• entries
    32
  • comments
    241
  • views
    80,873

About this blog

Blog Wisata Dunia

Entries in this blog

Jalan2

Kalo mau beli di agoda pls via jalan2.com hehe..  Kita dpt komisi dikit.  Tp harga tetep sama.  

Caranya tinggal gunain search box agoda yg ada di http://jalan2.com/forum atau click di banner nya menuju website Agoda Setiap kali mau beli.

Dengan demikian ada cookies nya dari Jalan2.com, nanti komunitas kita dapet komisi yg di gunakan untuk membayar hosting, pegawai, dan pengembangan komunitas kita ini. 

Bantu2 support komunitas Jalan2 Indonesia :) 

Hanya dengan support dari kamu, komunitas kita bisa hidup

Thanks ya :)

rudy

agoda-searchbox.jpg.ab4cbdeaf5b02f9b871856415b0706e18_agodapartnershipwithjalan2

 

Jalan2

Tentunya ketika kita bepergian, kita ingin mendapatkan harga terbaik untuk hotel yg kita inginkan, dan juga berbagai macam pilihan hotel di kota tersebut haruslah jelas dengan foto2 nya

Nah itulah gunanya Agoda.com , kita bisa book hotel dengan diskon yg cukup besar, tergantung dari promo terbaru mereka.

Dan untuk memastikan anda selalu mendapatkan harga terbaik, pastikan CLICK dulu di Banner Agoda manapun yg ADA di Jalan2.com , anda akan otomatis mendapatkan harga terbaik mereka. Salah 1 contoh banner yg Ada di Jalan2.com adalah yg seperti di bawah ini :

agoda-336-blog.jpg

Jika kamu Click Banner Agoda yg ada di Jalan2.com setiap sebelum booking, dan Anda akan Otomatis mendapatkan Harga Terbaik dari Agoda.com

thanks :)

rudy

Jalan2

Berkunjung ke Malaysia memang bukan selalu tentang Kuala Lumpur. Buktinya, kedatangan wisatawan asing ke area lain di Malaysia kian meningkat. Salah satu area yang cukup menyedot perhatian traveler internasional adalah Penang. Ya, kota yang sarat dengan budaya ini semakin eksotis dan menggoda untuk dijelajahi setiap sudutnya.

Datang ke Penang dengan pesawat memang masih cukup jarang dilakukan wisatawan Indonesia. Alasan terkuatnya, mahal. Ya, harga tiket dari Jakarta ke Penang bisa mencapai Rp. 2000.000. Akan lebih murah bila Anda Anda datang dulu ke Kuala Lumpur baru kemudian oper naik pesawat yang menuju ke Penang. Anda bisa menghemat hampir separuhnya.

blogentry-1-0-93988200-1410677109.jpg

Bagi pendatang, berada di tempat yang baru memang terkadang menjadi momok tersendiri. Terkadang justru karena masalah – masalah kecil seperti selepas dari bandara harus naik apa, dimana mendapatkan tiket untuk sarana transportasi umum, dan hal – hal lainnya. Menginjakkan kaki di bandara adalah awal dari perjalan Anda, jangan sampai liburan Anda kacau hanya gara – gara masalah yang sebenarnya sepele.

Penang International Airport, satu – satunya bandara di Penang, tergolong bandara yang sibuk. Dalam setahun, penumpang dari Penang International Airport bisa mencapai 4.5 juta orang. Dan angka tersebut terus naik seiring dengan makin gencarnya pemerintah Penang dalam mempromosikan Penang sebagai destinasi wisata yang lebih dari sekedar menyenangkan.

Begitu turun dari pesawat, Anda bisa langsung menuntaskan segala yang berkaitan dengan dokumen dan bagasi Anda. Setelahnya, masih di lantai yang sama, Anda bisa bertanya – tanya sebentar di spot milik Tourism Malaysia. Di sini, Anda bisa membawa beberapa brosur obyek wisata yang mungkin nantinya bisa berguna sebagai petunjuk Anda menjelajah Penang.

blogentry-1-0-59588200-1410677147.jpg

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana transportasi dari bandara menuju penginapan ataupun obyek wisata? Tidak perlu risau. Ada tiga cara yang bisa Anda manfaatkan. Menggunakan bis, taksi, atau menyewa mobil pribadi. Berikut ulasannya.

Menggunakan Rapid Penang

Bila menyebutkan dua kata, bis dan Penang, maka kata yang selanjutnya muncul adalah Rapid Penang. Ya, menumpang bis di Penang menjadi sangat nyaman karena anak perusahaan dari RapidKL ini juga menghadirkan solusi sarana transportasi yang murah sekaligus nyaman.

Berangkat dari Penang International Airport dan Anda merupakan wisatawan dengan budget yang ketat, maka jawaban yang paling pas ya dengan menumpang Rapid Penang. Ini adalah jalan paling murah sekaligus paling umum digunakan oleh wisatawan yang datang ke Penang dengan menggunakan pesawat.

Begitu keluar dari Arrival Hall, Anda akan melihat satu jalan besar yang kemudian terbagi menjadi tiga bagian. Untuk menumpang Rapid Penang, maka jalan yang Anda ambil adalah jalan yang paling jauh, alias Outer Channel. Jalur tersebut memang dikhususkan untuk pengguna bis dan tempat parkir kendaraan pribadi. Anda tinggal berjalan ke jalur tersebut dan duduk manis menunggu kedatangan Rapid Penang.

Empat rute disediakan Rapid Penang untuk mengakomodasi penumpang dari Penang International Airport. Bis yang bisa Anda dapatkan adalah bisa dengan kode 102, 306, 401, dan 401E. Masing – masing rute memiliki jeda armada 45 menit di halte Penang International Airport. Menumpang Rapid Penang pin cukup mudah. Anda tinggal naik bis dengan rute yang sesuai dengan tujuan Anda dan katakan pada supir bis dimana Anda akan turun. Selanjutnya, supir akan menyebutkan harga yang harus Anda bayar dan Anda tinggal memasukkan uang Anda ke dalam kotak yang tersedia. Maka, pastikan Anda membawa pecahan ringgit dalam jumlah yang cukup karena supir bis tidak akan memberikan kembalian.

Penumpang Firefly Flight

Bila Anda datang ke Penang International Airport dengan menggunakan armada pesawat milik Firefly Flight, maka Anda akan mendapatkan kemudahan tambahan. Ya, penumpang Firefly Flight bisa mendapatkan tiket bis Rapid Penang dengan cuma – cuma. Anda tinggal mendatangi counter milik Firefly yang ada di bandara dan mendapatkan Boarding Pass. Kemudian, Anda tinggal menunjukkan Boarding Pass tersebut kepada supir bis dan Anda bisa menumpang secara cuma – cuma.

Menggunakan Airport White Taxi

blogentry-1-0-93055900-1410677129.jpg

Anda yang punya dana lebih, bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Airport White Taxi. Tarifnya memang lumayan bila dibandingkan Rapid Penang. Tapi bila Anda membawa anak kecil ataupun barang bawaan yang lumayan banyak, tentunya menggunakan Airport White Taxi adalah pilihan yang bijak. Meskipun lebih mahal, tapi kenyamanan Anda selama berkendara benar – benar terjamin.

Airport White Taxi adalah satu – satunya armada taksi yang bisa Anda gunakan untuk berangkat dari Penang International Airport. Taksi yang biasanya beroperasi di kota memang tidak diperbolehkan untuk ikut mengambil penumpang dari bandara. Taksi biasa hanya diperbolehkan untuk menurunkan penumpang di Penang International Airport.

Untuk mendapatkan Airport White Taxi, Anda bisa melangkah menuju Airport White Taxi Kiosk yang ditunjukkan melalui papan – papan pengumuman di Arrival Hall. Anda bisa mendapatkan tarif Anda di papan yang sudah tersedia. Jadi tidak ada manipulasi mengenai harga. Sebagai gambaran, dengan menggunakan Airport White Taxi dari Penang International Airport menuju Weld Quay, Anda akan dikenai tarif sebesar RM 44.70. Bila Anda menumpang taksi mulai dari pukul 24.00 hingga 05.59, maka tarif yang dikenakan hampir mencapai dua kali lipat dari tarif di siang hari.

Selanjutnya, Anda tinggal memberikan tiket yang Anda dapatkan pada supir taksi. Selesai sudah, Anda tidak perlu membayar lagi. Satu – satunya yang Anda berikan pada supir taksi adalah tiket yang sudah ada di tangan Anda.

Menyewa mobil

Alternatif sarana transportasi terakhir dari Penang International Airport adalah dengan menyewa mobil. Anda tidak perlu khawatir harus repot terlebih dulu dengan menyewa jauh - jauh hari. Begitu Anda tiba di bandara, Anda bisa langsung menuju counter persewaan mobil. Atau bila dalam bahasa Malaysia disebut dengan Kaunter Kereta Sewa.

Sebagai persiapan budget, Anda bisa menggunakan acuan sebagai berikut. Untuk mobil tipe Perodua Myvi dan mobil – mobil sekelasnya, Anda akan dikenakan tarif sewa RM 184.99. Itu adalah jangka sewa 24 jam. Tarif tersebut sudah termasuk asuransi diri, asuransi mobil, biaya administrasi, peralatan anti pencurian, serta jarak kilometer yang tidak dibatasi. Anda bebas membawa mobil tersebut sejauh apa pun selama masih dalam durasi 24 jam. Anda pun bisa mendapatkan supir dengan menambahkan biaya RM 10.60 perharinya. Takut tersesat? Anda juga bisa menyewa GPS yang ditarif 21.20 perhari.

Menggunakan mobil di Penang tergolong mudah. Kurang lebih sama dengan menggunakan mobil di Indonesia. Apalagi SIM Indonesia juga diakui di Malaysia, jadi Anda tidak perlu pusing lagi. Dengan menggunakan mobil, untuk keluar dari bandara, Anda mulai dengan jalur melingkar yang ada di lokasi parkir mobil utama, tepatnya di depan bangunan terminal. Ambil jalan ke kiri melewati area parkir tambahan, ikuti saja terus dengan terus mengamati petunjuk yang mengarahkan Anda ke George Town. Anda bisa dengan selamat keluar dari Penang International Airport tanpa kesulitan berarti.

Nah, bila indikator bensin pada mobil Anda berada di level mengkhawatirkan, tidak perlu khawatir. Dekat dengan bandara, Anda bisa menemui dua pom bensin sekaligus, pom bensin milik Petronas dan Shell. Salah satunya berada di Jalan Sultan Azlan Shah, jalan yang mengarah ke Bayan Lepas Free Trade Zone. Anda bisa mengambil jalan menanjak di flyover dan Anda akan sampai di pom bensin tersebut. Pom bensin kedua yang terdekat dari Penang International Airport berada di Bayan Lepas. Anda bisa mengambil belokan ke kiri tepat sebelum flyover dan Anda akan sampai. Liburan ke malaysia cukup menyenangkan :D

Note : Harga yang tertera bisa berubah sewaktu – waktu.

Jalan2

Setiap negara pasti berlomba untuk menghadirkan cinderamata paling unik sebagai kenang – kenangan manis bagi wisatawan asing yang sempat mampir. Beberapa cinderamata tersebut bisa jadi cukup standar, sedangkan yang lain bisa benar – benar unik. Saat berkunjung ke Malaysia, pilihan oleh – oleh apa saja yang patut untuk dibungkus? Berikut sembilan cinderamata terbaik yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke Malaysia.

Kerajinan timah

Kerajinan timah di Malaysia mulai mendapat perhatian wisatawan asing karena ragam bentuknya yang kian hari kian menarik. Ditambah lagi dengan kualitasnya yang memang prima. Makin banyaklah yang membungkusnya sebagai buah tangan istimewa. Hanya saja, harganya memang lumayan mahal. Karenanya, oleh – oleh berbahan timah ini lebih cocok sebagai kado untuk orang – orang yang spesial.

Pilihannya modelnya lumayan banyak. Mulai dari yang kecil – kecil seperti tempat kartu nama, frame foto, serta korek api. Anda yang ingin kerajinan timah dengan ukuran yang cukup besar, bisa membawa pulang miniatur KL Tower, jam dinding, bahkan mug yang lucu. Pembuat kerajinan timah yang cukup terkenal adalah Royal Selangor. Tapi Royal Selangor hanya menghadirkan produk – produk dengan kualitas premium.

