• entries
    193
  • comments
    1,390
  • views
    8,398

(Bangkok) Kuil Erawan bangkok : tempat doa perlindungan dari marabahaya, kesehatan, keluarga dan anak (termasuk minta punya anak), keberuntungan dan rezeki di bangkok : edisi bangkok – pattaya bersama IAM (16)

Hartono Hasian

371 views

 

 

https://balebaleku.wordpress.com/2017/07/02/thailand-platinum-mall-dan-skywalk-bangkok-edisi-bangkok-pattaya-bersama-iam-15/

skywalk di bangkok memang luar biasa, membuat orang berjalan kaki dengan sehat, juga mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, semoga gubenur DKI jakarta yang baru terpilih , bisa membuat gebrakan bikin skywalk di Jakarta, yang sambung menyambung sampai puluhan kilometer.

lewat skywalklah saya berjalan dari platinum mall ke lokasi Dewa 4 muka di Erawan, sangat mudah sekali perjalanannya, selain di skywalk selalu ada petunjuk jalan, juga jika anda ingin melewati 1 gedung yang di lewati skywalk (silakan baca tulisan sebelumnya tentang skywalk ini) , anda akan di periksa tasnya oleh keamanan disana, jadi anda bisa tanya langsung tujuan kamu, kamu akan di kasih tahu

orang di bangkok memang sudah sadar wisata, dengan bahasa english khas thailand yang kadang tidak dimengerti, tapi mereka berusaha untuk melayani wisatawan mancanegara, jadi tidak heran, kalau bangkok pada tahun 2016 menjadi kota yang paling banyak di kunjungi wisatawan seluruh dunia, mengeser kota London yang sebelumnya menduduki posisi puncak.

Kuil Erawan ini sering tidak di lewati oleh yang beragama hindu atau agama Buddha dari seluruh dunia, di Thailand mayoritas adalah agama Buddha, tapi budaya hindu sangat kental sekali, sehingga kadang susah dibedakan mana yang hindu dan mana yang Buddha, terutama bagi yang bukan bergama Buddha atau Hindu, atau yang beragama hanya sebatas pengakuan atau agama KTP, demikian juga turis yang bukan beragama Hindu atau Buddha juga mampir ke lokasi ini, paling tidak sekedar untuk meminta berkah atau melihat lihat.

IMG20170603160934

Kuil Erawan adalah rumah bagi Than Tao Mahaprom ( Phra Phrom) yang juga adalah Dewa Brahma, Brahma yang memiliki 4 wajah dalam manifestasi ini memiliki sifat kebaikan, belas kasih, simpati, dan keadilan, sedangkan penyebutan kadang kadang di sebut sebagai dewa 4 wajah atau bagi sebagian orang yang beragama Buddha suka di sebut sebagai Buddha 4 wajah, penyebutan tergantung masing masing lah,saya ngak ikut campur, walau penyebutan tersebut kadang agak aneh, hehhehee

IMG20170603161749

sedangkan empat wajah Buddha pun memiliki arti masing-masing, Wajah bagian depan adalah tempat berdoa meminta perlindungan dari marabahaya. Wajah sebelah kanan untuk meminta doa kesehatan. Wajah bagian belakang untuk mendoakan keluarga dan anak. Yang terakhir, wajah sebelah kiri untuk meminta hoki dan rezeki, nah, bagi anda yang percaya, boleh mencoba , tapi dengar dengar info, banyak yang berhasil doanya disini loh.

mudah sekali anda menemukan lokasi ini, jika anda tidak bisa menemukan, anda bisa ambil petunjuk jalan ke Grand Hyatt Erawan, nah, lokasi kuilnya terletak di depan hotel mewah tersebut

IMG20170603161233

saat saya tiba di lokasi ini, ramai sekali orang sedang bersembahyang , berbagai bunga dan buah disediakan dalam ritualnya. Selain itu juga  diadakan pertunjukan tarian Klasik Thailand , dimana orang yang ingin bersembahyang, berlutut di depan Dewa tersebut, dan penari di belakang orang tersebut akan menari nari.

