Jump to content
Forum Jalan2.com - Silahkan Berbagi & Bertanya Tentang Tujuan Wisata Anda
  • entries
    98
  • comments
    1,143
  • views
    67,625

Sate Maranggi Cibungur, Yang Wajib Di Coba Dari Purwakarta

deffa

1,875 views

 

 

Hola Deffa Here !!!

Jadi long weekend akhir tahun 2015 lalu saya bingung dengan jadwal liburan yang sangat banyak tapi dengan kondisi Finansial yang menipis, tapi tetap ingin jalan-jalan hehehe. Usut punya usut dan ulik punya ulik. Akhirnya saya putuskan untuk ke Purwakarta deh penasaran dengan Sate Maranggi nya. Walaupun pernah coba sate maranggi yang di Bandung. Tapi tetap lebih afdol jika mencoba langsung di tempat asalnya

Nah dari riset via mbah Google dan mungkin kalian juga sudah kenal dengan satu nama restoran Sate Maranggi yang cukup terkenal yaitu SATE MARANGGI CIBUNGUR

Selain khas bumbu sate nya dan juga lokasi nya yang mudah, restoran ini terkenal selalu penuh, bahkan weekdays sekalipun apalagi pas long weekend musim liburan. Tapi ya nikmatin aja ya hehehe

Berikut Review nya

IMG_1193.JPG.033cee1817afb6eae846a6340c9

LOKASI

Alamat : Jalan Raya Bungursari, Cibungur, Bungursari, Kec. Purwakarta, Jawa Barat

Telepon : (0264) 351077

Buka : Tiap Hari | 07.00 - 21.00 WIB

Google Map : KLIK

Sangat lah mudah mencari lokasi nya, jika kalian dari arah Jakarta atau pun Bandung, menggunakan kendaraan pribadi cukup masuk Tol Cipularang dan keluar Tol Sadang ya, ingat keluar Tol Sadang bukan yang Purwakarta. Karena lebih dekat Tol Sadang daripada Tol Purwakarta. Lalu ketemu perempatan Mall Ramayana Sadang belok ke kiri, lurus saja sekitar 5 km akan ketemu di sisi kanan. Atau cek Google Map dengan kata kunci Sate Maranggi Cibungur

maranggi1.jpg.6f60c4534d14554bb87bca2243IMG_1191.JPG.a68ba9665663402fbbaa09dda2c

MENU

Untuk menu cukup beragam walaupun sajian utama nya adalah Sate baik Kambing, Ayam dan Sapi namun juga terdapat Soto, dan Ikan Bakar juga. Dan juga yang jadi favorit selain sate adalah Es Kelapa Muda nya yang menggunakan sirup Limun loh

IMG_1169.JPG.ec740976612e1a743c867b743e5

HARGA

Karena ini tempat yang cukup terkenal jadi saya rasa harga yang di tawarkan juga Murah ke Menengah ya untuk ukuran orang Jakarta dan Bandung sekalipun

Range Harga : Rp. 10.000 - Rp. 50.000

  • Sate Maranggi Kambing 10 Tusuk = Rp. 40.000
  • Sate Marangg Sapi 10 Tusuk = Rp. 40.000
  • Es Kelapa Muda = Rp. 15.000
  • Soto Ayam Purwakarta = Rp. 15.000
  • Nasi = Rp. 6.000
  • Es Jeruk = Rp. 12.000

REVIEW

FYI Sate Maranggi, kata Maranggi ini bahasa Sunda dari kata Manggih atau Manggihan artinya Ketemu atau Bertemu atau Menemukan. Ini memang sate asli Khas Purwakarta ya, yang sekarang lagi hits dengan Bupati nya Dedi Mulyadi :D

Sate Maranggi ini sendiri dari sate nya sama hal nya dengan sate lainnya berupa daging ayam / sapi / kambing yang di bakar di bara api (arang). Namun yang membedakan adalah saus nya. Jika Sate pada umum nya yang kita temui menggunakan Bumbu Kecap atau pun Bumbu Kacang ini biasanya Sate Madura. Namun untuk Sate Maranggi ini menggunakan bumbu Sambal Tomat. Yang sudah di racik sedemikian rupa. Menjadi lezat dan khas. Orang Sunda memang suka Pedas yang Manis :)

Pertama kali ke Purwakarta menyetir mobil sendiri ternyata saya salah keluar pintu tol, harusnya Sadang saya malah keluar Pintu Tol Purwakarta, karena dari Bandung memang lebih dekat pintu Tol Purawakarta seh. Langsung menuju Sate Maranggi Cibungur yang di tunjukkan oleh Google Maps.

