Sign in to follow this  
Followers 0
  • entries
    2
  • comments
    51
  • views
    336

About this blog

Sahat's Experiences 

Entries in this blog

Sahat

Hi bor bro and sist, gw kali ini mau sharing short escape gw ke Ho Chi Minh City which is akan lebih banyak drama nya dan kesedihannya (Untuk FR Phuket menyusul ya after ini) .
Seperti ajakan gw di postingan gw sebelumnya, yang ngajakin travelling ke Ho Chi Minh Vietnam tanggal 24 maret 2017-28 Maret 2017.
Jauh jauh hari sebelum tanggal yg diatas, sebenarnya gw udah gak terlalu semangat lagi untuk pergi ke HCMC nya dengan berbagai alasan such as cuti gw udah running out sama kebetulan ada acara wajib di kantor gw tgl 24 maret dan rencananya akan membatalkan aja plan gw ke HCMC.
Tapi karena gw ada janji dengan 2 teman yang berbeda di HCM dimana gw janjian untuk ketemu dia sebelum dia kembali kenegaranya di europe sana dan teman yg ke dua gw udah janji untuk semacam "mengajar/sharing" di course punya dia. Jadilah gw jabani tetap untuk berangkat dengan status cuti gw belom "approved".
Drama dimulai di H-1 keberangkatan dimana gw baru notice kalo tiket yg udah issued itu adalah Kuala Lumpur-HCMC PP dan Kuala Lumpur -Bandung, sedangkan Indonesia-Kuala Lumpurnya belum dibeli. Coba check-check tiket, semua penerbangan ke kuala lumpur sudah sold out dari seluruh  kota di indonesia dengan tujuan kuala lumpur dikarenakan di Malaysia sedang ada libur nasional juga, jadi tiket sudah sold out. Pupus lah sudah harapan untuk pergi ke vietnam.
Coba check check lagi hingga jam 2 pagi di hari H, ada tiket yang available dari Banda Aceh menuju Kuala lumpur. Harapan mulai tumbuh kembali, dan sebelum booking tiket BandaAceh-KL, ane coba cek tiket Jakarta-Banda Aceh masih ada yg available. Eh tiba tiba, penerbangan Banda Aceh-Kuala Lumpur semuanya sold out. Dalam hati bye bye Ho Chi Minh.
Subuh itu dalam hati fix cancel untuk pergi ke HCMC, tapi janji gw ke 2 orang teman gw gimana?
Saya coba cek lagi semua penerbangan ke kuala lumpur dan benar-benar sold out. Saya coba telpon CS AirAsia, MalaysiaAIrlines dan Garuda, semua ticket sudah sold out, nah dan yang terakhir saya telpon CS LionGroup dan oh my God, lion group dengan armada Malind*Air menambah armada tambahan di tanggal 24 karena permintaan yang membludak, mereka menambah armada untuk penerbangan Jakarta-KL pukul 13.15 dan cus langsung  gw book satu seat dengan price Rp.2.2001.000, what the f**k..
Pukul 4 subuh gw book travel Bandung-Soekarno Hatta dan setibanya di soekarno hatta gw langsung checkin dan ngopi cakep di sbux sambil tiduran sekitar 2 jam an di sbux.

Jam 12 siang gw masuk waiting room dan tiba2 announcement "Malind*Air Jakarta-KL will be delayed until 14.45 karena pesawatnya belum tiba dr KL" (dalam hati mikir keras, gimana mau keburu untuk next flight gw ke HCMC which is flight gw dr KLIA2 ke HCMC itu Pukul 18.45 , sementara malindoair delay dan  terminalnya nantinya di KLIA1. Mulai dag dig dug seerrrr). Setelah 14.45 kita mulai boarding dan pesawat siap diberangkatkan. EH tiba tiba pilotnya kasih announcement lagi kalau pesawatnya belom bisa diberangkatkan karena kita belum masuk queue untuk menggunakan runway (ini akibat pesawatnya seelumnya  delay dan belum kebagian queue) jadi lah kita menunggu lagi di dalam peswat selama kurang lebih 45 menit, dan gw udah yakin 100% kalo gw gak akan mungkin bisa ngejar penerbangan gw selanjutnya. Selama penerbangan gw dah gak tenang, gelisah sana sini.
Lebih dari 2 jam penerbangan akhirnya tiba di,KLIA1 waktu setempat menunjukkan pukul 18.10, which is 35 menit lagi pesawat gw ke HCMC akan take off dr KLIA2.
Gw masih berusaha buru2 keluar dr pesawat dan langsung naik aerotrain di KLIA1 menuju arrival hall dan langusng ke imigrasi, melihat antrian imigrasi super super super membludak rasanya tidak mungkin lagi untuk mengejar si AA ke KLIA2, dan kali ini benar2 pasrah kalo gw tidak akan mungkin lagi bisa ngejar si AA ke KLIA2. Sambil ngantri di imigrasi, gw coba buka website KLIA2 untuk informasi departure dari KLIA2, ternyata AA 18.45 statusnya delayed dan langsung deh saya hampiri petugas di imigrasi "Sir, could i get the priority line, because i have to catch my next flight which is will be departed in next 20 minutes?", si petugas negosiasi dan akhirnya saya dibawa ke line depan dan di layani terlebih dahulu. Keluar imigrasi lari sekencang-kencangnya ke KLIA Express dan langsung cus ke KLIA2.

