• entries
    61
  • comments
    309
  • views
    142,354

Sekilas Tentang Tibet, Negeri Atap Dunia

Entry posted

2,794 views

Ketika seseorang menyebutkan kata Tibet, sudah pasti, yang pertama melintas adalah negerinya para biksu. Ya nggak salah juga sih. Tibet memang layak disebut sebagai pusat spiritual Buddha. Apalagi Tibet merupakan tempat tinggal Dalai Lama. Siapa pula yang nggak pernah mendengar tentang Dalai Lama?

Sebenarnya seperti apa sih Tibet ini?

Bagi wisatawan yang berasal dari Indonesia, Tibet memang tidak setenar destinasi lain sebagai tujuan wisata. Padahal, daerah otonomi khusus China ini tidak kalah menggoda dibandingkan negara – negara lain di Asia Timur. Percaya deh, terutama bagi yang suka wisata alam sama budaya yah, Tibet ini menjanjikan banget. Tapi kalau lebih suka wisata belanja atau tripnya bareng anak – anak, emang Tibet kurang sesuai sih.

Alam yang Fantastis

Penyebutan Negeri Atap Dunia sendiri bukan tanpa alasan. Tibet, yang daerahnya memang berada di kawasan pegunungan, rata – rata areanya berada di ketinggian 4.500 m dpl. Bisa dibayangkan, karena letaknya yang dipegunungan, kemana pun mata memandang adalah hamparan lekukan yang seksi. Udara dingin sudah pasti ikutan menyergap. Nah, buat yang suka main salju, main – main ke Tibet pas musim dingin sangat disarankan. Dijamin bikin betah! Nggak percaya? Nih, gambarannya :

Danau Nam (Namtso)

Tibet2_zpse2e9d861.jpg

Tibet1_zpse580348d.jpg

Tibet_zps31f3eca3.jpg

Kalau destinasi wisata alam yang paling oke di Tibet, jelas, Namtso bertengger di puncak teratas. Bisa dibayangkan, di atas ketinggian 4.718 dari permukaan laut, kita menemukan danau besar yang luasnya hampir mencapai 2 km2. Danau ini asin lho! Airnya bukan air tawar seperti danau – danau kebanyakan. Namtso juga merupakan danau air asin paling tinggi di dunia.

Nah, yang membuat danau ini makin eksotis, di tengah – tengah danaunya terdapat lima mulai kecil. Kelima pulau ini tidak berpenghuni. Dulu, banyak penduduk setempat dan wisatawan yang menuju ke pulau – pulau ini dengan berjalan di atas danau yang membeku saat musim dingin. Namun sayang, sekarang kita sudah tidak bisa lagi mencicipi adrenalin untuk menyeberang di atas danau beku tersebut karena larangan dari pemerintah RRC.

Jadi ya, kalau mau menikmati puncak keindahannya, bisa datang di sekitar bulan Juni – September. Dijamin jatuh cinta pada pandangan pertama :D Keindahannya sangat menghipnotis! Bisa dibayangkan, air luas menggenang dan dipigura oleh barisan pegunungan plus puluhan burung liar yang terbang kesana – kemari. Mantap nggak tuh?

Mount Kailash

Tibet3_zpsd39286f6.jpg

Tibet4_zpsd328cda7.jpg

Tibet memang letaknya di gunung, tetapi tunggu dulu Mount Kailash ini menarik lho! Terutama bagi yang punya jiwa petualang. Mt. Kailash merupakan gunung suci bagi penganut Hindu, Buddha Tibet, dan Jain. Dan ya, sekedar informasi, bila ingin berkunjung ke Mt. Kailash, kita harus menyiapkan setidaknya tiga hari dengan kondisi badan yang benar – benar sehat. Medannya berat, Bung! Tapi tidak akan sia – sia. Selain pemandangan alamnya yang menyihir, di Mt. Kailash kita juga bisa mengunjungi lima kuil yang tidak kalah eksotisnya.

