Sign in to follow this  
Followers 0
  • entries
    2
  • comments
    51
  • views
    405

About this blog

Sahat's Experiences 

Entries in this blog

Sahat

Hi bor bro and sist, gw kali ini mau sharing short escape gw ke Ho Chi Minh City which is akan lebih banyak drama nya dan kesedihannya (Untuk FR Phuket menyusul ya after ini) .
Seperti ajakan gw di postingan gw sebelumnya, yang ngajakin travelling ke Ho Chi Minh Vietnam tanggal 24 maret 2017-28 Maret 2017.
Jauh jauh hari sebelum tanggal yg diatas, sebenarnya gw udah gak terlalu semangat lagi untuk pergi ke HCMC nya dengan berbagai alasan such as cuti gw udah running out sama kebetulan ada acara wajib di kantor gw tgl 24 maret dan rencananya akan membatalkan aja plan gw ke HCMC.
Tapi karena gw ada janji dengan 2 teman yang berbeda di HCM dimana gw janjian untuk ketemu dia sebelum dia kembali kenegaranya di europe sana dan teman yg ke dua gw udah janji untuk semacam "mengajar/sharing" di course punya dia. Jadilah gw jabani tetap untuk berangkat dengan status cuti gw belom "approved".
Drama dimulai di H-1 keberangkatan dimana gw baru notice kalo tiket yg udah issued itu adalah Kuala Lumpur-HCMC PP dan Kuala Lumpur -Bandung, sedangkan Indonesia-Kuala Lumpurnya belum dibeli. Coba check-check tiket, semua penerbangan ke kuala lumpur sudah sold out dari seluruh  kota di indonesia dengan tujuan kuala lumpur dikarenakan di Malaysia sedang ada libur nasional juga, jadi tiket sudah sold out. Pupus lah sudah harapan untuk pergi ke vietnam.
Coba check check lagi hingga jam 2 pagi di hari H, ada tiket yang available dari Banda Aceh menuju Kuala lumpur. Harapan mulai tumbuh kembali, dan sebelum booking tiket BandaAceh-KL, ane coba cek tiket Jakarta-Banda Aceh masih ada yg available. Eh tiba tiba, penerbangan Banda Aceh-Kuala Lumpur semuanya sold out. Dalam hati bye bye Ho Chi Minh.
Subuh itu dalam hati fix cancel untuk pergi ke HCMC, tapi janji gw ke 2 orang teman gw gimana?
Saya coba cek lagi semua penerbangan ke kuala lumpur dan benar-benar sold out. Saya coba telpon CS AirAsia, MalaysiaAIrlines dan Garuda, semua ticket sudah sold out, nah dan yang terakhir saya telpon CS LionGroup dan oh my God, lion group dengan armada Malind*Air menambah armada tambahan di tanggal 24 karena permintaan yang membludak, mereka menambah armada untuk penerbangan Jakarta-KL pukul 13.15 dan cus langsung  gw book satu seat dengan price Rp.2.2001.000, what the f**k..
Pukul 4 subuh gw book travel Bandung-Soekarno Hatta dan setibanya di soekarno hatta gw langsung checkin dan ngopi cakep di sbux sambil tiduran sekitar 2 jam an di sbux.