Sampai KLIA 2 sebelum masuk departure hall/imigrasi, saya baca monitor departure information ternyata pesawat gw sudah "DEPARTED". Bye bye tiket gw, rasanya semua perjuangan gw sia sia. BYE BYE BYE BYE BYEBYE
Setelah gw tertinggal pesawat, akhirnya gw balik lagi ke KLIA1 untuk complain ke Malind*Air dan ternyata complain gw sia sia, they said mereka tidak bertanggung jawab untuk hal ini dan paling sialnya gw gak beli asuransi jadi gak bisa klaim juga... how stupid am i...........

Masih mau lanjut gak?

Tungguin ya.... makan siang dulu gw hahahhahaah



 

Sahat

Jepang, Waiver Aja...!

Hola hola, im back again setelah kekesalan yg terjadi pasca pengurusan visa waiver saya, gak usah dibahas kali ya disini :tersipu:tersipu
Okeh deh, lets gooohhhhhh,

Ada yang berencana ke jepang dalam waktu dekat? atau bahkan ada yang sudah issued ticket tapi takut Visa ditolak atau pusing ngurusin persyaratan pengajuan Visa yang super ribet? Tenang saja, VISA ke Jepang? Mudah dengan E-Passport. Tinggal Apply Visa Waiver saja............
Nah sebelum jauh membahas bebas visa (visa waiver jepang), bro bro and sissi harus sudah paham dulu apa itu epassport dan bagaimana mengurus epassport, kali ini saya asumsikan kita semua sudah pada ngerti apa itu epassport atau jika belom, bisa baca ulasan saya mengenai apa itu epassport dan cara pengajuan epassport  disini . 

Nah sekarang, apa sih Visa Waiver/BEBAS VISA  itu ? Bisa cari sendiri lah ya di om google atau di website kedubes jepang nya langsung Read here

Siapa yang bisa mendaftar untuk bebas visa (Visa Waiver)?

Yang bisa mendaftar untuk bebas visa (Visa Waiver) adalah Warga Negara Indonesia pemegang IC passport/e-passport. Paspor tersebut memiliki logo chip di bagian sampul depan yang sesuai standar ICAO (International Civil Aviation Organization).

Ke mana mengurus bebas visa (Visa Waiver)?

Bagi siapapun (WNI) yang sudah  memiliki e-paspor bisa mendatangi Kantor Perwakilan Negara Jepang (Kedutaan Besar Jepang/Konsulat Jenderal Jepang/Kantor Konsulat Jepang) di Indonesia sebelum melakukan perjalanan ke Jepang. Kita juga bisa mengurus visa waiver melalui agen perjalanan yang telah terdaftar resmi. Kali ini saya mengurus visa waiver saya di Embassy of Japan yang beralamat di Jalan MH Thamrin No.24, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350. Patokannya adalah gedung setelah tower Plaza Indonesia. Nah ketika anda mendatangi kantor kedutaan jepang ini, kita akan diperiksa layaknya pemeriksaan keamanan di bandara-bandara, ketika kita sampai di pintu depan, tas kita akan diperiksa oleh petugas security , setelah itu kita menukarkan ID kita (Bisa KTP/SIM) di petugas keamanan depan. Setelah kita menukarkan ID kita, kita kemudian masuk kembali ke bagian scanning barang dan diri  dari pintu yang bertuliskan Nomor 2 (ini saya mengurus di kedutaan jepang yang berada di jalan M.H Thamrin Jakpus), disini barang kita akan di X-ray  begitu juga dengan badan kita. 
Setelah selesai dari bagian security, bergegaslah menuju ruang pengurusan Visa, dan langsung ambil nomor antrian dengan menekan tombol "A", jangan mengambil nomor antrian dari tombol B.
Tombol "A" adalah antrian untuk pengurusan Visa baik Visa biasa maupun Waiver, Tombol "B" untuk Warga jepang.
IMG_20161010_090653.jpg