Tiba di pelataran parkir nya buset saya sudah melihat langsung antrian, yang saya pikir tadi antrian sembako hahah. Ternyata antrian untuk mengambil Sate nya, karena sistem disini Self Service mirip Prasmanan gitu. Oh ya parkiran nya cukup luas kok jadi banyak Mobil yang parkir walaupun masih musim liburan tapi tetap dapat tempat parkir.

IMG_1167.JPG.e05a7b2dd4676b1b8d9f187bfe4IMG_1192.JPG.7006c234122e6ce32b3e835efaa

Seperti kalian lihat Restorannya seperti Hanggar Pesawat ya, yang terbuka dan luas. Yup seperti itu lah dan karena ramai nya saya harus keliling mencari tempat yang kosong dan berbagi dengan tamu lainnya. Setelah mendapat tempat kosong, pelayan akan datang dan membawakan secarik kertas yang isi nya menu (seperti di atas bagian MENU). Lalu kita pilih sesuai selera, nah unik nya disini kita ambil sendiri menu yang kita pilih dengan tetap membawa kertas Menu tadi. Dan disini lah mulai Antri Sembako, yang mengular sampai ujung. Tapi tetap kalian harus antri ya

IMG_1170.JPG.7d117393f43e7e4e72a860110cb

Pas ditengah antrian saya melihat sesi pembakaran Sate dan Ikan nya seru juga asap ngepul dimana-mana dan Tusuk Sate yang saya lihat bertumpuk mungkin ribuan ya, kebayang Omset nya perhari berapa Juta atau Milyar mungkin hahahha

IMG_1172.JPG.2351be9d8d9091342c47d9d029aIMG_1175.JPG.e248f3a167c74cf119b14efae71

Ketika udah di bagian depan kita akan berhadapan dengan Pelayan yang menanyakan Menu Pilihan kita, berikan saja kertas nya dan dia akan memberikan Pesanan kita yang berupa Sate Kambing dan Sate Sapi Maranggi (sesuai pesanan). Disini ada pelayan yang akan membawakan pesanan kita ke meja dengan nampan nya, namun jika kita masih ada pesanan dari Menu kita itu. Kita harus muter cari semacam Stand nya. Saya ada pesanan Soto Ayam, Es Jeruk dan Es Kelapa Muda. Ya mampir ke Stand nya yang dekat situ juga, jadi Semi Prasmanan ya

Oh iya yang unik adalah Es Kelapa Muda dan Es Jeruk nya, kenapa unik ? Karena pemanis nya bukan menggunakan Gula, namun yang saya rasakan ini seperti pemanis Es Limun. Jika kalian angkatan 80 - 90 pasti pernah mendengar Es Limun yang terbuat dari perasan air Tebu Manis. Jadi manis nya unik gak bisa di ungkapin deh hehehhee. Oh ya gelas nya juga unik menggunakan Gelas Stainless Steel jadi Es nya kerasa dinginnya

IMG_1179.JPG.46565a3e1ea3a3dbc26dcc4c4f1IMG_1189.JPG.88cd7a590c9118c450f49d02df8

Setelah semua Menu kita ambil ya balik ke Meja Makan kita tadi, ya beginilah penampakan Restoran nya yang penuh sesak tapi ya enjoy aja seh, konon katanya bukan cuma Musim Liburan aja tapi hari biasa pun tetap Rame seperti ini. Jadi kalian yang mau kesini harap SABAR ya hehehe

IMG_1180.JPG.5f105881e0aa835d6c5fd9ccb2a

Yang pertama saya coba adalah Soto Purwakarta nya. Yang jika kita lihat sepintas ini Soto Ayam kuah bening dengan banyak taburan Kacang Tanah. Rasa kacang tanah nya terasa sekali di kuah nya, saya jadi ingat dengan Soto Bandung yang juga mirip, namun di Soto Purwakarta ini tidak terdapat Lobak yang banyak menghiasi di Soto Bandung. Jadi rasa kuah Soto ini mix antara gurih nya bumbu dengan Kacang Tanah

 IMG_1186.JPG.8804cb2fc5a4dc9360b6e51f4c4

Untuk rasa Sate Sapi nya daging nya masih agak terasa alot ya mungkin belum terpanggang merata namun tetap enak, nah sedangkan Sate Kambing nya ini saya suka sekali, daging nya benar-benar Kambing Muda, yang empuk. Walaupun ukuran daging nya tidak begitu besar jika di bandingkan dengan Sate Hadorie dan Sate Pak Gino Sidareja Bandung. Namun daging dan gajih (lemak) nya tetap enak kok. Ditambah lagi yang khas itu bumbu Maranggi nya yang berupa irisan Tomat di campur Cabe dan bumbu lain nya. Tambah nikmat aja itu Manis nya daging Kambing Muda bercampur Asam Manis Pedas nya bumbu Maranggi klop, serasa sedang berjalan di bara api lalu di siram air dingin dan tidur di kasur empuk eeaaa

Oh iya satu lagi yang harus kalian tahu yaitu Nasi nya. Nasi nya di bungkus daun pisang dan berukuran kecil loh, ya sedikit sekali nasi nya. Walaupun tetap enak nasi yang di bungkus daun pisang. Namun jika kalian yang terbiasa dengan Nasi Padang, pasti akan melihat jauh sekali perbedaan banyak nya Nasi hhehheeh

IMG_1187.JPG.1f41d7bd95bdc71ea5ddea0a13f

 

"Apa bedanya Soto ama Situ ?