Jam 12 siang gw masuk waiting room dan tiba2 announcement "Malind*Air Jakarta-KL will be delayed until 14.45 karena pesawatnya belum tiba dr KL" (dalam hati mikir keras, gimana mau keburu untuk next flight gw ke HCMC which is flight gw dr KLIA2 ke HCMC itu Pukul 18.45 , sementara malindoair delay dan  terminalnya nantinya di KLIA1. Mulai dag dig dug seerrrr). Setelah 14.45 kita mulai boarding dan pesawat siap diberangkatkan. EH tiba tiba pilotnya kasih announcement lagi kalau pesawatnya belom bisa diberangkatkan karena kita belum masuk queue untuk menggunakan runway (ini akibat pesawatnya seelumnya  delay dan belum kebagian queue) jadi lah kita menunggu lagi di dalam peswat selama kurang lebih 45 menit, dan gw udah yakin 100% kalo gw gak akan mungkin bisa ngejar penerbangan gw selanjutnya. Selama penerbangan gw dah gak tenang, gelisah sana sini.
Lebih dari 2 jam penerbangan akhirnya tiba di,KLIA1 waktu setempat menunjukkan pukul 18.10, which is 35 menit lagi pesawat gw ke HCMC akan take off dr KLIA2.
Gw masih berusaha buru2 keluar dr pesawat dan langsung naik aerotrain di KLIA1 menuju arrival hall dan langusng ke imigrasi, melihat antrian imigrasi super super super membludak rasanya tidak mungkin lagi untuk mengejar si AA ke KLIA2, dan kali ini benar2 pasrah kalo gw tidak akan mungkin lagi bisa ngejar si AA ke KLIA2. Sambil ngantri di imigrasi, gw coba buka website KLIA2 untuk informasi departure dari KLIA2, ternyata AA 18.45 statusnya delayed dan langsung deh saya hampiri petugas di imigrasi "Sir, could i get the priority line, because i have to catch my next flight which is will be departed in next 20 minutes?", si petugas negosiasi dan akhirnya saya dibawa ke line depan dan di layani terlebih dahulu. Keluar imigrasi lari sekencang-kencangnya ke KLIA Express dan langsung cus ke KLIA2.

Sampai KLIA 2 sebelum masuk departure hall/imigrasi, saya baca monitor departure information ternyata pesawat gw sudah "DEPARTED". Bye bye tiket gw, rasanya semua perjuangan gw sia sia. BYE BYE BYE BYE BYEBYE
Setelah gw tertinggal pesawat, akhirnya gw balik lagi ke KLIA1 untuk complain ke Malind*Air dan ternyata complain gw sia sia, they said mereka tidak bertanggung jawab untuk hal ini dan paling sialnya gw gak beli asuransi jadi gak bisa klaim juga... how stupid am i...........

Masih mau lanjut gak?

Tungguin ya.... makan siang dulu gw hahahhahaah



 

Sahat

Jepang, Waiver Aja...!

Hola hola, im back again setelah kekesalan yg terjadi pasca pengurusan visa waiver saya, gak usah dibahas kali ya disini :tersipu:tersipu
Okeh deh, lets gooohhhhhh,

Ada yang berencana ke jepang dalam waktu dekat? atau bahkan ada yang sudah issued ticket tapi takut Visa ditolak atau pusing ngurusin persyaratan pengajuan Visa yang super ribet? Tenang saja, VISA ke Jepang? Mudah dengan E-Passport. Tinggal Apply Visa Waiver saja............
Nah sebelum jauh membahas bebas visa (visa waiver jepang), bro bro and sissi harus sudah paham dulu apa itu epassport dan bagaimana mengurus epassport, kali ini saya asumsikan kita semua sudah pada ngerti apa itu epassport atau jika belom, bisa baca ulasan saya mengenai apa itu epassport dan cara pengajuan epassport  disini . 

Nah sekarang, apa sih Visa Waiver/BEBAS VISA  itu ? Bisa cari sendiri lah ya di om google atau di website kedubes jepang nya langsung Read here

Siapa yang bisa mendaftar untuk bebas visa (Visa Waiver)?

Yang bisa mendaftar untuk bebas visa (Visa Waiver) adalah Warga Negara Indonesia pemegang IC passport/e-passport. Paspor tersebut memiliki logo chip di bagian sampul depan yang sesuai standar ICAO (International Civil Aviation Organization).

Ke mana mengurus bebas visa (Visa Waiver)?

