transit dulu di Dhoby Gaut untuk pindah jalur ke Harbour Front.

Sampai di sana, langsung naik melalui Vivo City mall. Masuk untuk naik monorel dengan harga 4 Dollar. Tapi turis pass ga bisa masuk dengan kartu tersebut alias harus beli kartu baru. Yang kami tuju adalah Sentosa Island. Niat pertama mau ke Aquarium terbesar di dunia itu tapi karena sudah agak sore dan mereka tutup pukul 18:00, kami pun mengurungkan niat. Akhirnya hanya bermain di depan saja dan pastinya fto-fto mainstream di depan Universal Studio :/

Habis puas fto-fto, si bos pengen main kasino di bawah. Akhirnya pada ke sana, dan saya serta 1 teman ga ikut masuk. Istirahat duduk-duduk di depan aja sambil jajan-jajan dikit. Setelah itu, keluar Sentosa dan kembali ke Vivo City.

Di Vivo ini mampir ke Candy Empire cuma sekali turun dari lantai loket menuju Sentosa itu (Kalau ga salah inget ya). Di sini belanja cokelat buat oleh-oleh. Harganya ga murah dan ga mahal juga kayaknya. Standard aja. Aku beli 3 Pergale seharga 12 dollar sin. Ada juga cokelat yang per gramnya 4 dollaran. Atau 10 sgd 3 juga ada. Macem-macem dan memang ramai tokonya.

Selesai belanja cokelat, kami kembali menuju Dhoby Gaut untuk lanjut ke Esplanade. Kenapa ke Esplanade? Karena niat kami mau ke Merlion. Tapi ternyata, sepetinya kami salah. hehhe tiba di Esplanade, dari MRT keluar cari Esplanade nya jauuuh banget. dan sepi. Gedung yang mirip nanas ini ga terlalu jd pusat perhatian turis sepertinya. setelah ambil gambar sedikit, lanjut deh jalan lagi ke Merlion Park.

Nah, di sini baru ramai banget. Harus pinter-pinter ambil spot biar bisa foto-foto berlatar si Merlion. Hheheh.. puas gaya-gayaan sambil nikmatin pemandangan yang mulai senja, kami lanjutkan perjalanan menuju Mustafa Centre.

Karena si bos juga belum pernah ke Mustafa Centre, kami hanya berpatokan menuju Litte India. Ternyata salah, harusnya kalau mau ke Mustafa Centre, MRT terdekatnya adalah Farrer Park. Naik lagi, cuma 1 stasiun setelah Little India, kami pun sampai di Mustafa.

Oya, karena sebelumnya tepar banget, jadi istirahat dan leha-leha di Sevel MRT abis dari Merlion. Sampai di Mustafa Centre kira-kira jam 8an dan capek banget. Laperrr... akhirnya malah ga ke Mustafa Centrenya. Membelok ke belakang Mustafa, mall apa ya.. lupa.

Yaudah, makan di Food Republic. Aku pesan Yong Tofu harganya 5 sgd. Enak sih seger banget kuahnya. 9 items pilih sendiri isinya. Aku sih pilih bola-bola seafood, tahu, telur, seaweed, sama sawi. Pakai nasi dan ternyata kenyang banget.

Udah kekenyangan dan capek parah, jadi ga nafsu ke Mustafa Center. Beruntung, di lantai yang sama dengan Food Republic ini lagi ada pameran handmade gitu. Lihat-lihat banyak yang lucu dan lumayan murah. Pernak-pernih alat-alat rumah tangga sampai stationary dan juga fashion. Di sini, aku beli jam tangan lucu gitu 2 biji dengan harga @ 8 sgd.

Kami pun kembali sekitar pukul 10-an dan sampai di hotel jam 11-an. Yah, mengakhiri perjalanan hari ini dengan cape banget jadi langsung istirahat. see ya di hari kedua.