Harga yang dipatok untuk satu buah kerajinan timah ini dimulai dari banderol RM 200. Bila Anda berminat untuk hadiah yang benar – benar eksklusif, Anda bisa pula mendapatkan barang berbahan dasar timah yang mencapai angka ribuan ringgit.

Kerajinan perak

Masih kerajinan dari bahan logam, satu yang populer di kalangan wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh adalah kerajinan berbahan dasar perak. Perak sudah memainkan peranan cukup penting di jaman kerajaan Malaysia. Perak mengindikasikan strata sosial para keluarga ningrat. Kebanyakan aksesoris yang digunakan oleh keluarga kerajaan, dengan motif fauna atau pun flora, berbahan dasar perak.

Ada dua tipe kerajinan perak yang dikenal di Malaysia. Pertama, adalah dengan mencairkan perak yang kemudian dicetak dengan model yang telah disiapkan, dan yang kedua adalah dengan ditempa. Biasanya, tipe kedua ini harganya lebih mahal, karena memang proses pembuatannya lebih rumit.

Sebagaimana di Indonesia, pilihan barang yang menggunakan perak ini cukup banyak. Kotak perhiasan, ikat pinggang, serta mangkuk – mangkuk lucu. Bila dibandingkan dengan kerajinan timah, harganya pun jauh lebih murah. Dengan dana sekitar RM 50, Anda sudah bisa membawa pulang beberapa kerajinan perak nan cantik.

Kaos

blogentry-1-0-45988600-1408069006.jpg

Entah siapa yang memulai, membeli kaos selalu menjadi pilihan yang tepat sebagai buah tangan. Kaos memang lebih sesuai untuk segala usia. Siapa yang tidak suka mendapatkan kaos yang unik? Apalagi bila kaos tersebut berasal dari negara tetangga. Pasti ada kebanggaan sendiri saat memakainya.

Harga kaos pun terhitung cukup terjangkau. Satu buah kaos dengan kualitas medium dihargai sekitar RM 18. Bila Anda membeli agak banyak, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Yang pasti, jangan lupa untuk menawar. Untuk mendapatkan kaos, juga tidak sesulit mendapatkan kerajinan timah ataupun kerajinan perak. Di pedagang kaki lima, banyak yang menawarkan kaos – kaos dengan motif lucu dan dengan harga yang kompetitif.

Miniatur Menara Petronas

Bila saat membicarakan Singapura kita akan mengingat Merlion, maka bila menyebutkan kata Malaysia maka yang teringat pasti Menara Petronas. Dengan biaya yang cukup murah, Anda bisa menuju Bukit Bintang untuk membungkus beberapa miniatur berbahan dasar logam atau pun plastik.

Ukurannya yang tergolong kecil juga tidak akan terlalu menyesakkan bagasi Anda saat akan bertolak pulang nantinya. Ukuran miniatur ini dimulai dari tinggi 10 cm hingga mencapai 20 cm. Tergantung Anda ingin yang seperti apa. Termasuk pula, budget yang telah Anda siapkan. Bahan plastik pasti lebih murah dibandingkan miniatur dengan bahan logam. Satu biji miniatur ini dihargai mulai dari RM 10 hingga RM 30.

Ukiran kayu

Satu lagi pilihan buah tangan yang tidak hanya cantik, tapi mudah ditemui sekaligus murah. Ukiran kayu yang dibuat oleh Orang Asli, alias orang – orang yang hidup di pedalaman Malaysia. Sekilas kerajinan ini memang terlihat biasa saja, tapi karena ini merupakan hasil karya Orang Asli, pastinya akan membawa kenang – kenangan unik tersendiri.

Gerabah dan keramik

blogentry-1-0-02888800-1408068789.jpg

Anda yang tidak keberatan pulang dengan bobot bagasi yang berlipat – lipat, bisa mempertimbangkan untuk membungkus pulang keramik dan gerabah. Harganya sebenarnya cukup terjangkau. Satu keramik dengan kualitas baik bisa Anda bawa pulang dengan harga RM 10 saja. Namun, sekali lagi, jangan sampai saat terlalu semangat karena harga yang murah, Anda melupakan kapasitas bagasi yang akan merusak budget wisata Anda nantinya.

Kartu pos

blogentry-1-0-39625400-1408068746_thumb.

Yang satu ini juga cukup murah dan unik. Tinggal datang ke toko stationary, Anda bisa membawa pulang kartu pos dengan dekorasi potret Malaysia yang menakjubkan. Karena terhitung murah dan ringan, Anda bisa langsung memborong beberapa kartu pos sekaligus. Pilih foto terbaik, sudah pasti rekan – rekan Anda di tanah air pasti akan terkesan dengan oleh – oleh yang Anda bawa.

Gantungan kunci

Semua orang pasti setuju bila gantungan kunci adalah salah satu buah tangan terbaik. Gantungan kunci yang cukup umum ditemui adalah gantungan kunci dengan bahan dasar logam. Biasanya, gantungan kunci ini dijual sekaligus satu lusin. Kalaupun Anda membeli bijian, biasanya harganya terpaut agak jauh. Meskipun tetap terhitung murah. Satu biji gantungan kunci bisa Anda tebus dengan biaya hanya RM 2 saja. Murah meriah.

Coklat

Oleh – oleh terakhir yang juga patut dipertimbangkan adalah coklat. Bila rekan Anda kebanyakan wanita, maka buah tangan ini adalah cinderamata yang paling tepat. Rasanya tidak ada wanita yang tidak suka dengan coklat. Apalagi saat ada di Malaysia, Anda bisa mendapatkan coklat dengan rasa yang unik – unik. Anda bisa membayangkan coklat dengan cita rasa durian? Yap, Anda bisa mendapatkannya di Malaysia. Harganya, dimulai dari RM 20 hingga mencapai ratusan ringgit. Tergantung bobot dan kualitas coklat yang Anda inginkan.

Note : harga yang tertera bisa berubah sewaktu - waktu

Jalan2

Masalah mata uang, bisa jadi masalah yang krusial bila Anda sama sekali tidak mengenal mata uang yang digunakan di negara yang menjadi tujuan Anda. Katakanlah, Anda berkunjung ke Malaysia yang terhitung sangat dekat dengan Indonesia, tetap saja, pemberlakuan uang sebagai alat tukar berbeda dengan yang ada di tanah air.

Yang diketahui hampir semua orang, mata uang Malaysia adalah ringgit atau yang secara resmi, ditulis dengan RM. Pecahan yang dikenal dalam ringgit, adalah uang kertas yang memiliki nilai RM 50, RM 20, RM 10, RM 5, dan RM 2. Selain uang dalam bentuk kertas, dikenal pula uang dalam bentuk koin dengan nilai 50 sen, 20 sen, 10 sen, 5 sen, dan 1 sen.

blogentry-1-0-43748000-1406259220.jpg

Ringgit, resmi digunakan sebagai mata uang Malaysia pada tahun 1975. Sebelumnya, mata uang Malaysia dikenal dengan nama dolar Malaysia. Bahkan, penggunaan simbol dolar ($) masih umum digunakan di Malaysia hingga mendekati akhir abad 20. Lambang dolar pun akhirnya digantikan dengan lambang RM.

Yang unik, mata uang Malaysia ini tidak bereaksi terhadap pergerakan dolar Amerika Serikat. Terhitung sejak tahun 1997, pemerintah Malaysia membuat keputusan besar dengan menetapkan nilai ringgit akan tetap stabil terhadap dolar Amerika Serikat. Setiap satu dolar, akan setara dengan RM 3.8.

Tahukah Anda bahwa ringgit sempat digunakan sebagai mata uang resmi di Indonesia? Pada kisaran tahun 1970-an, pemerintah Indonesia memang menetapkan ringgit sebagai salah satu alat tukar resmi. Nilainya, kala itu, satu ringgit setara dengan dua setengah rupiah. Penggunaan ringgit memang kemudian dihapus sebagai mata uang resmi Indonesia dan murni hanya menggunakan rupiah. Tapi di beberapa daerah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia, masih banyak penduduk Indonesia yang menggunakan ringgit sebagai alat tukar.

Menarik uang di ATM Malaysia

Seolah sudah menjadi budaya baru, sekarang orang mulai jarang yang menggunakan uang dalam bentuk cash. Kebanyakan mengandalkan kartu kredit dan ATM bila ingin bertransaksi. Nah, ini bisa jadi masalah bila Anda kehabisan uang cash di Malaysia. Tenang saja, Anda masih tetap bisa menarik tunai uang Anda bila ATM Anda masuk dalam jaringan ATM Bersama.

Selama Anda berada di Malaysia, Anda tinggal mencari ATM yang menyematkan logo ATM Bersama, dan Anda bisa menarik uang tunai dengan segera. Mengambil uang melalui ATM Bersama juga bisa menjadi alternatif menyenangkan bila Anda lupa tidak menukarkan rupiah dalam jumlah yang cukup ke dalam ringgit. Namun pastikan atm card anda ada lambang Cirrcus / Visa / Mastercard nya, & bisa di gunakan di luar negeri. Karena sebagian bank automatic decline kalo transaksi di luar negeri. Tanyakan ke bank anda

ATM Indonesia yang tergabung dalam ATM Bersama, bisa menarik uang tunai melalui ATM Maybank saat berada di Malaysia. Sama halnya, Anda yang termasuk orang dengan mobilitas keuangan yang tinggi, masih bisa melakukan transfer dana dengan menggunakan ATM tersebut. Tentunya dengan sejumlah biaya administrasi yang dikenakan.

Tips saat menukarkan uang

Masalah menukarkan uang, bisa membawa dampak yang cukup lumayan bila Anda tidak tahu selanya. Salah memilih tempat menukarkan uang, Anda bisa mendapatkan rate yang akhirnya justru menguras budget yang telah Anda siapkan. Tips yang bisa Anda gunakan saat menukarkan uang adalah, ada baiknya Anda menukarkan uang Anda di penukaran uang milik penduduk. Bukan di bank atau di bandara. Anda yang merupakan wisatawan backpacker, bisa merasakan selisih yang cukup lumayan.

blogentry-1-0-16320500-1406259251.jpg

Sebut saja saat menukarkan rupiah ke ringgit, selisih yang dikenakan sebagai keuntungan money changer adalah kira2 Rp. 300 perringgitnya. Nilai yang terlihat kecil memang, tapi bila Anda menukarkan dalam jumlah yang cukup besar, misalnya menjadi RM 1000, sudah terbayang bukan, harga yang harus Anda bayarkan untuk proses penukaran uang. Cukup menyesakkan bila Anda adalah wisatawan dengan budget yang terbatas.

Tapi bila Anda datang karena tugas institusi, Anda wajib untuk menukarkan uang di tempat – tempat resmi untuk mendapatkan bukti penukaran yang juga resmi. Bagi backpacker, ini memang akan sedikit merepotkan. Anda harus berhadapan dengan birokrasi yang lumayan ribet. Karenanya, banyak wisatawan backpacker yang lebih memilih untuk menukarkan uang di kios – kios milik penduduk. Meskipun memang, kemungkinan Anda untuk ditipu bila Anda tidak memiliki pengetahuan yang memadai juga tinggi. Karenanya, pastikan Anda mengumpulkan informasi terbaru mengenai pertukaran uang yang berlaku di Malaysia terhadap rupiah.

Sedangkan jika di bandara, hanya disarankan bila Anda benar – benar dalam kondisi yang terdesak. Seolah sudah menjadi rahasia umum, semua barang yang dijual di bandara, baik makanan, buah tangan, maupun pertukaran mata uang.

Bank

Anda yang butuh datang ke bank di Malaysia untuk menukarkan uang atau pun transaksi keuangan lainnya, bisa menggunakan panduan berikut untuk memudahkan Anda. Bank di Malaysia, rata – rata beroperasi dari hari Senin hingga Sabtu. Pada hari Senin hingga Jumat, bank beroperasi mulai dari pukul 09.30 hingga 16.00. Khusus pada hari Sabtu, bank beroperasi setengah hari dan tutup pada pukul 11.30.