ssssss, sebenarnya tidak diperbolehkan mengambil photo didalam ruang pengurusan visa.

Berikut adalah Dokumen dan nomor antrian yang akan saya serahkan kepada petugas

IMG_20161010_101035.jpg

Notes: Ketika kalian sudah didalam ruang tunggu, silahkan meminta nomor "receipt" kepada petugas security yang sedang bertugas disitu, isi dan nanti serahkan sekalian pas penyerahan dokumen pengajuan.

Sebai informasi juga, dikantor kedutaan jepang yang beralamat Jalan MH Thamrin, loket pengurusan ada 5 loket yang tersedia, 3 loket untuk Antrian "A" dan 2 loket untuk antrian "B".
Dan satu loket di loket "A" biasanya digunakan untuk travel agent.
Sebenarnya sih pas pengajuan berkasnya, pengechekan dan validasi berkas saya tidak sampai 1 menit, tetapi menunggu nomor antriannya lah yang lama, apalagi jika yg masih dilayani diloket adalah travel agent, yang membawa pengajuan permohonan visa dalam jumlah banyak, ya harus sabar sabar sajalah menunggu.

Dokumen yang diperlukan mengurus bebas visa (Visa Waiver)?

Untuk pengurusan Visa Waiver, kita hanya cukup menyiapkan dokumen e-paspor (Passport elektronik kita itu sendiri)  dan formulir aplikasi permohonan. Formulir permohonan visa waiver, bisa diunduh di situs resmi Kedutaan Jepang di sini  yang tersedia dalam bentuk pdf dan word. Tinggal isi nama, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor paspor, masa berlaku, alamat tinggal, nomor telepon rumah, nomor handphone, tanggal pengajuan, dan tanda tangan. That’s it

Berikut sample form untuk pengajuan Visa Waiver, kita hanya perlu mengisi form ini saja. Tidak perlu persyaratan lain seperti pengajuan visa biasa.

form waiver.PNG

 

Berikut Formulir yang sudah saya isi:

1.jpg

Catatan: Untuk pengisian formulir, bisa diketik secara komputerisasi atau ditulis tangan. Bagi kalian yang sedikit pemalas seperti saya, jika kalian tidak punya waktu untuk ngeprint sendiri, kalian bisa ambil form ini juga di dalam kantor kedutaan nya, jadi selagi menunggu nomor antrian dipanggil oleh petugas, kalian bisa isi form ini. Form ini tersedia secara gratis di rak yg terletak deket dengan mesin Nomor Antrian berada.
 

Berapa lama pengurusan Visa Waiver ?

Proses pengurusan Visa Waiver selama dua hari kerja di Kedutaan Jepang atau Kantor Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia. Untuk mendaftarkan permohonan visa waiver, rentang waktu adalah pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Hasil permohonan visa waiver akan diberikan pada siang hari (13.30-15.00).
Notes: seperti pada gambar berikut akan kita temukan pada kertas receipt yang kita dapatkan. Tetapi pada kenyataannya, untuk visa waiver, bisa selesai dalam satu hari kerja.
Semisal jika kita apply visa waiver hari ini (antara 8.00-12.00), besoknya (antara pukul 13.30-15.00) sudah bisa kita ambil visa waivernya.

pengambilan visa.jpg

Nah jika ingin mengambil visa waiver yang sudah diajukan, jangan lupa datang pada rentang pukul 13.30 WIB-15.00 WIB dan jangan lupa membawa bukti receipt pengajuannya, seperti gambar beriku:

2 ambil.jpg

Jangan coba-coba datang terlambat walau hanya telat 1 menit saja, karena mereka tidak akan melayani. Kasus saya: saya tiba di kedubes jepang pukul 15.02, perkara telat 2 menit saya pulang kebandung dengan tangan kosong.