Hari kedua

Hari kedua di Singapore hmmm mungkin kami terlalu lelah. Akhirnya karna kaki pada sakit gt, kami pun masih berleha-leha hingga pukul 10an. Baru mulai beranjak untuk siap-siap jalan lagi dan pukul 12 kami check out. Nitip barang di hotel lalu melangkah.

Hari ini memang dikhususkan utk jalan cari oleh-oleh alias belanja. Kami mengunjungi mall pertama yang terdekat dengan hotel, yaitu di Far East. Di sini, ada toko langganan si bos kalau beli sepatu, yaitu Mondo. Sebelum ke sana, mampir dulu di toko pernak-pernik atau oleh-oleh gitu. Maaf lupa namanya, yang jelas masuk dari pintu samping gitu langsung di depannya. Nah di sini, yang jual kayaknya orang India. Harganya bisa ditawar lumayan jauh.

Di sini dapet harga 15t sgd untuk kaos yang ada tulisan Singapore nya. Di barcode sih harganya 25 sgd tapi bisa ditawar jd 15. Mungkin harganya emang sgitu. Ga tau kemahalan atau ga, tapi pas lihat di bandara harganya 29 sgd untuk kaos yang sama. wew!

Pajangan-pajangan gitu juga banyak di sini. temenku dapet 20 sgd 3 bji. Waktu lihat yang sama di Takashimaya 1 nya 10 sgd heheh ya iya sih beda tempat beda rate haha. Ada juga gantungan kunci 10 sgd 3 biji. Tapi kami berniat memang tdk membeli gantungan kunci karena terlalu mainstream (hmm padahal lainnya juga oleh2 mainstream yak. hahah mgkn karena klo gantungan itu kayak ga kepake aja di orang2 sekitar).

Abis beli-belian oleh-oleh di sini, kami ke Mondo itu. Sepatunya emang lucu-lucu. Docmart keren gitu cuma 20-30-an sgd. Kalau di Indonesia harganya bisa 400 ribuan minimal. Lumayan lah lebih murah dikit. Kebetulan emang tokonya mau tutup jadi sale mereka.

Far East ini kayak ITC sih dan banyak toko yang tutup ga tau kenapa, jadi abis pada belanja sepatu (yang mana itu lamaaaa banget hahah maklum cewe semua) lalu lanjut deh menuju ION Plaza.

Di sini, tetep yang dimampirin toko sepatu lagi haha. Rubi, kayaknya udah pada tahu nih. Si Rubi ini rame banget lagi gelar sale. 30 sgd 2 pasang sepatu dan ada juga yang sepasangnya 10 sgd. Dompet tas gitu harganya 20 sgd dan kacamata gitu juga 10 sgd/pcs. Yah masih lama lagi sih di sini. kelamaan milih-milih dan coba-coba ahhha.

Selesai dari Rubi, kami makan siang. Udah ga tahan. Makan lah akhirnya kita si laksa itu. Untung ada porsi kecil dan besar jadi aku pilih porsi kecil yang sebenernya gede juga sih. Harganya 5 sgd kurang lebih.

Beres makan, sekalian balikin kartu MRT yang tourist pass dan minta refundnya. Abis itu jalan lagi nyari Watson karena ada yang mau dibeli di sana. Sambil nunggu yang pada ke Watson, aku masuk deh ke toko stationary Typo dan ini sumpah lucuuu banget di sini.

Barang-barangnya bkin mupeng gitu. mulai dari alat tulis, pajangan meja, dinding, sampai pernak-pernik lainnya. Nah di sinilah akhirnya saya beli oleh-oleh buat temen. Tote bag lucu gitu yang harganya 2 sgd/pcs. Lumayanlah. Beli 3 dulu karena rencananya mau hunting yang lain. Tapi ternyata waktu udah mepet banget pas sorenya dan kebetulan lewat toko ini lagi, jadi aku pun kembali dan membeli lebih banyak lagi. Mas-masnya juga lucu kok #salahfokus hahaha

Masih dalam situasi belanja. Putar sana putar sini lihat-lihat sejumlah brand fashion dan kosmetik dunia gitu. Lihat-lihat aja karena kebetulan emang kerjaan kami berhubungan dengan fashion dan lifestyle. Yaudah puas mondar-mandir, keluar Orchard lagi dan beli es 1 dollar lagi.