Walaupun demikian, beberapa penukaran uang tetap buka hingga 24 jam. Jadi bila Anda membutuhkan uang di tengah malam dalam ringgit, Anda bisa langsung datang ke penukaran uang milik bank – bank besar. Penukaran uang di bank besar ini juga biasanya tetap buka pada hari Minggu.

Jalan2

Para pecinta jalan – jalan sejati, pasti tahu rasanya jatuh cinta pada satu negara ataupun kota tertentu. Rasanya kurang lebih sama dengan jatuh cinta dengan kekasih hati. Di mulai dari perkenalan, mulai mencari tahu banyak mengenainya, dan kemudian ditutup dengan kejutan – kejutan manis yang membuat Anda merasa ialah yang Anda impikan selama ini.

Banyak wisawatan asing yang sempat berkunjung ke Singapura merasa jatuh cinta dengan negara yang memiliki lambang Merlion ini. Bukan hanya wisatawan yang berasal dari Asia, melainkan wisatawan – wisatawan dari belahan dunia Barat. Mereka mengaku bahwa negeri mungil ini sukses merebut hati mereka. Lalu sebenarnya apa yang membuat banyak orang terkesima dengan eksotisnya Singapura? Berikut daftarnya.

Surganya Belanja

Yang ini sepertinya tidak usah ditanya, banyak orang yang tergila – gila karena serunya membelanjakan uang di Singapura. Negeri mungil ini memang sangat seru bagi para penggila belanja. Di pusat kota, Anda tidak akan kehabisan pusat perbelanjaan menggoda untuk Anda jelajahi. Luas negaranya bisa dibilang cukup kecil, tapi Anda tidak akan cukup menyediakan waktu dua hari penuh untuk mengunjungi satu persatu pusat perbelanjaan di Singapura.

blogentry-1-0-39410600-1406087463.png

Mau yang berharga ratusan dollar hingga hanya seharga segelas kopi, semuanya tersedia. Ditambah lagi karena Singapura cukup cepat dalam merespon setiap tren dunia. Mode, teknologi, semuanya berkembang dengan sangat cepat di sini. Dalam hitungan minggu saja, tren sudah bisa berputar balik di Singapura. Pecinta belanja mana yang tidak akan jatuh cinta?

Keamanan

Ini bisa jadi yang membuat wisatawan asing tidak pernah merasa risau untuk menjelajahi Singapura hingga tengah malam. Copet dan perampokan sangat jarang terdengar di sini. Sebagai gambaran seperti apa amannya Singapura, statistik mencatat hanya 1 dari 10.000 wanita yang mengalami pemerkosaan. Angka ini sangat jauh bila dibandingkan dengan Amerika Serikat yang mencatat angka satu banding tiga kasus pemerkosaan untuk tiap wanita.

blogentry-1-0-68764100-1406087480.jpg

Karenanya, merupakan satu pemandangan yang biasa bila seorang wanita berjalan sendirian ketika malam hari di Singapura. Keamanan ini pula yang membuat wisatawan memiliki rentang waktu yang lebih panjang untuk berkeliling. Meskipun malam sudah mulai larut, mereka tetap merasa aman untuk menjelajah setiap sisi Singapura.

Namun meskipun demikian, pemerintah Singapura tetap mencanangkan slogan bahwa low crimes doesn’t mean no crime. Serendah apapun tingkat kriminalitas suatu negara, Anda tetap wajib untuk waspada.

Efisiensi dalam Segala Hal

Ini juga mengagumkan. Terutama bagi masyarakat dunia modern yang menginginkan serba cepat dan tastis. Singapura memang layak untuk dicintai karena hal yang satu ini. Warga negara Singapura tidak suka bertele – tele. Semuanya dilakukan dengan cepat dan tidak memakan waktu panjang untuk birokrasi ataupun debat kusir. Terutama bila terkait dengan bisnis.

Dinamika yang cepat ini berimbas pada cepatnya perkembangan ekonomi Singapura. Tidak ada lagi istilah dipersulit saat berhadapan dengan administrasi kenegaraan. Kasus yang sedikit berbeda terjadi bila Anda sedang mengajukan PR di Singapura. Khusus yang satu ini, Anda harus menunggu dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Secepat apakah? Orang Singapura tidak suka bila semuanya hanya diutarakan sebatas angan – angan. Karena itu hanya akan membuang waktu dan tidak efisien. Bila berminat untuk mengambil les gitar dan keuangan mumpuni, langsung ambil kelasnya dan menyesuaikan dengan jadwal. Merasa bangunan yang ada mengganggu lingkungan hidup atau pun kurang memadai, ya sudah hancurkan, bangun bangunan baru yang lebih ramah dan mampu mengakomodasi. Bukti yang sangat nyata terlihat jelas dari jadwal MRT. Tidak perlu menunggu berjam – jam untuk bisa melesat dari satu daerah ke daerah lainnya di Singapura, toh MRT tersedia setiap lima menit. Artinya pula, tidak ada alasan terlambat karena ketinggalan kereta.

Keberagaman yang Mengagumkan

Satu yang pasti, Singapura adalah negara yang sangat ramah dengan perbedaan. Negaranya memang tergolong sangat mungil, tapi semua yang ada didalamnya diterima dengan tangan terbuka. Tidak ada diskriminasi karena perbedaan ras. Pagi hari, Anda bisa ngopi di kopitiam dengan suksuk yang ramah, mampir ke Little India untuk membeli oleh – oleh, serta ditutup dengan berbincang santai dengan orang dari ras Melayu.

blogentry-1-0-36106000-1406087497.jpg

Sama halnya, di Singapura, tidak peduli apapun keyakinan Anda, Anda dibebaskan untuk merayakannya bersama dengan penduduk Singapura. Anda diperbolehkan untuk menghias rumah Anda sesuai dengan dekorasi khas perayaan Anda, bahkan jalanan pun tak luput dari semaraknya perayaan dari banyak keyakinan yang ada di Singapura. Tidak ada bergesekan antara satu penganut dan penganut lainnya. Semuanya saling menghormati dan bergandengan tangan dalam perbedaan. Rasanya semua pasti akan jatuh cinta dengan yang satu ini.

Layanan Transportasi Publik yang Sangat Tertata

MRT dan Changi Airport adalah jawaranya dalam hal ini. Kedua tumpuan transportasi Singapura ini sukses membuat semua orang yang berkunjung ke Singapura jatuh hati. Serba efisien dan cepat. Changi Airport misalnya, tidak berlebihan rasanya bila Singapura senantiasa menyebutkan bahwa Changi Airport adalah bandara terbaik di dunia.

Mulai dari ketika pesawat Anda mendarat, urusan imigrasi, mengambil koper, dan kemudian mengantri taksi bisa Anda tuntaskan kurang dari setengah jam saja. Anda bahkan bisa berkunjung sejenak serta berkeliling – berkeliling di pertokoan di dalam Changi Airport, dan tetap, Anda bisa duduk manis di dalam taksi dalam waktu setengah jam dari jadwal kedatangan pesawat Anda di Changi Airport.

Perhatian akan Hal – Hal Kecil

blogentry-1-0-16686400-1406087508.jpg

Pernahkah Anda sebal saat membungkus satu minuman favorit yang kemudian akan tumpah ketika Anda membawanya keluar dari kedai tempat Anda membeli? Pengalaman yang sama tidak akan Anda temui bila Anda berkunjung ke Singapura. Warga Singapura terbiasa memperhatikan hal – hal kecil untuk menjaga kenyamanan bersama.

Makanan atau muniman yang akan Anda bawa pulang semua dibungkus dengan apik dan rapi. Sehingga Anda bisa membawanya pulang dengan nyaman. Misalnya Anda membawa pulang satu bungkus mie kuah, penjaga stan tempat Anda membeli akan membungkusnya dengan menempatkan kuahnya tersendiri dan menatanya di kotak hingga padat dan mengecilkan kemungkinan kuah tersebut akan tumpah. Terakhir, kantung berisi sambal yang juga diletakkan dengan hati – hati dan baru diberi kantong berukuran pas sehingga Anda mudah untuk membawanya.

Demikian pula saat Anda membeli sebungkus kopi. Penjual akan memberikan satu pegangan khusus sehingga Anda tidak perlu merasa kepanasan saat membawanya. Perhatian kecil yang membuat semua orang jatuh cinta.

Jalan2

Entah siapa yang memulai, yang pasti, orang Indonesia tidak akan puas bila berwisata tanpa membawa oleh-oleh saat kembali ke tanah air. Jangankan untuk wisata ke mancanegara, berwisata ke luar kota saja pasti tidak akan lengkap tanpa membungkus beberapa buah kerajinan khas setempat.

blogentry-1-0-58461600-1404961709.jpg

Apalagi bila tujuan wisata Anda adalah Singapura. Negara yang kondang karena deretan spot belanjanya. Sudah pasti, begitu sampai di tanah air, rekan – rekan akan menanyakan satu kalimat mujarab, “oleh – olehnya mana?”. Tidak perlu pusing untuk mengalokasikan dana khusus untuk membeli oleh – oleh saat berkunjung ke Singapura. Meskipun negara berlambang Merlion ini lekat dengan banderol yang serba mahal, nyatanya Anda masih bisa untuk membungkus pulang beberapa hadiah yang unik khas Singapura. Barang apa saja yang bisa Anda bawa pulang? Berikut panduan beserta tips – tips asyiknya.

Berburu gantungan kunci

Dimana pun lokasi wisatanya, gantungan kunci selalu saja menjadi primadona sebagai oleh-oleh favorit. Biasanya, gantungan kunci ini menjadi oleh-oleh favorit bagi para backpacker. Harganya memang tergolong paling murah dibandingkan oleh – oleh yang lain. Tidak menyesakkan bagasi pula. Dan yang paling asyik, pedagang gantungan kunci rata – rata menawarkan dagangannya dengan sistem tawar menawar. Sistem dagang yang paling disukai wisatawan Indonesia.

blogentry-1-0-27957500-1404961622.jpg

Sebenarnya sudah bukan rahasia lagi bila Singapura merupakan negara yang minim dalam sektor industri. Hampir seluruh barang yang diperdagangkan di Singapura merupakan produk buatan luar negeri yang dipesan oleh para pedagang di negeri mungil ini. Gantungan kunci misalnya, rata – rata dibuat di Negeri Tirai Bambu, Cina.

Walaupun demikian, gantungan kunci serupa tidak akan Anda temui di Cina. Satu – satunya negara yang memperdagangkan gantungan kunci dengan lambang Merlion berharga murah, ya cuma di Singapura. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan keunikan gantungan kunci yang Anda dapatkan. Meskipun harganya murah, dijamin rekan yang Anda hadiahi gantungan kunci Merlion tidak akan ragu bahwa gantungan kunci tersebut memang benar – benar Anda bawa langsung dari Singapura.

Ya, Merlion memang masih menjadi jenis gantungan kunci paling favorit. Modelnya pun macam – macam. Bukan cuma fiber dibentuk kotak dan dalamnya diisi gambar Merlion. Ada gantungan Merlion dari besi, plastik, kain boneka, hingga gantungan kunci dari perunggu yang berbentuk tiga dimensi. Makin rumit bentuknya, memang semakin mahal. Tapi tetap saja, semahal – mahalnya gantungan kunci, tidak akan membuat kantong Anda jebol.

Lokasi berburu gantungan kunci yang murah meriah sekaligus unik adalah di Chinatown serta Bugis Street. Di sini adalah surganya gantungan kunci. Gantungan kunci dijual dalam paket – paket tertentu. Jarang dijual perbiji, kecuali untuk gantungan kunci tiga dimensi. Sebagai gambaran, satu paket gantungan kunci berbahan fiber dipatok hanya SGD 10. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan satu setengah lusin gantungan kunci. Untuk bentuk tiga dimensi yang dijual perbiji, biasanya dikenakan SGD 2 untuk satu buah. Masih cukup miring. Pastikan Anda meminta tambahan potongan bila Anda membeli dalam jumlah yang cukup banyak.

Harga yang ditawarkan, biasanya harga pas. Namun beberapa toko memperbolehkan Anda untuk menawar. Tidak ada salahnya mencoba. Lumayan pula buat tambah ongkos MRT untuk melanjutkan berkeliling Singapura.