Bagi siapapun (WNI) yang sudah  memiliki e-paspor bisa mendatangi Kantor Perwakilan Negara Jepang (Kedutaan Besar Jepang/Konsulat Jenderal Jepang/Kantor Konsulat Jepang) di Indonesia sebelum melakukan perjalanan ke Jepang. Kita juga bisa mengurus visa waiver melalui agen perjalanan yang telah terdaftar resmi. Kali ini saya mengurus visa waiver saya di Embassy of Japan yang beralamat di Jalan MH Thamrin No.24, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350. Patokannya adalah gedung setelah tower Plaza Indonesia. Nah ketika anda mendatangi kantor kedutaan jepang ini, kita akan diperiksa layaknya pemeriksaan keamanan di bandara-bandara, ketika kita sampai di pintu depan, tas kita akan diperiksa oleh petugas security , setelah itu kita menukarkan ID kita (Bisa KTP/SIM) di petugas keamanan depan. Setelah kita menukarkan ID kita, kita kemudian masuk kembali ke bagian scanning barang dan diri  dari pintu yang bertuliskan Nomor 2 (ini saya mengurus di kedutaan jepang yang berada di jalan M.H Thamrin Jakpus), disini barang kita akan di X-ray  begitu juga dengan badan kita. 
Setelah selesai dari bagian security, bergegaslah menuju ruang pengurusan Visa, dan langsung ambil nomor antrian dengan menekan tombol "A", jangan mengambil nomor antrian dari tombol B.
Tombol "A" adalah antrian untuk pengurusan Visa baik Visa biasa maupun Waiver, Tombol "B" untuk Warga jepang.
IMG_20161010_090653.jpg

ssssss, sebenarnya tidak diperbolehkan mengambil photo didalam ruang pengurusan visa.

Berikut adalah Dokumen dan nomor antrian yang akan saya serahkan kepada petugas

IMG_20161010_101035.jpg

Notes: Ketika kalian sudah didalam ruang tunggu, silahkan meminta nomor "receipt" kepada petugas security yang sedang bertugas disitu, isi dan nanti serahkan sekalian pas penyerahan dokumen pengajuan.

Sebai informasi juga, dikantor kedutaan jepang yang beralamat Jalan MH Thamrin, loket pengurusan ada 5 loket yang tersedia, 3 loket untuk Antrian "A" dan 2 loket untuk antrian "B".
Dan satu loket di loket "A" biasanya digunakan untuk travel agent.
Sebenarnya sih pas pengajuan berkasnya, pengechekan dan validasi berkas saya tidak sampai 1 menit, tetapi menunggu nomor antriannya lah yang lama, apalagi jika yg masih dilayani diloket adalah travel agent, yang membawa pengajuan permohonan visa dalam jumlah banyak, ya harus sabar sabar sajalah menunggu.

Dokumen yang diperlukan mengurus bebas visa (Visa Waiver)?

Untuk pengurusan Visa Waiver, kita hanya cukup menyiapkan dokumen e-paspor (Passport elektronik kita itu sendiri)  dan formulir aplikasi permohonan. Formulir permohonan visa waiver, bisa diunduh di situs resmi Kedutaan Jepang di sini  yang tersedia dalam bentuk pdf dan word. Tinggal isi nama, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor paspor, masa berlaku, alamat tinggal, nomor telepon rumah, nomor handphone, tanggal pengajuan, dan tanda tangan. That’s it

Berikut sample form untuk pengajuan Visa Waiver, kita hanya perlu mengisi form ini saja. Tidak perlu persyaratan lain seperti pengajuan visa biasa.

form waiver.PNG

 

Berikut Formulir yang sudah saya isi:

1.jpg

Catatan: Untuk pengisian formulir, bisa diketik secara komputerisasi atau ditulis tangan. Bagi kalian yang sedikit pemalas seperti saya, jika kalian tidak punya waktu untuk ngeprint sendiri, kalian bisa ambil form ini juga di dalam kantor kedutaan nya, jadi selagi menunggu nomor antrian dipanggil oleh petugas, kalian bisa isi form ini. Form ini tersedia secara gratis di rak yg terletak deket dengan mesin Nomor Antrian berada.
 

Berapa lama pengurusan Visa Waiver ?