Berapa biaya yang diperlukan mengurus Visa Waiver?

Untuk mengurus permohonan visa waiver, tidak dikenakan biaya administrasi dengan kata lain gratis tis tis tis...... Hal yang berbeda jika akan mengurus visa dengan paspor biasa, kita akan dikenakan biaya administrasi permohonan visa.

Bukti bebas visa (Visa Waiver)?

Bagi  yang telah mendaftarkan permohonan visa waiver akan diberikan e-paspor dengan bukti registrasi berupa stiker bebas visa. Visa tersebut bisa digunakan untuk kunjungan  ke Jepang dengan durasi tinggal maksimal selama 15 hari dalam sekali kunjungan dan berlaku selama 3 tahun, bisa digunakan berkali-kali hingga masa berlaku stiker tersebut habis, tanpa perlu melakukan registrasi lagi di tiap kali melakukan perjalanan. 

Berikut sticker visa waiver yang sudah saya dapatkan, yeyeyeyeyeyeyeiiii akhirnya jadi juga ke Jepang.... lets rock japan...........

IMG_20161019_150742.jpg
 

 

Nah Gampang bangat kan mengurus bebas visa ke jepangnya, nah tunggu apalagi, jangan ngantor mulu. hehheheheh

Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu bagi bro-bro and sissi yang berencana ke jepang menggunakan visa waiver.... Keep travelling...... :melambai:melambai:melambai:melambai:melambai

