• entries
    225
  • comments
    1,461
  • views
    10,357

(Yogyakarta) Vihara Jina Dharma Sradha, vihara yang bisa membuktikan sikap toleransi, edisi yogya-semarang bersama anggota waisak emporium 2017 (8)

Hartono Hasian

156 views

 

 

https://balebaleku.wordpress.com/2017/07/19/yogyakarta-restoran-seger-waras-rasanya-bikin-saya-terkangen-kangen-edisi-yogya-semarang-bersama-anggota-waisak-emporium-2017-7/

dalam perjalanan ini, karena kami berenam dari latar belakang agama Buddha, maka kami berkunjung ke sebuah vihara di daerah kidul, namanya Vihara Jina Dharma Sradha.

beruntung kami sampai di vihara yang beralamat di Jl. Wonosari-Pulutan No.16, Siraman, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851 bisa bertemu dengan bhante (bhikkhu) badra palo, sehingga kami ngobrol sebentar bersama beliau.

Vihara ini mempunyai sejarah yang panjang, berdiri sejak tahun 1981, dan sampai ini merupakan wihara induk yang membawahi wihara wihara buddhayana di gunung kidul

selain itu wihara ini juga membiayai anak asuh, anak asuh anak asuh tersebut, tinggal di asrama yang ada dalam kompleks wihara, mereka di latih dengan disiplin yang ketat, dana untuk anak asuh selain dapat dari donatur atau bantuan, anak asuh tersebut juga di ajarkan untuk bertani, dan hasil taninya digunakan untuk menopang kebutuhan baik di makan sendiri maupun di jual, dengan cara itu, supaya anak asuh memahami pentingnya pendidikan untuk kesejahteraan mereka.

dengan membantu anak anak asuh tersebut, maka diharapkan  anak anak mempunyai semangat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, karena tanpa pendidikan yang baik, susah untuk meningkatkan kesejahteraan

maka ada prinsip bahwa mereka untuk meningkatkan kesejahteraan mereka, mereka harus belajar dan belajar, setelah tamat sekolah, mereka juga di wajibkan untuk kuliah,

Selain  kegiatan rohani dan pendidikan bagi umat Buddha, Vihara juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, sosial budaya, peduli lingkungan dan lainnya.

Sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang berbhineka tunggal ika , baik dalam lingkungan terkecil berupa RT maupun padukuhan (dusun), setiap ada kegiatan kerja bakti atau gotong royong di sekitar, anak asuh Kusala Mitra dari lingkungan vihara, selalu  ikut serta berbaur dengan masyarakat , hal tersebut dilakukan supaya anak anak memiliki sifat tenggang rasa, disiplin, cinta lingkungan dan tetap memelihara kebersamaan.

selain itu, di Vihara Jhina Dharma Srada juga dilaksanakan donor darah  yang diikuti segenap umat Buddha se- Gunungkidul,

di Vihara ada seperangkat gamelan, sehingga ibu ibu PKK yang tanpa membedakan ke yakinan di padukuhan siraman dapat membentuk kelompok seni karawitan Sri Budoyo, mereka mengadakan latihan setiap malam senin, secara tidak langsung, ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap seni budaya dari Vihara.

selain kelompok seni karawitan, juga ada kelompok seni tari dan ketoprak dengan nama Merti Budoyo, yang dengan leluasa boleh menggunakan fasilitas kesenian yang di sediakan oleh Vihara.

sedangkan kegiatan lainnya juga kegiatan yang di tujukan kepada lingkungan dan masyarakat, seperti pemberian bantuan ribuan bibit tanaman kepada masyarakat, pengantaran air kepada masyarakat, sampai fasilitas perpustakaan yang terbuka untuk umum.

bila ada hajatan, maka kerja sama dengan warga sekitar baik sebagai tukang masak, atau pekerjaan lainnya, layaknya hajatan hajatan umum lainnya di daerah daerah , yang kerja sama secara erat.

dengan adanya kegiatan kegiatan tersebut , maka vihara bukan hanya berfungsi sebagai tempat ibadah saja, tapi vihara ikut berpartisipasi dalam mempertahankan kesenian dan budaya bangsa Indonesia, menjaga toleransi pada masyarakat yang berbhineka tunggal ika.

IMG20170522102646
IMG20170522102746


4 Comments


Recommended Comments

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now