InkedInkedIMG20170603161138_LI

awalnya saya tidak tahu arti tarian tersebut, tetapi dari berbagai informasi yang  di dapat ada 3 versi  :

  1. Terdapat sebuah cerita tentang seorang wanita yang sedang dilanda permasalahan dan tidak tahu kemana harus bersandar. Ia datang ke hadapan patung dewa Brahma yang kebetulan ia lihat di pojok sebuah hotel. Ia memohon penyelesaian masalah di hadapan Phra Phrom dan bertekad bahwa kalau masalahnya bisa terselesaikan, ia akan menari telanjang di hadapan patung. Ternyata permasalahannya benar-benar selesai dan wanita itu melakukan tekadnya. Peristiwa ini menjadi sensasi besar bagi masyarakat dan para pemandu wisata mempropagandakan cerita tersebut kepada para pelancong manca negara, terutama yang berasal dari wilayah Asia , sehingga tidak heran akhirnya saya bisa melihat tarian tersebut, walau dengan balutan pakaian tradisional thailand, tidak telanjang lah, hahahhah
  2. Pengunjung kuil ini menyewa penari tradisional Thailand untuk menari sebagai wujud terima kasih karena permohonan mereka di kabulkan, karena Dewa brahma menyenangi tarian tarian
  3. Pengunjung kuil menyewa penari Tradisional thailand untuk menari , supaya doa mereka lebih di dengar atau di restui Dewa tersebut, karena dewa tersebut menyukai tarian

versi mana yang lebih benar, ntah lah, atau semua versi benar atau semua versi merupakan karangan, bagi saya tidak penting, yang penting semua bergembira dan bertujuan baik.

dari berbagai sumber, di dapat bahwa  sejarah Kuil Erawan dibangun pada tahun 1965 menyusul pembangunan salah satu hotel mewah milik pemerintah, Hotel Erawan (kini berganti nama menjadi Grand Hyatt Erawan).

Namun pembangunan hotel sempat terhenti lantaran banyak masalah yang terjadi seperti kekurangan biaya, kecelakaan pekerja, hingga keterlambatan pengiriman bahan bangunan,  yang pada akhirnya para pekerja menolak untuk meneruskan penyelesaian konstruksi hotel.

Seorang penasehat,  memberi masukan kepada pihak hotel untuk membangun kuil untuk melawan masalah masalah yang terjadi  tersebut.

Patung Brahma yang dipajang di Kuil Erawan didesain dan dibangun oleh Departemen Seni Rupa Thailand pada 9 November 1956. Setelah pembangunan kuil selesai, pembangunan hotel kembali berlanjut dengan lancar, tanpa adanya masalah yang terjadi.

Pada 21 Maret 2006 dini hari, kuil pernah dirusak oleh seorang pria yang menderita gangguan jiwa. Setelah merusak patung dengan palu, Thanakorn Pakdeepol, 27 tahun, dipukuli hingga tewas oleh massa yang berada di sekitar kuil.

saat itu , sebuah putih diletakkan di tengah kuil untuk menutupi bagian patung Brahma yang rusak. Kuil ditutup untuk umum sementara waktu, namun tak lama dibuka kembali dan terpajang foto Brahma untuk menggantikan sosok patung sehingga para umat Hindu tetap bisa berdoa.

Patung Brahma yang baru dipajang kembali pada 21 Mei 2006 pada sekitar pukul 11:39 waktu setempat, atau tepat pada saat matahari bersinar tepat di atas kuil.

selanjutnya pada tanggal 17 agustus 2015, kuil tersebut juga pernah di ledakan teroris, tapi dengan secepatnya tgl 19 agustus 2015, kuil tersebut sudah dibuka kembali untuk umum, ledakan tersebut hanya mengakibatkan kerusakan yang sangat kecil sekali pada rupang dewa tersebut.

jika anda ke bangkok, boleh lah anda berdoa disini, siapa tahu, masalah anda yang susah diselesaikan, setelah berdoa disini, langsung selesai dengan baik.

oh ya, di Jakarta, ada juga lokasi yang mirip dengan di Bangkok ini, tepatnya di dekat hotel Aston Cengkareng, dekat rumah ku loh, hehehhehe, dan katanya ini juga sangat mujarab bagi yang doa disini, dan bentuknya mirip banget dengan yang di thailand.