Proses pengurusan Visa Waiver selama dua hari kerja di Kedutaan Jepang atau Kantor Konsulat Jenderal Jepang di Indonesia. Untuk mendaftarkan permohonan visa waiver, rentang waktu adalah pada pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Hasil permohonan visa waiver akan diberikan pada siang hari (13.30-15.00).
Notes: seperti pada gambar berikut akan kita temukan pada kertas receipt yang kita dapatkan. Tetapi pada kenyataannya, untuk visa waiver, bisa selesai dalam satu hari kerja.
Semisal jika kita apply visa waiver hari ini (antara 8.00-12.00), besoknya (antara pukul 13.30-15.00) sudah bisa kita ambil visa waivernya.

pengambilan visa.jpg

Nah jika ingin mengambil visa waiver yang sudah diajukan, jangan lupa datang pada rentang pukul 13.30 WIB-15.00 WIB dan jangan lupa membawa bukti receipt pengajuannya, seperti gambar beriku:

2 ambil.jpg

Jangan coba-coba datang terlambat walau hanya telat 1 menit saja, karena mereka tidak akan melayani. Kasus saya: saya tiba di kedubes jepang pukul 15.02, perkara telat 2 menit saya pulang kebandung dengan tangan kosong.

Berapa biaya yang diperlukan mengurus Visa Waiver?

Untuk mengurus permohonan visa waiver, tidak dikenakan biaya administrasi dengan kata lain gratis tis tis tis...... Hal yang berbeda jika akan mengurus visa dengan paspor biasa, kita akan dikenakan biaya administrasi permohonan visa.

Bukti bebas visa (Visa Waiver)?

Bagi  yang telah mendaftarkan permohonan visa waiver akan diberikan e-paspor dengan bukti registrasi berupa stiker bebas visa. Visa tersebut bisa digunakan untuk kunjungan  ke Jepang dengan durasi tinggal maksimal selama 15 hari dalam sekali kunjungan dan berlaku selama 3 tahun, bisa digunakan berkali-kali hingga masa berlaku stiker tersebut habis, tanpa perlu melakukan registrasi lagi di tiap kali melakukan perjalanan. 

Berikut sticker visa waiver yang sudah saya dapatkan, yeyeyeyeyeyeyeiiii akhirnya jadi juga ke Jepang.... lets rock japan...........

IMG_20161019_150742.jpg
 

 

Nah Gampang bangat kan mengurus bebas visa ke jepangnya, nah tunggu apalagi, jangan ngantor mulu. hehheheheh

Semoga tulisan ini dapat sedikit membantu bagi bro-bro and sissi yang berencana ke jepang menggunakan visa waiver.... Keep travelling...... :melambai:melambai:melambai:melambai:melambai