Wisata Budaya

Sebagai pusat spiritual Buddhism, tidak mengherankan bila wisata budaya menjadi daya tarik utama Tibet. Berkunjung ke Tibet, kita tidak hanya akan dimanjakan oleh pemandangan alam cantik, gedung dengan arsitektur memukau, serta masyarakat dengan budaya yang unik, tapi juga filosofi yang tersemat di sana – sini. Bagi pecinta budaya, dua obyek ini rasanya terlalu dahsyat untuk ditolak daya tariknya. Ditambah lagi, saat mengunjungi Potala Palace, kita akan banyak mengenal ajaran Tibetian Buddhism dan sejarah yang tentunya menarik untuk diulas.

Potala Palace

Tibet6_zps6a3ade73.jpg

Tibet5_zpsb828544a.jpg

Istana tempat Dalai Lama ini sudah berdiri sejak abad ke 7. Potala Palace sekarang menjadi pusat admistrasi Tibet sekaligus pusat pengajaran Buddhism. Istana yang didominasi warna merah dan putih ini menyimpan ratusan lukisan serta hampir 10.000 gulungan kuno. Rata – rata berisikan tentang sejarah dan ajaran Sang Buddha. Dan yang membuat Potala Palace ini makin menakjubkan, ternyata bangunannya masih identik dengan sejak pertama kali istana ini berdiri. Kebayang donk, di abad ke 7, ternyata bangunan semegah ini bisa dibangun di salah satu puncak dunia?

Jokhang Monastery

Tibet7_zps636f1406.jpg

Vihara yang satu ini juga menjadi obyek wisata yang tidak kalah menarik. Vihara yang berada tepat di tengah Lhasa ini dibangun oleh King Songtsen Gampo pada abad ke 7 dan selesai pada abad ke 10. Highlight dari Jokhang Monastery adalah dua patung suci yakni Chenrezig dan Jowo Buddha. Nah, Jowo Buddha sendiri, merupakan bagian dari mahar yang diberikan oleh King Songtsen Gampo saat melamar seoang putri Cina, Princess Wencheng. Sudah kebayang berapa usia patung ini? Tidak heran bila namanya masih tenar hingga sekarang :)

Next post, tips tentang dokumen - dokumen yang perlu disiapkan jika ingin berangkat ke Tibet!


kyosash, Iskandar Alam and Jalan2 like this


7 Comments

Posted

klo mau nge-trip seminggu ke Tibet ini kira2 mesti sedia budget brapa ya mba??..

Share this comment


Link to comment
Share on other sites

Posted

Next post ya mas.. Hehehe. Kalau dijabarin di sini malah gak lengkap nanti :)

Share this comment


Link to comment
Share on other sites

Posted

mbak @cheezlover ,,

 

mohon di ulas mengenai negeri alas dunia... :)

Share this comment


Link to comment
Share on other sites

Posted

mbak @cheezlover ,,

 

mohon di ulas mengenai negeri alas dunia... :)

 

Negeri alas dunia? Belanda maksudnya mbak? Setahuku negara yang areanya paling rendah itu Belanda, tapi kurang paham juga ya :D

Share this comment


Link to comment
Share on other sites

Posted

ini mbaknya uda pernah ke Tibet? wuaaaaaaaaaaa,, dulu saya gagaaaaaaaaaaaal:((

Share this comment


Link to comment
Share on other sites

Posted

ini mbaknya uda pernah ke Tibet? wuaaaaaaaaaaa,, dulu saya gagaaaaaaaaaaaal:((

 

Beluuum!!! Hahahaha. Ini nulis, sekalian buat persiapan nanti kalau ada duit buat kesana.

*kemudian ngenes pas lihat isi rekening*

Share this comment


Link to comment
Share on other sites

Posted

mwahahahaha, makasih infonya mba'e nanti main2 ke blog aku bulan juni akhir yah, mungkin aq uda posting di sana www.initial-hkos.blogspot.com

Share this comment


Link to comment
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!


Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.


Sign In Now