 



23 Comments


Recommended Comments

1 minute ago, Hartono Hasian said:

dari skywalk juga jelas kelihatan:) , @twindry  sudah jauh jauh ke jepan, tapi yang dekat saja belum pernah, hehehe

hahah saya perhatiin nya kerumunan nya rame juga soal nya 

Share this comment


Link to comment
Just now, deffa said:

hahah saya perhatiin nya kerumunan nya rame juga soal nya 

hahahahhaa, kalau mendekat, pasti banyak dengar orang bicara bahasa indonesia, baik bahasa nasional maupun daerah , hehehe

Share this comment


Link to comment
8 minutes ago, Hartono Hasian said:

hahahahhaa, kalau mendekat, pasti banyak dengar orang bicara bahasa indonesia, baik bahasa nasional maupun daerah , hehehe

kalau bahasa indonesia mah paling banyak di Platinum Mall om :D 

Share this comment


Link to comment
2 hours ago, Hartono Hasian said:

dari skywalk juga jelas kelihatan:) , @twindry  sudah jauh jauh ke jepan, tapi yang dekat saja belum pernah, hehehe

bahaha :D kalo saya mah yang jauh dulu baru yang dekat. karena yang jauh ntah kapan baru bisa ke sana lagi. hehehe

Share this comment


Link to comment
19 minutes ago, twindry said:

bahaha :D kalo saya mah yang jauh dulu baru yang dekat. karena yang jauh ntah kapan baru bisa ke sana lagi. hehehe

bisa sob banyak promo :D 

Share this comment


Link to comment
50 minutes ago, twindry said:

tiket sih promo. biaya hidupnya yang ngak promo mod :D 

iya nih gue kepikiran itu euy mana double pula wkwkwk

Share this comment


Link to comment
16 hours ago, deffa said:

iya nih gue kepikiran itu euy mana double pula wkwkwk

jiahahahah :D bentar lagi juga kyknya gua ikut merasakan apa yang lu rasain skrg mod wkakaak. jadi musti nabung dobel deh

Share this comment


Link to comment
1 hour ago, twindry said:

jiahahahah :D bentar lagi juga kyknya gua ikut merasakan apa yang lu rasain skrg mod wkakaak. jadi musti nabung dobel deh

wah, kapan  ?, kapan ? biar orang KJJI siapin waktu ramai ramai hadir, hehehe

Share this comment


Link to comment
1 hour ago, Hartono Hasian said:

wah, kapan  ?, kapan ? biar orang KJJI siapin waktu ramai ramai hadir, hehehe

nantikan tanggal nya :D biar rame yang datang ya wakak

Share this comment


Link to comment
14 minutes ago, twindry said:

nantikan tanggal nya :D biar rame yang datang ya wakak

kalau ddakan mah pada ngak bisa, pasti pada lagi travelling, betul ngak @deffa @sahat

Share this comment


Link to comment
20 hours ago, twindry said:

nantikan tanggal nya :D biar rame yang datang ya wakak

 

20 hours ago, Hartono Hasian said:

kalau ddakan mah pada ngak bisa, pasti pada lagi travelling, betul ngak @deffa @sahat

ya pengen juga seh sekali2 bikin Gath Nas nya ke Luar Negeri yang gampang Thailand dlu boleh lah heeheheh

Share this comment


Link to comment
On 7/9/2017 at 10:46 AM, Hartono Hasian said:

langsung laksanakan :)

cek om dah masuk lom notifikasi nya

On 7/9/2017 at 10:46 AM, Hartono Hasian said:

langsung laksanakan :)

cek om dah masuk lom notifikasi nya

Share this comment


Link to comment
On 7/8/2017 at 9:53 AM, qncjellygamat said:

 mohon bimbingannya dong :senyum

bimbingan pernikahan ?

14 hours ago, deffa said:

cek om dah masuk lom notifikasi nya

cek om dah masuk lom notifikasi nya

sip, kenyang sarapannya :)

Share this comment


Link to comment

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now