Parking Coupon

Dua oleh – oleh ini benar – benar unik dan harganya termasuk murah. Anda pernah berpikir memberikan oleh-oleh berupa tiket kereta ataupun kupon parkir mobil? Kemungkinan besar tidak. Tapi saat berkunjung ke Singapura, kedua barang yang kelihatannya sepele ini, bisa menjadi oleh – oleh yang benar – benar unik.

Parking Coupon, dalam beberapa tahun terakhir mulai banyak dilirik oleh para wisawatan yang sedang berlibur di Singapura sebagai oleh-oleh. Awalnya, penggunaan Parking Coupon sebagai oleh – oleh ini dipopulerkan oleh para pekerja yang tinggal di Singapura dalam jangka waktu cukup lama. Lama kelamaan, Parking Coupon menjadi salah satu souvenir yang paling banyak diburu di Singapura.

Kupon parkir di Singapura memang cukup unik. Bila di Indonesia, kita mengenal tiket parkir yang hanya secarik kertas kecil yang lebih sering kumal dari pada tidak. Tapi di Singapura, tiket parkir ini lebih mirip seperti kalender mini. Penggunaannya, setiap Anda menggunakan parkir, Anda harus melubangi tiket tersebut sesuai dengan tanggal, bulan, dan tahunnya. Parking Coupon ini berlaku hingga saldo Anda habis. Dalam artian, jumlah lubang di Parking Coupon Anda sudah mencapai limit saldo yang Anda beli.

Parking Coupon ini dijual dalam bentuk booklet.

Satu bookletnya dibanderol dengan harga SGD 10 hingga SGD 20. Memang, bila Anda memberikannya pada rekan yang tidak ingin ke Singapura dalam jangka waktu dekat, oleh – oleh ini seakan percuma. Tahan dulu pikiran tersebut. Sebagai oleh – oleh, banyak yang memberlakukan Parking Coupon ini sebagai pengganti kalender. Bila masing – masing dilaminasi, Anda pun bisa mendapatkan puluhan pembatas buku yang unik khas Singapura, sekaligus murah meriah.

Nah, makin kondangnya Parking Coupon sebagai oleh-oleh, tentunya mengundang kreatifitas para pelaku bisnis di Singapura. Sekarang, Anda bisa membeli satu souvenir yang juga cukup unik dan terinspirasi dari Parking Coupon di Singapura. Nama souvenir ini adalah Journal That Last 6 Years. Modelnya serupa dengan diary, dengan kupon parkir Singapura sebagai penanda tanggal serta jam. Jurnal ini sangat berguna bagi orang yang mudah lupa serta kurang disiplin. Karena terhitung masih baru, jurnal ini masih lumayan susah dicari. Harga yang dikenakan pun masih terhitung mahal. Satu buahnya dihargai sekitar SGD 25. Bila sayang untuk diberikan orang lain, bungkus saja satu untuk Anda sendiri. Sekaligus sebagai kenang – kenangan petualangan seru Anda menjelajah Singapura.

Parfum

Tetap ingin oleh – oleh murah yang tetap kelihatan mahal, maka parfum jawabannya. Masih di kawasan China Town dan Bugis Street, Anda bisa mendapatkan parfum yang berkualitas dengan harga kisaran SGD 20 hingga SGD 30. Terlihat mahal? Nanti dulu. Harga tersebut adalah harga untuk lima botol kecil parfum. Memang, di Indonesia Anda bisa pula mendapatkan parfum dengan harga yang bisa jadi lebih murah. Tapi sebagai oleh – oleh? Parfum mini ini bisa menjadi kenang – kenangan yang spesial.

blogentry-1-0-31103200-1404961671.jpg

Hanya saja, sebelum membeli parfum, pastikan Anda tidak hanya memburu barang yang murah. Karena bukan tidak mungkin, yang Anda dapatkan adalah parfum dengan kualitas jelek. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal tapi Anda tahu pasti bahwa barang yang Anda dapatkan adalah barang yang berkualitas.

Satu yang pasti, dengan membeli parfum Anda harus mempertimbangkan kuota bagasi Anda. Cairan di atas 100 ml memang harus dimasukkan dalam bagasi.

Pernak – pernik

Selain gantungan kunci, yang hampir selalu menjadi favorit sebagai oleh-oleh adalah pernak – pernik lucu. Sama – sama murah dan sama – sama unik. Untuk pernak – pernik, salah satu yang cukup menjadi primadona adalah tempelan magnet yang berhiaskan Singapore Sling. Cocktail hasil racikan bartender Raffles Hotel itu memang sudah mendunia. Baik karena rasa minumannya yang memang sangat menggoda, juga karena banyaknya souvenir yang menyematkan Singapore Sling sebagai hiasan. Harganya pun cukup ramah di kantong.

blogentry-1-0-17921900-1404961696.jpg

Masih dengan tema yang sama, bentukan karet yang belakangnya ditempeli magnet, Anda bisa berburu aneka model yang lucu – lucu. Replika uang Singapura, deretan denda yang diterapkan di Singapura, hingga Chilli Crab yang dibentuk lengkap dengan resepnya. Sabar – sabar saja menjelajah China Town dan Bugis Street. Jangan segan pula untuk membandingkan antara satu toko dengan toko lainnya untuk mendapatkan harga terbaik. Tidak bisa menawar? Mudah saja. Cari toko yang menawarkan harga pas!

Note : Harga yang tertera bisa berubah sewaktu – waktu.

Jalan2

blog-0140038001404100171.jpgRasanya tidak akan ada yang mampu menahaan godaan untuk berkunjung ke Singapura. Negara mungil yang menjanjikan berjuta serunya liburan. Lengkap. Apalagi dengan deretan kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Singapura pada wisatawan asing. Bisa dipastikan Anda akan betah dan segera merencanakan liburan Anda selanjutnya di negeri dengan lambang Merlion ini.

Banyak rumor yang beredar bahwa berkunjung ke Singapura akan menguras habis uang Anda. Kata siapa? Bila Anda mampu memahami tipsnya, Anda bisa berkunjung ke Singapura tanpa membuat kantong Anda jebol. Banyak pos – pos yang bisa ditekan untuk membuat Anda yang memiliki dana cekak, bisa tetap mengikuti asyiknya bertualang di Singapura. Apa saja? Berikut daftar tipsnya.

Datang ke Singapura

Satu yang paling krusial saat Anda merencanakan perjalanan ke luar negeri, adalah tiket pesawat terbang. Datang ke Singapura dengan menggunakan pesawat terbang memang merupakan yang paling umum dilakukan oleh wisatawan dari Indonesia. Bila jadwal kedatangan Anda fleksibel, Anda bisa mengecek promo tiket penerbangan dari Jakarta bisa mencapai Rp. 125.000 bila Anda melakukan booking jauh – jauh hari dan bertepatan dengan masa promo maskapai penerbangan.

Promo penerbangan termurah biasanya bisa didapatkan dengan booking setidaknya 4 bulan sebelum keberangkatan. Ini bisa menjadi trik Anda untuk mendapatkan tiket yang lebih murah dibandingkan bila Anda memesan tiket pesawat secara mendadak. Bila Anda pesan secara mendadak, tarif penerbangan kurang lebih sekitar Rp. 500.000. Tergantung maskapai penerbangan yang Anda pilih. Rentangannya dimulai dari Rp. 350.000 hingga Rp. 4.400.000.

Ada yang bilang, berangkat dari Batam bisa lebih murah. Sebenarnya ini juga tergantung. Beberapa tiket pesawat justru lebih murah bila Anda langsung menuju ke Singapura dibandingkan transit terlebih dulu di Batam. Tapi bila Anda bisa menuju Batam dengan biaya di bawah Rp. 200.000, maka rute ini bisa dipertimbangkan. Dari Batam menuju Singapura, setidaknya Anda membutuhkan dana sebesar rp 275.000. Ini untuk sekali jalan. Biasanya bila Anda membeli tiket untuk pulang pergi, harga yang dikenakan tidak lagi dua kalinya, tapi kurang dari itu.

Transportasi

blogentry-1-0-99529200-1404099788.jpg

Begitu sampai di Singapura, satu sarana transportasi andalan Anda, MRT dan bis. Anda bisa sangat berhemat dengan dua moda transportasi andalan Singapura ini. Sangat murah dan super cepat. Katakanlah Anda merencanakan untuk berada di Singapura selama tiga hari, Anda hanya perlu membeli Singapore Tourist Pass yang harganya hanya SGD 24. Harga tersebut, bisa Anda gunakan untuk meloncat dari satu MRT ke MRT lain, sepuasnya selama tiga hari, tanpa harus membayar lagi. Dengan kurs Rp. 9000 untuk SGD 1, Anda hanya perlu membayar Rp. 216000.

Sebisa mungkin hindari untuk menggunakan taksi bila Anda memang berniat untuk berbackpack ria. Taksi di Singapura terhitung mahal. Meskipun memang sesuai dengan kenyamanan yang ditawarkan, tapi tetap saja, tidak akan nyaman di kantong para backpacker. MRT dan bis adalah sahabat terbaik para backpacker saat berada di Singapura.

Penginapan

Nah, biasanya, biaya terbesar tersedot untuk penginapan. Bukan rahasia lagi rasanya bila penginapan di Singapura cukup menguras kantong. Maklum, Singapura bisa dibilang negara mungil. Tanah di sini mahalnya bukan main. Dulu, favorit wisatawan Indonesia saat sedang berkunjung di Singapura adalah menginap di Lucky Plaza. Di sini, yang disewakan adalah kamar – kamar milik penduduk. Tapi sekarang, penginapan macam ini sudah dilarang. Bila Anda ngotot, Anda bisa terbentur masalah yang cukup besar. Ada baiknya Anda main aman saja.

blogentry-1-0-79964900-1404100025.jpg

Alternatifnya, Anda bisa menginap di daerah Bugis, Chinatown, atau Little India. Di sini adalah surganya penginapan murah. Para backpacker paling banyak berkeliaran di sini. Paling pas bila Anda menginap di hostel yang bertipe dormitory, ini khusus bagi Anda yang tidak memiliki masalah berbagi kamar dengan orang lain. Di Chinatown misalnya, Anda bisa mendapatkan penginapan dormitory dengan tarif SGD 25 atau sekitar Rp. 225.000 permalamnya. Untuk ukuran Singapura, ini sudah murah luar biasa.

Buang angan – angan untuk menginap di Orchard bila Anda memiliki budget terbatas. Di Orchard, rata – rata penginapannya merupakan penginapan berkelas. Kalau pun ada yang memiliki bintang tiga, tetap saja harganya lebih mahal dibandingkan menginap di Chinatown atau pun Little India. Satu kawasan lagi yang juga gudangnya penginapan murah tapi jarang dilirik adalah Geylang. Khusus yang satu ini, Anda harus tidak ada masalah dengan kawasan yang dicap sebagai red district. Ya, Geylang memang dikenal sebagai red district-nya Singapura. Di sisi lain, penginapan di sini sangat murah.

Dimana pun Anda menginap sebenarnya tidak ada masalah. Toh Singapura adalah negara yang kecil. Dan ada MRT yang siap mengantarkan Anda kemana pun tujuan Anda. Ambil sedikit ke pinggir kota, dan Anda bisa menghemat lebih banyak sing.

Makan dan Minum

blogentry-1-0-75965300-1404100086.jpg

Makan dan minum juga menyita cukup banyak pengeluaran saat berwisata. Berbeda dengan penginapan dan pesawat terbang yang harganya kurang bisa diakali, khusus urusan perut, lebih bisa diajak kompromi. Makanan di Singapura memang bisa jadi terlihat sangat mahal bila dibandingkan dengan makanan di Indonesia.

Wisatawan asing yang tengah berkunjung di Indonesia selalu kagum dengan harga makanannya yang luar biasa murah. Saat di Singapura, Anda bisa mengakalinya dengan makan di Hawker Center. Hawker Center ini semacam pujasera bila di Indonesia. Hawker Center adalah pilihan makan termurah yang bisa Anda dapatkan.

Bila ingin agak nyaman, Anda bisa berkunjung ke food court yang juga banyak tersebar. Food court memang lebih nyaman karena biasanya dilengkapi dengan AC. Tapi tentunya harga juga ikut menyesuaikan. Asyiknya, meskipun bersantap di Hawker Center, Anda tetap bisa mencicipi aneka kuliner khas Singapura. Tidak perlu menuju ke resto yang super mahal untuk bisa mencicipi kuliner nikmat.