Sign in to follow this  
Followers 0
  • Posts

    • Bisa minta contac listnya gak ya? Gk keliatan di gambarnya... terimakasih
    • hi mas @deffa,
      trip ke jepang sudah terlaksana dgn sukses taun kmrn mas & mudah2an bisa terlaksana lagi taun depan
      oia maaf blm sempet buat review perjalanannya soalnya ga bisa cerita euy mas
    • Yunnan Trip Jun 2017 Day 1 naik pesawat malam (Lion Air) Jakarta – Kuala Lumpur Menginap di hotel dekat bandara, EV World hotel kota warisan dengan airport transfer dari hotel (harga RM 65 untuk midnight dan RM 55 untuk pagi untuk 8 orang) Kami booking kamar 4+2+2 dengan harga Rp 830.000 di agoda, kamarnya kecil dan bersih, lingkungan di sekeliling hotel sepi. Hotel menyediakan sarapan roti dan nasi uduk porsi kecil serta teh dan kopi. Cocok untuk transit daripada nginap di hotel bandara yang mahal. Day 2 naik hotel transfer tiba di bandara check in Air Asia Kuala Lumpur – Kunming, setelah check in makan dulu di curry house (lantai basement). Penerbangan ke Kunming (ibukota propinsi Yunnan) selama hampir 4 jam berjalan dengan lancar, sore hari kami tiba di Kunming. Di bandara Kunming menyediakan telepon untuk telepon lokal, dengan telepon ini saya menelepon sopir pick up airport yang sudah di pesan sebelumnya.  Sebelumnya saya memesan jemput bandara ke hotel (200 cny) dan charter mobil keliling kunming untuk keesokkan harinya (600cny). Dari bandara kami diantar ke Kunming Nissi Holiday Hotel yang berupa apartemen hotel, sebelumnya saya memesan 2 apartemen hotel seharga Rp 880.000 via agoda. Apartemennya cukup luas dengan 2 kamar tidur dan satu ruang tamu, selain itu hotel juga menyediakan makan pagi berupa bubur, mantau, roti, telur, mie kuah, teh, kopi, buah. Malam hari kami jalan2 di sekitar hotel untuk melihat2 dan mencari makan malam, di sana ada tempat permainan anak2, toko2, kami menyebrang ke VC park melihat hiasan lampu, toko2 dan makan malam di sana. Lingkungan di sekitar hotel cukup menyenangkan, bersih dan nyaman dengan banyak toko2 enak untuk jalan2 dan shopping walau ngga belanja banyak, cuma belanja sedikit di mini so. Selesai ngitar pulang ke hotel, buka app agoda untuk pesan hotel ini 1 malam lagi, karena harga di hotel lebih mahal, juga harus bayar cash (karena cuma kartu kredit yang ada union pay yang bisa dipakai di sana) . Day 3 Pagi hari kami dijemput mobil charter, pertama kami singgah di Yuan Tong temple yang merupakan vihara yang cukup tua di kota Kunming. (HTM @6 cny) Dari sini kami ke Green Lake Park (Cui Hu Park) yg merupakan telaga atau taman kota Kunming dan Yunnan University yang ada di  seberangnya. Kami jalan santai di Green Lake Park makan siang buffet vegetarin @19 cny. Juga mampir ke travel yang ada di dalam taman, tanya info jalan2. Sebelumnya sebenarnya ingin booking tour dengan travel tempat saya charter mobil (entah travel apa, saya cari online), tapi jadwal tournya sangat padat, jadi saya ragu2, karena kami lebih suka jalan santai. Saya tanya ke travel ini charter mobil ke Shi Lin (stone forest) buat besok, serta minta di check jadwal dan beli tiket kereta api ke Lijiang buat besok. Ternyata beli tiket online via travel tidak bisa dilakukan karena harus input no id. Lalu kami ke stasiun KA kunming untuk beli tiket di loket untuk rute Kunming-Lijiang sesuai dgn jadwal yg telah kami check dan masih ada available seats di travel sebelumnya. 2 tiket VIP @ 669 cny (satu bedroom untuk maks 3 orang) 2 tiket soft sleeper (@226 cny ranjang bawah @217 cny ranjang atas). Karena sudah agak capek dan malas jalan, minta supirnya keliling bentar lihat gapura kota golden horse dan jade rooster. Kembali ke hotel ada wifi lalu booking mobil ke Shi Lin untuk besok dan pulangnya minta di drop di stasiun KA, juga tanya charter mobil di Lijiang untuk 2 hari.  