Lanjut ke Takashimaya yang mana aku hanya bisa melihat-lihat. Harganya jauh banget dari budget. Oya, temenku beli kit kat hijau di sini. Karena ga ada kan di Indonesia, katanya. Kalau ga salah, 1 pack gitu 8 sgd.

Lokasi belanja kami akhirnya berkutat di daerah ION aja. Lucky Plaza ga kami kunjungi karena ternyata udah sore banget. Jadi cari yang sekalian jalan balik ke hotel aja.

Sampai di hotel jam setengah 6. sesuai yang kami rencanakan. Packing lagi di toilet hotel dan jam 6 taxi kami pun datang. Lalu lanjut ke Bandara.

Sampai di bandara, kami coba web check in dan ternyata gagal. Baru tau kalo web check in paling lambat 72 jam sebelumnya. Hmmm.... ga tau deh gmana yang jelas antrean check in biasa masya Allahhh panjang banget. Untungnya kita nanya-nanya petugas dan dikasih tunjuk antrean khusus Jakarta yang ternyata sepiii. Yeay! Mungkin orang-orang pada langsung antre aja jadi ga tau kalau ada loket di ujung yang kosong.

Masih 2 jaman lebih menuju waktu flight. kami pun muter-muter bandara lagi. Ada pesenan parfum, cokelat, dsb jadi belanja lagi di sini. Kalau oleh-oleh ga recommended emang belanja di bandara karena jadi mahal banget. Puas belanja dan makan malem dulu di McD, abis itu benar-benar pulang ke Indonesia.

Setengah 12 lah sampai di Jakarta dan langsung menuju rumah masing-masing. 2 days for my first experience.. it's awsome Alhamdulillah :)

zeekyuryu

First entry nih... bismillah :)

%D8%AF%D9%86%D8%AF%D8%A7%D9%86%20%D8%B9%D9%82%D9%846.jpg

Hai haiiii mau sharing sedikit tentang pengalaman sakit gigi yg ga enak banget. Kalo kata lagu dangdut... lbh baik sakit gigi dr pd sakit hati... eh bener ga?? Atau kebalik? Yah whatever yg jelas memang sakit gigi ga lbh baik dari sakit hati. Klo kita sakit hati, kita msh bisa yg namanya makan sepuasnya, jalan2 spuasnya, nyanyi sepuasnya dsb. Tapi klo sakit gigi? Ya buka mulut aja ngilu ;(

Oke jd gini. Beberapa waktu lalu, saya disarankan cabut gigi oleh dokter krn memang saya pake behel dan itu bagian dr perawatan utk memundurkan gigi. Stelah dipilih, akhirnya dokter memutuskan utk mencabut gigi P1 saya which is belakang taring kiri. Karena gigi dan saya pribadi dlm keadaam sehat wal afiat, pencabutan pun lgsg dilakukan hari itu jg. Beda kalau lg sakit gigi biasanya dikasih obat dulu lalu kembali lagi beberapa hari kemudian utk dicabut.

Waktu dicabut, saya beberapa kali suntik anastesi atau biar kebal. Ya lumayan agak keras jd agak lama. Setelah selesai, emang ga dkasih obat krn obat penghilang sakit saya yg lama msh ada dan dokter bilang minum kalau sakit aja.

Malamnya seperti biasa, ketika anastesi mulau ilang, sakit lah bekas cabut giginta. Obat gq ktinggalan dkosan ternyata dan saya pun minum obat antalgin lainnya. Sjauh ini gda yg salah sih. Wajar sakit pasca pncabutan.

1 hari 2 hari pihak klinik nanya apa ada keluhan pasca pencabutan (ini prosedur wajar emang di klinik lgganan saya klo abis cabut pasti ditanyain keadaannya. Sweet yah #salahfokus). Oke krn gda keluhan lain, ya saya pun tenang2 aja.