Sign in to follow this  
Followers 0
  • Posts

    • Menyukai Wisata alam yang seru dan Menantang ? Bali Driver Trekking merupakan salah satu layanan jasa Terbaik dari kadekbalidriver.com yang sangat cocok bagi anda Pecinta perjalanan alam yang Seru dan senang Dengan Medan yang Menantang. Bali Driver Trekking kami khususkan Untuk anda Pecinta Trekking dari berbagai wilayah domestik dan manca Negara. Jasa Bali Driver Trekking Menawarkan Wisata Seru yang sagat Menyenangkan Dengan mendaki Batur caldera sebuah Pegunungan Berapi aktif Di bali , Batur Caldera Juga di angga Suci bagi masyarakat Hindu bali Ini tentunya akan sangat menjadi perjalanan Seru untuk anda Pecinta Trekking, Dengan Menyusuri Medan Terjang Menuju Puncak and tidak perlu khawatir karena kami kadekbali siap Menjadi Tour Guide Trekking bali anda. Layanan Bali Batur Caldera Trekking dari kami berikan Untuk anda secara lengkap ,dengan jadwal dan acara tersusun,Keselamatan dan Tentunya antisipasi linya dari hal yang Tidak Di inginkan, Bersama kami anda akan sangat menikmati Trekking anda. Untuk semu layanan memuaskan ini anda tidak perlu khawatir karena kami berikan dengan harga terjangkau dengan menyiapkan kendaraan nyaman, bali driver Terbaik dan Juga sebagai Guides terpercaya. Bagi anda yang menyukai Perjalanan Trekking dengan medang menantang ayo jangan ragu bergabung Bersama kami kadekbali Dengan menghubungi : Telepon : +62361-3647551 Hp : +6281237242111 Email : me@kadekbalidriver.com Alamat : Jalan Gunung Agung, Bumi Ayu N42
    •   Kaos adalah bagian dari baju yang kita kenakan setiap hari. Busana sendiri lazim menjadi kebutuhan pokok bagi bani Adam yang jadi salah satu hajat yang sangat utama karena tidak dapat terpisahkan. Kaos sendiri diproduksi dari kapas yang setelahnya dililit untuk dibuat benang, kemudian benang tersebut dijadikan sebagai bahan pokok untuk membuat kaos. Fungsi kaos sama dengan guna busana lain, yakni untuk melindungi badan kita dari paparan cuaca dingin maupun panas secara frontal. Kaos dapat digunakan untuk perempuan ataupun cowok. Kaos memiliki kreasi yang sederhana, rata-rata lebih mengarah pada imej maupun tipografi yang mempunyai corak pada kedua sisinya agar nampak lebih atraktif dan matching. Mulai dari tipografi yang typical saja, sampai tulisan aneh yang menjadikan kita angkat topi. Berikut ini nanti kami akan memberikan contoh Kaos Nyeleneh yang akan bikin kamu geleng-geleng kepala. Dilansir dari banyak sumber, setidaknya tersedia banyak gambar atau kreasi kaos nyeleneh, ini dia: 1. Other half Bukan Wi-fi-- Kaos Nyeleneh Positif para jomblo dalam proses sakit ati nonton tulisan kaos tersebut, gimana nggak? Setiap hari para tuna asmara ini nongkrong ke tempat-tempat beverages yang ngasih fitur wi-fi untuk surfing gak bayar, bahkan terkadang cuma pesen coffee tapi bisa hampir setengah hari, sungguh mengerikan sekali makhluk jomblo ini. Buat kamu para pemburu Wifi, sudah waktunya kamu hangout bareng Better half (istri) bukan bareng Wifi huehe. Ayo, buruan akhiri kefakiran asmara kalian. Karena telah tahu tulisan pada kaos nyeleneh itu, mustinya kamu saat ini sudah terbakar untuk mencari Spouse, lakukanlah sekuatmu wkwkwk. 2. Super Celebrity-- Kaos Nyeleneh Kaos ini cocok sekali bagi kamu yang bercita-cita untuk jadi bintang rock tapi cita-cita itu ga terwujud wkwkw. Paling tidak dengan menggunakan kaos ini sanggup membuatmu bahagia dan dapat pula meningkatkan kepedeanmu 10%. Hm, tunggu apalagi? Wujudkan kesenanganmu impianmu dengan menggunakan kaos nyeleneh yang ngehits ini. Pedelah untuk mencoba. Selamat berbahagia Wahai Bintang Rock. 3. Race course T-shirts-- Kaos Nyeleneh Untuk kamu pahmud, sepertinya kaos yang unik ini sangat cocok untuk kamu gunakan mainan dengan buah hatimu. Karena kaos ini multi guna, selain digunakan seperti kaos seperti biasa, kaos ini bisa digunakan sebagai trip mobil-mobilan buah hati kamu. Sungguh fun bukan? Kamu bisa menjadikan anak kamu take pleasure in hanya dengan rebahan. Eh Iyalah, karena expedition tersebut ada di pada kaos bagian punggung, jadi pas kamu tengkurap, kiddos bisa balapan mobil-mobilan yang ada pada kaos yang kamu gunakan. Simpel bukan jadi pahmud yang hangat yang dapat menyenangkan anak? Wkwk, selamat menjadi bapak dan selamat memakai ideas tersebut. 