Kalo Soto di Mangkok, kalo Situ di Hatiku"



19 Comments


Recommended Comments

4 minutes ago, HarrisWang said:

Ya ampun, irisan tomat di sate nya segar banget, udah mendunia sih ini tapi belum pernah sempat nyobain :( 

Rame nya sih ga nahan ya, saking fenomenalnya.

yoi kudu SABAR :P 

Share this comment


Link to comment
14 minutes ago, kyosash said:

wah berasa ada yg manggil nih :P , btw satenya menggiurkan :D 

jiahah kudu SABAR dan SETIA :P 

@semicolon

ya kalo dari arah purwakarta dia ke kanan tapi kalo keluar nya dari tol Sadang ke kiri dia

Share this comment


Link to comment

Wah ini sate juara banget...enak dan besar2 potongan dagingnya. Terlepas dari gosip katanya ada mahluk halusnya. Sate di purwakarta ini emg belum ada yg nandingin sih. Jadi kangen purwakarta. 3 tahun saya tinggal disini pas dpt penempatan disini. Sebenernya deket sate ini ada juga tukang bakso yg terkenal. Lupa namanya tapi:D

Jangan lupa oleh2 simping purwakartnya kriuk2. Sama ayam sambel hejo. (Dibandung juga ada sih ini mah) 

Wah ini sate juara banget...enak dan besar2 potongan dagingnya. Terlepas dari gosip katanya ada mahluk halusnya. Sate di purwakarta ini emg belum ada yg nandingin sih. Jadi kangen purwakarta. 3 tahun saya tinggal disini pas dpt penempatan disini. Sebenernya deket sate ini ada juga tukang bakso yg terkenal. Lupa namanya tapi:D

Jangan lupa oleh2 simping purwakartnya kriuk2. Sama ayam sambel hejo. (Dibandung juga ada sih ini mah) 

Share this comment


Link to comment
1 hour ago, Anggitalip said:

Wah ini sate juara banget...enak dan besar2 potongan dagingnya. Terlepas dari gosip katanya ada mahluk halusnya. Sate di purwakarta ini emg belum ada yg nandingin sih. Jadi kangen purwakarta. 3 tahun saya tinggal disini pas dpt penempatan disini. Sebenernya deket sate ini ada juga tukang bakso yg terkenal. Lupa namanya tapi:D

Jangan lupa oleh2 simping purwakartnya kriuk2. Sama ayam sambel hejo. (Dibandung juga ada sih ini mah)

 

wah kalol yang gosip makhluk halus nya baru denger tuh hahah

ya ayam sambal hejo ada banyak di bandung

 

Share this comment


Link to comment
Just now, Selvia Dewartsi said:

pernah kesini. pas ke bandung naik motor, baliknya mampir sini nih, buat merasakan dasyatnya sate itu.

terus kapok. kapok ke bandung naik motor :( haha tapi gak kapok sama sate ini.

hahaha jauh ya ke Bandung naik Motor 6 jam an kalo gak salah dari jakarta :D 

Share this comment


Link to comment
Just now, deffa said:

hahaha jauh ya ke Bandung naik Motor 6 jam an kalo gak salah dari jakarta :D 

5 jam sih aa pas itu. his kapok lah. mending kereta atau travel :p

"Apa bedanya Soto ama Situ ?

Kalo Soto di Mangkok, kalo Situ di Hatiku"

 

EAAAAA LEH UGA INI

Share this comment


Link to comment
On 1/26/2016 at 10:15 AM, Selvia Dewartsi said:

5 jam sih aa pas itu. his kapok lah. mending kereta atau travel :P

"Apa bedanya Soto ama Situ ?

Kalo Soto di Mangkok, kalo Situ di Hatiku"

 

EAAAAA LEH UGA INI

situ di hati siapa nenk eeeaaa :P 

Share this comment


Link to comment
25 minutes ago, Kurniadi said:

mantap neh sate...harus coba ui.....alamat jelasnya dmn ya om?????

lah itu di atas udah ditulis kan

ada Google Map nya pula :D 

Share this comment


Link to comment
×
×
  • Create New...