Bila Anda kurang cocok dengan sajian khas Singapura, beberapa Hawker Center juga menyediakan makanan khas Cina bahkan Indonesia. Umumnya, makanan ini lebih bisa diterima oleh lidah orang Indonesia. Sedikit tips, bila Anda muslim dan ragu dengan kehalalan makanan yang disajikan, jangan ragu untuk bertanya. Atau, Anda bisa memperhatikan, apakah kedai tempat Anda makan menyertakan stiker halal.

Untuk menghemat biaya minum, Anda bisa membawa botol minum Anda sendiri saat menuju Singapura. Di Singapura, banyak tersedia kran air yang airnya sangat bersih. Bisa langsung diminum tanpa dimasak terlebih dulu. Gratis pula. Air putih di Singapura memang cukup mahal dibandingkan bila Anda membeli cola. Sebaiknya Anda tidak membawa botol bekas air minum dalam kemasan, karena bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah di bandara.

Spot Wisata

blogentry-1-0-45787200-1404099763.jpg

Hampir seluruh tempat wisata di Singapura memang cukup menghabiskan uang. Tapi tetap ada beberapa spot yang ramah di kantong. Bila Anda benar – benar mepet untuk masalah dana, Anda bisa berkunjung ke Merlion Park yang ada di Marina Bay dan berfoto – foto di sana. Ini wajib. Atau, Anda bisa berkunjung ke Clarke Quay di malam hari untuk menikmati suasananya. Untuk harga, gratis bila Anda sekedar berjalan – jalan. Baru mahal ketika Anda membeli makanan di sini.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan Singapore Atraction Pass. Dengan harga SGD 89 atau kurang lebih Rp. 801.000, Anda bisa menikmati banyak tempat wisata di Singapura secara gratis. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan banyak potongan di tempat – tempat wisata tertentu. Potongannya cukup banyak, mencapai 35%.

Belanja

Berkunjung ke suatu negara, tidak akan lengkap tanpa membawa pulang oleh – oleh untuk keluarga di rumah. Orchard, mungkin lebih pas buat jalan – jalan untuk para backpacker. Harganya lumayan mencekik. Meskipun memang dibarengi dengan kualitas barang. Bukan sahabat bagi kantong para backpacker. Di Singapura, Anda bisa berburu barang murah di Bugis Street, Little India, serta Chinatown. Terutama di pedagang kaki lima yang banyak ditemui di ketiga area tersebut. Yang paling menyenangkan, banyak yang bisa ditawar! Dengan keahlian menawar terbaik, bukan tidak mungkin Anda akan menggondol banyak barang hanya dengan SGD 50.

Note : Harga yang tertera bisa berubah sewaktu – waktu.

Jalan2

blog-0101464001403863080.jpgTiga besar penghabis dana terbesar saat liburan adalah transportasi, penginapan, dan biaya untuk makan. Masing – masing ada triknya sendiri untuk berhemat. Wisata dengan biaya super murah pun bukan lagi sekedar isapan jempol belaka. Trik yang sama bisa Anda terapkan bila Anda sedang berkunjung ke Singapura. Negeri yang satu ini memang terkenal dengan segala sesuatunya yang serba mahal. Namun, selalu ada celah untuk menyesuaikan dengan budget yang telah Anda siapkan.

Salah satu jalan yang menjadi andalan wisatawan dengan budget minim saat berlibur di Singapura adalah berkeliling dari satu hawker center ke hawker center yang lain. Apa sebenarnya hawker center? Kurang lebih, hawker center ini mirip dengan pujasera bila di Indonesia. Serupa dengan food court, namun lebih murah. Tentunya lebih sederhana pula.

Yang khas dari hawker center, dalam satu lokasi yang sama, Anda akan menemui beberapa pedagang makanan sekaligus. Dalam satu hawker center, biasanya jarang terdapat dua jenis makanan yang sama. Kalau pun ada, masing – masing hanya menu tambahan, bukan menu utama yang dijajakan. Dan yang pasti, murah meriah. Karenanya, banyak wisatawan yang menjadikan hawker center sebagai andalan untuk menghemat budget saat berada di Singapura.

Hawker center memang bisa dibilang sangat sederhana, namun Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan tempatnya. Sebagaimana sisi Singapura yang lain, hawker center bersih, tertata, dan dikelola dengan baik. Pengelola sekaligus pengisi stan hawker center tentunya tidak ingin mengambil resiko, karena petugas inspeksi datang secara teratur untuk mengawasi kondisi hawker center. Masalah kebersihan makanannya, aman. Anda tidak perlu merasa ragu.

Kompleks pedagang kaki lima ini mulai menjamur pada sekitaran tahun 1950. Kala itu, memang arus penduduk Singapura sedang mencapai puncaknya. Banyak penduduk yang awalnya tinggal di pedalaman mulai beranjak dan mengisi kota. Ada gula ada semut, semakin banyak orang yang mengisi Singapura, makin banyak pula pedagang kaki lima yang menjajakan makanan.

Nah, pemerintah Singapura pun kemudian mengajukan peraturan untuk mengelompokkan para pedagang tersebut untuk memudahkan pengontrolan kebersihan dan kualitas makanan yang dijajakan. Jadi para pendatang yang kemudian menetap di Singapura tidak perlu risau akan terserang masalah kesehatan saat menikmati makanan di hawker center.

blogentry-1-0-19359200-1403862989_thumb.

Awal hawker center mulai dikenalkan di Singapura, sistem tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Banyak minor di sana – sini mengenai kehigienisan dan kualitas makanan yang disajikan. Pengelolaan hawker center kala itu pun masih kacau. Baru pada tahun 1990-an, pemerintah Singapura menggulirkan peraturan tambahan mengenai inspeksi kebersihan dan kualitas makanan.

Kehadiran hawker center, kemudian memiliki pesaing ketat, food court yang mulai bermunculan beberapa tahun kemudian. Namun tetap saja, food court dan hawker center mempunyai penggemarnya sendiri – sendiri. Food court lebih mewah dibandingkan hawker center. Yang paling membedakan, bila hawker center rata – rata berada di luar ruangan alias outdoor, sedangkan food court ada di dalam pusat perbelanjaan atau pun kompleks komersil lainnya. Food court juga selalu dilengkapi dengan pendingin ruangan. Mudah ditebak, meskipun sama – sama murahnya, tapi food court tetap lebih mahal beberapa sing bila dibandingkan dengan hawker center. Keduanya, sekarang merajai pilihan wisata kuliner di Singapura sebagai spot untuk kuliner terbaik.

Cara Memesan Makanan

Hampir seluruh hawker center di Singapura, selalu penuh dengan pelanggan. Cukup sulit menemukan meja terutama bila bertepatan dengan jam – jam makan siang. Sudah pasti hawker center ini dipenuhi dengan pekerja kantoran yang mengisi waktu istirahat siangnya dengan makan siang di luar. Triknya, bila Anda datang bersama rekan, satu persatu yang berkeliling untuk mencari makanan. Sedangkan yang lain, duduk di meja agar tidak diambil oleh orang lain. Dalam bahasa tempat, duduk di meja sementara rekan yang lain sedang berkeliling memilih makanan ini disebut dengan chope. Yg paling umum adalah dengan meninggalkan 1 bungkus tissue di atas meja yg di mau

blogentry-1-0-52364800-1403862954_thumb.

Sebelum memilih akan memesan apa, ada baiknya Anda berputar dulu di seluruh stan yang ada di hawker center sebelum Anda memilih akan menyantap sajian yang mana. Ini penting. Bukan tidak mungkin, untuk sajian yang sama, satu stan dengan stan yang lain menawarkan harga yang berbeda. Nah, Anda bisa mengambil mana yang lebih murah.

Setelah yakin akan mengambil makanan apa, tinggal sampaikan saja apa yang Anda pesan dan kemudian Anda akan diminta menyebutkan Anda duduk di meja mana. Anda tidak akan diminta untuk membayar sebelum makanan yang Anda pesan sampai di meja Anda. Tapi ada pula beberapa hawker center yang menetapkan bahwa Anda harus membayar terlebih dulu sebelum makanan Anda dimasak.

Tips lainnya, bila Anda tidak yakin dengan porsi makanan yang disajikan, ada baiknya memesan satu terlebih dahulu. Beberapa makanan memiliki porsi yang luar biasa banyak sehingga bisa cukup disantap untuk dua orang. Bila porsinya pas, baru Anda memesan piring selanjutnya. Memang lebih seru bila Anda datang ke hawker center, dengan demikian, Anda bisa saling icip dan merasakan puncak nikmatnya ragam kuliner khas Singapura dalam satu waktu yang sama.

Rekomendasi Hawker Center Terbaik

blogentry-1-0-52387900-1403863057_thumb.

Saking banyaknya hawker center di Singapura, bagi wisatawan tentunya agak susah untuk memilih mana hawker center terbaik. Beberapa nama berikut bisa menjadi acuan Anda untuk bisa mendapatkan pengalaman santap di hawker center yang paling yahud. Ngomongin masalah hawker center, bisa jadi nama yang paling terkenal adalah Maxwell Road Hawker Center. Maxwell Road Hawker Center memiliki lebih dari 100 stan makanan didalamnya.

Hawker center yang ini juga menjadi favorit wisatawan karena porsi yang ditawarkan tergolong kecil. Jadi Anda bisa memesan beberapa makanan sekaligus tanpa harus cepat merasa kekenyangan. Khusus bagi Anda yang memiliki porsi makan lumayan besar, di Maxwell Road Hawker Center juga terdapat beberapa stan yang menyediakan porsi makanan raksasa. Intinya, Anda akan puas.

Yang kedua adalah Newton Street Hawker Center. Khusus hawker center yang ini, lebih terkenal di kalangan para pecinta seafood. Siapa pun pecinta sari laut, maka Newton Street Hawker Center adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Apa yang paling menarik dari Newton Street Hawker Center? Apalagi kalau bukan si tampan chili crab. Di Newton Street Hawker Center, Anda bisa menemukan sajian chili crab yang lezat dengan harga yang lumayan miring. Selain itu, bila Anda berminat, Anda juga bisa memesan udang terbesar di dunia. Bobot perudangnya sendiri bisa mencapai setengah kilogram.

Menarik bukan? Bila dibandingkan hawker center lainnya, Newton Street Hawker Center memang tergolong cukup mahal. Tapi tentunya bukan menjadi pertanyaan lagi, karena sajian utamanya adalah seafood yang memang lumayan mahal.

Untuk pilihan yang lebih luar biasa, Anda bisa mengunjungi Smith Street Hawker Center. Hawker center ini terkenal karena pilihan stannya yang luar biasa banyak. Totalnya sudah bukan lagi dihitung dengan satuan, tapi ratusan. Letaknya pun menyenangkan, di Chinatown, surganya segala sesuatu yang murah di Singapura.

Jalan2

Rasanya tidak sedikit yang beranggapan bahwa Singapura adalah surganya bila ingin belanja gadget. Di satu sisi, pandangan ini ada benarnya. Singapura memang bisa dibilang cukup cepat untuk peredaran barang – barang elektronik. Di sisi lain, kebanyakan orang kemudian beranggapan bahwa belanja barang elektronik di Singapura jauh lebih murah dari pada di Indonesia. Nah, ini yang sedikit keliru.

Sebenarnya, harga barang – barang elektronik di Singapura tidak jauh berbeda dengan barang yang sama di pasaran Indonesia. Yang mengatakan elektronik di Indonesia murah, mungkin adalah orang yang juga bekerja di Singapura. Dengan pendapatan yang tinggi, tidak heran bila banderol yang bila di Indonesia terasa mencekik, tapi bagi orang yang bekerja di Singapura sama sekali tidak memberatkan.

