Sign in to follow this  
  • entries
    23
  • comments
    135
  • views
    13,236

Mengurus Visa UK ala saya

Gulali56

39 views

Akhirnya setelah mundur-mundur karena jiper dengan persyaratan visa yang nampaknya ngejlimet akhirnya saya me-maksa-kan diri mengajukan visa UK karena keburu beli tiket promo kesana.

Mengapa ala saya? Karena dari persyaratan yang detail dari travel agent banyak yang tidak saya lakukan.:bete

Berhubung kantor VFS tempat mengurus VISA UK hanya berjarak 500meter dari kantor saya, jadinya saya tidak menggunakan jasa agen lagi. Walaupun ada temen kantor yang dobel job jadi agen visa dikntr.

Persyaratan Visa UK ala saya:

1.       Paspor yang masih berlaku (expired date lebih dari 8bln)

2.       Copy paspor lama , semua halaman yang ada cap nya dan hasil visa nya saya copy.

3.       Surat keterangan dari Bank dan rekening Koran 3 bulan. Berhubung kakak manager di bank walaupun beda kota, jadi saya gratisan. Tp karena tanggal janjian di VFS beda cukup jauh dari tanggal print. Akhirnya utk rekening Koran saya ajukan lagi didekat2 tanggal janjian. Gratis juga karena jenis tabungan tertentu. Jadi disini surat keterangan bank dari domisili kantor kakak yang di Bandung, tapi rekening Koran dari bank di daerah Satrio deket VFS nya.:dance

4.       Surat keterangan dari kantor yang mencantumkan besaran gaji saya. Oleh HRD saya dikasi jumlah total gaji sebelum pajak. Sedangkan di formulir visa yang diisi online ditulisnya gaji sesudah pajak.

5.       Copy KTP dan Kartu Keluarga beserta hasil translate dari Sworn translator tersumpah. Rp 35.000/lbr. Saya tidak memberikan Akte Lahir karena kata teman saya itu hanya utk anak yang belum punya KTP. Pas bgt, Akte lahir saya juga bermasalah karena nama nya beda dengan KTP dan Paspor.Ini juga salah satu knp saya nunda2 tidak ke inggris.

6.       Print out itinerary, tiket pesawat yang sudah di-issued (namanya jg beli tiket promo), dan bookingan hotel

7.    Print-an formulir online dari https://www.gov.uk/check-uk-visa beserta print email yang menyatakan confirm payment USD 126 dan email appointment dengan VFS.  Kertas barcode yang entah dari mana dapatnya saya print juga. Saya dpt dari temen yang tkg agen visa yg kata dia ada di web nya.

 

Yang harus ditekan disini adalah semua copy-an, print-an harus menggunakan kertas A4, karena di VFS semua dokumen langsung di cemplungin ke alat scan dan di-scan didepan kita , jadi kalau lupa fc atau kertas copy-annya lecek2 bikin nyangkut, dia akan nge-charge utk biaya fc lagi. Karena itu pula jangan di steples ataupun ada pin2 kertas atau fotocopy bolak balik, mrk sudah tidak liat2 lagi kondisi kertas yang discan.

Saya memilih jam janjian di VFS jam 8 pagi, pintu VFS baru dibuka 5menit seblmnya karena ini jam terpagi. Langsung di cek security baik jam janjian dari kertas confirmasi pembayaran, kertas appointment, kelengkapan dokumen (sepintas lalu krn yg cek petugas security), maupun isi tas.

Setelah itu baru boleh masuk dan ambil nomer lagi untuk antrian dipanggil. Karena masih pagi, hanya 2 counter dari 8 yang dibuka. Baru belakangan petugas nya satu-satu berdatangan. Saya dpt nomer 4, nunggu 20menit-an baru dipanggil pas ada petugas baru datang. Di counter, si mbak nya cuma nanya kapan ke Inggris, jenis visa, jenis layanan yang mau kita ambil (standar/express) dia cek dokumen2 kita, ttd struk untuk pengambilan visa, dokumen kita kelar discan terus dibalikin lagi ke kita. Iyess.. kertas copy-an sebanyak itu dibalikin lagi. :facepalm

Abis itu nunggu dipanggil berikutnya utk rekam biometric dan foto. That’s why kita gak kasi lagi persyaratan foto.

Overall semua itu selesai dalam 40menit (udh termasuk nunggu di antrian).

Dan pemberitahuan visa selesai dan bisa diambil dikirim melalui email (karena saya tidak menambah jasa sms 35rb , mbak nya lupa nawarin). Saya senin pagi submit di VFS, senin mlm minggu dpnnya sudah di email visa sudah selesai, jadi cuma 5hari kerja .

1664387838_WhatsAppImage2019-04-18at10_47_12.thumb.jpeg.3a5723bca76e6fc7f9b19f5337f4ba8b.jpeg

1241597583_WhatsAppImage2019-04-18at10_47_36.thumb.jpeg.0fc4532f5eee179c705508a71afa9833.jpeg

Yap, rata2 visa jadi 15-21hari kerja mungkin krn bukan saat peak season. Saya apply mid maret 2019.:oke

Untuk yang mau detail cara pengisian formulir online bisa cek disini:

https://omnduut.com/2018/07/30/dari-a-sampai-z-pengurusan-visa-turis-uk-di-vfs-global-jakarta-secara-mandiri/

Pertanyaan2 yang mnrt saya bikin pusing adalah:

1.       “main purpose of your visit and anything else you plan to do on your trip” : disini saya jelasin itinerary singkat saya dalam kalimat cerita (bukan list). Misal saya mo ke kota ini , itu ,mau liat ini itu.Saya juga bilang saya penggemar film2 inggris (apeulah ini) jadi pengen liat scenes locationnya, museum nya bla bla bla…

2.       “describe your job”: bow… saya mao liburan , macam mo ngelamar pekerjaan ya… disini saya tulis, saya kerja di perush saat ini brp lama bergerak dibidang apa, posisi sebagai apa.. blehh..

3.       Travel history 10thn terakhir (berdasarkan copy cap2 paspor lama kita). Kalau trip yang panjang2 sih gampang ya trek nya tp kalau trip yang culun2 jaman saya dulu py pacar di Singapore yang cuma bolak balik weekend doank perginya suwer ribet bgt nulis satu2 dan nginget2nya jg bikin luka lama terbuka kembali…hadehhh. :muntahBelum lagi si form online ini ngurutnya ya sesuai kita nulis, jadi kalo kita nulis di baris 1 trip thn 2015 tp baris 2 trip 2010 ya berantakan lah itu list bacanya.

Saran, di bikin list dulu baru mulai ketik2.

4.       “Extra information”. Ini pertanyaan terakhir , saya udh bingung mo nulis apaan,lah wong semua jg udh ditanya diatas. Khan kyk org bloon diulang lagi. Saya akhirnya bikin summary aja kalau saya udh punya tiket PP dgn penekanan tiket nya sudah terbayar lunas, terus tt  kumpulan visa2 saya selama ini (ini rekomen temen saya yg tkg visa), dan nama2 negara yg pernah saya  kunjungin .

Saya pernah baca kalau memang msh sedikit ke LN nya , bisa ditekankan ke Inggris bukan buat cari kerja dan udh memiliki tiket pulangnya.

Alhamdulillah akhirnya impian ke UK tercapai juga.

459540347_WhatsAppImage2019-04-18at10_51_42.thumb.jpeg.64081f9080102e5d338396fad37e6179.jpeg



1 Comment


Recommended Comments

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now