Ternyata, keluhan terjadi di hari ketiga. Saya cabut sabtu dan Rabu saya merasa ada yg salah. Setiap kali minum air putih dan kumur, saya selalu merasakan linu nyeri hebat sampe kepala dan bikin pngen nangis. Ngilunya singkat dan langsung hilang beberapa detik kmdian.

Saya bingung. Coba minum panas dingin bahkan normal smua sama. Sakir parah. Bahkan kumur pun begitu. Anehnya, makan apapum saya ga berasa apa apa. Normal smua kecuali kena air, air putih malah.

Krn ga tahan, kamis sore saya balik ke kliniik dan menyampaikan keluhan saya. Setelah diperiksa, dokter ga menemukan luka apa apa di bekas pencabutan. Oya sakitnya di area bekas cabut. Lalu periksa gigi lain dan dokter menduga klau saya sakit krn ada gigi berlubang yg cukup dalam.

Akhirnya, saya pun setuju untuk ditambal gigi bolong itu dan brharap ga nyeri lagi. Beberapa jam setelah tambal, emang ga sakit. Tapi kok abis sikat gigi malam, linu dan nyeri di area abis cabut kerasa lagi. Saya bener2 lemes klo udah sakit. Meski cuma beberapa detik tp sakitnya subhanallah deh. Ampe pengen nangis.

Saya pun ngaca dan senter sana sni. Ada yg aneh krn di gusi atas bekas cabut ada kyk bintik macem sariawan gt warna putih dan sakit. Saya pikir itu sariawan krn behel dan abis kontrol gigi biasa. Saya coba bertahan hari jumat tnpa penangan apa apa sambil baca2 internet tntg keluhan saya... Dan saya give up hr sabtunya.

Saya balik lg ke klinik dan mnyakatan keluhan yg sama. Setelah diskusi dengn 2 dokter, akhirnya saya dtanyain tanda2 sakitnya. Sakit 3 hari pasca pencabutan,,hanya sakit ketika kena air, Tdk sakit terus menerus, sakit di area pencabutan, sakitnya berdurasi singkat... Yuk diraba2 dokter gusi atasnya. Yap tnyata... Ada kyk tulang gt yg nonjol dan ga ketutup gusi dgn sempurna. (maaf ini sepemahaman saya ya. Agak susah nangkep sih meski ud pernah dijelasin dokternya hhheee). Krn itulah, air yg masuk nyerap ke saraf dan bikin sakit luar biasa. Dan tindakannya adalah dialusin. Sempet denger kata2 'dikuret' gt sih. Hmmm macem ibu hamil keguguran ta.

Oke... Saya bersedia berdarah2 lg deh dr pd sakit ga ilang2. Akhirnya... Saya disuntik lg dan tindakam pum dilakukan. Abis itu, saya dikasih obat amoxilin dan kaflam atau kalium diklofenak 3 kali sehari harus abis.

Alhamdulillah... Setelah tindakan itu saya pun ga sakit lg abis minum atau kumur. Tapi krn ada gigi lubang yg msh ditambal sementara, msh suka ngilu sih.

But im pretty sure that sakitnya bukan di area pasca pencabutan. Insya allah lah. Smoga emang udahan masa2 sakit kmrn itu. Oya, karena mungkin ini masih semacam ‘garansi’ pasca pencabutan gigi, jadi untuk tindakan ini saya tdk dikenakan biaya tindakan, heheh. Cuma ada admin dan bayar obatnya. Alhamdulillah :D

Saya cari2 kasus kyk saya msh jarang di inet. Yg saya baca malah merujuk pd penyakit gigi yang namanya pulpitis reversible. Ciri2nya mirip tpi di ga abis dicabut. Kata dokter saya... Itu kalau ada gigi berlubang dan gigi saya g kyk gt kondisinya.