Sebelum Anda terlalu kecewa, ada baiknya Anda menggarisbawahi terlebih dulu. Harga barang elektronik di Singapura tidak jauh beda dengan barang yang sama di Indonesia. Pertama, dollar singapura yg terus naik. Kedua, semua rata2 harganya mirip2 di sg karena tokonya sama2 aja hehe. Brand2 besar. Yg pasti jangan pernah beli di Sim Lim Square. Terlalu banyak penipuan, di palak, palsu, dll. Mereka iming2 nya harga lebih murah. Karenanya, jangan agendakan wisata khusus untuk belanja elektronik. Yang ada Anda justru rugi karena harus membayar biaya transportasi dan tetek bengek lainnya.

blogentry-1-0-30060700-1403156133_thumb.

Tapi bila Anda memang sedang mengagendakan untuk berwisata di Singapura, tidak ada salahnya untuk sekaligus berburu gadget teranyar di negeri berlambang Merlion ini. Supaya acara belanja Anda lebih asyik sekaligus terhindar dari kekecewaan, berikut tips – tips yang perlu Anda ketahui.

Paham betul barang yang akan Anda incar

Sebelum memulai berburu, tidak ada salahnya Anda meluangkan satu atau dua jam untuk mencari informasi selengkap – lengkapnya barang yang akan Anda beli. Contohnya, Anda ingin membeli satu unit kamera digital. Pahami lebih dulu, merk apa yang Anda inginkan, spesifikasinya, dan yang paling penting, kelengkapan yang dilansir oleh pabrik pembuatnya. Untuk yang terakhir ini yang sedikit rawan. Apakah kamera digital yang Anda idamkan sudah termasuk kartu memori, kabel data, baterai, atau mungkin tas penyimpanan. Dengan riset kecil – kecilan, Anda tidak akan terlihat begitu awam yang justru membuka kemungkinan besar untuk ditipu.

Beberapa kasus menyebutkan, terutama bagi wisatawan yang memang terlalu silau dengan Singapura, langsung mengiyakan begitu menemukan satu barang dengan harga yang cukup miring. Tapi ternyata, harga tersebut hanya harga untuk unit. Belum termasuk garansi, kartu memori, serta kabel data. Bonus yang sebenarnya termasuk dalam paket penjualan, dijual terpisah oleh beberapa oknum penjual. Akhirnya, untuk mendapatkan satu paket lengkap, bukan tidak mungkin Anda harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih mahal.

Bila Anda kurang suka untuk membaca – baca di brosur dan media online, Anda wajib untuk blusukan dari satu toko ke toko yang lain. Benar – benar bandingkan harga dan apa yang Anda dapatkan. Jangan buru – buru termakan oleh janji manis pedagang. Tidak semua pedagang itu penipu. Hanya sedikit dari ribuan pedagang elektronik di Singapura. Tapi bila Anda tidak berhati – hati, Anda akan terjebak dalam pedagang yang curang tersebut.

Cek garansi

blogentry-1-0-89787700-1403156216_thumb.

Belanja barang elektronik tentunya tidak akan bisa lepas dari urusan garansi. Terlalu rawan untuk membeli barang yang hanya selisih beberapa sing tapi ternyata hanya memiliki garansi Singapura. Beberapa oknum pedagang akan mengatakan bahwa barang tersebut sudah termasuk garansi Singapura. Arti yang sebenarnya, barang tersebut adalah barang yang masuk ke Singapura melalui jalur belakang, alias barang selundupan yang tidak melalui jalur resmi.

Bagi penduduk Singapura, membeli barang dengan garansi Singapura masih bisa melakukan klaim garansi dengan datang ke toko yang menjual barang tersebut. Tapi bagi wisatawan, begitu barang tersebut keluar dari Singapura, maka garansi Singapura pun ikut hangus. Anda tidak bisa mendapatkan hak Anda bila barang yang Anda beli memiliki cacat produksi. Kalau barang yang Anda beli hanya berada di kisaran SGD 50, mungkin tidak begitu menyesakkan dada. Bagaimana jika yang Anda bawa pulang adalah laptop dengan harga di atas SGD 1000? Pusing akan Anda tanggung sendiri nantinya.

Pastikan bahwa barang yang Anda beli adalah barang yang memiliki garansi resmi dari produsennya. Caranya mudah saja. Saat membeli, tanyakan pada pedagang garansi apa yang akan Anda dapatkan. Bila pedagang mengatakan garansi resmi, selanjutnya lakukan cross check dengan kartu garansi yang diberikan. Garansi resmi dari produsen tidak akan pernah hanya berupa selembar bon. Melainkan kartu garansi yang lengkap dengan deretan aturan main seperti produsen tidak akan menanggung kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian penggunaan pembeli dan aturan – aturan lainnya. Bila ini terpenuhi, Anda bisa membeli barang tersebut dengan tenang.

Lokasi, lokasi, lokasi

Bila ada yang mengatakan bahwa lebih baik Anda membeli barang elektronik di Lucky Plaza, maka Anda cukup bilang terima kasih dan tersenyum saja. Bagi orang Singapura atau siapa pun yang sudah tinggal cukup lama di Singapura, belanja gadget di Lucky Plaza tidak akan menemui banyak masalah. Tapi bagi wisatawan, benar – benar telaah ulang keputusan Anda.

blogentry-1-0-20026400-1403156262_thumb.

Banyak pengalaman – pengalaman pahit yang dialami wisatawan, khususnya yang berasal dari Indonesia saat belanja di Lucky Plaza. Pertama, mengenai keramahan penjualnya. Tidak sedikit penjual di sini yang terkesan memaksa pengunjung untuk membeli barang dagangan mereka. Tidak ada istilah mengenalkan produk dan diskusi santai. Mereka menanyakan barang apa yang Anda cari, Anda menyebutkan, mereka tunjukkan barang, dan bila Anda tidak sesuai dengan harga ataupun barang yang ditawarkan, bukan tidak mungkin yang Anda terima adalah bentakan. Bila Anda kurang siap mental, jauh – jauh saja dari Lucky Plaza. Lucky Plaza memang sangat disarankan untuk santap siang atau pun memborong oleh – oleh. Di luar itu, ada baiknya Anda pikir ulang lagi.

Lokasi lain yang juga kerap disebut sebagai surganya elektronik adalah Sim Lim Square serta Funan IT Mall. Kedua spot ini terbilang cukup unik. Di sini, barang elektronik ditawarkan seperti saat Anda akan membeli baju di pasar tradisional. Tanpa label dan Anda akan mendapatkan harga dengan cara tawar menawar. Semakin lihai Anda menawar, harga yang Anda dapatkan juga akan lebih murah. Di sini pula letak pentingnya riset harga. Dengan mengetahui kisaran harga barang yang Anda incar, Anda bisa menawar dengan wajar. Bukan asal sebut harga yang ujung – ujungnya mempermalukan diri sendiri.

Anda tidak bisa menawar, gaptek, tapi tetap ingin belanja dengan murah dan aman? Ada lokasi yang pas untuk Anda. Langsung saja mendatangi konter resmi dari barang yang Anda inginkan. Informasi yang Anda dapatkan lebih lengkap. Anda pun tidak perlu khawatir lagi akan tertipu. Dan yang pasti, karena ini Singapura, gadget teranyar akan lebih mudah ditemui dari pada di Indonesia.

Great Singapore Sale

Mengetahui kapan Singapura sedang pesta diskon juga hal yang penting untuk Anda catat. Satu waktu dimana Singapura benar – benar bergelimang harga – harga murah adalah saat Great Singapore Sale sedang digelar. Bukan hanya harga gadget yang digoyang habis – habisan, harga aneka kebutuhan lain seperti fashion, kuliner, dan cinderamata juga ikut terjun bebas.

Biasanya, Great Singapore Sale ini digelar setiap pertengahan tahun. Tanggal pastinya berubah setiap tahunnya. Sering – sering saja mengupdate informasi terbaru kapan Great Singapore Sale ini diadakan.

Khusus untuk barang – barang elektronik, biasanya yang dijual murah adalah barang – barang agak lama yang mulai terancam karena isu akan muncul produk serupa dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Bila Anda tidak membutuhkan satu barang yang terlalu canggih dan lebih mengejar fungsi umumnya saja, ini saat yang paling tepat. Saking murahnya, harga yang ditawarkan bisa menyentuh hingga 70% dari harga asalnya. Bonus – bonus tambahan pun biasanya ikut pula digelontorkan bila Anda melakukan transaksi dengan nilai yang cukup lumayan. Menarik bukan?

GST

Rasanya tidak akan bosan untuk mengingatkan pentingnya GST. GST adalah hak wisatawan untuk mendapatkan kembali pajak yang sudah terlanjur dibayarkan saat belanja di Singapura. GST ini bisa Anda dapatkan saat akan bertolak ke Indonesia melalui Changi Airport. Lumayan pengembalian pajak yang akan Anda dapatkan. Berada di kisaran 5%. Bila Anda belanja gadget seharga SGD 500, GST Refund yang Anda dapatkan kira – kira sebesar SGD 25. Jumlah yang tidak sedikit.

Sebenarnya, bila dipikir ulang, GST inilah yang nantinya membuat harga barang elektronik di Singapura jatuhnya lebih murah. Jadi, sekali lagi, pastikan Anda mendapatkan GST Anda sebelum pulang kembali ke tanah air.

Tips – tips lainnya

Selain tips – tips di atas, ada beberapa tips kecil lainnya yang perlu Anda ketahui untuk membuat acara berburu gadget Anda lebih menyenangkan. Pertama, wisatawan dari Indonesia sudah terlanjur terkenal karena hobi menawar seenaknya. Maksudnya, menawar secara keterlaluan. Tidak sedikit pedagang yang langsung pesimis ketika tahu calon pelanggannya berasal dari Indonesia. Tidak ada salahnya untuk mulai memperbaiki pandangan miring ini dan melakukan tawar – menawar dengan wajar.

Masalah bahasa juga memiliki peran krusial. Saat bahasa Inggris Anda acak – acakan, sangat tidak disarankan untuk membeli di Sim Lim Square serta Funan IT Mall. Sangat menggoda bagi penipu. Apalagi bila mereka tahu Anda berasal dari Indonesia. Satu lagi stigma miring, wisatawan dari Indonesia kerap dianggap kacau dalam menggunakan bahasa Inggris dan kebanyakan gagap teknologi.

Yang terakhir, bila Anda menganggap semua yang telah disebutkan di atas merepotkan, maka jangan berpikir bisa mendapatkan gadget murah di Singapura. Barang bagus dan murah pasti sulit untuk didapatkan.

Jalan2

Uniknya Pengalaman Ngopi di Kopitiam, Singapura

Bagi penduduk Indonesia, kebiasaan kopi sepertinya satu hal yang sangat susah dilepaskan dari kegiatan sehari – hari. Pagi hari, sebelum memulai bekerja, secangkir kopi sudah ada di atas meja untuk menyulut semangat. Sore hari sepulang kantor, kopi pun menjadi pendamping yang pas saat berkumpul bersama teman – teman. Saat begadang nonton bola pula, apa lagi yang lebih tepat dibandingkan dengan kopi dan kacang kulit?

Para pecinta kopi, wajib mencicipi legitnya kopi khas Singapura yang pastinya berbeda dengan pengalaman ngopi di Indonesia. Kita tidak akan mendalami kedai kopi yang merupakan franchise besar dunia, karena rasanya kurang lebih akan serupa. Menelisik kopi di kedai – kedai kecil yang menyajikan kopi unik khas Singapura akan lebih asyik untuk dilakukan. Hitung – hitung Anda memiliki bekal cerita baru untuk Anda sampaikan sepulangnya Anda ke tanah air. Bagi yang pertama kali mencoba, jangan heran bila nanti Anda akan takjub dengan jauhnya perbedaan penyajian kopi di Singapura dan Indonesia.

Di Indonesia, warung kopi kerap disingkat dengan nama warkop. Keberadaannya pun sangat mudah dicari. Ada yang buka mulai dari pagi buta, ada pula yang baru mulai beroperasi ketika matahari mulai tenggelam di ufuk barat. Di Singapura, warkop disebut dengan nama kopitiam. Sama halnya seperti di Indonesia, kopitiam pun seolah sudah menjadi bagian dari ritme kehidupan sehari – hari warga Singapura.