Charter mobil ke Shi Lin 900 cny, charter mobil di Lijiang 1000 cny/hari. Saya OK in saja, malas cari perbandingan, daripada ikut tour yg jadwalnya padat, lebih cocok sewa mobil yg jadwalnya sesuai keinginan. Setelah beristirahat sebentar lanjut cari makan malam dan ngitar di VC park. Day 4 Check out hotel dan dijemput sopir mobil charter jam 11 pagi, memang pingin berangkat agak siang karena nanti pulang dari Shi Lin berangkat dengan KA malam. Sampai di Shi Lin siang hari, sebelum masuk kompleks wisata, kami singgah di resto untuk makan siang. HTM Shi Lin @175 cny naik tram keliling @25 cny, sewa tour guide di pintu masuk 160 cny/ kali. Lansia 70 tahun ke atas gratis tiket masuk (lalu saya dapat info anak2 bisa beli tiket pelajar setengah harga), nah ini juga alasan saya malas ikut tour, karena setelah ditanya tidak ada cashback tiket masuk untuk lansia, juga harga tour hanya termasuk tiket masuk belum termasuk naik tram, cable car dll. Taman wisata Shi Lin (stone forest) adalah taman wisata yg sangat luas yang terbagi atas 2 area, area bagian depan adalah area big shi lin (yg diumpanakan sebagai pria yang gagah), dan area bagian belakang disebut small shi lin (yg diumpanakan sebagai wanita yang lembut). Kedua area ini penuh dengan gunung dari batu, area depan kumpulan gunung batu lebih padat, area belakang lebih jarang di mana dibawahnya ada tanah rumput yang indah). Menurut info tour guide Shi Lin adalah taman laut jutaan tahun yang lalu, yang kemudian lautnya mengering dan gunung batunya muncul ke permukaan. Setelah selesai berwisata di Shi Lin kami di drop di stasiun KA, makan di resto cepat saji dulu, sebelum masuk ke stasiun KA, kami mendapat ruang tunggu untuk tiket VIP dan soft sleeper. Kami 6 cewek tidur di 2 kamar VIP, 2 cowok di soft sleeper yg 1 kamar ber4 untuk umum. Tidak terbiasa tidur di kereta, lalu ke gerbong makan sedikit dulu, lalu kembali ke kamar berhubung sudah malam dan capek akhirnya tidur juga, di perjalanan kadang2 terbangun, KA singgah di berapa stasiun yg mana berhenti cukup lama (mungkin karena sleeper train di mana penumpang tidur juga bawa bagasi banyak, jadi tidak bisa turun naik cepat). Ketika langit mulai terang, saya sudah terbangun dan membuka tirai jendela di sepanjang jalan banyak gunung dan awan berjalan di atas (maklum posisi tidur jadi awan seperti berjalan di depan mata). Pemandangan dari jendela KA Day 4 sampai di Lijiang pagi hari, cuaca hujan, di jemput supir mobil charter. Persinggahan pertama sarapan dulu, lalu lanjut ke lokasi wisata kota kuno shu he, kota kuno na xi, berhubung kami ke kota kuno ini pagi2, di sini masih sepi toko2 masih belum buka, jadi kami bisa menikmati suasana kota tua yg asri juga banyak bunga, bunga mawar di sana besar2, air di kali juga sangat jernih, supir di Lijiang ini cukup bawel dan baik, menemani kami keliling (lumayan tour guide gratis). Setelah dari 2 kota kuno ini kami kembali ke kota untuk makan siang lalu check in hotel, sebelumnya saya sudah pesan hotel di dalam kota kuno Lijiang via agoda yang bayar ditempat (menurut referensi yg saya lihat banyak hotel yg tidak melihat pesanan agoda, jika datang ada kamar kosong dikasih jika tidak direferensikan ke hotel lain). Tapi di sana menurut info dari supir untuk hotel di dalam kota tua tidak bisa masuk mobil, mesti bawa koper jalan kaki masuk, jadi malas. Lalu minta supir cari hotel di luar kota tua yang dekat dengan kota tua. Kami mendapat kamar 3+3+2 di hotel红宝玉 dengan harga 550 cny + sarapan. Setelah check in dan mandi, kami melanjutkan wisata ke danau La Shi, di sini ada danau yg tidak terlalu  besar, dengan objek wisata taman bunga, berkano dan berkuda. Dilihat dari luar tamannya tidak terlalu menarik, berkano dan berkuda juga mahal, kami tidak berminat melhat2 sebenar lalu cabut. (untung sebelumnya saya tidak pesan tour di acara tour kami di suruh singggah di sini bayar @260 cny untuk taman bunga, berkano dan berkuda) Kami minta diantar ke vihara, sopir mengantar kami ke sebuah vihara tibet di atas bukit, masuk ke vihara dan naik tangga ke atas, pemandangan dari atas vihara sangat indah. Lalu kami kembali ke hotel beristirahat. Malamnya saya jalan ke kota tua Lijiang yg terletak di seberang hotel, tapi berhubung hujan saya cuma jalan sebentar. (kemudian saya dapat info bawa pusat keramaian di kota kuno lijiang ada di pintu utara, sedang saya masuk dari pintu selatan jadi tidak banyak yang menarik). Day 5 tujuan hari ini jade dragon snow mountain, atas saran supir kami menyewa jaket dan membeli tabung O2 di lokasi kota Lijiang. (harga tabung O2+ jaket @88cny). HTM Jade Dragon snow mountain @130 cny, bus di dalam taman wisata @20cny (mobil cuma sampai tempat parkir), cable car @180 cny. Untuk tiket masuk kawasan wisata lansia gratis, pelajar setengah harga, tidak bawa kartu pelajar jadi mengandalkan komunikasi supir dengan yg jual tiket). Saya dan ibu mertua tidak naik ke snow mountain, kami naik bus ke blue moon valley, makan di resto duduk di halte tunggu yg ke atas snow mountain. Di bawah halte bus ada telaga yg jernih dengan latar snow mountain. Saya turun ke telaga menikmati pemandangan, di sana ada jalur lantai dari kayu yang bisa berkeliling ke area lain, tapi saya malas jalan cukup pemandangan telaga ini saja. Setelah rombongan turun dari snow mountain, kami makan di resto di dekat halte bus @40cny 8 orang dapat 8 lauk, lalu kami turun ke telaga foto2 lagi. Setelah itu naik bus ke tempat parkir dan pulang ke hotel. Malam hari, saya berjalan ke pintu utara kota kuno Lijiang, ternyata cukup jauh juga, pintu utara memang cukup ramai, ada juga pedestarian street, saya cuma melihat toko2 di dekat pintu utara, makan di Mac Donald di dalam kota kuno, pulangnya coba naik bus soalnya rutenya cuma lurus sampai hotel (@ 1cny). Day 6 Setelah sarapan kami check out hotel, sebelumnya charter mobil Lijiang ke Dali dan jalan2 di Dali sehari lalu di drop di hotel. (1400 cny) Perjalanan dari Lijiang ke Dali sekitar 3 jam, persinggahan pertama danau west lake, maksudnya mau naik perahu dan melihat pertunjukkan elang menangkap ikan, perjalanan di west lake tidak berjalan mulus karena melewati daerah pasar yg ramai, mobil susah lewat karena jalan sempit dan ramai, kami lewat pelan2 sambil melihat aktivitas pasar di sana, yang belanja di pasar membawa keranjang belanja di punggung, juga ada bajaj yg mengangkut barang dan penumpang, dan ada juga mesjid dan muslim di sepanjang jalan. Sampai di west lake, kami dapat info  pertunjukkan elang menangkap ikan sudah tidak ada, ada elangnya buat foto2, setelah dipikirkan kami malas naik perahu mengitar danau. Kami lalu melanjutkan perjalanan singgah lagi di kota tua Xi Cheng, banyak toko2 di dalam kota kuno ini, kami mengitar dan makan siang di sini. Supir menawarin membawa kami singgah di sebuah vihara sebelum sampai di kota Dali, berhubung viharanya lagi renovasi kami tidak jadi masuk. Lalu kami ke 3 pagoda Dali (HTM@120 cny, tram pp@35 cny, lansia gratis tiket masuk, pelajar setengah harga). Naik tram ke atas komplek wisata ada sebuah vihara besar di sana, setelah dari sana tram mengantar kami ke area 3 pagoda. Setelah dari sini supir membantu kami beli tiket bus untuk besok Dali-Kunming, mencari hotel yg dekat kota kuno Dali, kali ini kami mendapat kamar 3+2+2 dengan harga 450 cny, berhubung kamar ber3 ber4 sudah penuh (tapi hotel kali ini mirip losmen yg 1 kamar 2 orang tidak ada AC nya tidak ada sarapan lagi) ya sudahlah cuma semalam, malas pindah koper cari sana sini. Lokasi hotel dekat dengan pintu selatan kota kuno Dali yang merupakan pusat keramaian di kota kuno Dali. Kami makan malam dan keliling kota kuno Dali. Day 7 pagi ke pintu utara kota kuno foto2 lagi, sarapan, lalu ke pusat