• entries
    225
  • comments
    1,461
  • views
    10,376

(thailand) berangkat dan pengenalan : edisi bangkok - pattaya bersama IAM (1)

Hartono Hasian

203 views

saat baru pulang dari yogyakarta cilacap, sudah mendapat informasi , bahwa IAM (teman teman satu angkatan waktu di kampung) akan melakukan perjalanan ke bangkok – pattaya dengan biaya hanya Rp.5 juta untuk 4 hari 3 malam,  all in, pesawat, makan, tiket wisata, tiket show, transportasi selama di thailand dan biaya lainnya, kecuali biaya pribadi, wah, murah kali, langsung saja , ok, ikut

kalau waktu ke yogyakarta cilacap , rombongan kami adalah teman kelas C waktu SD SMP, maka IAM adalah teman satu angkatan, jadi kami merupakan teman teman 1 angkatan waktu masih SD SMP,  ada peserta dari medan, dari papua, dari singapore, dari surabaya dan dari tempat lainnya, berkumpul bersama.

tiba waktunya pada tanggal 1 juni 2017, kami berkumpul di bandara soekarno hatta terminal 2 E, keberangkatan kami relatif lancar, sebab peserta rata rata datang ontime, dan pesawat Thai Lion yang kami gunakan juga berangkat relatif ontime, terbanglah kami menuju bandara Dong Mueang International Airport , bangkok , thailand

18740784_10155229206153213_9112225476607214662_n
18835698_10155229201823213_1461983681600869768_n
18893011_10155229203243213_7845354343743816484_n

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

selama di pesawat, ternyata ada peserta yang kelaparan, soalnya ternyata di pesawat Thai Lion tidak diberi makanan dan minuman, sedangkan yang di jual, hanya snack, heheheheh, pengalaman.

sesampai di bandara Dong Mueang, ternyata ada sedikit masalah, ada peserta yang tidak bisa lewat imigrasi, masalah cuma sepele, dia tidak tulis alamat hotel, padahal saya yang lewat duluan, tidak tulis alamat hotel juga, dikasih lewat, aneh, akhirnya semua bisa terselesaikan, setelah keluar dari imigrasi, kami sudah di jemput oleh tour guide, tour guide ini bukan tour guide utama, tapi tour guide utama sedang menjemput peserta lain di bandara suvarnabhumi,

keluar pintu utama bandadra dong mueang , sudah sangat banyak yang menawarkan kartu smartphone, saya tidak membeli, karena saya sudah setting kartu simpatikku dari bandara jakarta, PERHATIAN : bagi anda yang akan setting kartu Indonesia untuk di gunakan di luar negeri, settingnya pas mau masuk pesawat, karena jam nya di hitung dari jam anda setting, supaya bisa lebih lama pakai di luar negeri, kalau sehari punya, 24 jam, maka 24 jam di hitung dari saat anda setting/ beli untuk pakai diluar negeri.

sedangkan peserta lain juga tidak beli, karena di janjikan nanti beli di tour guide dengan harga lebih murah (padahal harga sih ngak beda jauh), dan belinya nanti pas di food court meeting point

selama perjalanan dari bandara dong mueang dengan bis pariwisata double decker menuju meeting point yang ada diseberang asiatique, kami mendengar celotehan tour guide sebagai berikut :

bandara Dong Mueang adalah bandara lama bangkok , sebelum pindah ke suvarnabhumi airport, tetapi karena bandara suvarnabhumi tidak mampu menampung lagi, akhirnya bandara Dong Mueang dibuka kembali setelah selesai di renovasi, bandara Dong Mueang umumnya di gunakan untuk pesawat budget.

sedangkan thailand sendiri sebenarnya berarti tanah kebebasan , karena thailand sendiri tidak pernah di jajah oleh bangsa lain,

 

tahukah anda, bangkok adalah ibu kota provinsi thailand yang ke 4, urutannya adalah sebagai berikut :

  1. Sukhothai (tahun  1238 – 1350 )

Raja yang menyulap Sukhothai menjadi ibukota Thailand bernama Ramkhamhaeng. Ialah yang menciptakan alfabet Thailand, sekaligus mendirikan pondasi politik dan agama di Negeri Gajah Putih itu. Nama Sukhothai punya makna yang cantik: “terbitnya kebahagiaan”. Makna ini tak main-main. Sukhothai bertahan jadi ibukota Thailand selama 120 tahun, lintas generasi.

Sukhothai Historical Park adalah buktinya. Komplek sejarah seluas 70 Km2 ini punya reruntuhan 21 kuil dari abad ke-13. Komplek ini adalah mahakarya Raja Sukhothai.

Reruntuhan puluhan kuil tersebut tersebar di lanskap hijau, dengan lebih dari 200 kanal dan danau buatan yang sangat cantik. Sukhothai Historical Park, bersama beberapa situs lain di Old Sukhothai yaitu Ramkhamhaeng National Museum, Ramkhamhaeng National Park, Sri Satchanalai National Park, The Royal Palace, dan Wat Mahathat adalah Situs Warisan Dunia yang didaulat UNESCO.