Menurut bacaan, ini penjelasan Pulpitis Reversible:

Pulpitis reversible adalah suatu kondisi inflamasi pulpa ringan sampai sedang yang disebabkan oleh stimuli noksius, tetapi pulpa mampu kembali pada keadaan tidak teinflamasi setelah stimuli ditiadakan.

Gejala pulpitis reversible ada yang simtomatik dan asimtomatik.

- Simtomatik : rasa sakit tajam yang hanya sebentar, disebabkan oleh makanan, minuman dan udara dingin. Tidak timbul secara spontan dan tidak berlanjut bila penyebabnya ditiadakan.

- Asimtomatik : dapat disebabkan oleh karies yang baru mulai dan normal kembali setelah karies dihilangkan dan gigi direstorasi dengan baik.

Patologi : pulpitis reversible dapat berkisar dari hiperemia ke perubahan inflamasi ringan sampai sedang terbatas pada daerah dimana tubuli dentin terlibat, seperti misalnya karies dentin. Secara mikroskopis, terlihat dentin reparatif, gangguan lapisan odontoblas, pembesaran pembuluh darah, ekstravasasi cairan edema dan adanya sel inflamasi kronis yang secara imunologis kompeten. Meskipun sel inflamasi kronis menonjol, dapat dilihat juga sel inflamasi akut.

Kalau nggak segera ditangani, akan menjadi Pulpitis Irreversible yang mana akan menyebabkan rasa sakit yang lebih parah bahkan setiap waktu tanpa ada rangsangan apa pun. Jadi, meski kita diam, kita akan tetap merasa sakit. Penanganannya pun jadi lebih rumit. Secara teknis saya juga ga ngerti hhhee..

Karena takut makin ribet, makanya saya pun memutuskan untuk cepat-cepat kembali ke dokter. Tapi ternyata bukan itu. Kata dokter gigi berlubang saya masih kecil hehhe.

Well semoga bermanfaat. Saran saya klo sakit gigi buru2 ke dokter gigi sblum makin parah. Krn tindakannya akan lbh ribet klo ud parah. Jaga kesehatan gigi dr kecil emang pntg banget. Notelah yg ud pnya anak atau adek kecil.. jgn ragu maksa mereka sikat gigi mlm dan minum susu krn itu bagus buat kshatan gigi tulang. Hahaha saya dr kcil emang sering brmasalah ama gigi krn males. Oke kapoklah. :)

Sign in to follow this  
  • Posts

    • nice info nih... thanks yaaaa  btw saya mau cus ke korea tgl 25 ini, tapi masih kurang begitu paham trik bawa oleh2 dari sana.. kalo oleh2 dikenain pajak kalo nilainya melebihi 500 USD aja kan? Kalo jumlah banyak tp dibawah segitu ga akan kenapa2??
    • salam kenal dari Medan Citra,
    • buat dapetin foto ini yg musti mendaki itu ya?  btw kasian ya temannya itu. pas jalan malah stamina drop
    • kok mendadak mbak krn sy bulan pebruari ke jakarta nggak ada bulan lain or bulan nopember, oroktober  gt, maaf sebelumnya
    • Unichange.me dibuat untuk melayani semua orang yang ingin membuat operasi pembelian, penjualan, atau penukaran dengan e-currency yang cepat, aman dan diandalkan. Tim kami berisi dengan pemain yang berpengalaman dalam pasar penukaran e-currency, berjuang untuk menyediakan pekerjaan tingkat tinggi untuk klien kami. Staff Unichange.me memiliki pengalaman dalam bidang keuangan lebih dari 8 tahun. Layanan kami adalah: KEUNTUNGAN utama dari Program Mitra kami adalah: Program afiliasi yang sederhana dan transparan. Partisipasi gratis, tidak membutuhkan kondisi tambahan. Biaya yang menarik untuk afiliasi, program Afiliasi 3 tingkat. Pilihan material promo untuk website anda. Metode penarikan yang bervariasi. Layanan yang stabil dan terpercaya dengan tim supportif.