informasi turis beli tiket ke kota wisata tempat shooting film the demi-gods and semi-evils, HTM+tiket bus pp @44 cny, tiket bus saja (untuk lansia)@16cny. Kami naik bus jam 8.30 karena menurut info ada pertunjukkan jam 9. Pertunjukkan di mulai di pintu gerbang masuk untuk menyambut tamu jam 9 pagi, tamu di sambut masuk oleh rombongan pemain yang berperan menjadi raja, pemainsuri, dayang dan prajurit. Di dalam komplek kota wisata masih ada pertunjukkan lainnya seperti putri raja melempar bola mencari pasangan, tarian barongsai, prajurit menangkap buronan, lalu para pemain menari di lapangan, pegunjung juga diundang menari bersama. Kami mengitar di area utama tempat wisata ini berfoto2 lalu pulang. Makan siang lalu pulang hotel, bersiap2 lalu dijemput agen bus ke tempat naik bus. Setelah sekitar 6 jam perjalanan kami sampai di Kunming kami naik taxi ke hotel (Nissi Holiday Hotel). Day 8 Hari ini kami naik MRT dari depan hotel ke Xin Luoshiwan (area shopping seperti mangga 2). Tiket MRT @ 5 cny langsung sampai tidak perlu ganti line. Di sini belanja seharian... Pulang dari sini ngitar di sekitar hotel lagi. Day 9 charter mobil ke City of Flower dan antar ke bandara (@900cny, sebenarnya agak mahal, mau pesan antar bandara dari hotel tapi katanya tidak ada mobil besar suruh naik 2 mobil @100 cny) ya sudahlah malam2 sms travel yg kami charter mobil sebelumnya. City of Flower sedikit mirip garden by the bay singapore. Di pintu masuk disajikan pertunjukkan film dengan layar setengah bola di langit2 yang bercerita tentang pemandangan yg indah di Yunnan, setelah selesai menyaksikan film kita masuk lewat pintu tengah di dalam theater, di sana ada taman bunga dengan maskot burung merak, banyak bunga di dalamnya yang ditata dengan indah (tapi bunga yg letaknya jauh dari jalan sebagian adalah bunga plastik). Dari taman bunga menuju pintu keluar melewati ruangan yang didekorasi ala eropa style. Setelah ini kami kembali ke hotel berkemas bersiap2 kembali ke Jakarta via KL. Note : 1. Tidak bisa memberi no hp di sana, soalanya mesti pakai id card. 2. Kartu kredit yg di terima di sana adalah Union Pay (visa dan master umumnya tidak diterima) jadi mesti menyediakan cash yg cukup, susah mencari money changer, tukar di valas di bank juga repot berhubung mesti mengisi formulir penukaran, lebih praktis tarik tunai di atm (max 3000 cny/hari) 3. Saat mencari hotel via agoda dll, pilihlah yang ada review dari turis asing, karena banyak hotel yg hanya menerima turis lokal. 4.  Belanja oleh oleh : obat Tiongkok seperti yunnan bai yao dll, mini so, jaket anti UV (bagus untuk menangkal matahari saat kegiatan out door).          
    • Yang terhormat, klien Unichange! Kami ingin memberi tahu semua pemegang kartu Unichange.me belum terverifikasi bahwa batas kartu telah diubah. Sehubungan dengan pembaharuan undang-undang EU, yang mulai berlaku 26.06.2017, dana kartu maksimum untuk pemegang kartu yang belum diverifikasi dibatasi pada EUR / USD 250 dan penarikan maksimum ATM untuk pemegang kartu yang belum diverifikasi dibatasi ke EUR / USD 100. Karena petunjuk tersebut berlaku, semua pengguna dengan akun yang belum diverifikasi dengan saldo lebih dari 250 EUR / USD akan kehilangan akses ke akun mereka. Anda harus memverifikasi akun kartu Anda di dalam sistem penerbit kartu untuk penggunaan kartu lebih lanjut.
      Untuk dapat memverifikasi akun Anda dan untuk memperbarui akses ke akun kartu Anda, kirimkan dokumen yang diperlukan ke email kami. Pemegang kartu yang diverifikasi dapat memanfaatkan sepenuhnya kesempatan penarikan dan penambahannya. Pembatasan kartu baru tidak diterapkan pada pemegang kartu yang terverifikasi. Untuk lebih jelasnya, jangan ragu menghubungi tim Dukungan kami, yang dapat berkonsultasi dengan Anda mengenai semua pertanyaan Anda.
      Salam Hormat,
      Tim Unichange.me