Kalau Anda ingin melihat reruntuhan bangunan yang lebih sepi dan jarang dijamah wisatawan, bertolaklah ke Sri Satchanalai Historic Park. Terletak 55 kilometer dari Old Sukhothai, tempat ini punya atmosfer yang lebih tenang.

 

2. Ayutthaya (tahun  1350 – 1767)

jarak dari bangkok ke ayutthaya hanya memerlukan perjalanan darat sekitar 2 jam, ukuran perjalanan yang tidak terlalu jauh.

Kerajaan Ayutthaya merupakan kerajaan bangsa Thai yang berdiri pada kurun waktu 1351 sampai 1767 Masehi. Nama Ayyuthaya diambil dari Ayodhya, nama kerajaan yang dipimpin oleh Sri Rama, tokoh dalam Ramayana,  Pada tahun 1350 Raja Ramathibodi I (Uthong) mendirikan Ayyuthaya sebagai ibu kota kerajaannya dan mengalahkan dinasti kerajaan sikhothai, yaitu 640 km ke arah utara, pada tahun 1376.

 

Peninggalan yang cukup menarik dari kota tua Ayutthaya hanyalah puing-puing reruntuhan istana kerajaan. Raja Taksin lalu mendirikan ibukota baru di Thonburi, yang terletak di seberang sungai Chao Phraya berhadapan dengan ibukota yang sekarang, Bangkok. Peninggalan kota bersejarah Ayutthaya dan kota-kota bersejarah sekitarnya yang terdapat pada lingkungan Taman Bersejarah Ayutthaya telah dimasukkan oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia UNESCO. Kota Ayutthaya yang baru kemudian didirikan di dekat lokasi kota lama, dan sekarang merupakan ibukota dari Provinsi Ayutthaya.

3. Thonburi  (1767 – 1782)

 

thonburi adalah ibu kota thailand sebelum bangkok, lokasinya hanya di seberang bangkok saat ini, yang dipisahkan oleh sungai chao phraya

Thon Buri  adalah wilayah modern Bangkok. Ini adalah ibukota Thailand sejak 1767-1782, selama pemerintahan Raja Taksin, setelah sebelumnya ibukota Ayutthaya dijarah oleh Burma. Tempat ini terletak di tepi berlawanan dari Sungai Chao Phraya ke Bangkok. Sebelum menjadi ibukota, Thon Buri adalah kota pertahanan penting di mulut sungai.

Raja Rama I memindahkan ibukota ke Bangkok pada 1782. Thon Buri tetap sebuah kota independen dan provinsi, sampai ketika terjadi penggabungan ke Bangkok pada tahun 1972. Thon Buri tetap kurang berkembang dari sisi lain dari sungai. Banyak saluran air kecil tradisional, Khlong, masih ada di sana, sementara mereka hampir hilang dari sisi lain sungai.

4. Bangkok (1782 sampai sekarang )

kalau bangkok sendiri sebenarnya mempunyai nama yang sangat panjang, disebutkan sebagai nama ibu kota terpanjang di dunia saat ini , ” Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit”  yang artinya “Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu” tapi biasa cuma disebut Krung Thep Mahanakhon “Kota Para Malaikat”

sedangkan nama bangkok sendiri berasal dari Bang Makok, Bang sebutan dalam bahasa Thailand bagian Tengah untuk kota atau desa yang berlokasi di tepian sungai, dan Makok (มะกอก) adalah nama dalam bahasa Thailand untuk spondias pinnata, spondias mombin, atau Elaeocarpus hygrophilus  (tanaman yang menghasilkan buah seperti buah olive), atau Bang Koh, Koh berarti “pulau”, merujuk kepada suatu wilayah yang terukir oleh sungai-sungai dan kanal-kanal., dan nama bangkok dipakai sampai sekarang oleh bangsa asing.

selama perjalanan, kemacetan yang sama terjadi sebagaimana seperti di jakarta, jadi ya, gitu lah, jalannya tidak bisa cepat, akhirnya sampailah di food court depan asiatique, cerita tour guide sementara juga disudahi, saat nya makan



10 Comments


Recommended Comments

19 minutes ago, Titi Setianingsih said:

panjang amat namanya om ???

ya tuh,  Hahahahaha,  rekor dunia untuk nama ibu kota terpanjang

11 minutes ago, deffa said:

Saya belum sempat aja mau ke ayuthaya

ayo, berangkat, cuma 2 jam dari bangkok

Share this comment


Link to comment
52 minutes ago, Rawoniste said:

Saya yakin orang thai sendiri tidak byk yg hapal nama panjangnya Bangkok 

ya ,mungkin,  soalnya ada versi pendek nya

22 minutes ago, deffa said:

udah 2 kali tiket PP nya angus karena batal berangkat hahah :D 

loh, kok bisa

Share this comment


Link to comment

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now