4. OMG-- Kaos Nyeleneh Pelajar IPA harus milik kaos nyeleneh yang satu ini. Kok bisa? Ya, itu adalah simbol Oksigen dan Magnesium. Kemudian hubungannya apa? Hubungannya Oksigen beserta Magnesium ada di kurikulum IPA wkwk. Yang desain juga nyeleneh ini. Sudah jelas kaos ini termasuk ke dalam Kaos Nyeleneh yang bila kamu memakainya akan disebut sebagai manusia nyeleneh juga. 5. Orang Ngecat-- Kaos Nyeleneh Apakah ini yang disebut art? Kita bisa menatapnya dengan clear bahwa kaos ini dicetak dengan seni tingkat internasional. Apakah kamu bisa menatapnya? Bila tidak, kamu wajib meroketkan jam terbang kamu untuk mengerti keelokan yang didesain oleh orang lain. Maka kamu akan mempunyai Power Dewa dalam memahami seni, dan kamu akan setuju bahwa kaos ini didesain dengan skill tingkat dewa. Bagaimana? Stop sampai di sini alright mimpinya wkwkw 6. Perahu Berlayar-- Kaos Nyeleneh Kaos c yang dicetak dengan rancangan garis-garis ini keren banget, kita dapat memandang di situ terdapat sebuah sampan yang sedang membelah sungai. Walaupun dengan kreasi rancangan, tapi gambar pada kaos tersebut seperti nyata. 7. Diremet-- Kaos Nyeleneh Ini baru yang namanya kaos nyeleneh, aneh dewa rancangan dari kaos ini. Sekejap terlihat layaknya nyata, bahwa orang tersebut sedang dicengkeram oleh jemari yang raksasa. Supaya terlihat lebih beneran seharusnya sang pemakai kaos berkarakter sedang kesakitan. Sah masyarakat yang menatapnya tidak hanya heran, tapi juga ketakutan. 8. Lubang Perut-- Kaos Nyeleneh Atuutt om atutt, banget terlihat jelas, ditambah dengan latar belakang yang hitam dan dengan memasang wajah yang sadis, apabila kamu mengenakan kaos nyeleneh tersebut, positif kamu dianggap hantu. Sangat menarik sekali, apalagi digunakan untuk nyerem-nyeremin temen kamu yang memang kecut hati wkwkw. Jangan dong iba. Yang jelas kaos ini terkelompok ke seleksi kaos nyeleneh pada zaman ini. Sungguh dahsyat orang yang mendesain pertama kali, extremely dia inovasi inspirasi seperti ini. Mungkin lain kali ada kaos yang lebih dahsyat lagi ketimbang ini, kita tunggu saja inovasi berikutnya. 9. Hantu Ngintip-- Kaos Nyeleneh Eits, siapa itu yang ngintip? Nampak ada dua bola indra berwarna biru yang menyala. Kaos 3D ini sangat jarang ditemui, dan mustinya klop untuk kamu yang suka dengan warna kaos yang suram. Ini bukanlah kaos inovatif, tetapi kaos macam ini bisa menjadi kaos yang abadi. 10. Korekin-- Kaos Nyeleneh Ini ialah kaos nyeleneh yang positif nyelenehh, kaos yang disablon untuk para ahlul hisap yang ingin tampil lebih gaya. Seolah-olah punya tiga tangan, dan tangan palsu yang didesain pada kaos tersebut sedang memegang macis yang akan menyalakan api untuk digunakan merokok. 11. Anti Air-- Kaos Nyeleneh Positif kaosnya anti air? Iya lah, ini beneran serius, jadi adalah kaos terkini yang disertai dengan teknologi abad ini. Yang menjadikannya mustahil bocor air alias kalau terkena air tidak basah, parah keren banget. Harga dari kaos ini belum diketahui, yang jelas lebih expensive dari harga kaos yang biasa kita gunakan. Kaos ini dibuat dengan teknologi mutakhir yang sangat bermanfaat bagi kita, apalagi dipakai pada waktu cuaca hujan, kita tidak perlu resah lagi waktu hujan datang tanpa salam, karena hujan tersebut tidak bisa membuat kaos kita basah. Kamu sudah tonton kan imej atau foto kaos di atas? Nah, gambar tersebut mengarahkan ada manusia yang menggunakan kaos water resistant yang kemudian diguyur dengan 2 botol air, setelahnya apa yang terjadi? Muncul sangat terang bahwa air tersebut tidak membasahi kaos yang ia pakai. Sekejap bila kita cek, kaidah dari air tersebut seolah-olah daun talas, ia tidak dempet atau menembus masuk ke dalam melainkan semua air mengalir ke bawah. Itulah yang membuatnya unik dan sebagai salah satu kaos nyeleneh. Apabila kamu ingin membuat sendiri dengan desain kaos seperti diatas dapat membeli bahan baku kaos di toko baju, disana dipastikan  jual kaos polos depan belakang untuk selanjutnya kamu bawa ke tukang sablon untuk proses penyablonan. Segini dulu tadi sejumlah penjelasan Kaos Nyeleneh yang membuat kita heran karena ke-nyelenehannya atau mungkin dari teknologi yang digunakan untuk menciptakan kaos itu sendiri. Segini dulu dari saya, mudah-mudahan menambah pandangan dan terimakasih.