Sejarah Kopitiam

Di luar perbedaan nama, situasi warkop dan kopitiam hampir serupa. Banyak warga Singapura yang menghabiskan berjam – jam duduk di kopitiam untuk bermain boardgames seperti catur atau sekedar bercanda bersama rekan – rekannya. Yang tidak disangka, ternyata kebiasaan warga Singapura untuk menyesap olahan biji hitam ini sudah berlangsung cukup lama. Konon, kopitiam pertama kali dipopulerkan pada awal abad ke 20. Kala itu, para keturunan Cina yang dulunya bekerja sebagai koki di rumah para pejabat kolonial Inggris, satu persatu mulai meninggalkan majikannya dan membuka warung kopi sendiri. Karena dasar mereka sebagai seorang koki, warung kopi mereka pun tidak hanya menyajikan kopi, tapi juga makanan – makanan murah.

Dalam waktu singkat, warung kopi ini cepat membumi. Terutama karena pada saat itu, kalangan pekerja yang baru memulai karirnya mulai tumbuh. Mereka sangat membutuhkan makanan yang tidak hanya murah, tapi juga mengenyangkan dan bergizi. Jawabannya, semua ada di warung kopi ini. Yang unik, para koki keturunan Cina tersebut mengenalkan pula pada para pekerja yang notabene penduduk non kolonial Inggris tata cara minum kopi a la Inggris. Lengkap dengan roti bakar dan telur. Kebiasaan ini ternyata masih mengakar dan masih menjadi kombinasi sarapan favorit warga Singapura.

Satu lagi tradisi lama yang juga masih banyak disukai para pecinta kopi di Singapura. Para pekerja dan pemilik kopitiam tidak memiliki cukup banyak uang untuk membeli biji kopi dengan kualitas yang baik. Biji kopi yang mampu mereka beli adalah biji kopi dengan aroma dan rasa tipis, yang merupakan biji kopi paling murah. Untuk tetap menjaga cita rasanya, para koki lihai tersebut mengakali dengan menggoreng biji kopi yang masuk mentah dengan mentega dan gula, hingga biji kopi menjadi sedikit berkaramel. Rasa kopinya memang menjadi lebih kuat sekaligus memiliki wangi yang khas.

Khusus penamaan kopitiam, bisa dijelaskan berdasarkan akar bahasanya. Kopi yang berarti menu utama yang dijajakan, dan tiam, yang berarti toko dalam bahasa Hokian. Namun ternyata, nama kopitiam tidak hanya umum digunakan di Singapura, tapi juga di Malaysia. Di Negeri Jiran, warung kopi juga biasa dikenal dengan nama kopitiam. Entah dari mana sebenanya nama kopitiam sebenarnya berasal. Yang pasti, saat berada di Singapura, Anda tidak bisa tidak mencicipi uniknya pengalaman menyesap kopi di kopitiam.

Kopitiam Sekarang

blogentry-1-0-26924700-1403086775_thumb.

Seiring dengan berkembangnya jaman, kopitiam sekarang bisa dengan mudah ditemui dengan berbagai format. Mulai dari pedagang kaki lima hingga selevel dengan cafe – cafe di pusat perbelanjaan. Sajiannya pun banyak mengalami perkembangan. Dulu, kopitiam hanya berisi kopi, teh, kaya toast, dan telur rebus. Sekarang, menu yang ditawarkan sudah mulai merambah ke berbagai penganan seperti nasi lemak dan mie. Beberapa stan kopitiam bahkan ikut menyelipkan bir di dalam daftar menu mereka.

Yang menarik, sekarang ikut bermunculan pula franchise – franchise dengan tema kopitiam. Nama yang digunakan pun biasanya juga ikut menyelipkan kopitiam di dalam brand yang dibangun. Sangat mudah untuk ditemukan. Kemanapun Anda melangkah, Anda pasti bisa menemukan kopitiam di daerah tersebut. Entah kopitiam yang benar – benar berupa warung, ataupun cafe modern yang mewah. Bahkan, kopitiam yang dulunya bermula dari sebuah warung kecil, sekarang sudah menjelma menjadi kopitiam besar dengan beberapa cabang.

Contohnya yang satu ini, kopitiam tertua di Singapura, Killiney Kopitiam. Bermula dari sebuah kedai kecil di Killiney Road, Killiney Kopitiam sekarang sudah memiliki banyak cabang di Singapura. Anda akan terkesima ketika tahu usia kedai yang satu ini. Killiney Kopitiam telah berdiri sejak tahun 1919. Usianya kurang lebih sudah mencapai satu abad. Cetakan prestasi yang sangat luar biasa untuk sebuah warung kopi. Dimana pun pilihan Anda untuk mencicipi uniknya kopitiam, sebenarnya tidak ada masalah. Tapi bila Anda bisa mencoba satu yang legendaris, tidak ada salahnya bukan?

Menu Andalan Kopitiam

blogentry-1-0-83914900-1403086722_thumb.

Setiap kopitiam, biasanya memiliki menunya sendiri – sendiri. Tapi yang pasti, ada beberapa menu yang hampir selalu ada di setiap kopitiam. Apa saja menu – menu tersebut?

Yang pasti adalah kopi dengan aneka ragam sajiannya. Bahkan, beberapa kopitiam menawarkan untuk menambahkan mentega ke dalam kopi Anda. Yang ini layak dicoba. Rasa kopinya lumayan mirip dengan segelas kopi yang ditambahkan krim di dalamnya, hanya saja dengan mentega sedikit berminyak.

Menu andalan lainnya biasanya berkisar di menu – menu khas Singapura seperti Fried Carrot Cake dan Kaya Toast. Tidak jarang pula menu khas Hokian ikut ambil bagian. Semakin mewah kopitiam yang Anda pilih, menu pilihannya biasanya lebih banyak. Kopitiam sederhana tidak jarang hanya menawarkan Fried Carrot Cake dan Kaya Toast saja. Tapi tetap seru untuk dikunjungi.

Kisaran harganya dijamin bersahabat di kantong. Bahkan bagi wisatawan backpacker. Satu porsi Kaya Toast, bisa ditebus dengan harga SGD 1.40 saja. Harga yang kurang lebih sama diterapkan untuk secangkir kopi. Makanan berat seperti mie dan nasi lemak pun masih terhitung terjangkau, kurang lebih hanya SGD 2.20 perporsinya. Murah bukan?

Kode Kopi di Kopitiam Singapura

blogentry-1-0-27467700-1403086644_thumb.

Yang unik, pesan kopi di Singapura tidak semudah pesan kopi di Indonesia. Di Indonesia, mungkin kita bisa saja tinggal menyebutkan bahwa kita ingin segelas kopi dan selesai. Secangkir kopi pun siap di atas meja. Namun di Singapura, agak sedikit berbeda. Bila Anda mengatakan hal yang sama di Singapura, maka yang akan Anda dapatkan adalah secangkir kopi cukup manis dengan tambahan susu didalamnya.

Bila Anda memesan kopi di kedai kopi yang lumayan mahal saat berada di Singapura, bisa jadi Anda tidak perlu terlalu pusing untuk mendapatkan kopi yang Anda inginkan. Di kopitiam mewah, kebanyakan sudah dilengkapi dengan penjelasan dari kode – kode pemesanan kopi yang asing di telinga orang Indonesia.

Beda cerita bila Anda memesan kopi di kopitiam yang sederhana. Nah, ada tipsnya supaya Anda bisa tetap mendapatkan kopi sesuai yang Anda inginkan. Kopi cukup kental dengan sedikit susu plus gula, disebut dengan kopi. Bila Anda ingin menghilangkan susu dalam kopi Anda, tinggal tambahkan kata O di belakangnya, menjadi Kopi-O. Semua jenis racikan kopi yang tidak menggunakan susu, harus ditambahkan O. Bila tidak, maka kopi Anda akan datang dengan susu.

Nah, untuk kopi yang lebih pekat, tambahkan kata Gau di belakang pesanan Anda. Ingin mendapatkan satu cangkir kopi pekat dengan susu, maka Kopi Gau, tanpa susu, jadi Kopi O Gau. Sebaliknya, bila lebih suka kopi yang encer, Anda bisa menambahkan kata Po. Cara menyebutnya sama dengan Gau, bisa Kopi O Po, atau Kopi Po saja.

Ingin gulanya dikurangi? Gampang, tambahkan Siew Dai untuk mendapatkan kopi yang tidak terlalu manis. Misalnya, Kopi O Siew Dai dan Kopi Po Siew Dai. Tidak ingin gula sama sekali, tinggal bilang kosong saja. Kopi O Kosong, adalah kopi dengan kepekatan medium tanpa gula sama sekali. Ingin yang lebih nendang? Minta saja Kopi O Gau Kosong. Khusus yang terakhir, tidak disarankan bagi Anda yang memiliki penyakit maag.

Sajian kopi yang juga tidak kalah terkenal adalah Kopi C, alias kopi dengan creamer. Sebagaimana kopi yang banyak disajikan di cafe Indonesia. Bedanya, di Singapura yang diberi creamer tidak hanya kopi, tapi juga teh. Maka dikenal pula istilah Teh C.

Note : Harga yang tertera bisa berubah sewaktu – waktu.

Jalan2

Singapura memang tidak sepenuhnya kota yang tidak pernah tidur. Ada kalanya Singapura benar – benar senyap. Tapi, bagi para pecinta kehidupan malam, Anda tidak perlu merasa khawatir. Menghabiskan malam di Singapura ternyata juga cukup seru. Banyak spot – spot menarik yang bisa Anda kunjungi untuk membaur bersama sesama wisatawan atau pun penduduk asli Singapura.

Ada banyak cara untuk menghabiskan malam di Singapura. Anda bisa cukup bersantap malam hingga larut bersama keluarga, jalan – jalan sampai capek bersama teman, hinggap di beberapa bar dan club yang asyik, bersantai di café, atau, ikut serta dalam pertunjukkan musik yang seru. Semua tergantung Anda, ingin menikmati yang mana. Bila Anda tidak memiliki gambaran tentang menghabiskan malam di Singapura, berikut panduannya.

Bersantap

blogentry-1-0-39259300-1402554089_thumb.

Bersantap untuk menikmati malam bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bila Anda datang bersama keluarga. Anda tidak perlu pusing memikirkan apakah sajian entertain yang disajikan akan sesuai dengan anak Anda atau tidak. Karena acara utamanya, sudah pasti menikmati sajian yang lezat sambil menyesap suasana malam di Singapura.

Bila Anda menginap di area Riverside, Anda bisa menuju Brewerkz. Mudah ditebak dari namanya, selain menyajikan aneka sajian khas Amerika, Brewerkz juga menawarkan sangat banyak pilihan bir. Bir yang disediakan tentunya bir premium, karena resto ini cukup berkelas. Order terakhir dibuka hingga pukul 23.30. Khusus pada akhir pekan, last order mundur satu jam hingga 00.30.

Atau bila Anda sedang ingin mencicipi sajian khas Jerman, Anda bisa menuju Brotzeit German Bier Bar & Restaurant yang berada di ViVoCity. Terakhir ordernya sama dengan Brewerkz. Di sini bukan hanya pas untuk keluarga, Anda yang datang bersama teman – teman pun masih bisa dengan santai menikmati suasana. Menu favorit di sini adalah Pork Knuckle yang dibanderol dengan harga SGD 36++.

Bila Anda ingin yang lebih murah dan lebih suka dengan makanan tradisional khas Singapura, tidak perlu risau. Anda bisa langsung melangkah ke area parkir di depan St. James Power Station. Di sini, Anda bisa memilih satu dari sekian deretan penjaja makanan. Anda pun bisa mendapatkan sebotol bir bila berminat.

Khusus untuk birnya, lokasi ini buka dari pukul 18.00 hingga 06.00. Alternatif nongkrong yang murah meriah sekaligus menyenangkan. Nama lokasi yang sedang kita bahas adalah Food Republic Garden. Yang membuat unik, kedai – kedai di sini banyak yang menggunakan kendaraan sebagai tempat untuk menggelar dagangannya. Harganya pun tidak jauh beda dengan harga di hawker centre pada umumnya. Dengan setting dan dekorasi yang disediakan, Anda akan merasa seperti sedang berada di jalanan Singapura di tahun 60-an.

Membaur di club

Nah, Anda yang lebih memilih untuk menghabiskan malam di club, banyak pilihan yang bisa Anda seleksi untuk mendapatkan malam seru di Singapura. Anda bisa datang dengan teman – teman Anda dan bertemu dengan sesama wisatawan atau pun penduduk lokal. Sekaligus menambah teman. Berikut nama – nama club yang bisa Anda pertimbangkan.

