Sign in to follow this  
  • entries
    5
  • comments
    5
  • views
    933

Selamat Hari Kartini

Sign in to follow this  
Julia Intan Rohmana Putri

72 views

image.png.5670d77abeb7af77df6dee6e964e0439.png

Setiap tanggal 21 April tepat dihari ini selalu diperingati dengan Hari Kartini. Raden Ajeng Kartini atau R.A Kartini dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal memiliki semangat, kuat untuk memperjuangkan emansipasi wanita dikala beliau hidup. Beliau lahir tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara.

Mungkin saat ini kita tidak lagi merasakan keseruan memakai baju adat di sekolah / acara upacara dengan menyanyikan lagu ibu kita kartini lagi, namun yang pasti sifat-sifat teladan yang dimiliki ibu Kartini tentu memberikan motivasi pada kartini-kartini Indonesia untuk meneruskan perjuangannya, dan meniru sifat teladannya. Seperti apa saja sifat teladan R.A Kartini semasa hidupnya

1.Cerdas Dan Pintar

Sebagai motivator dan mengerahkan semangat juang pada sleuruh wanita di Indonesia, R.A Kartini memang memiliki tekad kuat dan rajin, dengan sifat dasar itulah yang membuat ia cerdas dan pintar bahkan bisa menghasilkan pemikiran-pemikiran yang kritis serta mampu membawa perubahan untuk bangsa Indonesia.

2. Ramah Dan Sopan

R.A Kartini sangat supel dalam bergaul, dihormati banyak orang karena ia sangat ramah dan sopan terhadap orang lain. Bukti bahwa ia ramah , supel dan sopan R.A Kartini memiliki teman wanita Belanda yakni Rosa Abendanon, dan Estelle “Stella” Zeehandelaar juga mendukung pemikiran-pemikiran yang diungkapkan oleh R.A Kartini melalui surat surat yang di tulis Kartini

3. Rendah Hati

Sekalipun R.A Kartini dilahirkan oleh keluarga bangsawan dan terpandang, Ia tidak pernah menunjukannya, yang ia perlakukan sehari-hari yakni merakyat tanpa membeda-bedakan kasta. Ia selalu rendah hati dan tidak pernah sombong dalam kehidupannya.

4. Patuh dan Menghormati orangtua

Buki bahwa R.A kartini mematuhi orang tuanya saat ayahnya melarang untuk melanjutkan studynya di Batavia ataupun ke Negeri Belanda , Kartini pun mematuhi perintahnya. Karena orang tuanya pernah mengatakan bawah anak wanita tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, walau punya pemikin sendiri, kartini selalu menghormati pendapat orang tuanya. Ia tidak membangkang / melakukan tingkah yang mengecewakan orang tuanya seperti ( mogok makan, kabur dari rumah atau yang lain sebagainya ) .

5. Optimis , Ambisius, Ulet dan Pantang Menyerah

Walau banyak hal yang menghalangi cita-citanya, Kartini tetap optimis dan berpikir positif. Ia tidak pernah menyerah dan tetap fokus memperjuangkan hak perempuan untuk bisa memperoleh pendidikan yang sama. Kalau kita punya cita-cita tinggi, kita juga harus berjuang walau beberapa hal menghalangi impian itu. Kartini juga sangat ulet dan pantang menyerah dalam mewujudkan cita-citanya. Ia juga pernah mengatakan kalimat motivasi yakni :

“Kejarlah kesuksesan hingga kamu tak perlu lagi memperkenalkan namamu karena mereka telah mengenalmu.”

6. Mandiri

Sebagai makhluk sosial, kita memang tidak bisa lepas dari bantuan orang lain. Tapi, tak ada salahnya kalau kita melakukannya sendiri selama kita mampu. Seperti R.A Kartini, meskipun kala itu dipingit, ia bisa mencari cara sendiri agar dirinya bisa berpengaruh bagi sekitarnya. Meskipun ia tidak disekolahkan tinggi-tinggi, ia belajar dengan cara menulis surat dengan para sahabat penanya dan belajar melalui pengalaman mereka. Hasilnya, ia bisa membangun sekolah Perempuan Pertama di Jawa.

7. Berjiwa sosial dan Penuh Kasih sayang

Ia selalu menyayangi anak-anak perempuan khususnya anak didiknya. Ia bahkan pernah mengatakan pada Nyonya Abendanon kalau ia selalu mengasihi anak-anak didiknya.

8. Sabar Dan Setia

R.A Kartini sangat setia dengan suaminya K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan seorang bangsawan dan juga bupati di Rembang yang telah memiliki tiga orang istri. Kartini setia sampai mati. Dan sekalipun dalam perjuangannya mengangkat hak-hak wanita / mengajak kartini-kartini Indonesia ke hal yang lebih baik lagi , ia juga sering sekali mendapat tantangan, cemoohan dari banyak orang. Tetapi Kartini selalu sabar untuk menghadapinya tanpa harus marah dan terus berjuang untuk mewujudkan cita-citanya.

9. Cinta Tanah Air Dan Bangsa

Kartini berjuang agar para wanita di negerinya bisa memiliki persamaan hak terutama hak untuk mendapatkan pendidikan yang nantinya para wanita bisa turut serta memberikan sumbangan demi kemajuan bangsa dan tanah air tercinta ini.

10.Gigih Dan Berani

Pada kala itu para wanita Indonesia memang dilarang untuk belajar, tetapi R.A Kartini berani menunjukan kegigihannya untuk mengajak wanita Indinesia berada dijalur yang benar dan tidak melakukan perbuatan tercela.

Nah itulah sifat teladan ibu Kartini yang harus generasi perempuan Indonesia contoh / tirukan untuk hidup yang lebih baik dan untuk hidup yang lebih indah serta bermanfaat bagi orang disekitarnya. Tanpa semangat, tanpa kerja keras, tanpa tekad dan keberanian apalah jadinya diri kalian, “Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.” . Percayalah bahwa “ Habis gelap terbitlah terang ! “. Selamat Hari Kartini Untuk Perempuan Indonesia

Sign in to follow this  


1 Comment


Recommended Comments

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now