    • via ivtour.com.ua Siapa tak kenal Praha, kota yang terkenal artistik dan romantis ini selalu menjadi idaman banyak turis dari berbagai negara. Ibukota Republik Ceko ini memiliki arstitektur khas Eropa yang masih terpelihara hingga kini. Terjaganya arsitektur kota Praha hingga sekarang tak lain tak bukan karena tidak tersentuhnya kota ini dari kerusakan akibat Perang Dunia II. Praha atau Prague telah berdiri sejak abad kesebelas sebagai ibukota Bohemia yang merupakan tempat tinggal raja-raja Ceko, Romawi, dan Jerman. Pasca Perang Dunia, Praha berada dibawah kekuasaan Komunisme. Barulah di tahun 1989, terjadi Revolusi nenuju sebuah republik parlementer. Di liburan sekolah atau akhir tahun nanti mungkin kalian juga punya rencana untuk ke Eropa dengan menggunakan Visa Schengen. Karenanya, tak ada salahnya pula memasukan Ceko terkhusus Kota Praha sebagai salah satu tujuan wisata.   1.Bandara di Praha Bandara Internasional di Praha bernama resmi Vaclac Havel International Airport. Berada di wilayah Ruzyne sehingga sering disebut juga Ruzyne Airport. Bandaranya berarsitektur modern dan cukup luas tetapi tidak bisa juga dikatakan terlalu besar. Terdapat 3 terminal di bandara ini dengan peruntukan yang berbeda-beda. Terminal 1 untuk penerbangan antar benua, Terminal 2 untuk antar negara-negara Schengen, dan Terminal 3 khusus untuk carter. Kargo, pribadi dan kunjungan kenegaraan. Berada hanya sekitar 20 km sisi Utara Pusat Kota, selain taksi, bandara ini juga memiliki moda angkutan minibus dan bus yang secara khusus melayani perjalanan dari Bandara ke Pusat kota dan sebaliknya. Perjalanan dari Bandara ke pusat kota memakan waktu hanya sekitar 30 menit saja.   Vaclac Havel International Airport via www.prg.aero Tiket Taksi bandara berwarna kuning bisa kamu dapat di gerai informasi taksi yang ada di ruang kedatangan. Tarifnya sendiri ialah sebesar sekitar 600 CZK. Pilihan kedua ialah minibus yang berangkat setiap 30 menit sekali dengan tujuan Namesti Republiky. Kamu bisa mendapatkan tiketnya di stand bertulis CEDAZ yang ada di terminal kedatangan atau langsung saja ke mobilnya dan membeli di sopit. Tarif ongkosnya sendiri ialah sebesar 150 CZK. Terakhir ialah dengan naik bus yang tentunya akan jauh lebih murah. Loket bus terdapat di pojok pintu kedatangan dimana bus akan berangkat sekitar 30 menit sekali dengan tujuan akhir stasiun metro Nadrazi Veleslavin. Untuk bus ini tarifnya ialah sekitar 32 CZK.   2. Mata Uang dan Biaya Hidup Meskipun masuk ke uni Eropa, Ceko ternyata tetap menggunakan mata uang sendiri yaitu Korun atau disingkat CZK. Satu CZK bernilai sekitar 550 Rupiah atau sekitar 0,4 Euro.   Ceko Korun via pixabay.com Biaya hidup di Praha terbilang hampir sama dengan negara-negara Eropa Barat. Dalam sehari, menurut penelitian Turis menghabiskan rata-rata 1700 CZK atau jika dirupiahkan mencapai hampir 1 juta rupiah. Tapi itu untuk pengeluaran standar, kamu masih bisa menghemat jika memilih tinggal di losmen dan menggunakan transoprtasi umum. Tarif losmen misalkan, perorang masih bisa kamu temukan dengan biaya 300 sampai 400 CZK. Bandingkan dengan hotel yang bisa bertarif antara 3500 sampai 7000 CZK. Sedangkan untuk makan, jika kamu memilih makan di tempat makan biasa kisarannya di angka 70 sampai 100 CZK, sedangkan jika di restoran menengah tarifnya sekitar 1000 CZK. Masih butuh gambaran biaya lain? Di supermarket, sebotol air setengah liter harganya sekitar 15 CZK dan sebungkus roti sekitar 20 CZK. Untuk taksi, berlaku ketentuan dari pemerintah kota yatu tarif dasar 40 CZK, 28 CZK perkilometer perjalanan, serta 6 CZK untuk waktu tunggu permenit. Jika kamu tertarik menyewa mobil, biaya bensin di Praha ialah sekitar 32 CZK perliternya.   3. Transportasi Umum Ada 3 pilihan moda transportasi umum yang bisa dipilih ketika kamu ada di Praha selain taksi tentunya, yaitu Metro, Trem, dan Bus.   