Anda yang menginap di area Marina Bay, bisa datang ke Pangaea. Ini adalah club yang disebut – sebut sebagai club termahal di Singapura. Karena termasuk mahal, Anda tidak akan kecewa. Club ini termasuk dalam jajaran sepuluh club terbaik di Singapura. Selain musik yang hingar bingar, Anda pun bisa bersantai di lounge yang juga tersedia. Dan yang pasti, karena termasuk mahal, akan lebih baik bila Anda mengenakan pakaian yang sesuai.

Spot selanjutnya adalah Avalon. Ini pas bagi Anda yang lebih suka untuk turun ke lantai dansa. Masih tetap di area Marina Bay, club ini disebut – sebut sebagai dance club terbaik di Singapura, sekaligus yang terbesar. Dari luar saja, bangunannya sudah cukup unik dengan bentuk geometris non simetris yang penuh dengan berbagai warna di malam hari.

Masih di Marina Bay tapi dengan situasi yang lebih santai adalah Ku De Ta. Ku De Ta merupakan tempat favorit para eksekutif muda untuk menghabiskan malam. Cukup lengkap, ada lounge sekaligus lantai dansa. Ramai beredar bahwa Ku De Ta hampir selalu dipenuhi dengan muda – mudi yang modis. Jadi bila Anda tertarik untuk datang, pastikan Anda berbusana dengan tepat. Lupakan sandal dan celana pendek.

Membicarakan club di Singapura tidak pernah lengkap tanpa membahas Zouk. Ya, namanya memang cukup melegenda. Di Riverside, Zouk merupakan yang paling terkenal. Apalagi karena club ini kerap mendatangkan DJ – DJ ternama dunia. Penasaran? Langsung datang saja ke Robertson Quay. Tapi sekedar informasi, bila Anda lebih suka duduk santai di sofa, Zouk sama sekali tidak disarankan.

Bila Anda wanita, Anda bisa menuju Attica & Attica Too di Clarke Quay. Setiap malam Rabu, wanita yang datang tidak akan dikenakan tarif masuk. Dan Anda bisa mendapatkan tiga gelas champagne secara cuma – cuma sebelum tengah malam.

Jalan – jalan

blogentry-1-0-33874000-1402554116_thumb.

Yang terakhir, adalah pilihan paling hemat. Anda bisa langsung datang ke area Riverside. Entah ke Clarke Quay, ataupun Robertson Quay. Keduanya, tetap bisa Anda nikmati meskipun Anda hanya berjalan – jalan. Dan Anda bisa merasa aman. Karena meskipun malam hari, area ini masih tetap sangat ramai.

Anda bisa duduk – duduk di tepi sungai sambil membawa jajanan dan mengamati lalu lalang orang yang seolah tidak ada hentinya. Siapa bilang tidak menyenangkan? Ini menyenangkan! Dan percaya saja, banyak wisatawan lain yang juga melakukan hal yang sama. Menghabiskan malam dengan berjalan – jalan dan menikmati suasana malam di Riverside.

Note : Harga yang tertera bisa berubah sewaktu – waktu

Jalan2

Meskipun sama – sama negara yang berada di Asia Tenggara dan masih terhitung sebagai salah satu negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia, tapi nyatanya banyak hal – hal kecil yang sangat berbeda dengan Indonesia. Boleh dibilang, hal – hal kecil ini tidak akan terlalu mengganggu perjalanan wisata Anda, tapi akan lebih menyenangkan bila Anda mengetahuinya terlebih dahulu. Perjalanan wisata Anda akan menjadi jauh lebih nyaman.

Beberapa hal kecil tersebut adalah mengenai sopan santun saat menyeberang jalan, menggunakan eskalator, instalasi listrik yang umum digunakan, serta bahasa Inggris khas Singapura yang biasa dikenal dengan nama Singlish. Berikut ulasannya.

Menyeberang Jalan

Ini mungkin satu hal yang sudah sering diajarkan di sekolah namun minim penerapannya di kehidupan sehari – hari di Indonesia. Menyeberang jalan harus di zebra cross. Bukan rahasia umum lagi bila Singapura adalah negara dengan peraturan yang sangat ketat. Saat menyeberang jalan, pastikan Anda menyeberang di lokasi yang telah ditentukan.

Yang paling umum sekaligus paling mudah ditemui adalah zebra cross. Setiap zebra cross di Singapura dilengkapi dengan lampu lalu lintas. Saat petunjuk lampu lalu lintas berwarna hijau, Anda baru diperbolehkan untuk menyeberang. Jangan asal ada zebra cross kemudian Anda menyeberang sesuka hati. Lampu lalu lintas ini juga biasanya dilengkapi dengan countdown yang menunjukkan berapa lama lagi lampunya akan berubah warna. Bila petunjuk waktu tinggal dua atau tiga detik, ada baiknya Anda menunggu beberapa saat untuk lampu hijau menyala lagi.

blogentry-1-0-87051300-1402033063_thumb.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan jembatan penyeberangan. Di beberapa lokasi yang cukup ramai, biasanya tersedia jembatan penyeberangan baik yang melintas di atas jalan maupun berada di dalam tanah. Ada pula yang jembatan penyeberangan yang baru bisa Anda lewati dengan memasuki pusat perbelanjaan terlebih dulu. Bila asal menyeberang tanpa mentaati peratran yang telah berlaku, bukan tidak mungkin Anda akan dikenai denda. Jika ada polisi di dekat anda.

Di beberapa lokasi, ada pula orang – orang yang menyeberang tanpa melewati zebra cross atau pun tempat penyeberangan lainnya. Ini diperbolehkan bila Anda sudah yakin bahwa yang menyeberang adalah penduduk Singapura yang memang biasa menyeberang di tempat tersebut. Dengan demikian, Anda diperbolehkan untuk ikut menyeberang. Selain itu, lebih baik Anda tetap mengikuti aturan yang berlaku.

Menggunakan Eskalator

Di tempat – tempat yang padat lalu lalang orang, seperti di stasiun MRT serta di bandara, biasanya Anda akan melihat tanda yang cukup unik. Tepatnya di eskalator. Anda yang tidak terburu – buru waktu, akan diminta untuk menggunakan eskalator dengan berdiri di sisi kiri. Sisi kanan eskalator disediakan sebagai ruang untuk orang lain yang mungkin sedang terlambat sehingga memungkinkan mereka untuk berlari.

blogentry-1-0-89306200-1402033037_thumb.

Budaya jam karet memang tidak begitu dimaklumi sebagaimana di Indonesia. Karenanya, di stasiun MRT Anda akan banyak melihat orang yang berlari di eskalator untuk mengejar kereta. Padahal keretanya ada setiap lima menit sekali.

Listrik

Manusia di abad 21 rasanya sangat sulit lepas dari peralatan elektronik. Sebagai wisatawan, Anda pun pasti membawa beberapa barang elektronik dalam perjalanan Anda. Telepon genggam yang pasti, kamera, serta laptop. Belum lagi bila Anda membawa peralatan eletronik kecil lainnya yang juga butuh asupan energi listrik. Pemutar MP3 misalnya, atau mungkin tablet.

Peralatan elektronik yang beredar di Indonesia menggunakan tegangan 220 – 240 volt. Standar tegangan yang ada di Singapura adalah 230 volt. Jadi untuk masalah tegangan, Anda tidak menemui masalah. Peralatan elektronik Anda masih tetap bisa diisi saat berada di Singapura.

Yang menjadi masalah bukan mengenai tegangannya, melainkan colokan listriknya. Colokan listrik yang umum di Indonesia adalah colokan yang terdiri dari dua kaki dengan kaki yang berbentuk silinder. Di Singapura, sedikit berbeda. Colokan listrik yang umum di negara berlambang Merlion ini adalah colokan listrik dengan tiga kaki.

blogentry-1-0-08178000-1402032917_thumb.

Di beberapa peralatan elektronik yang diedarkan di Indonesia dan merupakan barang produksi luar negeri, banyak yang sudah langsung memiliki colokan dengan tiga kaki.

Di Indonesia, mungkin Anda sedikit pusing karena Anda harus menggunakan sambungan untuk membuat colokan Anda kompatibel dengan stop kontak di Indonesia.

Saat berada di Singapura, Anda lebih santai. Anda bisa membuang sambungan Anda dan langsung menancapkannya di stop kontak. Ya, stop kontak di Singapura sama persis seperti colokan kaki tiga dengan kaki pipih yang juga beredar di Indonesia meskipun tidak umum digunakan.

blogentry-1-0-19494800-1402032948_thumb.

Bila kebanyakan peralatan elektronik Anda memiliki colokan dengan dua kaki silinder, tidak perlu risau. Anda bisa mendapatkan sambungan untuk merubahnya menjadi kaki tiga pipih di Singapura. Atau supaya lebih mudah, Anda bisa saja mempersiapkannya sebelum Anda berangkat ke Singapura.

Satu lagi, bila di Indonesia, Anda bisa mencolokkan peralatan elektronik Anda dimana stop kontak mana pun asal merupakan tempat umum. Bila di Singapura, ada baiknya Anda meminta ijin terlebih dulu bila Anda memang membutuhkan listrik.

Bahasa

Bahasa, mungkin menjadi salah satu kendala terbesar orang enggan ke luar negeri, selain masalah biaya tentu saja. Apalagi di Singapura. Banyak orang yang bilang, di Singapura semua orangnya menggunakan bahasa Inggris. Ini separuh tepat sekaligus separuh kurang tepat. Memang benar, hampir seluruh warga Singapura fasih berbahasa Inggris, tapi banyak pula yang menguasai bahasa lainnya seperti Mandari, Tamil, dan yang paling menyenangkan, Melayu.

Anda yang bahasa Inggrisnya pas – pasan tidak perlu merasa pusing. Toh bahasa Melayu juga menjadi bahasa yang cukup umum digunakan di Singapura. Bahasa Melayu cukup mirip dengan bahasa Indonesia. Anda tinggal memodifikasi sedikit kosa kata Anda dan Anda masih tetap bisa berkomunikasi dengan baik.

blogentry-1-0-84346400-1402032973_thumb.

Satu yang paling khas dari bahasa sehari – hari di Singapura adalah perpaduan antara bahasa Melayu dan bahasa Inggris atau yang juga dikenal dengan bahasa Singlish. Singlish ini masih tetap didominasi dengan kosa kata dari bahasa Inggris, dengan sedikit kosa kata dari bahasa Melayu dan Mandarin.

Nada pengucapannya pun lebih mirip dengan perpaduan antara logat Melayu dan Mandarin. Anda yang biasa mendengarkan bahasa Inggris dengan aksen Inggris, Amerika, atau pun Australia, mungkin sedikit merasa bingung. Kosa kata utamanya memang kosa kata bahasa Inggris, tapi sudah melenceng jauh dari grammar yang biasa digunakan.

Yang menarik, mungkin Anda sempat mendengar istilah kepo di baru – baru ini umum digunakan untuk merujuk pada orang yang selalu ingin tahu atau suka ikut campur urusan orang lain. Sepertinya, istilah kepo ini merupakan adaptasi dari bahasa Singlish. Singlish mengenal ada kata kaypoh, yang yang artinya orang yang tidak bisa diam dan selalu berisik.

Kata yang sering digunakan dalam bercakapan sehari – hari dalam Singlish adalah “ya, lah!”. Itu merupakan frase yang digunakan untuk menekankan pada kata ya. Sedangkan kata – kata lain, merupakan kata – kata adaptasi yang memiliki pengertian agak berbeda dengan yang dikenal di bahasa Inggris maupun Indonesia.

Kata ayam misalnya, di Singlish, bukan merujuk pada unggas yang menjadi favorit untuk digoreng.

Ayam, merupakan istilah untuk seseorang yang mudah untuk merasa takut. Mungkin sama dengan istilah chicken dalam bahasa Inggris. Selain itu, ada catch no ball. Dalam bahasa Inggris, frase tersebut merujuk pada kondisi yang tidak menghasilkan apa – apa alias nihil. Sedangkan di Singlish, istilah tersebut digunakan bila Anda tidak paham sama sekali.