• entries
    182
  • comments
    1,328
  • views
    6,439

(yogyakarta) gereja atau rumah doa ? , ayam atau merpati ? , gereja ayam yang terkenal akibat film AADC2, edisi yogya-semarang bersama anggota waisak emporium 2017 (15)

Hartono Hasian

157 views

 

 

https://balebaleku.wordpress.com/2017/07/28/yogyakarta-mengejar-sunrise-di-punthuk-setumbu-dari-seberang-borobudur-edisi-yogya-semarang-bersama-anggota-waisak-emporium-2017-14/

sehabis memburu matahari pagi, sunrise, di punthuk setumbu, kami berjalan kaki sekitar 30 menit melewati hutan dan jalan setapak menuju lokasi yang di kenal sebagai gereja ayam

IMG20170524062340

Gereja-Ayam-ini-lebih-terlihat-seperti-burung-dari-udara

teman teman langsung foto foto, tetapi saya lebih tertarik dengan apa, kenapa, dan kapan nya gereja ayam ini , jadi saya cari sedikit informasi baik dari petugas disana maupun bahan bahan yang tertempel di dinding

bangunan ini dibangun oleh pemilik yang bernama Daniel Alamsjah, kelahiran Jakarta,  konon menurut cerita nya , sipemilik mendapat pesan dari Tuhan untuk membangun sebuah rumah doa yang berbentuk merpati pada tahun 1988, jadi rumah ini adalah rumah doa yang berbentuk merpati, bukan gereja yang berbentuk ayam, mungkin banyak kesalah fahaman yang mesti di perbaiki, lebih tepat nya bangunan ini di sebut RUMAH DOA BUKIT RHEMA yang berbentuk merpati.

Daniel-Alamsjah_1

kenapa pilih Magelang, karena isterinya berasal dari Magelang, di tahun 1989, tahun dimana saya pertama kali kerja secara formal di sebuah bank dengan gaji Rp.60.000/bulan , sebelumnya selalu kerja informal (apa hubungannya ya, hehehehe, ngak ada hubungannya lah), lanjut, ya, ditahun 1989 dalam perjalanan ke magelang di mana keluarga isterinya berada, dia melihat betapa indahnya pemandangan di perbukitan sana , sama persis dengan mimpinya, sehingga dia berdoa setiap malam, bahwa dia harus membangun rumah doa disana , sehingga setahun kemudian, dia berhasil membeli tanah disana sebesar 3000 meter dengan harga Rp.2 juta rupiah, nilai uang yang cukup besar pada saat itu, sehingga pembayaran  dicicil selama 4 tahun, dan pembangunan dimulai tahun 1992

Rumah doa yang bertingkat 7  ini pernah menjadi pusat rehabilitasi  untuk terapi bagi anak-anak cacat, pecandu narkoba, orang gila dan pemuda terganggu, tapi akhirnya rumah doa ini pada tahun 2000 terpaksa di tutup, karena kekurangan biaya akibat konstruksi yang terlalu tinggi, tapi kenapa rumah doa ini bisa begitu terkenalnya, semua karena gara gara sebuah film , semenjak film AADC2, kembali  banyak sekali wisatawan berkunjung kesini.

saat ini , sedikit demi sedikit, rumah doa ini mulai di benahi, sehingga sudah lebih bersih dan rapi, saat ini sudah sekitar 60 persen sudah diselesaikan.

20150715-gereja-ayam06_20150715_143216
IMG20170524065206

 

 

 

 

 

 

pemandangan yang sangat indah, kami datang setelah dari mengejar sunrise di punthuk setumbu, sehingga kami disini ditemani udara pagi yang sangat segar, selain udara yang sangat segar, kami juga mendapat sajian singkong goreng gratis , singkongnya beda sama yang selama ini saya makan di jakarta, sangat enak, kalau boleh tambah, saya pasti minta tambah, sayang sekali , gak boleh , hehehe

IMG20170524071634

terus sejak rumah doa ini ditutup, bagaimana nasib penghuni yang dulu ada disini,? tenang saja, mereka ada di lokasi yang tidak terlau jauh dari rumah doa ini, ada teleponnya kok, kalau berminat, bisa telepon.

IMG20170524065226

wah, tadi dari punthuk setumbu kesini sih semangat, sekarang balik lagi ke sana, rasanya malas, sedangkan mobil ada disana, untung , temanku ini baik sekali, dia langsung naik ojek pergi ambil mobil, dan jemput kami di rumah doa sini, semoga kebaikan dia selalu ditemani rezeki yang besar.

IMG20170524074724
IMG20170524080614

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dibangunan ini , terdapat 15 kamar tidur yang ada di lantai bawah, bagian dari bangunan ini yang belum di renovasi, banyak coretan coretan seperti wanita telanjang, kata kata kotor, dan lain lain, bisa di mengerti, karena bangunan ini sempat terbengkalai cukup lama.

akhirnya saat kami mau pulang, kami ketemu orang terkenal, siapa dia ya ? sejujurnya, saya ngak kenal, tapi teman teman ku kenal, ada di kasih tahu , dulu artis kalau ngak salah, terus jadi pelatih fitnes atau aerobik gitu, orangnya sangat ramah, baik banget, sudah itu bicara nya juga sopan, salut, orang terkenal tapi baik. siapa ya ? mohon info

IMG-20170524-WA0018

 



13 Comments


Recommended Comments

Om @Hartono Hasian, itu Becky Tumewu. Presenter kalau sekarang. Ada di DAAI TV. Makasih infonya ya mengenai gereja ayam yg ternyata adalah rumah doa. Semoga dengan banyaknya wisatawan yang datang, rumah doa ini bisa segera mendapatkan cukup dana untuk biaya pemugarannya dan bisa kembali berfungsi seperti awalnya. 

Share this comment


Link to comment
13 hours ago, halimun said:

Om @Hartono Hasian, itu Becky Tumewu. Presenter kalau sekarang. Ada di DAAI TV. Makasih infonya ya mengenai gereja ayam yg ternyata adalah rumah doa. Semoga dengan banyaknya wisatawan yang datang, rumah doa ini bisa segera mendapatkan cukup dana untuk biaya pemugarannya dan bisa kembali berfungsi seperti awalnya. 

terima kasih untuk infonya

58 minutes ago, deffa said:

woh 60.000/bulan kalau di inflasikan dengan nilai sekarang kira2 berapa ya om @Hartono Hasian

ya bener kata @halimun itu becky tumewu terkenal dlu presenter gitu :D

wah, ngak tahu juga, 60 juta kali, hehehehhe

Share this comment


Link to comment
5 hours ago, deffa said:

wow gede berarti om hehe :D 

hahhahaha, itu asal hitung, saya cuma ingat, waktu itu harga rumah BTN untuk ukuran 45/90 di depok, itu harga nya Rp.31 juta, karena waktu itu mau ambil kredit, tapi di tolak hahahahah

Share this comment


Link to comment
3 minutes ago, Hartono Hasian said:

hahhahaha, itu asal hitung, saya cuma ingat, waktu itu harga rumah BTN untuk ukuran 45/90 di depok, itu harga nya Rp.31 juta, karena waktu itu mau ambil kredit, tapi di tolak hahahahah

wah bisa beli cash gue hahahah

Share this comment


Link to comment

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now