Metro Prague via Czech-Transport.com Metro alias kereta bawah tanah terdiri atas 3 jalur yaitu A yang berwarna Hijau, jalur B berwarna Kuning, dan Warna Merah untuk jalur C. Jalur-jalur ini menandai lintasan atau daerah yang dilaluinya. Metro beroperasi sejak jam 5 pagi hingga 12 malam. Ketepatan waktu Metro Praha cukup bisa diandalkan dimana selang waktu antar kereta ialah sekitar 3 menit di waktu sibuk dan sekitar 5-10 menit di jam-jam lengang. Berikutnya ialah Trem. Halte Trem cukup banyak tersebar di penjuru kota terutama di tempat keramaian dan objek wisata. Setiap halte akan memberikan daftar rute trem dan jadwalnya. Trem sendiri beroperasi dari pagi sampai tengah malam. Lalu angkutan Bus. Untuk yang satu ini umumnya lebih banyak berada di pinggiran kota karena untuk di pusat kota yang digunakan ialah Trem dan Metro.   4. Keamanan Praha bisa dikatakan kota yang cukup aman. Tapi bagaimanapun juga perlu diingat bahwa kejahatan akan tetap ada apalagi bagi turis asing. Jika harus membahas soal keamanan, hal yang paling butuh diwaspadai di Praha ialah soal penipuan. Taksi contohnya, kota ini sebelumnya tercoreng dengan kebiasaan  tipu-tipu harga yang dilakukan sopir taksi. Tetapi seperti yang sudah dibahas di point 2 diatas, sejak awal 2017 lalu Pemerintah Kota Praha sudah menerapkan standarisasi bagi Taksi. Jadi kalian bisa lebih kritis untuk urusan ini. Hal lain yang harus juga diwaspadai ialah soal makanan di restoran. Beberapa restoran tak terkecuali yang mewah, masih ada yang suka melakukan jebakan. Misalkan ialah biaya tambahan untuk saus atau roti yang mereka sediakan. Jika kalian memesan makanan dan mereka membawa item lain, lebih baik segera tolak dari pada harus membayarnya padahal kalian tidak memakannya. Jika kamu merasa ragu dengan harga yang mereka beri, jangan ragu juga untuk meminta rincian tagihannya. Ada kalanya mereka sengaja memasukan harga yang salah atau item yang sebenarnya tidak ada dalam pesanan. Termasuk jika mereka meminta tambahan biaya layanan, perlu diingat bahwa peraturan daerah setempat meregeluasikan biaya layanan sudah termasuk dalam tagihan total.   5. Cuaca dan Iklim   Keramaian Turis saat musim panas di Praha via studyabroad101.com Praha memiliki iklim kontinental yang dipengaruhi pola cuaca dari Timur yaitu Siberia dan dari Barat yaitu Atlantik. Musim panas biasanya berlangsung antara bulan April hingga Oktober. Saat bulan-bulan ini suhu di Praha berkisar di angka 10-25 derajat celcius dan matahari bersinar selama 7 jam setiap harinya. Seperti kebanyakan negara 4 musim, Praha juga ramai kunjungan wisatawan saat musim panas ini. Jika kamu berencana datang saat Musim Panas, ada baiknya sudah membooking penginapan jauh-jauh hari. Sedangkan musim dingin terjadi di antara Desember hingga Maret dengan suhu udara sekitar minus 4 hingga 5 derajat Celcius. Salju sendiri terbilang jarang dan tidak lama terjadi di kota ini. Sedangkan hujan terbilang lebih sering dan terjadi sepanjang tahun. Curah hujan tertinggi justru berlangsung diantara Mei hingga Agustus. Tetapi sebenarnya Praha tetap menarik disemua musimnya. Musim semi, panas, gugur, hingga dingin punya karakteristiknya tersendiri dan selalu menarik. Tak heran jika hampir sepanjang tahun Turis asing selalu ramai datang ke Praha.
    • Mobil SUV tangguh Honda ini kini berpenampilan baru luar dalam, lampu depan Full LED, bermesin Turbo dan muat hingga tujuh penumpang.
      Kunjungi IIMS 2017 siapa tahu ketemu saya, dapatkan promo DP Diskon terbaik dan termurah untuk SUV Offroad tangguh ini. All New CR-V 2.0L A/T Rp. 434.000.000
      All New CR-V 1.5L Turbo A/T Rp. 468.000.000
      All New CR-V 1.5L Turbo A/T Prestisge Rp. 508.000.000
      Warna merah lebih murah Dua Juta Andry Ripanto (Honda Pradana Sawangan Depok)
      HP: 081319045963 (WA)
      HP: 085715405769
      email: andry_ripanto@yahoo.com
      Website: http://www.hondasawangan.com Melayani seluruh daerah di sekitar Depok dan Jawa Barat.  
    • Waktu saya ke batu susah sekali cari kendaraan umum. Angkot pun jarang lewat, jadi harus order taksi batu dulu klw maw kemana".